December 2018 - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Monday, 10 December 2018

 Sebagai Ibu Rumah Tangga, Kamu Pilih Masak atau Beberes Rumah?
December 10, 20180 Comments


Assalamualaikum Sahabat. Kamu Ibu Rumah Tangga? Saya mau nanya, IRT Boleh Pilih Pekerjaan Rumah Tangga Yang Disukai? Pilihan Kamu Apa? Kamu Pilih Masak atau Beberes Rumah? Ihh saya banyak nanya ya kali ini, hihiii.

Ibu Rumah Tangga atau saya singkat aja nyebutnya dengan IRT, katanya nggak boleh pilih-pilih pekerjaan rumah. Semua ya harus dikerjakan sendiri. Lah saya beruntung dong punya suami yang mengijinkan bisa memilih untuk tidak mengerjakan pekerjaan rumah tangga ( saya singkat PR) sendiri. 

Kalo jaman anak-anak masih kecil sih alasannya karena saya bekerja. Meski ada orang tua yang mendampingi ART di rumah saya. Tetap sih saya butuh bantuan ART untuk mengerjakan sebagian besar PR.

Meski begitu tiap kali ART mudik ke kampung, saya nggak menunda pekerjaan menyetrika. Karena mana kita tahu dia balik lagi atau kagak. Males lah nungguin ART pulang lagi ke rumah kita. Ntar jadi gunungan baju kalo nggak segera dikerjakan.

Beda lagi sekarang, meski anak-anak udah jadi mahasiswa dan saya enggak kerja, alias di rumah aja. Suami tetap mengijinkan saya untuk meminta bantuan seseorang mengurus rumah. Alasannya agar saya tidak terlalu capai usai ngurus rumah. Bilangan usia bertambah, tenaga udah berkurang. Itu kata suami loh. Saya sih setuju aja ya, namanya juga diperhatikan paksuami tercintaah. *uhuyyy

Meski begitu tetap saya punya pekerjaan rumah tangga kesukaan. Dan jarang saya delegasikan pada orang lain. 

Berikut pilihan pekerjaan rumah tangga yang saya sukai :

Masak untuk Keluarga

Pekerjaan rumah masak
Bestik ala dapur saya

Urusan masak dari dulu saya suka. Karena saya senang melalui prosesnya, dari belanja, memilah bahan masakan, proses masak, hingga menyajikannya di meja.

Nggak hanya masakan sayur atau pun lauknya. Saya suka bereksperimen membuat jajanan. Hal ini dimulai ketika si sulung susah makan saat usianya menginjak 20 bulan. Saya mesti mengajarinya makan segala sayuran. Jadi jalan satu-satunya ya bikin jajanan yang mengandung protein, karbohidrat, dan mineral. Seperti kroket, risoles, galantin, pastel isi, pancake, pukis dengan toping beragam, kue lumpur, dan masih banyak lagi hasil karya masakan saya.

Jaman dulu belum musim medsos, jadi nggak foto. Biarin aja lah dikatakan hoax, hahaha.

MAsak bolu marmer
Bolu Marmer Favorit
Bahkan dari kesukaan masak ini saya pernah berjualan dan menitipkannya di toko-toko. Lumayan sih omzetnya. Namun saya berhenti bikin makanan untuk dijual karena capai. Pagi sebelum subuh udah harus bangun untuk menyiapkan barang jualan. Terus sambil berangkat kerja, saya mampir ke lima toko yang saya titipi barang jualan. Kebetulan yang saya titipkan di toko adalah lunpia dan pisang karamel. Jadi harus dibikin fresh saat pagi menjelang ke kantor.

Sebagian masakan saya :

masakan rumah
Sup Jagung 
Dulu saya suka bikin nasi uduk dan bayam bakar untuk isi dos untuk acara Arisan PKK. Karena kata mereka nasi uduk dan ayam bakar bikinan saya enak, sama tetangga malah diminta jualan. Duuhhh, saya udah malas berurusan dengan jualan masakan. Capai, nggak kuat.

Masakan Rumah
Ayam Bakar

Sementara kalo galantin saya titipkan di warung yang ada di pasar belakang rumah. Makanya kalo sekarang lagi malas bikin galantin, sementara anak-anak minta dimasakin, saya beli jadi, yang ada mereka protes. 

"Ibu napa nggak bikin galantin sendiri? Karena galantin beli itu nggak seenak buatan Ibu," kata anak-anak.

Huwaaaa, jadi terharu gitu waktu mereka bilang gitu.

Jadi meski capai luar biasa sepulang dari kantor, saya tetap bikinkan malam itu juga. Paginya saya tinggal potong-potong galantin dan kasih pelengkapnya berupa sayuran dikukus dan kuah sausnya.

Tapi kalo saya sedang di rumah sendiri, malas deh masuk ke dapur. Saya memilih beli lauk jadi. Atau kalo males kelura rumah ya mending goreng tempe sama bikin sambel terasi. Tuhh kan, ngomongin makanan saya jadi laper.

Beberes Rumah

Beberes rumah

Sebenarnya saya paling nggak bisa beberes rumah. Jaman dulu, waktu awal nikah dan belum punya anak, yang ngurusi nyapu dan ngepel itu paksuami. Saya bagian nyuci dan nyetrika.

Iya, kami tim kompak, semua PRT dikerjakan bersama. Siapa yang longgar BPNwaktunya dia yang mengerjakan. Khusus nyuci piring, suami nggak mau. Nggak apa-apa deh, saya ikhlas mengerjakannya sendiri.   

