Resep Sayur Lodeh, Jangan Ndeso Yang Ngangeni - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 09 Mei 2019

Resep Sayur Lodeh, Jangan Ndeso Yang Ngangeni

Resep Sayur Lodeh, Jangan Ndeso Yang Ngangeni 


Resep Sayur Lodeh

Assalamualaikum Sahabat. Jangan Ndeso itu bahasa Jawa dari Sayur Lodeh. Orang Jawa memang menyebut sayur sebagai jangan. Jangan lodeh memang terkenal sebagai jangan ndeso karena isiannya itu bebas. Biasanya orang desa masak jangan ndeso ini dari tanaman yang ada di kebun rumahnya. Sekarang jangan ndeso ini menjadi sayur favorit orang kota. Saya akan tuliskan resep sayur lodeh ala dapur rumah yang juga merupakan warisan orang tua.

Sayur lodeh versi ndeso itu isinya macam-macam sayuran. Biasanya ada kangkung, kacang panjang, daun mlinjo, kobis, labu siam, terong, kulit mlinjo, kluweh, dan nangka muda.

Sayur lodeh ndeso seperti ini biasa dijadikan sayur suguhan saat ada orang punya mantu (menikahkan anak perempuan). Biasanya sayur ini dinamakan jangan podomoro.  Sayur ini menjadi menu makan siang bagi tetangga dan kerabat yang membantu pekerjaan dapur atau memasang tenda, lampu, menata kursi, dan lainnya. Di desa atau di kampung yang ada di perkotaan, bantuin tetangga yang mantu gini masih umum dilakukan.

Ada maknanya loh penamaan jangan podomoro ini. Artinya adalah dengan isian sayuran yang beragam, tamu yang datang untuk mendoakan keselamatan dan kebahagian calon pengantin juga banyak. Ya, orang Jawa itu apapun memiliki makna.


Resep Sayur Lodeh ala Saya

Saya biasanya bikin sayur lodeh yang isinya sederhana. Tapi juga karena di tempat jualan sayur itu, udah ada bahan sayur yang disediakan dalam kemasan plastik. Ada plastik dengan isian bahan sayur sop, sayur lodeh, dan sayur asem.

Masing-masing sayur ini isinya komplit sesuai dengan resep. Cuma ada penambahan bahan lain di luar kemasan itu yang bisa dibeli terpisah. 

Sayur lodeh yang udah dikemas dalam plastik isinya rata-rata sama. Yaitu ada kobis, labu siam, terong, dan daun salam. Nanti tinggal ditambahkan cabe, kemiri, daun salam, dan lengkuas. Atau bisa bahan lain juga sesuai selera.

Nah, sayur yang saya beli untuk masak lodeh isinya seperti di atas. Saya hanya menambahkan santan kemasan dan bumbu pelengkap lainnya.


Resep Sayur Lodeh


Resep Sayur Lodeh:

Bahan-bahan :

1/2 labu siam
1/2 terong
kobis, kacang panjang, daun salam, lengkuas
600 ml air
Santan kemasan

Bumbu iris atau ditumbuk kasar :

7 buah bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabe merah atau hijau
3 butir kemiri
sedikit garam
gula jawa secukupnya
trasi secukupnya


Cara masak :

- Bahan-bahan sayuran dipotong sesuai selera, kalo saya sih suka potongan kecil. Sebelumnya dicuci dulu di air mengalir. Sisihkan.

- Bumbu ditumbuh kasar atau sesuai selera. Kalo ingin bumbu iris, selain bawang merah, putih, dan cabe, bisa ditumbuk sendiri.

- Didihkan air, masukkan bumbu yang udah ditumbuk. Begitu udah mendidih, masukkan sayuran, gula jawa, garam, dan santan.  Tunggu sampai mendidih lagi. Tes rasa.


Resep Sayur Lodeh

Sayur lodeh gini paling enak ditaburi bawang goreng saat disajikan. Jadi lebih sedap dengan aroma bawang goreng. Sayur lodeh ini cocok dinikmati dengan lauk apapun. Bisa baceman, tempe atau tahu goreng, ikan asin, ikan-ikanan (blanak, mujair, nila, atau bandeng goreng), telor dadar, atau ayam goreng. 


Resep Sayur Lodeh

Hmmm, jadi lapar deh. 

Nah, sahabat suka juga masak sayur lodeh seperti saya? Atau mungkin punya versi sendiri? Kayak budhe saya (almarhumah) suka memasukkan labu kuning ketika masak sayur lodeh. Sahabat gimana, share yuk di kolom komentar. Wassalamualaikum.

21 komentar:

  1. Lodeh. Sambel trasi. Ikan pindang goreng. Kerupuk. Nasi anget. Duh, seger banget rasanya. Eh, buka masih lama. Tahan tahan... xixi

    BalasHapus
  2. Mbak... nek ibuku bikin pake godong so. Padahal aku ga begitu suka. Hihihi... anakku suka yg pedes nih.

    BalasHapus
  3. Aku baru tahu kalo sayur lodeh punya nama lain, jangan podomoro. Baru tahu juga kalo sayur ini jadi menu saat menikahkan anak perempuan. Cerita sayur lodehnya seru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, di rumah masa kecilku juga rumah yg sekarang, sama ada tradisi. Apa mungkin yang Semarang asli yang masak seperti ini waktu punya gawe mantu ya, hehew

      Hapus
  4. mb Watiiii... saya keinget ibu saya nih... andalan banget sayur lodeh plus goreng teri nasi, hmmm... :)
    NB: Fotonya next yang lebih terang ya mbaaa, biar makin tergiur :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang cerah ya, fotonya malam sih Makasih sarannya ya

      Hapus
  5. Kalo makan lodeh plus pindang goreng bisa2 nambah sebakul nasi mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaa, aku sih makanku nggak bisa banyak. Udah tua mungkin ya

      Hapus
  6. Ini salah satu sayur favoritku mba. Gampang buatnya, awam dapur seperti aku pun bisa. Walhasil, selain oseng2 dan Sop, jangan lodeh adalah yg sering muncul saat harus masak sendiri. Oya, kalau aku suka juga dicemplungi irisan tahu mbak..jadi makin kumplit deh..hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, aku juga suka nambahi tahu, tapi yang pinggiran. Dan kemarin gak ada

      Hapus
  7. Huhuhu ... Aku lagi pengen banget lodeh kelor plus sambel jenggot. Wuenakkkk ... Biasanya beli di sekitar Pasar Ngasem Jogja. Njangan sendiri kok ra enak hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wh sambel jenggot tuh kayak apa, mba? Coba dishare atau dibikin blogpost

      Hapus
  8. Wah namanya keren amat ya mba, jangan Podomoro hihi..aku ngga terlalu senang kalau sayur santan, tapi ini enakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal jangan kental aku suka mba, seger malah

      Hapus
  9. Aku kalau masak lodeh milih diiris, Buk. Njenengan sudah pernah nyoba lodeh jantung pisang? Duhhh, manteb bener deh, buk. Airnya dibikin agak surut/asat, ehmm...endeus lah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga kadang milih iris bumbunya kalo lagi butuh cepet

      Hapus
  10. Duuh, aku jadi ngebayangin makan sayur lodeh lauk tempe atau tahu goreng. Bisa juga lauk Pindang goreng tepung. Nikmaaat

    BalasHapus
  11. Aku jg doyan bgt nih ama sayur lofeh bu, apalagi di tambah gereh layur, ikan asin yg panjang2 itu..

    BalasHapus