Menu Buka Puasa Ayam Bakar Bumbu Skippy - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 08 Mei 2019

Menu Buka Puasa Ayam Bakar Bumbu Skippy

Menu Buka Puasa Ayam Bakar Bumbu Skippy


Assalamualaikum Sahabat. Alhamdulillah ramadhan udah memasuki hari ketiga. Bagaimana kabarnya, masih semangat masak untuk buka puasa keluarga dong ya? Harus semangat ya demi menyiapkan menu buka puasa untuk keluarga tersayang.

Saya aja yang sebelum puasa malas masak karena cuma berdua ama si bungsu, begitu masuk bulan ramadhan jadi semangat masak. Kangen juga repot di dapur, berkeringat, lelah, namun mendapat reward senyuman hangat anak-anak dan suami. 

Eh ramadhan tahun ini cuma ada si bungsu, karena si sulung udah bekerja di Jogjakarta. Belajar mandiri, jadi pengen kerja di luar kota. Sedih sih aslinya, pengen ngumpul dan membuat kenangan baru pada ramadhan tahun ini. Namun kan saya nggak boleh egois. Anak belajar mandiri memulai hidup sendiri di kota lain, harus didukung dong.

Nah, saya jadi makin rajin masak lagi juga karena suami masih di Semarang hingga puasa hari kedua. Jadi pengen masakin menu buka puasa favorit gitu.

Menu buka puasa favorit keluarga saya ada banyak, hahaha. 

Keluarga saya emang suka dengan masakan rumahan. Menu buka puasa favorit itu ada galantin, bestik daging sapi atau kambing, pepes ikan, pepes ayam, ayam bakar, jamur krispi, fillet kakap asam manis, fillet ayam masak krispi, wihhh banyak ternyata ya.

Suami dan anak-anak memang suka sekali dengan masakan saya. Entah enak beneran atau enggak, mereka selalu memuji hasil masakan saya. Kayaknya takut besoknya enggak saya masakin lagi kalo bilang enggak enak. 

Enggak ding! Kalo misal enggak enak juga nantinya jadi pertimbangan, lain kali saya koreksi bumbunya. 

Nah, puasa hari pertama kemarin, saya masak menu buka puasa ayam bakar. Nggak sembarang ayam bakar loh. Kali ini saya memilih ayam bakar bumbu kacang, favorit keluarga. Meski sebenarnya ayam bakar bumbu apa aja tuh suami dan anak-anak tetap suka. Tapi memang kalo bumbu kacang itu, daging ayam jadi makin gurih. 

"Masak ayam bakar bumbu kacang aja, bumbunya meresap di dagingnya," usul suami waktu saya mau belanja ke pasar.

Oke deh, saya pun mencatat bahan masakan untuk menu buka puasa ayam bakar bumbu kacang. Kalo biasanya saya selalu pakai kacang bawang dan goreng sendiri, nguleg sendiri, duhhh kok repot sangat!

Trus saya ingat punya stok skippy peanut butter yang baru saya beli saat belanja bulanan awal Mei ini. Biasanya menjelang ramadhan saya sengaja belanja di supermarket yang menyediakan bahan pangan komplit. Karena saya ingin belanja sayuran, buah untuk pembuka saat buka puasa dan makanan utama saat sahur, juga pelengkap dapur. Seperti kecap, bumbu, dan saus.

Nah kemarin saya belanja di Superindo yang dekat dengan tempat proyek suami. Karena kebetulan jelang ramadhan suami pulang untuk mengurus pekerjaannya di Semarang. Jadi sekaligus saya ikut dan saat pulang mampir belanja di supermarket ini.

Harganya 52.990, nggak tahu kalo di tempat lain ya. Biasanya selai Skipppy saya gunakan untuk isian roti bakar. Kali ini bisa deh untuk campuran bumbu ungkep ayam bakar.



Ahhh, cocok nih kalo saya masukkan skippy peanut butter ke dalam bumbu ungkep ayam. Bhayyy ulegan, hahahaa.

