5 Pantai Eksotik di Pangandaran yang Tak Boleh Dilewatkan Para Pelancong - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Minggu, 19 Mei 2019

5 Pantai Eksotik di Pangandaran yang Tak Boleh Dilewatkan Para Pelancong

5 Pantai Eksotik di Pangandaran yang Tak Boleh Dilewatkan Para Pelancong

Pantai Eksotik di Pangandaran

Assalamualaikum Sahabat. Nggak terasa ya kalo puasa udah masuk hari ke-14. Dan sebentar lagi lebaran udah di depan mata. Saatnya kalian akan silaturahmi dengan keluarga dan sahabat. Dan biasanya hari lebaran identik dengan liburan. Saya punya lima pantai eksotik di Pangandaran yang bisa jadi destinasi liburan lebaran kalian.

Pantai eksotik di Pangandaran wajib dikunjungi para pelancong yang akan berlibur ke kawasan pantai. Pantai Pangandaran sendiri sudah lama dikenal sebagai Bali-nya Jawa Barat. Tentu karena keindahan pantainya, termasuk juga pasir putihnya yang tak boleh dilewatkan.

Sejumlah pantai yang ada di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menawarkan kekhasan dan keindahan tersendiri. Selain deburan ombak, tempat berenang yang asyik, ada juga pantai yang bisa dijajal dengan snorkeling atau pun ombaknya bisa ditunggangi lewat aktivitas surfing.

Berikut Pantai eksotik di Pangandaran yang tak boleh dilewatkan wisatawan:

1. Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran

Pantai Eksotik di Pangandaran

Mengutip dari media online lokal Pangandaran, Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran merupakan kawasan wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Makanya tak heran jika di momen liburan, pantai ini begitu padat pengunjung. Kini jika berkunjung ke pantai ini, kalian juga bisa menikmati taman-taman di pesisir pantai yang dibangun Pemkab Pangandaran untuk mempercantik Pantai Pangandaran.

Ada juga pusat oleh-oleh yang tak jauh dari kawasan Pantai Barat Pangandaran. Nah, di sini kalian bisa loh membeli berbagai macam produk khas Pangandaran.

Jika sudah bosan berenang kalian juga bisa menikmati kuliner khas Pangandaran. Karena sudah ada Kampung Kuliner Pangandaran yang menawarkan berbagai sajian khas Pangandaran. Selain itu, kalian juga bisa nongkrong di café-café yang ada di sana sambil menikmati semilir angin pinggir pantai. Wah jadi segera pengen berkunjung ke pantai-pantai di Pangandaran ini deh.

2. Pasir Putih Pangandaran

Pantai Eksotik di Pangandaran

Untuk menuju lokasi Pasir Putih Pangandaran ini, para wisatawan harus menaiki perahu pesiar dari Pantai Barat Pangandaran. Perjalanan selama 30 menit akan kalian lewati untuk sampai ke lokasi. Namun, hal tersebut sepadan dengan keindahan yang akan kalian temukan di Pasir Putih Pangandaran.

Aktivitas yang tak boleh kalian lewatkan di Pasir Putih Pangandaran adalah snorkeling. Kalian bisa menikmati keindahan biota laut dari karang-karang bawah laut Pasir Putih Pangandaran.

Selain itu, keberadaan bangkai kapal Viking Logos di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri. Kalian yang hobi post foto di media sosial, bisa berfoto sepuasnya dengan latar belakang bangkai kapal. Perlu kalian tahu, bangkai kapal ini merupakan sisa peledakan yang dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perairan.

3. Pantai Batukaras

Pantai Eksotik di Pangandaran

Pantai eksotik di Pangandaran lainnya adalah Pantai Batu Karas. Jaraknya kurang lebih 34 kilometer dari Pangandaran. Ombaknya cukup besar sehingga Pantai ini cocok bagi kalian yang hobi surfing.

Walau ombaknya besar, namun kalian masih bisa berenang di tepi pantainya. Karena cukup aman bahkan untuk anak-anak yang ingin berenang sekalipun. Karena itu, kalian bisa mengunjungi pantai ini bersama keluarga.

Pantai Batu Karas juga sudah dilengkapi dengan fasilitas umum, seperti hotel untuk menginap, termasuk juga pondok wisata lengkap dengan area bermain anak-anak, tempat ibadah, dan fasilitas lainnya yang dibutuhkan pengunjung.

4. Pantai Karapyak

Daya tarik dari pantai Karapyak adalah keberadaan batu karang yang cukup banyak menghiasi bibir pantai. Selain itu ada juga tebing yang curam dengan disertai ombak besar. Pasir putih sepanjang 5 km di sisi pantai juga salah satu kekhasan pantai ini. Puas-puasin deh bermain air di tepi pantai berpasir putih ini.


Pantai Eksotik di Pangandaran

Satu hal yang istimewa dari salah satu pantai eksotik di Pangandaran ini adalah warna air yang berbeda tergantung debit airnya. Fenomena alam yang istimewa terjadi saat debit air Sungai Citanduy meningkat dan bermuara ke laut, maka akan terlihat warna air laut yang amat kontras.

Air sungai yang berwarna coklat akan bercampur dengan air laut. Sehingga terlihat berbeda warnanya, bahkan dari kejauhan akan terlihat berwarna merah.
Keunikan lainnya dari Pantai Karapyak yaitu munculnya taman laut ketika ombak sedang surut. Taman laut tersebut ditempati oleh biota laut seperti  ikan hias kecil yang terdapat di sela-sela karang, kepiting maupun umang.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini adalah saat musim kemarau. Pasalnya, saat itu kalian bisa menyaksikan pesona terbaik dari pantai ini. Termasuk taman laut dan warnanya yang berbeda. Lokasi pantai ini ada sebelum masuk ke Pantai Barat Pangandaran, sekitar  20 km dari Pangandaran. Sudah banyak petunjuk jalan yang bisa diikuti pengunjung untuk sampai ke pantai ini.

5. Pantai Madasari

Pantai eksotik di Pangandaran ini dilengkapi dengan pulau-pulau yang penuh dangan batu karang yang keberadaannya ada di tengah-tengah laut. Selain itu, Pantai Madasari juga menawarkan keindahan pantai yang unik.

Pantai Eksotik di Pangandaran

Gulungan ombaknya juga cukup besar, sehingga banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk surfing. Wisatawan asing banyak yang berkunjung ke Pantai ini khusus untuk surfing.

Pantai yang ada di kawasan bulak benda ini juga menawarkan fasilitas untuk camping. Sudah ada jasa penyewaan tenda di Pantai Madasari. Sehingga jika repot membawa peralatan camping, kalian bisa menyewanya langsung di sini.

Selain itu, pantai yang masih dikelola oleh Bumdes Desa Mesawah ini juga sudah memiliki fasilitas lengkap. Seperti toilet, tempat parkir, juga mushola. Pantai ini juga cocok untuk acara gathering keluarga besar atau perusahaan.

Lokasi pantai ini ada di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Letaknya di peta ada di sebelah selatan Pantai Batukaras. Jaraknya pun hanya 18,5 km dari Pantai Batukaras.

Itulah pantai eksotik di Pangandaran. Pastikan kalian tidak melewatkannya jika berlibur di Kabupaten Pangandaran. Nah, kalian bisa berlibur bersama teman atau saudara untuk sama-sama menikmati kekhasan pantai yang ada di Pangandaran. Atau mungkin kalian udah pernah berkunjung kelima pantai ini? Yuk sharing dong di kolom komentar gimana asiknya bermain air di pantai eksotik di Pangandaran ini. Wassalamualaikum Sahabat.

44 komentar:

  1. Waalaikumussalam. Ntah kenapa, aku selalu terobsesi dengan laut, dan betah banget berlama-lama duduk di pantai. Apalagi kalo pantainya ciamik ciamik seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi pengen ngelamun kalo di pantai ya, hahahaaa

      Hapus
  2. Banyak ya pantainya di Pangandaran. Sampe ada yg pasir hitam dan pasir putih. Pengen ke yg pasir putih deh, selama ini baru pernah yg di Jogja aja. Semoga kesampean ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantai di Pangandaran termasuk pantai selatan, biasanya memang ada banyak karena satu deretan. Ayo ke Pangandaran Luk, ajakin keluarga

      Hapus
  3. Uuhhh ketjeh banget pantai pantainya, jadi pengen ke Pangandaran, soalnya juga belum pernah ke Pangandaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, udah sampai ke pantai di Malang harusnya giliran ke Pangandaran abis lebaran nanti ya

      Hapus
  4. Woow ..kelima pantai di Pangandaran ini kece abis ya mba.. Duh..langsung masukkan ke list destinasi wisata kami nih ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mbak, ajakin ibu dan keluarga lainnya. Atau kita barengan yuk kesana, seru kalo rame yaa

      Hapus
  5. Masyalaah indah banget panorama pantai di sekitar jawa Barat,sayangnya aku belum pernah sama sekali ke sana mba.Maka si atas infonya yang menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum terlambat berkunjung ke Pangandaran. Bisa mampir kesana setelah dari Bandung kaan

      Hapus
  6. Kirain pantai pangandaran itu cuma satu. Ternyata ada banyak ya. Jadi pingin ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana tiap pantai punya ciri khas tersendiri ya. Jadinya bikin semangat tinggi nih buat menelusurinya satu per satu

      Hapus
  7. panagndaran memang bagus, aku dulu betah banget di sana, males pulang, hahaha, pantai-nya bu susi juga ya hehehe

    BalasHapus
  8. Pantainya Pangandaran keren-keren ya..Belum satu pun kukunjungi hahah.. semoga lah ada salah satunya atau semuanya bisa kukunjungi.

    BalasHapus
  9. Aku udah lamaaaaaa banget nggak mantai.
    pengin deh tahun ini plesir ama bocah ke pantai Pangandaran ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  10. Aku pgn bgt dr dulu bs ke pantai pangandaran. Nanti deh kalo anak2 udah bs diajak jalan2.

    BalasHapus
  11. ternyata di sekitar pantai pangandaran, juga terdapat pantai2 lain yg gak kalah keren ya <3

    BalasHapus
  12. Pangandaran pantainya bikin mupeng deh. Udah lama nggak nyium hawa-hawa pantai. Masukin list piknit duluuu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi pengin masukin list piknik juga nih. Udah berapa tahun ya enggak pernah mantai lagi, duuhh... kangen dengan deburan ombak dan cakrawala yang menanti untuk dinikmati.

      Hapus
  13. Aku suka pantai, mungkin karena aku anak gunung jadi terobsesi dengan pantai. Lebih suka pantai yang masih sepi terus melamunkan masa depan atau tidur2an di pinggir pantai. Me time banget. Semoga kesampaian lagi. Dah lama ga ke pantai nih, Mbak.

    BalasHapus
  14. Wiihh asiikk.. nanti lebaran kebetukan akan kumpul di Banjarsari dekat dengan pangandaran.. refrensi banget nba buat diriku nanti.. makasih ya

    BalasHapus
  15. Belum pernah ke Pangandaran, pengen kapan kapan kalo ada rejeki
    banyak pilihan pantainya yo Mba. Pantai Krapyak kayak nama tempat mbahku tinggal nih krapyak

    BalasHapus
  16. Wah sudah lama nih nggak dapat vitamin sea.

    Btw, kalau ke pantai begini, serunya ramai-ramai ya.
    Apalagi kalau teman travellingnya gokil dan ekspresif, sempurna!

    BalasHapus
  17. aku catet ya mba. mudah2an rencana main ke pangandaran tahun ini bisa terealisasi, aamiin.
    makasi infonya yaa

    BalasHapus
  18. Pangandaran punya aset pantai yang cukup banyak ternyata ya mba. Aku blas belum pernah kesana loh. Jadi pengin bawa anak2 main ke sana nih.

    BalasHapus
  19. Pangandaran nih, kampung halaman Papaku. Alhamdulillah udah tamat menjelajah pantai2nya. Jadi kangen lebaran di sana. Rumahnya ngga jauh dr pantai jadi klo malem tidur diiringi suara debur ombak

    BalasHapus
  20. Pangandaran itu udah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat ya mbak. Udah beberapa kali diajakin kesini tapi gagal mulu, sampa yang ngajak pindah kota lagi, hihi.

    BalasHapus
  21. Aku paling demen banget main ke pantai, tapi belum pernah kesini. Boleh juga nih dicoba nanti pas liburan.

    BalasHapus
  22. pangandaran, sudah beberapa kali ke sana. Tapi yang paling diingat adalah, itu tempat hari madu (bukan bulan karena singkat saja) saya sama suami 10 tahun lalu. Hahah cuma ke pangandaran karena sempitnya waktu cuti. jadi karena saya saat itu tinggal di bandung, pilih yang deket2 saja. Sejak saat itu belum pernah ke pangandaran lagi.

    BalasHapus
  23. Di Pantai Pasir Putih bisa snorkeling? whuaaa aku mau ah ke sana. Belum pernah main ke daerah Pangandaran. Seru juga keliling pantainya.

    BalasHapus
  24. Langsung jatuh hati dengan view di Pantai Pangandaran, duh jadi kangen pantai Bira. Kapan yah bisa jalan2 lagi ke pantai. Smga aja ada rejeki bisa melancong ke pantai Pangandaran ��

    BalasHapus
  25. Cantik-cantik banget pantainya. Duh jadi pengen mantai nih, berendam air laut dan juga bikin istana pasir

    BalasHapus
  26. Belum pernah main pantai di Pangandaran. Kayaknya aku harus mampir pas lebaran ini deh mba :)

    BalasHapus
  27. Udah lama banget ga maen ke Pangandaran. Walau sebenernya aku tuh takut gosong dan paling males maen ke pantai, aku kok tertarik ya sama pantai Karapyak sama Pantai Batukaras

    BalasHapus
  28. Wah, aku belom nyoba ke pantai nomor 3, 4, dan 5 deh. Indah ya. Semoga nanti kalo ke Pangandaran lagi, bisa main ke semuanya.

    BalasHapus
  29. Aku malah belum pernah ke Pantai Pangandaran sama sekali mba. Tapi tulisanmu ini membantuku mengetahui pantai-pantai cantik di sana

    BalasHapus
  30. Terakhir ke pengandaran itu waktu kuliah belum lagi smp sekarang jadi kangen semakin bersih ya mba sekarang

    BalasHapus
  31. Selama ini tahunya pantai pasir putih dan pantai bagian timur dan barat aja. Jadi pengen lihat pantai lainnya, keliatan bagus pemandangannya ya ...

    BalasHapus
  32. Pernah ke Pangadaran dua kali, tapi ke Pantai mana yaa...?
    Taunya cuma ke situu aja...

    Abis dari pantai, trus lari ke hutan...eh, itu kan Cinta.
    Kalau kami, ke tempat kuliner seafoooodd.

    BalasHapus
  33. Indah banget ya pantainya... Jadi pengen kesana.. Blm pernah kesana..

    BalasHapus
  34. Jadi kangen pangandaran bu, udh lama bgt gak ksana. Tapi pjalanan darat kesana tu bkin pusing, lama benerrr

    BalasHapus
  35. Jadi ingat saya dan teman-teman pernah kemping di Pantai Batu Karas. Ada lokasi yang tinggi seperti bukit untuk dijadikan lokasi kemping di sana. Ombaknya besar dan banyak turis yang surfing.

    BalasHapus
  36. Baru 3 pantai di atas yang sudah aku kunjungi mba. Sama batu hiu satunya. Jadi inget dulu nyimpen foto2nya di mana yaa??

    BalasHapus
  37. Salah satu destinasi tempat wisata impian yang belum kesampaian sampai sekarang. Aku pikir Pantai Pangandaran ini ya cuma satu. Ternyata ada banyak pantai di daerah Pangandaran. Terima kasih infonya Kakak.

    BalasHapus