Nggak banyak yang bisa saya ceritakan soal beberes rumah. Karena suwer saya kurang pinter ngurus rumah. Alhamdulillah suami ngerti banget urusan beberes bukan bidang istrinya. Ada yang bantuin beberes rumah dan nyetrika. Sementara pekerjaan rumah tangga lainnya, urusan saya. 

Kalo kamu gimana, memilih semua dikerjakan sendiri atau dibantu orang lain? Semua pilihan masing-masing ya, jangan sampai menjadi momwar. Setiap ibu rumah tangga tahu dengan kapasitasnya sendiri dan jangan dibandingkan. 

Saya juga sekedar share demi memenuhi tantangan #BPN30DayChallenge hari ke-21 dari Blogger Perempuan. Yuk sharing kamu suka ngerjain apa untuk urusan pekerjaan rumah tangga. Saling support aja ya, wassalamualaikum.

Reading Time:

Sunday, 9 December 2018

Dari Yang Remeh Sampai Hal Penting Bisa Dilakukan Saat Hari Libur
December 09, 2018 11 Comments

Hari Libur
Pict by pexel

Assalamualaikum. Dari Yang Remeh Sampai Hal Penting Bisa Dilakukan Saat Hari Libur ya Sahabat. Karena hari libur itu hari suka-suka sih. Itu menurut saya pribadi, hahaha.

Dari jaman masih gadis, sampai udah nikah dan beranak dua. Hingga anak-anak udah beranjak dewasa, hari libur atau hari Minggu bagi kami itu suka-suka aja. Mau menikmati libur di rumah sambil gegoleran di kasur atau lantai, boleh aja. 

Atau mau ke pantai yang dekat rumah, meski airnya kotor juga gak apa. Di pantai kan nggak harus main air, bisa aja jajan atau sekedar nonton orang yang sedang memancing ikan.

Saya tulis artikel ini untuk memenuhi tantangan #BPN30DayChallenge hari ke-20. Masih semangat menulis di blog, kan sahabat?

Yuk saya sharing ketika hari libur mesti ngapain :

1. Nonton Film di Rumah

Dari jaman punya anak baby, saya mulai suka nonton film di rumah. Dengan nyewa DVD karena jaman dulu itu belum ada internet. Kalo sekarang pengen nonton film di rumah, saya download dulu baru nanti kami nontonnya pas jam 11 siang sambil leyeh-leyeh di kasur.

Jaman anak-anak kecil, kasur sampai kotor dengan jajanan popcorn buatan rumahan. Yup, saya ciptakan suasana seperti di bioskop meski TV kami ukurannya cuma 32'. Yang penting bisa nonton asik sambil ngemil popcorn. Lebih asik lagi kalo nonton film di rumah adalah bisa selonjoran.

Mengapa nggak ke bioskop aja nontonnya? Cause, nonton bioskop di hari Minggu itu nggak asik karena mesti antri demi beli tiket. Justru saya dan suami itu lebih suka nonton di bioskop kalo weekdays. 

2. Baca Buku Sampai Tamat

Menghabiskan buku dalam satu hari itu saat ini seperti wacana. Namun kalo hari Minggu, ketika nggak ada kegiatan lain yang lebih penting, saya pilih baca buku. Tempat ngabisin buku yang paling asik tuh di kasur. Atau depan TV, jadi baca bukunya sambil ditemani suara TV. Tapi sambil ditemani pula cemilan dan teh panas.

Hari Libur

Kalo misal hari Minggu dihabiskan di luar rumah, saya tetep usahakan baca buku. Dalam perjalanan di dalam mobil, saya bisa loh baca isi buku. Mungkin orang lain ada yang pusing ya baca di dalam kendaraan yang sedang berjalan. Tapi saya udah terbiasa dari jaman masih pelajar, sambil nunggu nyampe rumah, bisa baca novel di dalam bus. Asik loh baca buku saat di perjalanan, tahu-tahu udah nyampe lokasi.

Ketika udah berkeluarga, kadang ada sih yang nyempil di sebelah saya saat sedang asik baca buku. Ya udah ditaruh dulu bukunya, perhatian sejenak dialihkan agar yang nyempil ini nggak terabaikan.

Baca artikel tentang pilihan buku favorit saya saat ini : Buku Favorit 

3. Silaturahmi

Saya dan suami suka silaturahmi. Sejak nikah, ada anak-anak pun kami suka menyambangi rumah famili. Kalo nggak ke rumah orang tua kami, kerabat dari keluarga saya. Atau berkunjung ke rumah teman suami.

Kata suami, silaturahmi itu nggak sekedar menyenangkan yang dikunjungi. Tapi juga menambah rejeki. Iya sih saya setuju. Karena dari silaturahmi ini, kadang suami dapat kerjaan. Bisa dari yang rumahnya dikunjungi, bisa juga dari kenalan atau kerabat yang punya rumah. Bekah dari silaturahmi itu rejeki, hihii

4. Masak Masakan Istimewa

Sejak sebelum menikah, saya paling suka melihat kegiatan bude bikin sesuatu di dapur. Kebetulan rumah orang tua kami berdekatan dengan rumah keluarga bude dan bulik dari Ibu saya.

Sementara ibu saya nggak suka masak kala itu karena kesibukan kerja, kebalikannya dengan bude. Dari bude pula saya jadi suka bikin masakan. Belajar bikin kue atau jajan pasar yang mudah seperti nagasari.

