Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Minggu, 26 Mei 2019

Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil

Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil

Tips Berpuasa untuk anak kecil

Assalamualaikum Sahabat. Memasuki hari ke 21 ramadhan, saya mengingat ketika mengajak anak belajar puasa. Saya sebut belajar karena usia mereka pertama kali puasa adalah 4 tahun. Kebetulan tempat belajar si sulung adalah TK yang mengajarkan anak-anak untuk berpuasa saat berada sekolah. 

Biasanya satu minggu menjelang ramadhan, anak-anak sudah diajarkan tentang kewajiban puasa bagi orang yang sudah baligh.

Anak-anak diajak untuk ikut puasa dengan belajar sejak dini. Jadi selama di sekolah, anak-anak tidak boleh membawa bekal seperti biasanya. Nanti begitu sampai di rumah baru berbuka.

Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil

Pengenalan berpuasa seperti yang dilakukan oleh guru-guru di sekolah TK si sulung, sangat membantu orang tua. Kami bekerja sama dengan tidak menyediakan bekal untuk anak-anak.

Si sulung yang waktu itu berusia 4 tahu, menurut dengan aturan yang ditetapkan oleh bu guru di sekolah.

"Kakak nggak usah bawa bekal," ucap si sulung pada hari pertama.
"Oh kenapa nggak bawa?" saya pura-pura bertanya.
"Bu guru udah pesan, mulai hari ini kakak puasa. Teman-teman sekelas juga. Bu guru, pak bon sekolah, Pak Adi yang ngajari drumband juga semua puasa,"

Ah senangnya si sulung udah memahami aturan dari sekolah. Saya dan suami hanya mengarahkan langkah berikutnya, agar si sulung mau melanjutkan puasa hingga waktu Dhuhur.

Tips Agar Anak Kuat Berpuasa :

- Siapkan makanan atau cemilan 

Saya siapkan makanan sahur untuk anak ya ng lebih menarik minatnya untuk makan. Tahu sendiri kan, kita aja sebagai orang dewasa malas makan sahur. 


Biasanya saya siapkan buah potong, sayuran favoritnya, dan lauk kesukaannya. Misal saya sajikan pepaya, jeruk, apel, pir, pisang, mangga, dan buah tropis lain yang sedang musim. saya bersyukur anak-anak sejak kecil tidak masalah dengan konsumsi buah. Semua mereka sukai karena sejak MPasi sudah saya kenalkan berbagai jenis buah.

Saya tidak pernah memaksa anak-anak untuk menghabiskan makanannya. Biasanya saya ambil dalam porsi sedikit terlebih dulu. Kalo mereka ingin nambah, tinggal ambil lagi.

- Lakukan Brainstorming Menjelang Tidur

Saya biasanya mengajak anak-anak bercerita menjelang tidur. Dengan mendongeng kisah para nabi. Atau bisa juga saya dongengi mereka dengan kisah rekaan ala saya. Maksudnya agar saya bisa menyisipkan pengalaman anak kecil lain yang juga belajar puasa.

Tips Berpuasa untuk anak kecil

Jaman anak-anak saya dahulu (tahun 1999 - 2005), masih jarang banget buku anak seperti sekarang. Jadi saya hanya bermodalkan majalah Bobo atau sisipian hadiah dari majalah Ayah Bunda, untuk membacakan cerita anak-anak. Sisanya saya bikin dongeng sendiri, hahahaa.

- Siapkan Permainan Saat Siang Hari

Karena saat itu masih bekerja, saya minta ART untuk mengajak anak bermain. Ada beberapa mainan koleksi anak-anak yang bisa digunakan. Kalo bosan, saya udah menyiapkan tugas mewarnai, atau mengerjakan tugas kecil untuk anak-anak.

Biasanya saya siapkan kertas karton warna yang nantinya digambar oleh anak-anak, tentang kegiatan hari itu. Gambar mereka tentu aja semrawut, hahahahaa. Namun kegiatan itu sudah mengalihkan anak-anak dari rasa lapar dan haus.

- Beri Reward

Ya saya tergolong orang tua yang menjanjikan reward untuk anak-anak bila mereka berbuat baik. Nggak usah bulan ramadhan, bulan biasa pun saya suka kasih reward ketika mereka seharian itu berbuat baik. Reward nya juga yang sederhana. Seperti memberikan cemilan favorit mereka, atau membelikan ice cream.

Tips Berpuasa untuk anak kecil

Saya melakukan itu untuk menerapkan kebiasaan baik pada anak-anak. Saya yakin anak-anak melakukan kebaikan bukan karena reward yang saya janjikan. Buktinya ketika saya bilang kalo kebaikan itu nggak boleh dikerjakan karena janji ibu, mereka bilang nggak masalah. 

"Bu Guru juga bilang, nggak boleh minta hadiah kalo berbuat baik. Nanti Allah yang kasih kebaikan buat kita. Malaikat Allah yang mencatatnya di dalam raport ya, Bu,"

Eh, bener juga nih, kalo bu guru yang ngomong pasti selalu dianut yak. Bersyukur banget anak-anak tergolong menurut dengan ucapan dari guru dan saya. Suami sih selalu seia sekata dengan aturan yang saya tetapkan. Dia udah capek pulang dari tempat kerja. Paling bantuannya adalah dengan mengajak ke masjid untuk shalat jamaah.

Mengajarkan berpuasa untuk anak kecil bukan hal sulit. Asalkan ada sistem suport yang mendukung, semua berjalan lancar.

