Tempat Buka Puasa Favorit di Kota Semarang - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Selasa, 07 Mei 2019

Tempat Buka Puasa Favorit di Kota Semarang

Tempat Buka Puasa Favorit di Kota Semarang



Assalamualaikum Sahabat. Udah masuk bulan Ramadhan gini, kalian buka puasa masih di rumah atau di luar rumah? Saya punya rekomendasi tempat buka puasa favorit keluarga di Kota Semarang. Terutama suami nih yang suka window shoping ngemall atau keluar rumah. 

Biasanya memang nggak tentu waktunya. Bisa aja hari-hari biasa atau kadang weekend. Yang penting tetap sih pilihan saya dan suami, tempat buka puasa favorit itu harus dekat dengan masjid. Atau paling tidak memiliki mushola. Meski ada juga yang masuk dalam list di sini yang tidak ada fasilitas musholla. Namun dekat dengan masjid yang ada di sekitar tempat buka puasa.


10 Tempat Buka Puasa Favorit di Semarang adalah :


1. Restoran di Mall Ciputra

Kalo tempat makan favoarit di mall itu paling suka di Mall Ciputra. Karena mungkin udah kebiasaan nonton bioskop juga sukanya di mall ini. Abis nonton atau nunggu jadwal tayang bioskop, saya dan keluarga suka jalan-jalan dulu. Bisa aja window shoping atau mampir makan karena di rumah enggak masak. 

Ada banyak tenant yang jadi tempat favorit untuk makan bareng keluarga. Bahkan sering juga dengan teman-teman blogger atau teman kerja jaman dahulu suka mampir makan di sini.












Yang sering kami kunjungi untuk makan adalah Ichiban, Hokben, Istana Mie, Pujasera, Solaria, dan Es Teler 77. Jaman anak-anak masih kecil, tenant macam KFC yang jadi pilihan keluarga saya. Maklum deh anak-anak mengoleksi mainannya. Jadi maunya ya ke KFC kalo ditawari makan.

Saya pernah menuliskannya di blog ini. Silahkan dibaca :

Tempat Makan Favori Keluarga Doyan Plesir


2. Warung Kaligarong



Tempat makan yang satu ini begitu buka langsung jadi favorit orang Semarang. Terutama karena penyajian makanan ala tradisional jaman simbah dahulu. Iya, ada model sajian sego bancakan yang ditaruh di atas daun pisang. Udah kayak makan model bancakan atau selamatan atau syukuran tempo dulu.

Yang paling favorit di tempat ini adalah sambel mangga muda. Duhhh puasa nulis ginian jadi mupeng buka di sana.  



Untuk minumannya ada jamu beras kencur, kunyit asem, dan smoothies kunyit asem. Karena waktu itu berbuka puasa, saya pilih teh panas manis. 

Tempat makan ini terletak di jalan kampung kali, satu deret dengan SMP Negeri 3 Semarang.

3. Hokben Majapahit

Ini baru buka akhir tahun 2018, langsung aja penuh dengan pengunjung dari warga kota yang tinggal di kawasan Semarang bagian timur. Saya aja udah tiga kali kesini. Yang pertama bareng teman blogger. Yang kedua dan ketiga bareng keluarga. 

Saya dan suami selalu menuruti keinginan anak-anak kalo makan di luar. Mereka inginnya makan bento, atau sushi. Kalo bento ya pilihannya di Hokben yang komplit. 






Silahkan baca : Nongkrong Asik di Resto Hokben Halal Majapahit 



4. RM Pringsewu


Ah ini nih tempat makan yang terkenal dengan kelezatan makanannya. Saya udah beberapa kali kesini. Tempat makan yang terletak di kota lama ini menyajikan seafood dan makanan tumis atau khas Jawa.

Ada beragam menu lezat yang bakal bikin kalian nggak bisa move on. Seperti saya yang balik lagi sambil menikmati sajian di teras. Eh tapi saya menikmati Roti Jhon di indoor karena di luar cuacanya hot banget.


Roti Jhon Cornet 22,5K
Menu utama yang udah lama ada di Pringsewu Kota Lama ini juga lezatos. Ada Gurame pesmol, cumi saus mangga, Sego bandhem, dan masih banyak lainnya.








5. Pullens Resto



Resto ini baru saya kunjungi awal tahun 2018. Dan pertama kesana bareng teman-teman blogger usai hadir dalam salah satu event. Pengen makan siang karena saat di event cuma dapat cemilan, lapar dong ya abisa mikir bikin kepsyen, wkwkwkk.

Pullens Resto ini tempatnya nggak terlalu luas, kalo menampung kurang lebih 100 orang aja mungkin agak penuh. Namun asiknya Pullens ini menyajikan masakan tradisional Jawa. Fasilitasnya ada toilet, wastafel untuk nyuci tangan juga. Namun sayang nggak ada musholla, jadi kalo buka bersama di sini harus mampir ke masjid terdekat. Tempat parkir barengan dengan store lainnya karena ini merupakan kompleks pertokoan.

Nama masakannya yang bikin gagal fokus. Ada Ayam Bakar Duda keren, Ayam Bojo Galak, Gule Kenangan Mantan, dan lainnya. Pokoknya namanya bikin ngakak deh waktu pertama datang dan melihat menunya.





Pullens juga tempat yang kece untuk pepotoan. Dengan aksen hiasan dinding yang nggak biasa. Serta suasana tempat makannya identik dengan anak muda. Etapi saya beberapa kali balik kesini bareng suami dan anak-anak saat merayakan pertambahan usia.




6. Gulai Kepala Ikan Pak Untung
Saya kalo lagi malas masak tapi pengen makan gulai kepala kakap, memilih datang ke tempat ini. Menu nya beragam, nggak hanya gulai kepala. Ada udang saus asam manis, tumis kangkung trasi, nasi goreng, rica-rica udang, dan masih banyak menu lain yang menggoyang lidah.



Saya udah pernah menuliskan tentang tempat buka puasa favorit di blog ini juga dua tahun yang lalu. Saat itu lokasinya masih di jalan Siwalan. Saat ini Gulai Kepala Ikan Pak Untung sudah buka cabang di jalan Majapahit dan di Jalan Singosari, satu deret dengan Pullens.

Silahkan baca : Pilihan Tempat Berbuka Yang Murah di Semarang


7. Restoran Pesta Keboen


Tempat makan ini merupakan rumah peninggalan jaman dahulu. Rumah salah seorang guru bahasa Inggris saya waktu SMP ini memang sekarang dijadikan untuk rumah makan. Suasananya yang homey dengan sajian makanan lezat menjadi tempat buka puasa favorit pilihan warga Kota Semarang juga kaum pendatang.

Menu andalan di sini ada Sup Iga, pisang coklat, sup buntut, dan masih banyak lainnya.

8. RM Pelangi


Restoran favorit juga di Kota Semarang. Karena di samping terkenal dengan kelezatan hidangannya, tempat makan ini memang lokasinya strategis di tengah Kota Semarang. 

Menu favorit yang terkenal justru sponge cake nya yang sering dijadikan hantaran untuk selapanan. Cake nya empuk banget, saya kadang suka beli di sini.

Menu makanannya juga rata-rata lezat dan rekomendasi banget deh untuk kalian yang ingin buka puasa di sini. Ada ruangan outdoor di lantai 2, tapi biasanya ada yang merokok di sini. Saya lebih suka di ruangan privat, bisa menikmati sajian makanan sambil ngobrol asik.

9. Gama Ikan Bakar dan Seafood

Tempat ini juga jadi favorit enggak cuma saya dan keluarga, tapi warga Kota Semarang. Sering menjadi tempat gathering acara kantor, atau event promo satu produk.

Saya sendiri udah nggak bisa berhitung berapa kali makan di sini. Tempat makannya ada beberapa pilihan. Di dalam ruangan, outdoor, tergantung sih untuk acara privat atau cuma kulineran aja. 


10. Rumah Makan Kampung Laut 


Kalo memilih buka puasa di sini cocok banget nih. Menanti waktu berbuka sambil menanti senja di pinggir laut. Kebetulan lokasi Kampung Laut emang dekat dengan laut Semarang. Cuma anginnya kenceng, jadi kudu siap outer.

Pilihan makanannya lengkap. Dari seafood, tumis sayur, nasi goreng, dan masih banyak lagi. Tempat ini udah jadi favorit orang Semarang untuk menjamu tamu. Di samping makanannya semua terasa lezat, suasananya juga asik.

Ini menu yang pernah saya cicipi saat di Kampung Laut.






Sebenarnya tempat buka puasa favorit di Kota Semarang itu banyak banget. Makanya saya kesulitan menulis sebagian karena masih ada beberapa lagi yang ingin saya tulis. 

Mungkin kalian yang warga Semarang atau pernah singgah di kota ini, punya tempat buka puasa favorit? Share yuk tempat buka puasa favorit versi kalian. Siapa tahu saya justru belum pernah datang ke tempat tersebut. Wassalamualaikum.

39 komentar:

  1. Wah wah wah. Yummy banget nih makanan-makanannya. Apalagi itu yg pullens resto, nama makanannya lucu-lucu. Jadi bikin penasaran gimana rasanya. Lokasinya dimana ya mba wati? Hihihi

    BalasHapus
  2. Kampung laut paling juarak bin kaporit mbak. Harganya sebanding dengan kualitas rasanya yaaa... numani kl kesana. Tp tergantung kondisi kocek dink. Hahahaa... aah, bu wati jd ngingetin pgn kesana lg deh. Secara kami sekeluarga pecinta seafood bgt😁 selamat berbuka ya bu wati. Berbuka dgn yg sehat2 aja biar sehat dan fit sampai lebaran yaaa😘

    BalasHapus
  3. Komplit bgt bu watii. Udh kelili keliling ke banyak tempat makan ya. Aku sih baru bbrp aja yg udah nyicipin hehe

    BalasHapus
  4. Mall Ciputra pilihannya banyak tapi ntr susah sholatnya, soalnya ngga puasa aja pas magrib musholanya penuuuh smpai antri mau sholat ataupun wudhu. Alternatifnya ya masjid baiturrohman, buka dulu di masjid biasanya ada buma gratis xixi. Terus sholat, habis itu lanjut makan lagi di ciputra.

    BalasHapus
  5. Dari dulu pengen banget nyobain makan di Kampung laut sama di Warung Kaligarong, tapi belum kesampaian sampai pinda Bali. hehe :D paling bikin penasaran tuh sambal mangga-nya Warung Kaligarong ;)

    BalasHapus
  6. Wah bisa jadi rekom yg mantul nih..TRIms mba Wati, baru beberapa dari 20 tempat ini yg sudah kukunjungi, pengen juga nyicip yg lainnya...

    BalasHapus
  7. Pengen ke Kampung Laut lagi deh Mbak, sambil menikmati suasana lautnya..sekarang strategis lokasinya dekat bandara ya

    BalasHapus
  8. Ini sih emang tempat favorit banyak orang buat buka bersama ya, mbak. Selain makanannya enak, tempatnya juga cukup nyaman

    BalasHapus
  9. Dari semua list yg ditulis Bu Wati, aku belum pernah ke RM Ayam Kaligarong itu. Ternyata ada pilihan beras kencur ya. Nyoba ah

    BalasHapus
  10. Pilihannya mbak wati jos smua tu, aku udah nyobain cuma kaligarong aja yg belum familiar mbak

    BalasHapus
  11. mbak, kok sama sih. aku ma suami favoritnya di waroeng ituh hahaha pasti pesennya bebek bakar sambal matah sama es asem aren. ternyata selera keluarga kita sama hihi

    BalasHapus
  12. Kalau ke CL.sukanya di istana mie (tomyamnya nagih) & camilannya takoyaki. Duh, kok jadi pengen. Masih belum ada jadwal ke semarang. Huhu

    BalasHapus
  13. Aku kalo ke Semarang, buka puasanya di rumah Mbak Ita, wkwkwkwk... Besok kalau pas ke sana mau minta traktir yang banyak ah.. Pengen ke Pullens Resto, mau nyicip Ayam Bakar Duda keren sama Gule Kenangan Mantan-nya. Haha, lucu amat namanya yak..

    BalasHapus
  14. Percaya banget kalau Semarang banyak menu kuliner yang asik untuk dinikmati.
    Ibuku bolak-balik aja Surabaya-Semarang.
    Katanya bahagia, apalagi sekarang ada tol, makin terasa dekat.

    Btw,
    Pringsewu itu franchise kah?

    Sepanjang jalan menuju Jogja (dari Bandung), Rumah Makan PringSewu ini bertebaran di sepanjang jalan.
    Tempatnya luas, nyaman dan menunya hommie...

    BalasHapus
  15. Kayaknya dimana-mana Hokben Favorit yah..tapi yang paling menarik buatku kayaknya Kampung Laut, bisa makan bareng keluarga sambil merasakan sepoi-sepoi angin laut

    BalasHapus
  16. banyak banget pilihan tempat buka puasa di kota Smearang ya Mbak. Semuanya favotit banget ya Mbak, apalagi buka bareng keluarga

    BalasHapus
  17. Salah satu tempat favorit dari semuanya ada Mall Ciputra dan Hokben. Kalau Hokben jadi andalan karena nasi dan menunya enak banget mbak pas rasanya di lidah hehe...

    BalasHapus
  18. Saya belum pernah ke Semarang. Dan artikel ini sangat baik untuk dijadikan referensi. Terima kasih ya, Mbak.

    BalasHapus
  19. Aku pingin banget ke Pesat Keboen mbak, ntar deh kalau lebaran ke Semarang mampir ke sana.

    BalasHapus
  20. Banyak banget deh tempat makan favoritnya. Aku kapan hari buka puasa di Semarang tapi di Simpang Lima

    BalasHapus
  21. Aku dah pernah semua mbaaa kecuali gulai kepala ikan. You know why laaahh :))

    Dibanding ichiban aq lebih suka Shibuya, udonnya mantabs.

    BalasHapus
  22. Waahhh aq juga jd mupeng sama ayam goreng sambal mangganya nih Mak, suegeeeerrrr bgt brasa

    BalasHapus
  23. Waduh, makanannya bikin ngiler-ngiler deh. Itu yang di mall itu, banyak ya macemnya. Bisa milih yang beda-beda kalo makan di sana :D

    BalasHapus
  24. Lihat makanan yang enak-enak gini bikin lapar mbak.... Pasti asyik ya bisa buka bersama keluarga di tempat makan favorit. Sambil ngabuburit, kebersamaan dg keluarga juga makin kompak....

    BalasHapus
  25. Aduh banyak banget ternyata yang belum kucoba Mba Hiday makanan di Semarang dengan tempatnya yang asik asik ini. Semoga kaoan kapan kesampaian ah. Bismillah. Apalagi bareng keluarga

    BalasHapus
  26. Wow banyak banget ya mba tempat buka puasa favorit di kota semarang.. jadi semakin banyak pilihan jadi semakin asik nih buat menentukan menu buka puasa apa yang sedang diinginkan... mmm.. ayam gorengnya memanggil aku banget untuk segera di colek hehe

    BalasHapus
  27. Asyik nih di Semarang banyak tempat buka puasa yang recomended, menu-menunya semua menggoda selera, penasaran dengan warung kaligarong, itu memang penyajian makanannya kayak gitu ya

    BalasHapus
  28. Tempat bukber yg asyik asyik nih..jd pengen jalan-jalan ke Semarang hehe

    BalasHapus
  29. Diantara semua itu yang paling ingin kukunjungi adalah Hokben wkwkwk
    soalnya aku suka dimsumnya mba, sama sapinya pas banget di lidahku. Makan di hokben bikin nafsu makan meningkat

    BalasHapus
  30. Pengen nyoba HokBen Majapahit disana apakah sama ditempat lain heheheh

    BalasHapus
  31. Wah, semarang! Nggak sabar liburan ke sana lagi. Belum puas waktu itu. Aku catet dulu ya mba. Nanti aku datengi satu2 hehehe

    BalasHapus
  32. Asyik tuh makan dengan model bancakan. Apa lagi bawa keluarga, ya. Merasakan sensasi zaman dulu. Dan daun pisang bikin makanan makin harum.

    BalasHapus
  33. Wahhh banyak banget tempat buka puasa di Semarang yaa, Mba? Tinggal kita mau pilih yang mana yang sesuai selera :)

    BalasHapus
  34. Nyaam pilihanya banyak ya tempat bukber di Semarang, mulai dr rsti waralaba modern sampai resto yang meyuguhkan makanan tradsional. Kyknya aku pilih yang makanan tradisionalnya :D

    BalasHapus
  35. aku jadi kangen semarang hehe kalau aku sih waktu di semarang suka buka puasa pake tahu gimbal hehe

    BalasHapus
  36. Yang pake alas daun kayaknya seru banget ya Mak. Hmmm yummy semuah.

    BalasHapus
  37. Duh aku pingin semua deh Mbak. Semoga ada kesempatan lagi ke Semarang

    BalasHapus
  38. Pesta Keboen di daerah mana mbak? Penasaran banget. Dari sekian, banyak resto2 baru ya di Semarang *yaiyalah* Pernahnay Kampung Laut, Gama, sama kl yg di Citraland mah ga usah sitanya, wkwkwk. Bakso Pak Kumis sukaanku yg di Matahari mbak, sop ayam Pak Min yg di Majapahit juga, sama Warung Sederhana di daerah mana lupa.

    BalasHapus
  39. Buka tulisannya mba dijam kritis itu sesuatuuu banget yak, untung aku dimakassar ya kalau ga udah otw ketempat tempat rekomen ini hihi btw folbek ya mba salam kenal

    BalasHapus