Aplikasi Yang Digunakan Saat Ramadhan - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Sabtu, 25 Mei 2019

Aplikasi Yang Digunakan Saat Ramadhan

Aplikasi Yang Digunakan Saat Ramadhan


Assalamualaikum Sahabat. Jaman digital gini sudah selayaknya kamu pergunakan smartphone untuk hal yang bermanfaat. Rugi aja gitu kalo sampai punya smartphone tapi cuma untuk lihat sosmed. Atau malah cuma untuk nelpon dan WA aja? Yuk saya mau sharing beberapa aplikasi yang saya gunakan untuk membantu ibadah selama bulan ramadhan.

Sebenarnya waktu beli smartphone yang saya pakai ini setahun yang lalu, udah ada isian aplikasi yang komplit. Di samping sosial media yang udah hits, ada juga aplikasi yang bermanfaat. Terutama aplikasi yang mendukung saya melakukan kegiatan sebagai muslim. 

Jadi saya nggak perlu install aplikasi seperti Muslim Pro, Al-quran android,  dan Hadist. Kayaknya ini udah bawaan dari hape lama yang rusak. Jadi udah ngikut dari akun gmail saya mungkin. Entah lah saya nggak paham sebenarnya, napa di hape baru ini nggak perlu lagi install aplikasi yang saya sebutkan.

Namun saya bersyukur, aplikasi tersebut telah membantu saya ketika harus keluar rumah namun tetep ingin menjaga hafalan atau melanjutkan bacaan Quran. Atau bisa mendapatkan arah kiblat saat jalan-jalan. Saya beberapa kali menggunakannya terutama saat di hotel dan tidak ada petunjuk kiblat. 

Ini kejadian loh, waktu saya nginap di apartemen di Kuala Lumpur. Silahkan baca jalan-jalan saya dalam artikel : 

Melihat Sunset di Masjid Selat Melaka, Malaysia

Eh tapi tulisan di atas itu bukan cerita saya tentang kebingungan mencari arah kiblat. Nanti deh saya tuliskan dalam artikel khusus ya.

Yuk, saya tuliskan aja ya Aplikasi Yang Digunakan Saat Ramadhan :

- Jadwal Imsyak Indonesia

Aplikasi pertama adalah Jadwal Imsak Indonesia. Dengan aplikasi ini Anda akan terbantu untuk mengetahui jadwal imsak sebagai tanda mulainya waktu berpuasa. 

Selain waktu imsak, dengan aplikasi buatan anak negeri ini Anda juga dapat mengetahui jadwal shalat, arah kiblat serta mengatur alarm untuk sahur.

- AlQuran Android

Untuk Anda yang ingin selalu melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an diberbagai kesempatan pada bulan Ramadhan, maka Anda perlu mengunduh aplikasi Qur’an Android. 


Aplikasi Ibadah Ramadhan

Aplikasi yang telah populer dan banyak digunakan umat muslim di seluruh dunia ini berisi surat-surat Al-Quran 30 juz lengkap dengan terjemahannya dalam banyak bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Saya aja udah memakai aplikasi ini sejak 4 tahun lalu.

- Islam Menjawab

Terakhir, Aplikasi sambut bulan Ramadhan yang perlu Anda miliki adalah Islam Menjawab. Mungkin masih banyak hal seputar islam dan Ramadhan yang masih membuat kita tak mengerti atau binggung. 



Nah, dengan Islam Menjawab, Anda akan terbantu karena aplikasi ini berisi kumpulan tanya-jawab persoalan sehari hari umat Islam yang dipaparkan dengan jelas dan ilmiah yang berlandaskan pada Al-Quran dan sunnah.

- Aplikasi Muslim Pro

Bagi Anda yang menginginkan aplikasi yang lebih lengkap, Anda bisa mendownload Muslim Pro. Dengan aplikasi ini beragam informasi untuk kaum muslim seperti jadwal shalat, penunjuk kiblat, hingga Al-Quran 30 Juz lengkap dengan terjemahan, audio, dan lafalnya. 



Selain itu, aplikasi ini juga masih menyediakan kalendar Islam, peta restoran halal dan masjid serta lantunan azan shalat. Eh tapi aplikasi ini ada di hape suami. Saya ikutan pakai aja sih, hihiii.

Itu aja sih aplikasi yang saya kenal dan digunakan untuk membantu ibadah selama bulan Ramadhan. Kamu gimana, cerita yuk aplikasi yang digunakan selama bulan ramadhan. Wassalamualaikum.

23 komentar:

  1. Sama, aku yg utama pakai qur'an & reminder sholat. Aplikasi Al Quran membantu banget. Tapi aku belum sempat tanya adabnya ke ustadz. Insya Allah mau memperbaiki adab membacanya kalau pakai aplikasi. Tambahan lagi waktu mudik tu penting banget penunjuk mesjid. Di google ada tapi tak semua menyelenggarakan sholat Jumat.

    BalasHapus
  2. Masya Allah semua aplikasinya berkaitan dnegan kegiatan ibadah ya Mbak. Barokallah.

    BalasHapus
  3. Ini aplikasi yg pentiiinngg bgt mba. Semoga kita ttp istiqomah ibadah d luar Ramadan juga yak

    BalasHapus
  4. Aku sempat pakai Al-Quran android, Mbak. Tapi mataku gak sanggup. Akhirnya balik lagi ke mushaf. Padahal ya praktis banget bisa dibaca di mana-mana. Tapi kayaknya emamng mataku blm nyaman dengan bacaan digital. BW gini aja aku lbh nyaman pakek laptop, hehe. Efek mata tua kayaknya.

    BalasHapus
  5. Apkikasi Muslim Pro aku pakai juga, sangat membantu dan melengkapi ketidaktahuan ku :)

    BalasHapus
  6. Wah, aku hanya punya aplikasi Qur'an mba, ternyata ada yang lebih lengkap seperti Muslim Pro dan Islam Menjawab ya, jadi pengen coba juga buat nambah ilmu..

    BalasHapus
  7. Aku belum pake nih mba yang aplikasi Muslim Pro. Baru instal app yang untuk bantu baca Al Qur'an, laah apa ya lupa namanya. Itu pun sudah sangat membantu untuk meningkatkan semangat bertilawah meskipun masih ngos-ngosan ngajinya. :)

    BalasHapus
  8. Allhamdulillah ya Mbak Wati, jaman sekarang untuk urusan ibadah sudah banyak dimudahkan oleh kemajuan teknologi. Aku juga pernah install Muslim Pro,

    BalasHapus
  9. Selama Ramadhan aku pake Ayat buat murrotal. Kepake banget sampai sekarang.

    BalasHapus
  10. Saya pribadi tertarik donlot AlQuran Android kak. Soalnya bs baca AlQuran di mana saja dan kapan saja. Walau lagi di kendaraan umum, masih bs lanjutkan tadarusnya, hehe

    BalasHapus
  11. Justru selama Ramadan aku gak pakai AL Quran di hp nih mbak, malah pakai Quran beneran, tapi ada enaknya juga sih ya kemana-mana lebih praktis

    BalasHapus
  12. Hebat ih jaman sekarang, bahkan aplikasi smartphone juga bisa dimanfaatkan untuk kelancaran beribadah ya.

    BalasHapus
  13. Aku juga udah install aplikasi muslim pro ini. Bisa mengingat waktu sholat biar bisa sholat di awal waktu.

    BalasHapus
  14. Wa'alaikumsalam, Mba Wati.

    Ternyata banyak juga ya aplikasi di HP untuk mempermudahkan kita dalam beribadah. Enggak di bulan puasa aja tapi setiap saat juga.

    Saya baru ada aplikasi Al Quran digital dan Muslim Pro aja nih. Yang lainnya belum.

    BalasHapus
  15. Pas banget Mak, Alhamdulillah dari sebelum Ramadan udah install aplikasi Muslim Pro.

    BalasHapus
  16. Aku pake salatuk, sama Myquran. Kalo suamiku pake muslimpro. Aku sangat terbantu banget dg aplikasi layal gini

    BalasHapus
  17. Ramadan kemarin aku pakai aplikasi MyQuran karena banyak di jalan jadi tadarusan via hape.

    BalasHapus
  18. Alhmdulillah semakin memudahkan kita utk beribadah kapan saja dimana saja ya... wajib instal nih..

    BalasHapus
  19. banyak juga ya aplikasi mengenai agama, makasih mbak sudah berbagi karena saya jadi tahu aplikasi-aplikasi ini cuma memory hp kudu gede nih biar muat banyak

    BalasHapus
  20. Belum tau yg aplikasi Islam Menjawab, pengin download juga ah Mbak Ida. Haus ilmu agama tapi belum bisa hadir di majlis2 taklim. Lewat aplikasi ini siapa tau pertanyaan2ku seputar agama dapat terjawab.

    BalasHapus
  21. Belum pernah pakai aplikasi Islam menjawab. Jadi penasaran pengen tahu. Dulu pakai aplikasi Quran digital di ponsel. Sejak ganti ponsel baru dan nggak instal lagi. Selalu sedia qur'an kecil di tas. Kalau lagi di luar rumah pakai qur'an kecil itu.

    BalasHapus
  22. Banyak banget euy, sahabat Blogger yang merekomendasikan Muslim Pro.
    Bikin kepo!
    Ntar aku coba instal aplikasinya.
    Mau cek memori HP dulu

    BalasHapus
  23. Yang muslim pro itu yang bagus ya gak sih, itu bisa dipake di luar negeri kemarin waktu umroh suami install itu, alhamdulillah lancar semua

    BalasHapus