Berikut ini resep dan cara masak ayam bakar bumbu skippy peanut butter :

Bahan-bahan :

1 kg ayam, potong 8 bagian atau sesuai selera
Jeruk nipis, iris dua sisinya
2 batang sereh geprek
2 cm lengkuas
3 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
3 sdm Skippy peanut butter
2 sdm gula merah
1 sdm air asam jawa
300 ml air (kalo ada air kelapa)
sesuai selera garam 
kecap manis untuk olesan
margarin dikit untuk olesan


Bumbu halus :

9 bh bawang merah
5 bh bawang putih
3 butir kemiri
2 cm jahe
2 cm kencur
2 cm kunyit


Cara masak ayam bakar bumbu Skippy Peanut Butter:

- Cuci dan bersihkan ayam, kemudian lumuri jeruk nipis dan sisihkan. 

- Rebus air hingga mendidih, masukkan ayam dan bumbu halus. Masukkan juga sereh, lengkuas, daun salam, daun jeruk (sobek jangan sampai putus), Skippy peanut butter, gula merah, air asam jawa, dan garam.



- Rebus dengan api kecil hingga kuah menyusut dan mengental. Api kecil ini selalu saya gunakan untuk ungkep ayam. Maksudnya adalah agar bumbu benar-benar meresap ke dalam daging ayam.



- Langkah selanjutnya adalah bakar ayam yang sudah diungkep dalam bumbu.  Siapkan oven, tungku dengan arang, ataupun wajan teflon untuk membakar ayam. Saya kadang menggunakan batu bakar. Tapi kalo ingin menikmati ayam bakar dengan aroma asap arang bakar, saya memilih tungku. 

Memang agak mereppotkan, mesti bikin arang jadi bara (orang Jawa bilang, daden geni) terlebih dulu. Biasanya saya taruh arang di atas tungku kompor gas dengan api menyala. Begitu arang berubah warna kemerahan, itu artinya udah jadi bara. Ambil dan taruh di atas tungku khusus untuk pembakaran. Kalo tidak punya, bisa gunakan wajan bekas kayak saya. 



Letakkan potongan ayam di antara penjepit untuk membakar di atas tungku. Kemudian olesi dengan campuran bumbu, kecap, dan margarin. Bakar di atas tungku hinggal warnanya berubah coklat keemasan.

Ayam bakar bumbu Skippy udah siap disajikan bersama pelengkapnya. 



Alhamdulillah suami dan si bungsu suka dengan bumbu model baru ini. Saya harus punya stok skippy peanut butter nih, siapa tahu ada pesanan dari suami atau anak-anak minta dibuatkan ayam bakar bumbu kacang. Nggak usah capek kan menggoreng kacang dan menghaluskannya. Cukup sedia Skippy Peanut Butter di lemari dapur.

Nah, akhirnya saya udah tuliskan resep ayam bakar bumbu kacang seperti yang pernah saya janjikan dulu di linimasa akun Instagram. Senang sih bisa berbagi #30HariKebaikanBPNxSkippy pada bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat ya sahabat.


Waktu itu saya pakai
batu bakar di atas tungku kompor gas
Gimana menu buka puasa pilihan keluarga kalian, sahabat? Apakah ayam bakar juga? Sharing dong, kalo berbeda kan saya bisa nyontek resepnya. Wassalamualaikum.

28 komentar:

  1. Waaah...enaknyaa, siap-siap nyonto resepnya nih mbak Wati. Aku belum pernah masak ayam bakar pake bumbu kacang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba deh mba, rasanya berbeda dengan bumbu ungkep tanpa kacang

      Hapus
  2. Saya belum pernah nih mbak bikin ayam bakar, kayaknya ribet prosesnya, paling banter digoreng tepung. Tapi lihat ayam bakarnya gini jadi kepengen coba deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak-anak malah suka ayam bakar. Masaknya gampang, kalo malas nguleg coba pakai blender aja untuk menghaluskan bumbunya. Abis itu semua diungkep dengan menambahkan Skippy peanut

      Hapus
  3. Inspirasi nih, biasanya skippy aku pake buat bumbu gado-gado kalau males ngulek kacang hahahah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, enak juga kalo untuk tambahan bumbu ungkep ayam bakar, hehee

      Hapus
  4. Ayama bakar pakai bumbu skippy? widiiih, kebayang rasanya pasti bakalan gurih banget ya Mbak, bilehlah pesan 3 ekor ayam bakar skippynya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran lebih gurih dan terasa banget bumbunya meresap di daging ayamnya

      Hapus
  5. Kayaknya enak, di tambah sambal tomat pedas. Bisa di contek nih resepnya. Kacang itu dimakan sendirian aja udah enak, apalagi dicampur sama aneka bumbu yang meresap ke daging ayam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo deh masak kayak gini, bumbunya bisa kok diutak atik sendiri sesuai selera. Mau ditambah cabe juga enak, jadi nggak usah nyambel karena udah pedas

      Hapus
  6. aduhh jadi lapar. untung bentar lagi buka puasa hihihi
    boleh juga ayam bakar pake bumbu skippynya buat dicoba :)

    BalasHapus
  7. ini emak2 kok pada kreatif ngga ada obat sih? :D
    Kok ya tercetus ide bikin ayam bakar dgn skippy
    KEREN POL!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  8. Waduh, enak banget ini. Bikin boros nasi deh. Anak-anakku paling suka sama ayam bakar. Bisa dicoba nih bumbu ini.

    BalasHapus
  9. Idenya menarik. Jd penasaran seperti apa rasanya klo makan ayam bakar berbumbu Skippy

    BalasHapus
  10. Ada aja deh Mba Idenya. Kepikiran gitu, kreatif. Aku biasanya pakai skippy buat roti hehehe

    BalasHapus
  11. Wah ternyata anak sulung udah kerja ya mbak? Pasti kangen tuh masakan mamanya. Apalagi ini bikin ayam bakar skippy. Rasanya enak bgt mesti

    BalasHapus
  12. waaaah...takjub saya. bisa juga ya peanut butter jd bumbu ayam bakar.nggak pernah kepikiran oleh saya yang memang ga pinter masak hahaha

    BalasHapus
  13. Jadi ngiler mbaa hihi, ternyata skippy bisa untuk apa saja ya ngga hanya untuk olesan roti saja,kreatiiif!

    BalasHapus
  14. Ayam bakar favorit aku nihh, makin enak kalau dibakar nya di atas arang gitu, rasa nya beda. Tambah lagi bumbu nya pake skippy, wah ga kebayang itu double enaknya kaya apa.

    BalasHapus
  15. Belum pernah nih nyobain ayam bakar bumbu kacang, nyontek resepnya ya, beli skippynya dulu...

    BalasHapus
  16. Skippy ini selai enak, aku juga sedia di rumah mbak. Enaknya tuh dia bisa dipakai utk makanan manis ataupun asin yaa :D

    BalasHapus
  17. Jadi pengen nyobain ayam bakar Skippy ini mba. Rasanya pasti enak banget ya

    BalasHapus
  18. Tinggal tambah sambel aja ya mbak kalau suka pedas. Ayam bakarnya lebih enak ini pakai bumbu skippy. Jadi bikin gado2 juga bisa pakai Skippy ya mbak

    BalasHapus
  19. Boleh nih idenya biasanya ayam cuma digoreng Aja enak kali kebetulan masih ada skippy dirumah mau coba nti besok buat sahur enak kali y

    BalasHapus
  20. Eh iyaya...gak kepikiran bisa jadi bumbu ongkepan Ayam Bakar yaa...
    Aku mau niron juga yaa, kak...
    Tapi...ini Skippy dimakan sama apa aja, tetep rasanya endeess...

    BalasHapus
  21. Nah nemu menu yang beda nih pakai Skippynya, tapi aku belum kebayang rasanya sih. Penasaran pengen nyobain jadinya deh, mari besok kita beli Skippy dan ayam buat kita eksekusi.

    BalasHapus
  22. Mbak aku bayanginnya jadi ngileer. Kubelum pernah coba ayam bakar bummbu kacang. Wah mesti copas ini dan eksekusi nih mumpung ada stok Skippy

    BalasHapus
  23. Wah nampak enak sekali nih ayam bakar bumbu skippy, kebayang rasa unik khas Skippy dalam setiap gigitan ayamnya yah.

    BalasHapus