Bagaimana Moms, bisa loh sharing cerita di sini. Berbagi kebaikan tentang tips berpuasa untuk anak kecil boleh ditulis di kolom komentar. Semoga bunda yang membaca artikel ini pun memperoleh manfaatnya. Wassalamualaikum.

Foto diambil dari Pixabay

18 komentar:

  1. Sama mbak anak-anakku juga mulai puasa dari 4 tahun waktu TK, Allhamdulillah gak rewel & gak ada drama mungkin dari sekolah juga udah diinfokan jadi semangat & mengerti. Sampai sekarang juga gak pernah minta hadiah, paling nanti ke toko buku hihihi padahal tiap bulan juga ke toko buku

    BalasHapus
  2. Palung kenal saum kala TK juga, umurnya 5 tahun. Setengah hari dan Alhamdulillah mudah diarahkan. Dhuha rutin di sekolah masih dikerjakan di rumah kala libur. Tahajud juga. Tentu ada dramanya, he he. Anak-anak adalah cahaya hati kita.

    BalasHapus
  3. Kalau saya justru tidak memberikan reward apapun kepada anak. Sejak dini kami memberikan pemahaman kepada anak anak mengaji di pondok ngaji termasuk anak kandung sendiri kalau puasa itu kewajiban bagi orang yang telah memenuhi syarat. Jadi saat anak belajar puasa itu mereka tidak mendapatkan apa apa selain keimanan dan kepercayaan kalau puasanya baik dan benar akan diterima Allah SWT.

    Jikalau pun orang tua memberikan hadiah anak sudah paham kalau puasa adalah tetap kewajiban bagi siapapun yg sudah memenuhi syarat itu tadi.

    BalasHapus
  4. sama mbak, anakku juga belajar puasa sekarang. Dan dijanjikan reward juga kalau tuntas puasanya, sambil terus diberikan pengertian bahwa puasa kita adalah bentuk taqwa kita ke Allah SWT

    BalasHapus
  5. Wah aku fokusnya ke makanan sahur dan berbuka saja.. untuk brainstorming sebelum tidur dan permainan siang hari belum aku lakukan.. selama ini kalo siang selain tidur siang ya membaca buku.. noted mba.. masih beberapa hari puasa ramadan.. akan aku coba tipsnya

    BalasHapus
  6. I do have similar tips and I think I have practice them all as well. My kids are very excited about summer done but we have to admit that it can be a bit tough for them

    BalasHapus
  7. Dulu aku kayanya dikasih reward juga di akhir ramadan. Sama ponakanku ini aku gak banyak janji sih, paling beliin Yupi 1 wadah kalau dia kelar puasa 1 bulan

    BalasHapus
  8. Anakku beda2 memulai puasanya. Yang perempuan, lebih dini sementara yang laki-laki lebih telat karena sempat sekolah di Australia yg kondisinya nggak kondusif. Puasanya banyak bolong dan terganggu aktivitas sekolah yg tetap spt normal.

    BalasHapus
  9. anakku baru tahun ini engeh ada yang namanya puasa tapi dia belum mau bangun sahur. Jadinya ya sahur saat sarapan, hehehe. Puasanya semaunya dia aja tapi kalau tarawih alhamdulillah semangat.

    BalasHapus
  10. Gampang gampang susah ya mbak mengajarkan anak puasa. Alhamdulillah saya sudah kelar tahapan ini, tapi masih terus mensupport si kakak S5, karena godaannya justru dari sepupunya. Kalau di rumah sih aman, karena semua pausa. Nah pas nginep di rumah uwanya. Duh, suka kecolongan. Diajak nyemen hihi

    BalasHapus
  11. Ngajarin anak puasa ini harus pinter2 ibunya juga ya susun strategi. salut dengan para ibu yang kukuh dan kreatif mengarahkan anak-anaknya.

    BalasHapus
  12. Pelan pelan kalau ngajari anak puasa ya Mba supaya enjoy ikutinnya. Kalau dipaksa bakalan runyam deh.

    BalasHapus
  13. Saya dari TK anak2 sdh pada tamat alhamdulillah...ada sih ankyg msh bolong satu dua hari tp.secara umum kelima anak sy perkenalkan dr sejak kecil. Reward perlu jg tp hrs diiringi pemahaman..yg kemudian saat beranjak besar sdh tak perlu lg ada reward

    BalasHapus
  14. Brainstroming itu penting banget. Dengan diingatkan terus bahwa puasa itu wajib, anak-anak pun kuat melakukannya

    BalasHapus
  15. Anak-anakku tahun ini berpuasa semua, yang besar sudah mampu sampai maghrib, yang kecil puasa bedug, setiap dengar bedug dia minum terus lanjut lagi hahaahah. Yang penting dia enjoy dulu dan ngerti esensi berpuasa adalah bersabar dan menahan diri :)

    BalasHapus
  16. Iya banget kak...
    Kalau siang, mamak harus malah siap stamina tambahan.
    Kalo engga, mereka uda mulai aja ngerengek minta bukaa...hahhaa...
    Antara gemesh sama KZL, sebenarnya.

    BalasHapus
  17. Kalau kk latihan puasa sementara adik belum gimana Mbak? Agak ruwet ini. Hehe. Ngasih tahunya itu lho

    BalasHapus
  18. Pertama kali puasa sehari penuh kelas 5 SD, pas bukber di sekolah. Seneng ternyata mampu juga, akhirnya keterusan puasa sehari penuh. Alhamdulillah.

    BalasHapus