Sejak punya baby, kesenangan saya ngoprek dapur jadi ada alasan. Si sulung yang susah makan saat berusia 20 bulan, bikin saya belajar masak. Kreativitas bikin makanan agar si sulung doyan makan entah muncul dari mana. Mungkin karena saya pengen si sulung bisa menikmati segala makanan dari berbagai bahan masakan. Jadi lah kue, kroket, arem-arem, dan jajanan lainnya lahir dari tangan saya. 

Hari libur
Bikin Tahu Aci saat Hari Libur
Hari ini saya masih sesekali bikin jajanan untuk anak-anak. Tapi nggak sesering dulu karena kegiatan mereka di luar rumah juga udah banyak. Namun namanya anak-anak tetap lah anak, yang masih suka minta dibuatkan sesuatu ketika hari Minggu sedang berkumpul di rumah.

5. Jalan-Jalan ke Tempat Wisata

Nah kebetulan hari Minggu ini suami mendadak ngajakin saya dan anak-anak jalan-jalan. Biasa sih suami sering kayak gitu, mendadak ngajak dolan. Biasanya kalo liburnya cuma sehari, misal hari Minggu aja gitu, ya mainnya yang dekat rumah.

Kami tinggal di kota Semarang, yang bersebelahan dengan Kabupaten Semarang. Pemilik alam mempesona yang selalu menjadi destinasi wisata bagi warga Semarang dan sekitarnya. Jadi ketika kami sedang jenuh, sekedar ingin menyicipi susu kedelai, tinggal datang aja ke Bandungan.

Apalagi sudah beberapa tahun ini kawasan Bandungan tengah berbenah dan mengembangkan wisata kekinian. Beberapa tempat wisata dimunculkan dan digarap agar lebih mempesona. Wisata alam dipadukan dengan kebun binaang mini. Seperti di Taman Bermain Celosia. Lokasinya satu arah dengan Candi Gedong Songo.

Hari Libur

Dengan tiket masuk 15 ribu rupiah, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam serta fasilitas lain di sana. Teman Bermain Celosia ini merupakan tempat wisata kedua setelah yang pertama hadir. Terletak berhadapan dengan Taman Celosia yang sudah terlebih dulu hadir tahun lalu.

Di sini pengunjung bisa menikmati waktu dengan berjalan memutari taman, naik sepeda bagi anai-anak, high rope, memberi makan domba dan kelinci, dan lainnya.

Bagi saya, liburan dadakan seperti hari Minggu ini menyenangkan. Si sulung bisa mengambil foto sebanyak-banyaknya menggunakan kamera Sonny A 6000 yang baru dibelinya. 

Saya senang aja waktu diminta jadi model dadakan. Berganti gaya di beberapa sudut Taman Celosia yang sejuk. 

Hari Libur di Celosia Bandungan
Aihhh...jadi model dadakan untuk
si sulung latihan motret

Liburan murah meriah ke kawasan Bandungan ini cuma menghabiskan duit sekitar 302 ribu rupiah. Itu semua untuk pengeluaran membeli BBM, Makan di resto seafood, beli air mineral, jajan leker, dan tiket masuk Taman Bermain celosia.

Nah, hari Minggu tak perlu sedih kalo nggak bisa kemana-mana. Ada lima hal yang bisa kalian lakukan seperti yang udah saya kasih contekannya di atas. 

Atau kalo pun ke tempat wisata juga nggak harus yang bayar tiket masuk. Ada banyak taman di kota kalian pastinya kan? Pilih aja salah satu untuk kalian kunjungi. Bawa cemilan dan air mineral agar tidak pelu jajan di lokasi. Liburan hemat tetap bisa kalian lakukan. Sampai jumpa dalam artikel berikutnya ya Sahabat. Wassalamualaikum.
Reading Time:

Saturday, 8 December 2018

Demi Kesehatan Mental, Saya Koleksi 10 Lagu Ini di Playlist
December 08, 20180 Comments


Playlist Lagu

Assalamualaikum Sahabat. Apa kabarnya, semoga tetap semangat ya. Demi Kesehatan Mental, Saya Koleksi 10 Lagu ini Di Gawai. Setuju nggak sih kalo dengerin lagu itu bikin hati jadi damai. Apalagi dengernya sambil memejamkan mata, dengan tiduran di kasur atau pun sofa. Udah deh kelar urusan rumit seharian itu. Hahahaa.

Tapi dengerin lagu ketika sedang mengerjakan sesuatu pun juga asik. Dulu waktu masih kerja di kantor, radio milik inventaris kantor nggak pernah berhenti memperdengarkan suara lagu. Bisa seharian tuh alunan musik berdentang. Makanya kami rajin memantau radio dengan sisipian iklan yang sedikit.

Nah, saya mau sharing 10 daftar lagu yang nyaris menemani hari-hari saya saat kerja di rumah atau jalan-jalan bersama keluarga. Yuk kepoin yaaa ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

10 Daftar Lagu Favorit :

1. One Moment in Time - Whitney Houston

Lagu milik Whitney Houston ini menemani masa-masa saya kuliah. Lagu ini pula yang membangkitkan semangat ketika suasana hati sedang galau. 

Yuk nyanyi yang bisa nadanya :

Each day I live
I want to be
A day to give
The best of me
I'm only one
But not alone
My finest day
Is yet unknown
I broke my heart
Fought every gain
To taste the sweet
I face the pain
I rise and fall
Yet through it all
This much remains
I want one moment in time
When I'm more than I thought I could be
When all of my dreams are a heartbeat away
And the answers are all up to me
Give me one moment in time
When I'm racing with destiny
Then in that one moment of time
I will feel
I will feel eternity

2. Selamat Jalan Kekasih - Rita Effendy

Lagu ini dirilis tahun 2000, saat saya sedang hamil si bungsu. Saya suka dengan lagu yang dinyanyikan penyanyi yang mendapat award di Manila. Menjadi juara Pop Song Award tahun 2000 dengan lagu Selamat Jalan Kekasih.

Lirik lagu Selamat Jalan Kekasih :

Berpisah denganmu
T’lah membuatku semakin mengerti
Betapa indah saat bersama
Yang masih selalu ku kenang

Selamat jalan kekasih
Kaulah cinta dalam hidupku
Aku kehilanganmu
Untuk selama-lamanya
Cukup sekali
Kau lukai hati ini
Tak ingin terulang kembali
Kau tinggalkan ku sendiri


Reff : 2 kali
Aku cinta padamu
Aku masih menyayangimu
Walau hanya dihati saja
Untuk selama-lamanya

3. Immortality - Celine Dion


Lagu favorit ini dirilis oleh penyanyi Celine Dion pada tahun 1997. Syairnya menceritkan tentang keabadian. Dengan suara emas Celine Dion, lagu ini terasa merdu dan menggugah hati. 

Ada perasaan kehilangan, kekekalan, tak mampu mengucapkan kata perpisahan, bikin hati saya melow waktu dengar lagu ini.

4. Bendera - Band Cokelat

Siapa yang tak kenal lagu ini? Sejak mendengar lagu ini pertama kali diperdengarkan tahun 2001, sontak melejit. Lagu yang dinyanyikan penuh semangat oleh vokalisnya Kikan, bikin pendengarnya turut bernyanyi.

Setiap mendengar lagu ini, saya auto nyanyi. Musik yang rancak, syair yang mengobarkan rasa bangga menjadi warga Indonesia untuk mencintai bendera Merah Putih. Kamu juga merasakan hal yang sama?

5. KANGEN - Dewa 19

Saat itu lagu ini begitu digandrungi anak muda. Dirilis tahun 1992 oleh Dewa 19, dengan vokalisnya masih Arie. Lagu karya Ahmad Dani ini sangat populer hingga saat ini. 

Kamu yang lahir tahun 2000, kenal nggak dengan lagu ini? Siap-siap baper yang kelahiran awal tahun 1990 yaaa.

Lirik Lagu Kangen :

Kuterima suratmu, t'lah kubaca, dan aku mengerti
Betapa merindunya dirimu, akan hadirnya diriku
di dalam hari-harimu, bersama lagi
Kau bertanya padaku, kapan aku, akan kembali lagi
Katamu kau tak kuasa, menahan gejolak di dalam dada
yang membara menahan rasa, pertemuan kita nanti
Saat kau ada disisiku
Semua kata rindumu semakin membuatku, tak berdaya
menahan rasa ingin jumpa
Percayalah padaku akupun rindu kamu
Ku akan pulang, melepas semua
kerinduan, yang terpendam
Kau tuliskan padaku, kata cinta, yang manis dalam suratmu
Kau katakan padaku, saat ini, ku ingin hangat pelukmu
dan belai lembut kasihmu, takkan kulupa s'lamanya
Saat bersama dirimu
Jangan katakan cinta, menambah beban rasa
Sudah simpan saja sedihmu itu, ku akan datang

6. Forever and For Always - Shania Twain
Shania Twain penyanyi country pop yang memiliki karakter suara khas. Saya baru menyukai lagunya yang berjudul For This Moment on, yang dirilis tahun 1997. Lagu ini menjadi teman saya saat istirahat di tempat kerja. Bisa saya dengarkan berulang-ulang.

Namun saya lebih menyukai lagu Forever and For Always yang menggetarkan hati. Syairnya dalem banget, huhuuuu... kan jadi baper dakuw.


7. Just The Way You Are - Billy Joel

Aslinya lagu ini udah kawakan, dirilis tahun 1977. Namun saya baru mendengarnya tahun 1987. Ada memori di balik lagu ini. Lagu yang juga bikin baper sebaper-bapernya. Lagu jaman saya masih unyu unyu. Duhhh, jadi pengen nyanyi.

Don't go changing to try and please me

You never let me down before
Don't imagine you're too familiar
And I don't see you anymore
I wouldn't leave you in times of trouble
We never could have come this far
I took the good times; I'll take the bad times
I'll take you just the way you are
Don't go trying some new fashion
Don't change the color of your hair
You always have my unspoken passion
Although I might not seem to care
I don't want clever conversation
I never want to work that hard
I just want someone that I can talk to
I want you just the way you are
I need to know that you will always be
The same old someone that I knew
What will it take till you believe in me
The way that I believe in you?
I said I love you and that's forever
And this I promise from the heart
I could not love you any better
I love you just the way you are


8. Qing Fei De Yi - Harlem Yu

Meski soundtrack mini seri Meteor Garden ada beberapa lagu. Namun saya paling suka lagu Qing Fei De Yi dan The Love You Want. 

Dan dari dua lagu ini, saya favorit nya yang dinyanyikan oleh Harlem Yu. Lagunya lebih energik, dibanding The Love You Want yang dinyanyikan melow oleh Penny Tai.

Siapa yang ingin bernostalgia dengan lagu nya Tao Ming Tse ini? Hihiii.





9. I Don't Want to Miss a Thing - Aerosmith

Saya masih ingat waktu habis melahirkan si bungsu Mei 2000, suami ngajakin nonton film Armageddon di Plaza Semarang. Film yang bikin baper karena perpisahan demi tugas negara. Orang-orang terpilih yang akan menghancurkan meteor dengan cara memasang peledak di kerak batuannya. 

Aerosmith merilis lagu I don't want to Miss a Thing ini pada tahun 1998. Sebelum nonton filmnya, dengar lagu ini biasa aja. Tapi begitu mendengar saat lagunya diperdengarkan dalam momen perpisahan keluarga dengan calon pahlawan pilihan, hati saya tergetar. Lagu balada rock yang benar-benar cocok dengan cerita kesedihan saat perpisahan menaiki pesawat yang mengantar ke antariksa.

10. Allahumma Labbaik

Lagu yang baru dirilis bulan kemarin ini sudah menjadi lagu sayangan banyak orang yang kepincut dengan penyanyinya. Awalnya dulu saya nggak tahu, kok ada suara empuk milik Nissa Sabyan dengan lagu Gambus. Penasaran saya pun donlot lagu-lagunya untuk disimpan di flash disk. 

Suami dan saya suka mendengar lagu saat di perjalanan. Jadi kami suka sortir lagu-lagu yang enak didengar dan kemudian diputar di tape mobil.

Yuk nyanyikan lagu Nissa Syaban ini :

Dulu kau pernah bermimpi
Temuinya di tanah suci
Kini kau kan pergi
Tunaikan panggilan ilahi

Datang dan katakan padanya
Di sana.. Di sana…

Labbaik Allahumma labbaik
Labbaikala syarikalaka labbaik
Innal hamda wanni'matalak
Walmulkala syarikalak


Nah, ke-10 lagu yang ada di playlist ini sering diputar untuk didengar. Menemani di perjalanan dalam mobil, asik sih. Demi kewarasan mental, saya selalu putarkan untuk me time atau sekedar teman bernyanyi.  Kamu punya playlist lagu favorit? Sharing dong di sini. See u, wassalamualaikum.


Picture by Pexels
Reading Time:

Friday, 7 December 2018

Lima Youtuber Favorit dan Lima Alasan Mengapa Saya Stalking Channel Mereka
December 07, 2018 11 Comments

Youtuber Favorit

Assalamualaikum Sahabat. Lima Youtuber Favorit dan Lima Alasan Mengapa Saya Stalking Channel Mereka, mau tahu? Yuk baca terus sampai selesai ya.

Bagi penyuka , terutama rajutan seperti saya, butuh nonton DIY yang di share di Youtube agar belajar tuh lancar jaya. Masih penasaran kenapa saya memilih kelima Youtuber di atas?

FYI, dulu banget saya pernah belajar merajut pada ahlinya. Sampai gemes dan tangan lecet saking kuatnya megang hak pen, tetep aja gagal bikin yang sepele, macam rantai. #silahkan tertawa

Nah, karena saya bukan orang yang gampang menyerah, akhirnya buka-buka channel Youtube.     

Oiya ini juga menjadi tulisan untuk tantangan #BPN30DayChallenge hari ke-18 yang diadakan Blogger Perempuan Network.

Ini Lima Youtuber Favorit ala saya :

1. Umi Iva

Youtuber Favorit

Salah satu dari channel Youtube kreasi rajut yang saya pelajari adalah channel Umi Iva. Penjelasan cara merajut, jenis bahan yang dipakai, semua diceritakan di sini.

Penjelasan menggunakan bahasa Indonesia, meski keterangan gambar pakai bahasa Inggris. Maksudnya tentu akan bisa diikuti oleh semua kalangan, baik yang bisa bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

2. Hanni Hendra

Nah, channel Youtube yang saya ikuti adalah milik Hanni Hendra. Pecinta rajut yang tinggal di kota Tangerang ini sharing tentang tutorial merajut di channel nya sejak tahun 2013.

Saya suka mantengin channel nya karena penjelasan cara merajut itu gampang sekali. Saya yang tadinya gagap merajut, jadi bisa menghasilkan bros bunga mawar.

3. Febe Andrian


Dari channel Febe Andrian ini, saya akhirnya bisa juga bikin bros model dari Mawar, Kamboja, dan kupu-kupu.

Video yang dishare lumayan banyak. Cara jelasinnya juga mudah, seperti punya Hanni dan Umi Iva. Itu lah kenapa saya memilih ketiga channel Youtube ini masuk dalam list Youtuber favorit.  

4. Dewi Hughes Hypnotherapy

Kenal kan sama Dewi Hughes, artis yang bertubuh subur dulunya? Iya dulunya. Karena sekarang tubunya melangsiiing. Dengan Diet Kenyang yang dianutnya, Hughes bisa turun 90 kg dalam waktu 18 bulan. Salah satu yang dilakukannya adalah perbanyak minum air putih. 

Menurut Hughes, air putih itu murni, nur dari Tuhan. Dia pun beranggapan bahwa makanan dan minuman yang masuk ke badan kita jadi obat. Bahkan diajakin bicara, mengucap syukur atas RahmatNYa dengan menikmati makanan itu. 

Saat ini kesibukan Dewi Hughes adalah menjadi ahli hypnotherapy dengan membuka kelas workshop di berbagai kota.    

5. Dapur Mamaku


Channel Youtube yang isinya share resep masakan, dari roti manis, dessert yang disukai anak-anak, masakan rumahan, dan kue kering.

Video tutorial masak bisa diikuti step by step. Dan update nya juga rutin, tiap seminggu sekali. Jadi kalo kalian bingung nggak ada ide mau masak apa, kepoin aja channel Youtube Dapur Mamaku.

Kalo kalian suka mantengin channel Youtube milik siapa? Share yuk, mungkin bisa jadi contekan buat saya kepoin juga. Tulis aja di kolom komentar ya, Sahabat. Wassalamualaikum.  
Reading Time:

Thursday, 6 December 2018

Resolusi Tahun 2019 Saya Cukup Lima Hal Ini, Kalo Kamu Gimana?
December 06, 2018 37 Comments
Resolusi 2019

Assalamualaikum Sahabat. Ada Lima Hal Yang Jadi Resolusi Tahun 2019 nanti. Bagi saya enggak masalah resolusi tahun 2018 ini belum terwujud semuanya. Saya masih berusaha untuk selalu mewujudkannya. Karena setiap tahun resolusi saya adalah memperbarui resolusi tahun sebelumnya. Kemudian menambah resolusi baru.

Nah tantangan #BPN30DayChallenge hari ke-17 ini, ada resolusi yang saya tambahkan. Manusia itu butuh mengungkapkan mimpi-mimpinya. Agar menjadi pemacu semangat mewujudkan impiannya.

Oiya resolusi saya tahun 2018 ini adalah : Sehat fisik dan mental. Baca aja, dengan klik kalimat yang udah saya kasih warna di atas.

Dan Lima Hal Yang Jadi Resolusi Tahun 2019 :

1. Lebih Sehat 

Kesehatan bagi perempuan usia 50 tahun kayak saya itu penting banget. Karena kebanyakan manusia ketika memasuki usia 50 tahun, seperti panen penyakit. Saya nggak mau dong kayak gitu. Saya pengennya bisa sehat. Bebas menjalani hari-hari dengan tubuh sehat tanpa penyakit.

Karena dari pengamatan saya selama ini, dari tetangga, saudara, teman, ngaku kalo nilai kadar gula darah, kolesterol, tensi, asam urat, pada naik semua. 

Penghasilan yang naik sih asik. Keimanan yang meningkat sih alhamdulillah. Tapi kalo semua yang sebutkan di atas dan berhubungan dengan tubuh kita, jadi naik kan ngeriii, baginda!

Apa yang sudah saya kerjakan agar memiliki tubuh tetap sehat?
Tentunya menjaga agar pola makan tidak ngawur. Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jahat. Mengingat kadar kolesterol saya yang masih rendah, tahun ini saya perbanyak makan alpukat. Dimakan gitu aja tanpa tambahan apapun. Kalium saya yang masih kurang, membuat saya rajin mengonsumsi pisang rebus.

Resolusi sehat
Harus sehat, biar bisa traveling
Selain itu saya rutin menggerakkan tubuh dengan jalan kaki setiap pagi. Kalo musim hujan seperti sekarang ya cukup yoga aja di rumah. Yang masih belum bisa rutin adalah tidur lebih awal, hahahaa. Suami suka mengingatkan agar saya tidur lebih gasik, sekitar jam 10 lah. 

2. Traveling Bareng Suami

Sebenarnya udah tiga tahun ini saya sering pergi berdua dengan suami. Anak-anak udah berusia 17 tahun lebih, tahun ini malah udah kuliah semua. Jadi kami punya cukup banyak waktu berduaan kemana aja.

Tahun kemarin saja, saya dan suami pergi berdua ke kawasan wisata Air Terjun Jumog tanpa anak-anak. Tempat yang asri, sejuk, dengan panorama indah bikin kami mengajak anak-anak liburan kesana tahun ini.


Resolusi Traveling
Jurang Tembelan, Imogiri
Kami berdua juga jalan-jalan ke Jogja. Menikmati suasana empat tempat wisata dalam dua hari masa liburan. Dari Jurang Tembelan dan Gua Seribu Batu di kawasan Imogiri, mampir di Museum Vredeburg, dan Taman Sari.

Traveling

Bahkan akhir sebelum ke Jogja, saya dan suami sempat ke Pekanbaru, Bukit Tinggi, Payakumbuh dan sekitarnya. 

Dalam waktu tiga hari, kami jalan-jalan ke beberapa tempat wisata yang cantik alamnya. Dari Ulu Kasok, Lembah Harau, Jam Gadang, Kelok 9 hingga Istana Pagaruyung di Batu Sangkar. Padahal saat itu saya sakit vertigo, tapi ya nggak masalah kalo untuk jalan-jalan, hahahaa. 

Beneran ya, kalo sakit itu obatnya jalan-jalan. Nggak perlu yang jauh, yang dekat aja cukup kok.

Nah, tahun 2019 nanti saya dan suami sudah memiliki list jalan-jalan. Salah satunya adalah liburan ke Malaysia bersama teman-teman blogger Semarang. Semoga rencana ini tetap terwujud dan berjalan lancar. Aamiin.

3. One Month Two Book

Kembali mencoba me time dengan buku. Membaca minimal 1 bulan 2 buku. Kayaknya era digital telah merenggut kebiasaan menyenangkan saya selama ini. Yaitu baca buku. 

Jaman dulu sebelum dunia digital marak, saya bisa baca 1 buku dalam 2 hari. Paling lama seminggu lah. Sekarang kecepatan baca saya berkurang karena perhatian sering teralihkan oleh berbagai notif di sosmed. Sungguh mengenaskan.


Semoga mulai bulan Desember ini, saya bisa menyelesaikan 2 buah buku. Satu buku pinjaman milih mba Uniek yang udah lama saya abaikan. Satu lagi buku yang baru aja saya beli saat pameran di Auditorium Undip.

4. To Be a Profesional Blogger

Halah bahasanya kayak gitu amat sih, hihiii. Tampaknya profesi blogger makin menjura ya. Alhamdulillah tahun 2018 ini saya mengikuti berbagai event yang mengajak partisipasi blogger. Dari event di dalam kota sampai luar kota.

Dari ajakan mengikuti seminar kesehatan, sampai jalan-jalan mempromosikan obyek wisata.

Rafting di sungai Serayu
Famtrip Banjarnegara di Sungai Serayu
Nah, di sini lah saya mesti meningkatkan kecakapan diri agar bisa mengikuti event dengan sebaik mungkin. Pihak pengundang tentunya meminta kita agar profesional. Salah satunya adalah dengan segera mungkin menuliskan artikel yang diharapkan tayang di blog. 

5. Belajar Sabar Menghadapi Anak-Anak

Kalo waktu balita kesulitan orang tua adalah mengajarkan sesuatu hal yang berbahaya secara fisik. Agar anak-anak memahami bahwa sesuatu itu berbahaya bila dilakukan atau tidak dilakukan.

Ketika anak-anak sudah mulai dewasa, orang tua belajar memahami gejolak masalah mereka. Bisa masalah yang berhubungan dengan pendidikan, teman bergaul, hingga pacar.

Resolusi Traveling
Saat traveling, bisa jadi bonding
ngobrolin hal penting tak penting 

Saya berusaha menjadi teman yang sejajar kedudukannya. Berusaha tidak mengusik, tapi nyari info dengan gaya cuek. Jadi isinya tuh hati dilatih dengan kesabaran melihat anak-anak mengambil keputusan sendiri. Karena masa depan adalah milik mereka. Sebagai ibu, saya hanya bisa membantu dengan doa dan dukungan.

___________________

Seluruh energi saya pertaruhkan agar kelima resolusi untuk tahun 2019 ini bisa terwujud. Memang nggak mudah, namun ikhtiar dan doa akan berdampingan dengan saya untuk mewujudkannya.

Selama umur masih ada, selama itu pula semangat harus terus terjaga. Seperti yang pernah saya baca dalam Al Quran.

Jangan lah kamu bersikap lemah dan jangan lah pula kamu bersedih hati. Padahal kamu lah orang-orang yang paling tinggi derajatnya jika kamu beriman.(QS Al Imran : 139)

Artinya sebagai manusia yang beriman, jangan lah memandang diri sebagai orang yang penuh kekurangan. Setiap manusia mendapat anugrah dari Allah berupa kelebihan dan kelemahan masing-masing. Berpikir negatif tentang diri sendiri itu pertanda kita masuk sebagai golongan orang yang kurang bersyukur. 

Yup, jadikan kelebihan yang kita miliki untuk kebaikan pada sesama. Dan jadikan kekurangan kita sebagai motivasi untuk meningkatkan kualitas diri. Jadi jangan baper yaa.

Saya sudah menuliskan kelima resolusi yang ingin terwujud pada tahun 2019 nanti.  Saya berharap kelima hal di atas bisa saya wujudkan dengan jalan terbaik. Share yuk resolusi kalian, saling mendokan juga. Mari kita semangat berikhtiar agar resolusi ini terwujud. Wassalamualaikum.
Reading Time:

Wednesday, 5 December 2018

10 List Blog Favorit Yang Bikin Saya Suka Blog Walking
December 05, 2018 33 Comments

Blog Walking
Pict by pexel, edit by hidayah-art

Assalamualaikum Sahabat. 10 List Blog Favorit Yang Bikin Saya Suka Blog Walking Setiap Hari bisa loh kamu kepoin. Saya terbuka kok orangnya, hahaahaa.

Karena tiap orang memiliki selera yang berbeda. Dan perbedaan itu menjadi warna dinamika kehidupan. Walaaahhhh, sok gegayaan filsuf ala ala ini.

Tak perlu basa-basi lagi, yuk kepoin 10 blog favorit yang selalu saya blog walking setiap minggu. Karena artikel mereka kan nggak tiap hari diupdate. Trus ini urutannya acak ya, nggak terpaku yang paling bagus atau gimana.

1. Jihandavincka.com

Blog milik seleb blog yang udah pada tahu lah ya, nulisnya kece, tegas, akurat, kadang diselipkan data juga, dan selalu ada sisi humor khas Jihan.

Tagline blog Jihan Davincka 'Her Infinite World' benar-benar menunjukkan siapa dirinya. Tinggal di luar negeri dengan keluarga kecilnya dan menuliskan pengalaman dengan gaya bahasa yang seru.

Kepoin aja di www.jihandavincka.com kalo pengen mengenal pemikirannya tentang perempuan, parenting,  traveling kece ala Jihan.

2. Backpackology.me

Udah pada kenal kan dengann simbok glundang glundung ini? Kasihan loh kalo kamu belum kenal. Cara bertuturnya di blog itu seru, mengundang senyum, sesekali ngakak keras, dan pengen klik klik artikel lainnya.

Blog yang berisi artikel seputar traveling bersama keluarga di lebih 25 negara. Hayo loh, kamu udah traveling ke berapa negara? Jangan tanya saya yaa, hihiii.

Sebenarnya blog milik mbok Olen ini nggak sering update. Beliau lebih sering update di sosmed macam Facebook dan thread nya bisa sepanjang ular naga. Eh tapi Nopember ini sejak tinggal di Inggris, blog backpackology.me udah rame dengan postingan anyar.

3. Carolinaratri.com

Blog Walking

Blog bergizi yang wajib kamu jadikan blog walking setiap hari. Apalagi kalo kamu blogger pemula, yang ingin menaikkan traffic blog. 

Saya sampai hari ini masih blog walking di blog yang menyematkan nama sama dengan penulisnya, carolinaratri.com. 

Saya suka dengan gaya penulisannya yang kocak, meski mengusung tema serius seputar blogging dan media sosial. Pokoknya kalo kamu pengen update info terkini seputar media sosial, kunjungi blog mba kece dari Jogja ini.

4. Jiahjava.com

Penyuka K-Drama ini sering menyebar virus racun review Drama Korea. Pertama kali kenal waktu gabung dalam arisan link Blogger Perempuan. Bersama menjadi admin grup arisan link, yang sampai sekrang pun WAG nya masih asik dan seru ngumpul. Nggak ada yang mau grupnya  dibubarkan sih.

Ulasan drama yang dituliskan detil, dari hati, kayaknya emosi pun ikut bercerita. Apa karena drakor selalu bikin penontonnya nggak bisa move on kah? Tanya pada Jiah yaa. ๐Ÿ˜„

5. Yoannafayza.com

Blog milik Yoanna Fayza, blogger dari Jogya ini memilih nama yang sama dengan penulisnya. Dengan mengusung niche Lifestyle yang katanya awal ngeblog karena ingin menulis suka-suka.

Penyuka Fotografi dan mendapat support dari suami, blog ini menjadi ajang share pengalaman Yo motret sesuatu. Artikelnya yang lain adalah tema Parenting sesuai posisinya sebagai ibu dua anak cowok yang sedang aktif-aktifnya. 

Hobinya traveling dan kulineran pun dituangkan juga dalam beberapa artikel di blognya. Siap-siap aja ngiler kalo kepoin blog Yoanna.

6. Duniaqtoy.com

Sempat ada yang nanya pada saya, arti nama duniaqtoy itu apa?

Nah loh, yang punya nama mba Untari, tapi yang ditanya kok saya ya?

Tapi ada kok akhirnya cerita tentang asal usul nama blog duniaqtoy.com kalo kamu pengen tahu. Kebetulan karena ikut #BPN30DayChallenge jadi ketahuan kan napa blog mba Untari paai nama duniaqtoy, hahahaa.

Saya suka stalking atawa Blog Walking di duniaqtoy karena isinya bergizi plus yummy. Eh makanan kali, isi blog disamakan dengan pengisi perut lapar.

Ya intinya kalo kamu ingin belajar ngeblog, nyari tips seputar tekno, kepoin aja blognya mba Untari. Perempuan gape tekno tuh juarang loh.

7. Gembulnita.blogspot.com

Blog Walking

Banyak yang kenal kan dengan alamat blog ini? Iyes, blog milik Nita yang punya nama panjang Gustyanita a.k.a gembul kecil yang doyan jalan dan makan. #peace Nita

Dulu isi blog gembulnita kulineran karena dia suka jalan sama suaminya. Ya iyalah sama suaminya, masak suami orang lain?! #minta dijitak

Artikelnya isinya memang curcol abis, tapi menarik untuk dijadikan bahan bacaan saat saya nganggur kurang kerjaan. Kebanyakan artikelnya bikin saya senyum-senyum sendiri, atau tiba-tiba ngakak. Trus ada juga diselipkan stiker-stiker imyut. 

Ya masa nulis tentang baju kebesaran itu ternyata kaos oblong milik suaminya. Beneran saya gemes kalo baca artikel Nita. Pengen ketemu suatu hari nanti, duhhh segitunya ya.

Kepoin aja ya kalo pengen senyum-senyum sendiri selama baca artikel Nita. Oiya, sekarang tulisannya nggak sepanjang dulu waktu belum lahir baby nya yang ngegemesin itu. Ya kali aja repot karena ngurus baby itu butuh waktu panjaaang.

8. Shintaries.com

Semua blogger udah tahu dong dengan pemilik blog yang mengambil namanya sendiri. Meski niche blognya lifestyle namun isinya bergizi. Ada blogging, kesehatan, traveling, kulineran, beauty, dan parenting.

Kalo kamu ingin banyak belajar tentang branding, coba aja kepoin blog shintaries.com. Atau nyari hotel murah di Bali? Ada jugaaak. Komplit deh nyari artikel yang nampol juga ada tuh. Entah tahun berapa nulisnya, saya lupa. Hihihiii.

9. Liannyhendrawati.com

Ah siapa yang nggak kenal sama mbak Lianny yang ramah dan sering share resep masakan?!

Blog dengan nama pesonal dirinya ini niche nya udah jelas, tentang makanan. Kalo kamu lagi laper, jangan baper kalo stalking di blognya mba Li. Bakal sukses ngiler karena di sisimu nggak ada makanan untuk dilahap, hahaha.

Meski isinya kebanyakan resep. Ada juga kok artikel traveling yang tentunya tak meninggalkan kulineran. Lagi-lagi kamu bakal laper setelah blog walking.

10. Beyourselfwoman.com

Ahhh udah pada kenal kan ya dengan blog beyourselfwoman.com ini? Mba Lusi adalah orang di balik blog yang mengusung tema DIY dan Craft.

Saya suka kepoin blog mba Lusi karena sering memberikan inspirasi bikin sesuatu yang gampang. Seperti dompet untuk wadah gunting. Tutorialnya juga gampang. Bahkan kadang ada yang hanya jahit tangan. Kepoin langsung yaaa.

Yes, lunas deh 10 list blog favorit yang bikin saya suka blog walking. Meski kadang saya nggak nitip komentar, karena udah terlalu asik mantengin kata per kata saking asiknya. Kamu punya list blog walking juga? Share dong siapa tahu sama, hehee. Wassalamualaikm Sahabat.



Reading Time: