Agustus 2023 - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 28 Agustus 2023

Tips Membeli Rumah Kedua Yang Menguntungkan
Agustus 28, 2023 28 Comments
Assalamualaikum. Bagaimana kabar teman-teman, semoga sehat dan selalu bahagia ya. Karena ketika tubuh sehat, kita jadi punya semangat untuk beraktivitas dan berkarya. Apalagi kalo kita memiliki impian yang membutuhkan dana yang tak sedikit. Seperti berangkat haji atau umroh, membeli mobil, memulai usaha, atau membeli rumah kedua. 


Real Estate


Nah kalo ngomongin rumah kedua, ini juga menjadi salah satu impian saya dan suami. Dulu sebelum pandemi sempat survey lokasi tanah di luar kota tapi masih dekat dengan kota tempat kami tinggal. Pengen nyari lokasi calon rumah dengan suasana alam yang masih asri. 

Sayangnya pandemi yang melanda bumi telah menghapus impian punya rumah kedua. Usaha suami sempat vakum 1 tahun dan sebagian dana membeli rumah akhirnya digunakan untuk bertahan hidup.

Alhamdulillah setelah pandemi Covid-19 usai, pasar real estate mulai bangkit lagi. Usaha suami yang bergerak di bidang renovasi rumah pun mulai berjalan. Kami bisa menabung lagi untuk mewujudkan impian  memiliki rumah kedua.

Alasan Ingin Memiliki Rumah Kedua

Saat ini keluarga kami tengah merencanakan pernikahan si sulung. Hal ini juga menjadi pengalaman pertama kami menikahkan anak, uhhh nano nano rasanya. Ya bahagia, terharu, tapi juga ada galau dikit gitu. Acara nikahnya masih tahun depan namun ribetnya udah mulai dua bulan yang lalu. 

Ada banyak pembicaraan di keluarga, bisa dibilang hampir setiap hari ada aja obrolan ringan seputar rencana pernikahan. Dari seserahan, akad nikah, seragam keluarga, gedung, dan banyak lagi yang lainnya. Salah satu hal krusial adalah di mana pasangan pengantin baru akan tinggal nantinya. 

Ya si sulung belum memiliki kesempatan punya rumah sendiri sebelum menikah. Ini lah yang jadi alasan kami ingn membeli rumah kedua. Memang rencananya rumah kedua ini untuk si sulung. Atau bisa jadi justru kami yang akan menempati rumah kedua itu, sementara si sulung akan tinggal di rumah yang sekarang bersama istrinya. 

Saya dan suami tentunya ingin si sulung juga memiliki rumah. Kalo tidak bisa sebelum pernikahannya, paling enggak setelah menikah mereka bisa menempati rumah baru. Sebagai orang tua, kami ingin juga bisa ngebantu si sulung punya rumah. Semoga ada rejeki bisa membeli rumah untuk si sulung dan istrinya kelak. 

Pengalaman ayahnya menjadi pelajaran penting bagi si sulung saat mulai mencari rumah. Dan ayahnya turun tangan langsung agar si sulung tidak melakukan kesalahan saat membeli rumah. Ibaratnya, pencarian ini layaknya kami membeli rumah kedua. Tentunya banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk mengambil keputusan penting ini.

Tips Membeli Rumah Kedua Dengan Pembayaran Hipotek

Rumah pertama kami dibeli suami saat dia masih lajang. Sistem pembelian dengan cara pembayaran hipotek. Saat itu pikiran suami udah jauh ke depan, dia inginnya menikah udah punya rumah meski bayarnya dengan angsuran. Kebutuhan belum sebanyak ketika sudah berstatus menikah dan punya anak.

Ini pula yang diterapkan pada si sulung, karena membeli rumah selagi masih lajang akan memiliki keuntungan yang lebih banyak. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah dengan pembayaran hipotek.

Cek Kondisi Finansial

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah cek kondisi finansial kalian. Apakah kalian masih punya tanggungan hutang, kebutuhan yang harus dibayar dalam jangka pendek, dan lainnya. Jangan memaksakan diri membeli rumah kedua apabila kondisi finansial belum terlalu stabil.

Ingat ya kalo rumah itu bukan properti yang murah, butuh budget khusus dan tidak mengambil porsi kebutuhan lain. Jadi kalo ingin memeiliki rumah kedua dengan sistem pembayaran KPR, harus cek kondisi finansial apakah masih punya hutang lainnya. Idealnya hutang tidak boleh melebihi 20% dari penghasilan Sehingga kebutuhan rumah tangga, pengeluaran rutin, asuransi dan tabungan tetap tercukupi.
 

Tetapkan Tujuan Membeli Rumah Kedua

Sebelum kalian memutuskan untuk membeli rumah kedua, salah satu yang harus diperhatikan adalah tujuannya. Kalo kalian membeli rumah kedua tujuannya untuk investasi, ini sebuah keputusan yang diharapkan membawa keuntungan. 

Sehingga kalian akan melakukan pemeriksaan yang cermat terkait pemilihan rumah ini. Mulai dari lokasi rumah yang strategis, fasilitas, kondisi bangunan, harga, dan lainnya. Jangan sampai sembarangan menentukan rumah kedua seperti tergiur harga murah.
 

Perhatikan Reputasi Developer

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah cek track record atau rekam jejak developer. Kalian bisa melihat gimana developer tersebut saat menjual properti pada tahun-tahun sebelumnya. Bagaimana fasilitas pelayanan setelah serah terima kunci, kepuasan pelanggan, dan lainnya.

Nggak hanya itu aja, kalian pun bisa mengecek visi misi, kredibilitas, dan pencapaian developer melalui website resmi, atau media sosial. Baca semua keterangan termasuk komentar yang tercantum di media sosial mereka.

Cek Kondisi Rumah

Pastikan kondisi rumah mulai dari usia, konstruksi, kelayakan bangunan, besar pajak, dan lain-lain. Jangan mudah tergiur dengan harga tanpa memperhatikan aspek-aspek penting pada kondisi rumah.

Sekarang ini kalian bisa ikut mengawasi pembangunan rumah yang dikelola developer. Jadi bisa juga upgrade material sesuai yang diinginkan, baik kualitasnya maupun bentuk bangunannya. Tentu saja akan ada penambahan biaya di luar kontrak pembelian rumah.

Perhatikan Tingkat Suku Bunga

Ketika kalian membeli rumah yang kedua dengan sistem KPR (Kredit Pemilikan Rumah), perhatikan tingkat suku bunga. Lakukan perhitungan dengan harga properti di masa mendatang. Karena suku bunga bank akan berubah setiap tahun.

Properti berupa rumah pada umumnya terpengaruh oleh perubahan suku bunga bank. Jadi usahakan mengambil KPR baru setelah KPR yang pertama selesai. agar kalian tidak akan keberatan dengan suku bunga yang ditetapkan oleh bank.

Biaya Administrasi 

Saat membeli rumah, kalian akan dibebani dengan pembayaran biaya administrasi. Biasanya proses pengajuan kredit pasti akan muncul biaya tersebut, seperti provisi, notaris, pengecekan sertifikat, pengikatan jaminan, asuransi jiwa, dan kerugian. 

Selain itu kadang juga masih ada biaya lain-lain di luar dugaan, terutama bila ada penambahan spek bangunan di luar kontrak. Pastikan biaya-biaya ini sudah diantisipasi sebelumnya dengan persiapan budget yang lebih matang.

Gunakan Mortgage Calculator UK Untuk Menghitung Kebutuhan Membeli Rumah

Teknologi digital yang bekembang makin pesat, terutama sejak pandemi sangat membantu pekerja kantoran yang work at home. Dunia seakan menjadi tak berjarak karena teknologi yang menghubungkan dengan lebih mudah, praktis, hemat waktu namun bisa tatap muka virtual.

Salah satu teknologi digital yang membantu kalian bisa memperhitungkan berapa angka nominal untuk pengajuan kredit kepemilikan rumah adalah Mortgage Calculator. 

Mortgage Calculator UK

Mortgage merupakan pemberian pinjaman berupa kredit jangka panjang, kalo di Indonesia lebih dikenal KPR. Mungkin negara lain memiliki sebutan yang berbeda. Mortgage Calculator ini bisa digunakan sebagai calculator untuk memperkirakan kebutuhan dana atau biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya untuk satu properti.

Alat bantu ini bisa diakses tanpa harus mengeluarkan biaya, semua orang bisa menggunakannya. Suami saya bahkan sudah beberapa kali menggunakan Mortgage Calculator saat membantu kliennya yang ingin membeli properti. Ternyata banyak loh masyarakat yang awam, tidak tahu menahu gimana cara menghitung kebutuhan dana untuk membeli properti. Dengan alat hitung ini, calon konsumen bisa membandingkan angka-angka yang nyata dari satu properti yang diinginkan. Kalian bisa coba juga dengan menggunakan seperti di bawah ini.


"Saya nggak mau beli rumah nyicil gitu, maunya tunai. Tapi masih beberapa tahun lagi, gimana dong?"

"Bisa kok dihitung, kamu investasi aja tiap bulannya."

Ada banyak loh pertanyaan seperti ini dari teman ataupun kerabat kami. Dan suami bisa membantu mereka mengunakan https://www.mortgagecalculator.uk/ untuk perencanaan dana pembelian rumah secara tunai. Jadi mereka bisa melakukan investasi/tabungan setiap bulan dari hasil penghitungan dana kebutuhan membeli properti. 

Meski Mortgage Calculator ini berasal dari UK, namun tetap bisa digunakan di negara mana aja. Nanti begitu hasilnya muncul, kalian bisa mengkonversikan ke mata uang yang kalian gunakan.

Saat menggunakan alat penghitungan ini, kalian usahakan isi semua poin yang ada di kolom. Karena akurasi hasil akhirnya bisa lebih diketahui ketepatannya. Seperti berapa down payment, tenor atau durasi waktu angsuran sampai berapa tahun, biaya tingkat suku bunga, dan biaya lainnya.

Sekian cerita saya ketika ingin mewujudkan kepemilikan rumah kedua untuk si sulung yang akan menikah tahun depan. Sharing yuk pengalaman kalian saat memutuskan pembelian rumah di kolom komentar, teman-teman. Wassalamualaikum.
Reading Time:

Sabtu, 26 Agustus 2023

Peluang Karir Lulusan Desain Komunikasi Visual
Agustus 26, 2023 5 Comments
Assalamualaikum. Sebagai orang tua yang memiliki anak kuliah di jurusan Desain Komunikasi Visual (untuk selanjutnya akan saya sebut DKV), rasanya ingin berbagi pengalaman. Karena saat ini kuliah di jurusan DKV sangat difavoritkan lulusan SMA dan tentu saja orang tuanya. Terutama tentang peluang kerja lulusan DKV. Setelah lulus, mereka bakal kerja di mana, sebagai apa, gajinya berapa? 

Nah siapa yang pengen tahu tentang peluang kerja lulusan DKV? Sini baca cerita pengalaman si mahasiswa jurusan DKV, yang belum lulus tapi udah dapat duit lumayan dari karyanya. Masya Allah.

Peluang Kerja Lulusan DKV


Meski awalnya saya sangat tidak setuju si bungsu memilih tawaran kerja karena alasannya nanti lupa nyelesaiin kuliah gara-gar tergiur cuan. Oia saat si bungsu terima tawaran kerja itu dia sedang cuti kuliah. Alasannya karena pandemi, banyak mata kuliah yang pembelajarannya tidak maksimal. 

"Sayang aja kalo kuliah tapi nilainya nggak bisa A, udah aku cuti aja, Buk"

Eh di tengah perjalanan cuti, dia malah dapat tawaran kerja dari salah seorang bos perusahaan renov mobil antik di DM Instagram si bungsu. 

Nah itu cerita awalnya si bungsu kerja dan saat ini masih dilakukannya. Jadi dia udah kerja di perusahaan tersebut selama 2 tahun lebih. Apalagi bos nya juga baik banget, karena si bungsu itu boleh dibilang masuk kerja hanya 5 hari. Kalo sedang ada tugas yang mesti diselesaikan, si bungsu nggak masuk kerja. Dan si bos juga oke aja nggak pernah mempermasalahkannya.

Seputar Jurusan Desain Komunikasi Visual UDINUS

Dari obrolan dengan si bungsu, lulusan DKV adalah salah satu jurusan yang memiliki keistimewaan dengan portofolio yang melimpah. Alasannya adalah karena tugas-tugas kuliahnya berupa project yang bisa dipakai saat melamar pekerjaan nantinya. 

Perlu kalian tahu, jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) UDINUS Semarang merupakan program studi yang menawarkan empat jalur peminatan bagi mahasiswa yaitu Desain Grafis, Advertising, Multimedia dan Game, serta Animasi. 

Program studi ini menyediakan lingkungan yang mendukung mahasiswa untuk dapat memperluas dan mengeksplorasi ide kreatif serta gagasan baru di bidang desain komunikasi visual. Lulusan DKV berada di garis depan teknologi digital. 

Dengan demikian pihak kampus mempertimbangkan keselarasan penggunaan teknologi baru bersama dengan desain tradisional. Juga memahami perubahan hubungan antara praktisi kreatif dan masyarakat. Juga menyeimbangkan pemikiran kritis dan strategis dengan membuat inovasi baru di bidang desain komunikasi visual bagi mahasiswa.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Udinus memiliki jaringan praktisi dan alumni sukses yang telah bekerja di berbagai bidang. Antara lain studio / biro desain, production house, multimedia, dan sebagai professional seperti Creative Designer, Art Director, Web Designer, Fotografer, Ilustrator, serta Animator.

Program studi ini mengajarkan pengetahuan dan keterampilan, serta melatih kepekaan mahasiswa dalam merancang komunikasi visual melalui pembelajaran berbasis proyek yang dikerjakan secara metodologis, mulai dari riset, pengembangan ide, prototyping, sampai dengan eksekusi pembuatan karya dengan beragam media sesuai kebutuhan.

Jurusan SMK atau SMA Mana Aja Yang Bisa Kuliah di DKV?

Ada banyak pertanyaan yang saya terima ketika tahu si bungsu kuliah di DKV. Sebenarnya Jurusan desain komunikasi visual terbuka untuk lulusan IPS maupun IPA, bahkan Bahasa. 

Namun tentunya kamu perlu memiliki beberapa basic skills sebagai mahasiswa jurusan DKV. Pertama-tama, kamu harus bisa menggambar karena pembelajaran di jurusan ini pasti akan banyak menggambar desain. Bahkan di semester awal pun udah ada pelajaran bikin doodle yang menurut saya rumit, hahahaa.

Selanjutnya, kamu akan belajar bagaimana berkomunikasi melalui desain sehingga desain tersebut mampu menyampaikan pesan tertentu. Aspek estetika atau keindahan juga akan kamu pelajari.

Oia si bungsu dulu waktu SMA jurusan Bahasa, dan sukses juga tuh selama perkuliahan di jurusan DKV. Karena dia memang suka banget dengan menggambar. Di mana aja kalo lagi nganggur selalu diisi kegiatan menggambar.

Peluang Kerja Lulusan DKV

Universitas yang mendukung DKV tentu menyediakan fasilitas dan sumber daya yang relevan, seperti laboratorium dan peralatan terkini, serta staf pengajar yang berpengalaman dalam industri desain. 

Bukan itu saja yagesyaa, bahkan universitas tersebut juga memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek praktis, magang, dan kolaborasi dengan perusahaan dan lembaga profesional. Sehingga mahasiswa dapat memperoleh pengalaman nyata dan membangun jaringan yang berharga untuk mempersiapkan karier mereka di industri desain komunikasi visual.

Si bungsu bersama tiga temannya satu angkatan pernah diajak dosennya berkolaborasi dengan dinas cagar budaya di Magelang. Tugasnya adalah membuat prototype candi dalam bentuk 3D yang terkenal sebagai cagar budaya. 

Proyek ini juga menjadi tugas semester 7 yang harus dibuatkan laporan dan presentasi masing-masing mahasiswa yang ikut kolaborasi. Yang asiknya lagi kata si bungsu, dia mendapat honor yang lumayan. Gimana, udah mendapat pilihan karya yang jadi portofolio, dapat nilai SKS lumayan, eh masih dapat duit. Masya Allah rejeki si bungsu, anak sholeh kami. 

Nah kalo ngomongin peluang kerja bagi lulusan DKV, ada banyak juga ternyata. Pantas aja dua tahun lalu tante dan om si bungsu bilang, kalo Naufal itu nggak bakal bingung ntar lulus mau kerja apa. Tinggal pilih bidang kerja mana yang diminati nantinya setelah lulus. 

FYI, si bungsu belum lulus kuliah udah kerja dong, masya Allah. Saya udah 2 tahun ini nggak pernah lagi ngasih duit buat si bungsu. Kadang malah saya dan babenya yang ditawari beli sesuatu gitu.

1. Content Creator
Lulusan DKV dapat membuat konten yang kreatif dan menarik dan diposting di sosial media. Saat masih jadi mahasiswa, diharapkan mereka udah mulai posting karyanya di sosmed. Karena ini justru bakal menjadi portofolio seperti si bungsu yang ditawari kerja di perusahaan melaui DM Instagram.

Karya @remtromol


2. Social Media Specialist
Lulusan DKV dapat menciptakan dan mengelola konten digital di berbagai platform media sosial, memperkuat identitas brand (branding) dengan konten yang kreatif dan menarik.

3. Desainer Produk
Lulusan DKV dapat merancang desain produk secara fisik seperti mainan, furnitur, dan peralatan elektronik.

4. Animator
Lulusan DKV dapat menciptakan animasi 2D atau 3D untuk film, iklan, acara televisi, game, dan video musik.

5. Ilustrator
Lulusan DKV dapat menghasilkan gambar ilustrasi untuk buku, majalah, komik, kartun, dan media cetak yang lainnya.

6. Desainer Interior
Lulusan DKV dapat merancang interior untuk restoran, hotel, perumahan, atau bangunan komersial. Nah si bungsu mengerjakan laporan desain interior ini saat semester 6.

Desain dapur


7. Web Design
Lulusan DKV dapat menjadi web developer yang dapat membuat desain dan tampilan situs web menjadi menarik dan fungsional.

8. Desainer Percetakan 3D
Desainer percetakan 3D merancang model 3D dan mencetaknya dalam bentuk fisik menggunakan printer 3D. Lulusan DKV dapat mengembangkan keterampilan ini dan mengejar karir di bidang percetakan 3D.

9. Desainer Pakaian
Lulusan DKV dapat menjadi desainer pakaian dan merancang busana untuk pria, wanita, atau anak-anak. Mereka dapat bekerja di perusahaan pakaian atau memulai usaha pribadi.

10. Seniman Efek Visual
Seniman efek visual membuat efek khusus untuk film, televisi, dan video game. Lulusan DKV dapat mengembangkan karir ini dan menghasilkan efek visual yang mengesankan.

11. Desainer User Interface (UI)
Desainer UI merancang antarmuka pengguna untuk aplikasi dan situs web. Lulusan DKV dapat memilih karir ini dan menghasilkan desain UI yang mudah digunakan dan menarik.

12. Fotografer
Lulusan DKV dapat membuat konten visual untuk media online dan media cetak.

13. Guru atau Pengajar
Lulusan DKV dapat mengajar di sekolah, perguruan tinggi, atau lembaga pelatihan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan tentang desain grafis dan komunikasi visual.

Peluang kerja bagi lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV) sangat menjanjikan. Karena industri kreatif akan terus berkembang dan memerlukan talenta yang kreatif dan inovatif untuk menghasilkan desain visual yang menarik. 

Jadi bagi kamu yang ingin mengambil jurusan DKV ini, jangan ragu dan galau. Udah banyak lulusan DKV yang sukses dengan pilihan karirnya. Bahkan si bungsu yang saat ini sedang menyelesaikan tugas akhir, nyambi kerja, eh masih sering dapat tawaran kerja dari beberapa pihak. Tentunya karena si bungsu rajin posting karyanya di sosial media. Beberapa kali pula si bungsu mendapatkan job secara freelance untuk mendesain. 

Sebagai orang tua, kami hanya berpesan agar si bungsu tidak memforsir atau menghabiskan waktu dengan pekerjaannya. Tugas utamanya adalah segera menyelesaikan kuliah, sehingga bisa fokus bekerja nantinya.

Demikian cerita saya tentang peluang kerja bagi lulusan DKV yang menjanjikan. Jadi kalo ada teman atau mungkin kamu ingin kuliah jurusan DKV, jangan cemas nantinya kerja apa, gajinya gimana. Kalo kamu memiliki kreativitas yang mampu menghasilakn karya yang menarik. gaji atau honor bagi freelancer bisa nego aja. Terima kasih udah membaca cerita saya, wassalamualaikum.


Sumber Materi :
- Wawancara Mahasiswa semester akhir DKV Udinus     
- https://stekom.ac.id/artikel/manfaat-kuliah-dkv                                                                     
Reading Time:

Senin, 21 Agustus 2023

9 Tips Mengatur Keuangan di Usia Muda
Agustus 21, 2023 10 Comments

TIPS MENGATUR KEUANGAN BAGI GENERASI MILENAL

Tips Atur Keuangan

Assalamualaikum Sahabat. Beberapa waktu lalu di salah satu media sosial ada status dari seleb tweet yang nulis status, banyak juga anak muda sekarang yang suka nongkrong di cafe. Bahkan anak sekolahan pun banyak juga yang nongkrong di cafe. Alasannya ngerjain tugas kelompok atau apa lah.

Jaman udah berubah ya bu-ibuk. Bisa jadi saat kita remaja dulu, ngerjain tugas itu di rumah teman. Paling banter di kantin sekolah, itu pun yang tempatnya ngedukung seperti sedang sepi karena udah selesai jam belajar.

Namun memang banyak yang bilang generasi milenial, yang berusia sekitar 20-30 tahunan adalah generasi yang boros. Mereka kebanyakan tidak mampu mengelola keuangannya. Banyak yang pintar cari duit, namun tidak pintar menabung. 


Hal ini tidak bisa dibiarkan karena bisa menjadi generasi yang saat dewasa dan menua tidak memiliki tabungan. Kebiasaan buruk ini mengakibatkan resiko finansial yang akan menjerat di masa depannya nanti.

Manfaat Mengelola Keuangan Bagi Anak Milenial

  • Mampu mengatur pengeluaran dengan efektif dan efisien
  • Bijak menentukan pengeluaran untuk kebutuhan, bukan keinginan
  • Tidak tergiur berhutang untuk gaya hidup
  • Mampu mempersiapkan kondisi tak terduga, misal butuh biaya pengobatan, kena PHK, dan masalah keuangan lainnya
  • Memiliki investasi jangka panjang, seperti rumah, atau punya bisnis dan instrumen investasi lainnya
  • Mampu meningkatkan ketrampilan pengelolaan finansial untuk masa depan


Tips Mengatur Keuangan Bagi Generasi Milenial

Outlet baju

Sebenarnya mengelola keuangan bagi generasi milenial maupun orang dewasa yang udah menikah dan berkeluarga itu sama aja. Prinsipnya hanya konsisten, cermat mengelola keuangan, dan tidak besar pasak dibanding tiang, iya lah ntar roboh dong.

1. Buat Anggaran

Perencanaan keuangan dengan membuat anggaran belanja untuk satu bulan di awal adalah keharusan. Dengan membuat anggaran, kalian bakal tahu besarnya jumlah pengeluaran yang mesti dipatuhi dan tidak boleh melebihi dana yang masuk. 

Percuma buat anggaran kalo kalian tidak mematuhi pos-pos pengeluaran yang sudah ada. Jadi kalian memang harus disiplin agar anggaran yang dibuat bisa efektif.

2. Prioritaskan Pengeluaran Yang Penting

Nah udah buat anggaran, tentunya harus patuh dengan pengeluaran yang penting aja. Jangan lirik-lirik sesuatu yang nggak masuk dalam daftar pengeluaran. 

Saya punya tips sebelum belanja, isi perut terlebih dulu. Biasanya kalo perut kenyang, keinginan belanja di luar anggaran nggak bakal muncul. Coba deh kalian sedang lapar, belanja di pasar atau swalayan. Pasti tangan kalian dengan cekatan akan memasukkan setiap barang yang nampak lucu, imut, atau kayaknya butuh gitu. Padahal itu hanya lapar mata, bukan kebutuhan yang beneran penting.

3. Buat Daftar Belanja

Keranjang belanja

Selalu buat daftar belanja dengan terperinci dan patuhi agar kalian tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan. Dengan daftar belanja juga akan membuat kamu bisa memperkirakan berapa uang yang harus keluar. Jadi misal bawa uang tunai ya secukupnya aja. Kalo saya lebih menyukai belanja bulanan atau mingguan dengan pembayaran debet. Karena bisa masuk catatan anggaran rutin.

4. Hindari Berhutang

Hal satu ini wajib dihindari yagesyaa, jangan berhutang terutama untuk belanja konsumtif. Kalo udah berhutang, bakal jadi kebiasaan. Buka aplikasi belanja dan melihat sepatu kece terbaru dari brand import, auto order dengan sistem pembayaran cicilan. Ini sangat tidak disarankan karena akan menjadi kebiasaan. Tahu-tahu hutang menumpuk dan tak mampu melunasinya.

5. Manfaatkan Promo Diskon

Generasi milenial biasanya pintar cari diskon saat jajan atau belanja online. Ya nggak apa sih rencanakan belanja sebelumnya, dan segera belanja saat promo diskon ada. 

6. Gunakan Transportasi Publik

Untuk kota yang udah memiliki sarana transportasi publik memadai, gunakan pilihan ini. Dengan menggunakan transportasi publik, biaya BBM jadi lebih hemat. Pikiran kalian pun lebih santai tidak memikirkan jalan macet di depan mata.

7. Cari Pekerjaan Paruh Waktu

Biasanya ada perusahaan yang mempekerjakan karyawan paruh waktu. Kalian bisa nyoba jadi karyawan mereka. Lumayan kan kalo bisa memiliki penghasilan di luar duit pemberian orang tua. Atau kalian bisa juga menjadi freelancer, profesinya yang beragam bisa jadi pilihan yang mantap.

8. Memiliki Dana Darurat

Bukan hanya pasangan yang udah menikah yang wajib punya dana darurat di luar tabungan. Karena dana darurat ini yang seperti namanya, digunakan untuk keperluan mendesak di luar anggaran rutin bulanan. 

9. Jangan Lupa Bersenang-Senang

Jangan lupa kalian tetap bisa bersenang-senang meski udah mengelola anggaran. Justru dengan adanya anggaran, kalian bisa menempatkan post khusus untuk bersenang-senang. 

Duit tunai
Picture by Angelluco - pixabay

Tentunya bersenang-senang yang saya maksudkan bukan yang membutuhkan anggaran besar. Pintar-pintar aja mencari kegiatan menyenangkan yang hemat biaya. Mengikuti klub buku, nongkrong di angkringan, nonton film di rumah, dan lainnya.

Kalo kalian mengikuti anggaran yang udah dibuat dan konsisten, dijamin nggak bakal mengalami bangkrut. Nggak ada cerita kalian bingung nyari duit atau meminjam uang karena jatah pemasukan bulanan dari orang tua masih lama. 

Untuk bisa menjadi generasi milenial, dibutuhkan pembelajaran dan menjadikan kebiasaan sejak kecil hingga dewasa. Sejak anak-anak mengenal duit (usia sekolah dasar) literasi keuangan ini udah saya ajarkan pada mereka. Saya inginnya mereka menjadi anak muda yang bijak finansial. Ini salah satu seni parenting yang mesti ditanamkan sejak dini. 

Sebagai mom blogger dengan anak yang udah memasuki usia dewasa, tugas saya sekarang hanya mengingatkan. Mereka udah memiliki penghasilan dan tanggung jawab pribadi. 

Sejak mereka punya penghasilan, alhamdulillah nggak pernah lagi meminta jatah bulanan seperti sebelum kerja. Mereka justru suka traktir kami orang tuanya. Dan ini pun nggak boleh sering-sering, karena saya inginnya mereka tetap bijak finansial agar tidak ngalami anggaran boncos. Wassalamualaikum.
Reading Time:

Kamis, 17 Agustus 2023

Momen Tak Terlupakan, Upacara Bendera 17 Agustus di Tepi Sungai Progo
Agustus 17, 2023 5 Comments

Upacara Bendera di Tepi Sungai Progo

Assalamualaikum. Salam Merdeka! 
Menjelang peringatan HUT Indonesia selalu menjadi momen yang selalu saya nantikan. Pasti begitu juga dengan teman-teman pembaca serta kebanyakan warga negeri ini. 

Rafting di sungai Progo


Aura kemeriahan HUT Kemerdekaan RI tahun ini udah terlhat seperti sebelum pandemi dulu ygy. Senang loh masih diberi kesempatan usia panjang dan sehat, menyaksikan orang-orang semangat menyambut hari merdeka bagi warga negeri ini. Meski Indonesia merdeka dan diperingati setiap bulan Agustus, namun bulan Juni kita bisa menemukan toko atau penjual kaki lima menjajakan bendera, umbul-umbul, maupuan pernik lain yang berkaitan dengan HUT RI.

Kemeriahan Perayaan Hari Merdeka di Wilayah RT Tempat Kami Tinggal

Bagi saya bulan Agustus itu selalu seru dan menyenangkan. Aura kemeriahan udah dimulai pada bulan Juli dengan pemasangan umbul-umbul, lomba jalan sehat dan bersih-bersih lingkungan. Meski biasanya juga udah sering bersih-bersih lingkungan satu bulan sekali.

Namun tahun ini lomba jalan sehat di RW ditiadakan karena banyak kegiatan bulan ini seperti lomba yang diadakan oleh pihak kelurahan. Jadi akhirnya masing-masing RT mengadakan jalan sehat sendiri. 

Jalan sehat

Dan RT kami udah mengadakan jalan sehat minggu pertama bulan Agustus 2023. Seru sih karena setelah jalan sehat pun banyak sajian cemilan dan makanan berat di tempat finish. Bisa sarapan gratis, hahahaa. 

Sarapan setelah jalan sehat

Abis makan, baru deh kami duduk selonjoran atau bersila dan nungguin sang bintang utama a.k.a doorprice. Asik nih... gak sabar pengen pengundian segera dilakukan. Saya dapat apa yaaa? 

Kalo ngomongin momen yang paling tak terlupakan tentang HUT Republik Indonesia, saya terdiam. Bukan karena lupa, tapi mengingat kembali momen langka yang baru pertama kali itu saya alami. 

Momen Tak Terlupakan, Memeriahkan Upacara Bendera 17 Agustus di Tepi Sungai Progo


Sejak masuk sekolah hingga lulus kuliah, kalian bisa menghitung berapa kali ikut upacara bendera merayakan HUT Kemerdekaan negeri ini? 

Jawabannya gampang ya, tinggal hitung aja berapa lama kalian duduk di bangku sekolah ataupun menjadi mahasiswa. Bisa saja bertambah kalo kalian bekerja di perusahaan yang mengadakan upacara bendera tiap perayaan Hari Merdeka.

Namun ketika ditanya, kenangan HUT RI yang paling tak terlupakan, ada nggak? 
Ada dooong! 

Silakan pilih pose sesukanya, mau rebahan atau duduk syantik di sofa, atau depan meja kerja, boleh juga di kursi dan taruh gadget di atas meja makan. Kemudian kalian harus siapin cemilan dan minuman ya. Gaasss baca lebih lanjut yuukkk.

Malam tanggal 16 Agustus 2018 menjadi salah satu malam tirakatan yang tidak terlupakan. Dinner yang disiapkan di Chinnese Apung Resto, untuk mencicipi hidangan istimewa. Kalo biasanya saya menikmati malam tirakatan di komplek perumahan. Malam itu kami tirakatan dalam bentuk menyanyikan lagu-lagu tema perjuangan.

Tumpeng Tirakatan
Dokpri : Tumpeng Merah Putih


Dimulai dari lagu kebangsaan yaitu Indonesia Raya. Juga lagu-lagu  nasional seperti Indonesia Pusaka, Rayuan Pulau Kelapa, Tanah Airku, berkumandang serentak. 

Kalian bisa baca dalam artikel berikut ini :



Pagi itu tanggal 17 Agustus 2018, saya bangun dengan semangat yang terbarukan setelah menikmati dinner mengesankan. Saya dan beberapa teman blogger bersiap menuju ke resto Pringgodani untuk sarapan. Suasana asri resto yang memiliki balkon dan pemandangan pohon dan nun jauh nampak gunung Sumbing. Cantik bangeeet, jadi enggan bangkit dari kursi.

Etapi kami harus segera menuju tepi sungai Progo. Nah lho ngapain coba pagi-pagi abis sarapan malah diajak ke tepi sungai Progo?

Malam sebelumnya saat tirakatan, oleh Kak Yudha yang juga public relation Hotel Puri Asri udah memberi bocoran bakal ada kegiatan seru di tepi sungai Progo. Lebih tepatnya kami diajak untuk mengikuti upacara bendera HUT Republik Indonesia yang ke 73 di tepi Sungai Progo yang ada di kawasan Hotel Puri Asri Magelang. Seperti gimana keseruannya? 

Pagi itu upacara bendera di tepi Sungai Progo menjadi momen yang tak akan saya lupakan. Saya cukup takjub dengan ide kreatif dari tim hotel Pur Asri. Karena semua petugas upacara, termasuk pembina upacara dan pengibar sang Saka Merah Putih melakukan tugasnya dengan berendam di sungai Progo. Unik banget, dan baru kali ini saya menjadi saksi sejarah di tepi sungai yang melakukan upacara bendera.

Upacara bendera di tepi Sungai Progo


Peserta upacara HUT RI ke-73 terdiri dari berbagai kalangan, dari blogger, media, bahkan tamu hotel. Yang menarik ada juga turis bule ikut menjadi peserta upacara. Bayangkan ygy, bule aja menghormati upacara bendera HUT RI, mengapa kita tidak melakukan hal yang sama?!

Suasana area hotel Puri Asri yang beneran alami dengan udara sejuk, jauh dari kebisingan kota, menyelimuti seluruh peserta upacara dalam keheningan. Saya menikmati suasana yang terbangun dari gemericik air sungai, keheningan menanti detik-detik upacara bendera HUT RI ke-73, dan desau angin yang berhembus. 

Saat bersamaan pula terbersit bayangan perjuangan para pejuang kemerdekaan. Saya nggak pernah mampu membayangkan gimana beratnya perjuangan para pahlawan. 

Namun yang pasti, ada harapan positif dari lubuk hati saya yang paling dalam. Saya berharap Indonesia di 78 tahun usianya ini akan menjadi negara yang lebih baik. Artinya baik dalam segala sisi, dari warganya yang lebih baik lagi saat menuliskan status atau berkomentar di media sosial. 

Harapan berikutnya adalah Indonesia lebih baik lagi untuk penyediaan fasilitas transportasinya di seluruh kotanya. Semoga Indonesia lebih baik lagi pertumbuhan ekonominya, dan meningkat pula penghasilan tiap warganya. Sehingga warga miskin bisa menurun seiring waktu. Aamiin. 

Dan akhir dari postingan hari ini, tepat pada HUT Republik indonesia ke-78, saya kutipkan quote dari Mak Indah Julianti Sibarani :

Cikini ke Gondangdia
Aku begini, untuk Indonesia

Cikampek, Tasikmalaya
Ngeblog biar nggak sumpek
Jaya... jaya (terserah kalian kasih emot yang mana aja, hihii)

Wassalamualaikum.

dokumentasi :
- dokpri
- dokumen dari WAG Event HUT RI ke-73 Hotel Puri Asri

Reading Time:

Kamis, 10 Agustus 2023

Nyore Sejenak di Bellywise, Nyobain Menu Western Selera Lokal
Agustus 10, 2023 12 Comments
Assalamualaikum. Apa kabanya teman-teman? Ini cerita saya saat makan sore di salah satu resto yang menyajikan menu western. Si bungsu yang sedang berulang tahun pengen traktir babe, ibu, dan kakaknya di Bellywise. Asiikk banget sih, bukan karena ditraktirnya itu. Tapi karena serius loh ini pertama kali saya dan suami serta si kakak makan di resto ini.

Ultah di Bellywise Semarang

Resto yang terletak di daerah sekitar Singosari, lebih tepatnya di jalan Wonodri krajan ini dari depan biasa aja. Fasad bangunan memang sederhana, sepertinya mengusung konsep industrialis. Namun begitu masuk ke dalam pengunjung disuguhi dengan interior yang unik. Ada pajangan di dinding yang langsung menjadi centre of view.
 
Saya memilih kursi di ruangan kedua yang memiliki pintu ke area outdoor. Namun saya nggak memilih yang outdoor karena pasti bakal ada pengunjung yang merokok di sana. Jadi saya memilih kursi sofa dengan sekat di antara meja lainnya yang terletak satu deret.

Resto Bellywise Wonodri
Yang Ultah yang kaos warna hitam 😎

Pesan Makanan Dengan Cara Scan Menu Pilihan

Si bungsu sejak dari rumah udah menyarankan menu spesial platter. Setelah memilah dan membandingkan isiannya yang single platter, dobule platter atau share Platter, akhirnya saya memutuskan pilih double platter. Meski awalnya si bungsu mau traktir yang ukuran jumbo yaitu share platter.

Pada kenyataannya, double platter aja bisa untuk berempat. Karena menu pesanan kami masih ada salad, french fried, sama burger.

DOUBLE PLATTER

Double platter isinya ternyata melimpah banget ygy, saya sampai bingung mau nyobain yang mana dulu, hahahaa. Untung aja saya kekeh pilih double platter karena isinya bisa loh untuk lebih dari 2 orang. Ceritanya niat si bungsu tuh pesen menu platter untuk saya dan babenya. Tapi dia juga pengen nyobain secuil gitu. Ya gak apa sih karena saya dan suami ya bakal gak abis. Saking banyaknya isiannya. Coba deh lihat penampakannya dari foto berikut ini :

Double Platter Bellywise


Isian double platter adalah mac n cheese,homemade smoked beef, half chicken smoked, mashed potato, barbecue sc, pickled union, and chips.

Smoked beef-nya enak, empuk bangeet, ladanya berasa. Ayam yang dipanggang juga empuk dan berasa banget bumbu rempahnya yang pedas lada. Saladnya seger, mac n cheese nya juga nggak bikin eneg, meski nggak abis alasannya karen kami udah kekenyangaan. Hihihii.

Harga Duble Platter 190k.

THAI SALAD

Nah karena saya juga penasaran dengan saladnya yang nampak segar di foto menunya, akhirnya minta si bungsu orderin Thai Salad. Isinya campuran grilled chicken, homemade asian pickle, pome, bean sprout, red cabagge, dan spicy homemade dressing.

Thai Salad Bellywise

Kalo kalian nggak doyan pedas, jangan pesan Thai Salad ini gaiis. Karena saya yang doyan pedas aja berasa kepedasan. Tapi meski kepedasan saya nggak bisa berhenti menyuap sendok demi sendok. Kalo berasa pedas, saya tinggal ngambil chips dari double platter, gitu aja terus sampai saladnya abis.

Harga Thai Salad 30k

DOUBLE CHEESY MEATY

Ini pesanan anak-anak, ide si bungsu sih karena si kakak waktu nyampe resto malah bingung mau pesan apa. Ketika mau ikutan makan double platter, si bungsu bilang itu khusus buat babe dan ibuk, hihiii.

Menurut anak-anak, double cheese burger jujur enaknya kebangeten, wkwkwk. Roti bun nya lembut, kejunya sayang bukan yang slice gitu. Tapi untuk dagingnya itu tebal banget, rasanya juicy dengan bumbu rempah dan merica yang berasa. Daingnya juga empuk, mereka bilang sih enak.

Double Cheesy Meaty Bellywise

Pelengkap Double cheesy meaty ada chips juga, kenyang pokoknya makan seporti yang dibandrol harga 46k.

French Fries

Selain ketiga menu tadi, si bungsu pesan FRENCH FRIES. Dapat seporsi kentang goreng dengan saus yang segar asam manis gitu. Untuk harganya satu porsi French fries  23K.

Di Bellywise ini udah digital semuanya, mulai dari pesan menu via scan QR Code yang nantinya langsung mengarahkan ke website mereka. Jadi tiap meja ada stiker QR Code gitu, asik ya jadi praktis nggak perlu nulis menu orderan di kertas seperti pada umumnya.

Order via scan code
Lihat arah panah
adl utk Scan QR order menu


Untuk bayarnya juga nanti setelah selesai makan dan mau pulang, mampir dulu di kasir. Kemarin si bungsu bayar dengan mobile banking BCA via scan QR code. Tapi Bellywise juga menerima pembayaran tunai.

Menu lain ada banyak, meski rata-rata tuh isinya perdagingan, mantap sih bikin cepat kenyang. Tipsnya, kalian jangan kesini sendirian, mending berdua, bertiga, atau rame-rame. Nanti bisa sharing makanannya plus biayanya juga pastinya. Karena porsi menu makanannya di Bellywise ini tuh gede. Kalian nggak bakalan bisa ngabisin sendiri.  Untuk harga menurut saya wajar kalo agak pricey karena porsinya juga gede gitu. Dan saya yakin kualitas bahan makanannya juga premium. Dari rasa sajian yang kami pesan semua berasa enak dan terasa kesegaran bahan utamanya. 

Untuk minumannya, kemarin saya pesan lemon tea yang rasanya asam, seger banget. Kalo kalian suka minuman manis, pesan ini bakal komplain karena nggak terasa manis sama sekali. Suami justru pesan Hot Lemon, gila sih asem banget. Tapi karena saya dan suami doyan minuman yang asem gini ya enjoy aja sih. Suami juga pesan water melon juice yang rasanya enak seger, terasa banget buah asli. 

Anak-anak pesan milshake vanila dan chocolate. Tapi sayangnya kok nggak difoto ya, hahahaa.

Tempat Nongkrong Yang Asik 

Resto yang menunya serba daging ini duu sempat viral dengan kejadian goweser yang membawa masuk sepedanya sampai ke bagian outdoor. Kalian bisa nyari di beberapa portal berita karena dulu hype banget kisahnya.

Untuk fasilitas ada toilet, mushola, outdoor yang cukup luas untuk ngumpul rame-rame gitu. Kalo saya memilih di bagian indoor yang aman dari  kaum penghisap, kwkwkww.

Bellywise Semarang

Pelayannya ramah, sopan, dan kalian bisa minta bantuan misal perlengkapan makan kurang. Bagi saya yang sesekali kopdar syantik bareng emak blogger atau teman sekolah jaman belia, tempat ini bisa jadi pilihan. Karena kalian bebas aja di sini agak lama gitu meski makanan di piring udah abis.

Kalian warga Kota Semarang bisa nyobain kuliner di Bellywise ini ya gaiis. Karena kemarin kami kesini bukan saat jam sibuk, nunggu makanan dihantarkan ke meja itu nggak nyampe 15 menit. Ada yang nunggu 10-14 menit gitu. 

Atau lebih amannya mending kalian order dulu via whatsapp atau di website Bellywise. Apalagi kalo kalian kulineran saat weekend atau jam maksi, bisa ngantri panjang. Karena Bellywise ini resto yang hype gitu gaiiis. Banyak loh anak muda atau keluarga muda yang nongkrong sambil ngobrol seru. Gitu aja yaaa, cerita keseruan saya dan keluarga kulineran di Bellywise. Kalo kalian udah pernah makan di resto ini, sharing yuk di kolom komentar. Wassalamualaikum.
Reading Time:

Jumat, 04 Agustus 2023

Jelajah Rasa Kuliner Ayam Betutu di Cabang Kuta, Dekat Bandara Ngurah Rai Bali
Agustus 04, 2023 8 Comments
Assalamulaikum Sahabat. Traveling identik dengan kulineran, iya gak sih. Tentunya ketika traveling, kamu pasti penasaran dong pengen nyobain kuliner lokal. Karena kulineran menjadi salah satu kegiatan yang seru selama traveling. 


Ayam Betutu

Awal bulan Juli, saya, suami, mbak dan adik ipar serta 3 keponakan, liburan ke Bali. Short trip yang seru, meski hanya sebagian anggota keluarga aja yang gabung. Tapi beneran seru, dari awal keberangkatan (meski terpisah di tiga waktu berbeda dan dua tempat berbeda), dari bandara Adi Soemarmo Solo dan Syarif Pekanbaru. Alhamdulillah ngetrip agak jauhan dikit setelah sekian lama gak liburan bareng gitu.


Makan bersama di Ayam Betutu Kuta Bali

Untuk cerita short trip nanti ada sendiri yagesyaa. Kali ini saya akan cerita saat memulai jalan-jalan setibanya di Bali. Jadi begitu bertemu driver yang menjemput di bandara, kami diajak makan siang terlebih dulu di kawasan Kuta. Lokasinya ini juga dekat banget sama bandara, sekitar 10 menitan sudah sampai. Tapi dengan catatan sedang nggak ramai lalu lintas karena bisa juga lebih panjang waktunya ketika jam sibuk. Kemarin karena jam sibuk, eh kayaknya daerah situ selalu jam ramai deh karena udah jam 14.00 lebih juga lalu lintas ramai tersendat gitu jalannya.

Setibanya di warung makan juga ramai banget, meja hampir semua penuh. Beruntung saat masuk gitu ada yang menyudahi makan siangnya. Hehehee. rejeki ya bisa langsung dapat meja. Beneran deh warung makan ini selalu ramai pengunjung.

Kalo kalian makan di rumah makan Ayam Betutu Khas Bali ini, pesan aja sesuai kesukaan. Kemarin adik kam yang memesan karena udah beberapa kali dolan ke Bali dan selalu makan di sini. 

Di Warung Makan ini khasnya ayam betutu kuah. Hampir pengunjung selalu pesan ayam betutu kuah atau ayam gorengnya. Kami dipesankan ayam betutu kuah yang ukuran 1/2 ekor ada 2 porsi, ayam betutu goreng 1 ekor. Ada beberapa pilihan ukuran ayamnya yaitu 1 ekor, 1/2 ekor dan 1/4 ekor. Menu lainnya ada bebek, pelecing kangkung, sambel matah, sate lilit dan nasi campur.

Menu Ayam Betutu


Masakan Betutu Khas Gilimanuk ini super pedas. Beberapa keluarga suami nggak doyan pedas, tapi juga lebih banyak yang doyan meski keringat tetap mengucur usai menyantap betutu kuah. Kalo kalian nggak doyan pedas, bisa pilih yang level aman alias nggak pedas yaa.

Tapi bagi saya, rasa dari Ayam Betutu khas Gilimanuk bisa dibilang pedasnya pas bangeeet. Dinikmati dengan menyesap rasa gurih dari kuah bumbunya yang santannya tidak pekat ini mantap syekaliii. Belum lagi daging Ayam Betutu khas Gilimanuk yang empuk ketika digigit, dan nasi pulen yang menemani makan, uhhh mantap jiwa. Hmm bahkan air liur bisa menetes ketika mulai disajikan oleh karyawan warung makan ini. 


Ayam Betutu

Selain ayam betutu kuah dan ayam goreng, kami juga dipesankan pelecing kangkung, sambel matah yang sedap mantap jiwa, hahahaa. 

Rasa ayam betutu khas gilimanuk ini mirip-mirip sama ayam lodho khas Blitar. Cuma kalo ayam lodho yang pernah saya makan tuh enggak sepedas ayam betutu. Nah cocok banget teman makannya dengan pelecing kangkung dan sambel matah yang ditambah kacang goreng. Bener-benera punggugah selera nih sajian hari pertama setibanya di Bali.

Waktu pertama kami makan di Warung Ayam Betutu cabang Kuta Bali ini, sate lilitnya abis. Wahhh bikin kecewa pastinya. Karena kami semua membayangkan makan sate lilit.

Jadi lah hari terakhir sebagai penutup jalan-jalan di Bali, sebelum ke bandara kami kembali makan di warung ini, hahahaa. Iya kami masih tetap memesan menu ayam betutu kuah dan goreng, tapi masing-masing cuma 1/2 porsi.  Sementara sate lilit kami pesan sekitar 50 tusuk dan kebanyakan dooong. Akhirnya 10 tusuk yang tersisa dibungkus. Adik ipar masih juga pesan masing-masing 10 tusuk untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh orang rumah.

Sate Lilit di Ayam Betutu Kuta

Untuk sate lilit menurut saya rasanya kemanisan, mungkin karena saya kurang suka masakan yang manis. Misal dikurangi lagi level manisnya mungkin lebih pas ya. Kemudian secara keseluruhan rasa sate lilit gurih, ada pedas merica, dan sukanya adalah dagingnya yang tebal. Di sini juga tersedia sate lilit frozen kalo kalian mungkin harus melalui perjalanan yang durasinya lama dan takut basi. Kemarin adik kami order sate lilit yang biasa karena penerbangan menuju Kota Solo nggak butuh waktu lama.

Oia sajian di Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini halal jadi nggak perlu takut buat yang nggak makan B2. Selain itu cabangnya banyak banget, sepertinya di setiap kawasan di Bali selalu ada. Tapi tetap yang terfavorit kata adik kami  yang di cabang Tuban di kawasan Kuta, dekat juga sama pusat oleh-oleh seperti Krishna. Kebetulan pula hotel tempat kami nginap juga di kawasan Kuta ini. Nah alamatnya saya cantumkan di bawah yagesyaa.

Meski bukan blogger makanan minded, saya merekomendasikan Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini bagi kamu yang ke Bali menggunakan pesawat. Karena warung makan ini dilintasi sekeluarnya dari bandara menuju kawasan wisata Pantai Kuta. 

Yang lucu adalah saat perjalanan pulang menuju bandara Ngurah Rai, kami sempat aja ngobrol film Indonesia yang bakal tayang dan pengen ditonton. Cuma begitu tiba di Semarang, kami malah nontonnya film milik babang Tom Cruise. hihiii, random banget sih. Ya udah sekian cerita kulineran hari pertama dan hari terakhir saat short trip di Bali. Cerita tentang jalan-jalan di tempat wisata akan saya tuliskan nanti. Wassalamualaikum.


Ayam Betutu Khas Gilimanuk
Jl Raya Tuban 2X
Kuta - Bali
Reading Time: