November 2021 - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 25 November 2021

Membeli Asuransi Kesehatan Semakin Mudah, Jangan Sia-Siakan!
November 25, 2021 22 Comments

Membeli Asuransi Kesehatan Semakin Mudah, Jangan Sia-Siakan!



Assalamualaikum. Hidup sehat merupakan hal yang tidak disadari dibutuhkan namun seringkali terlupakan. Kesehatan kini telah menjadi kebutuhan pokok manusia untuk melangsungkan hidupnya, tidak lagi cuma sandang, pangan, dan papan saja. Mungkin banyak di antara kita yang merasa kesehatan mahal hanya untuk sebagian kecil orang saja. Namun, nyatanya kesehatan mahal itu untuk semuanya. 


Badan Pusat statistik (BPS) pada tahun 2020 menyatakan bahwa biaya kesehatan mengalami laju inflasi dengan tren yang menaik setiap tahunnya bahkan jauh dibandingkan inflasi harga lainnya secara umum.  


Pandemi covid-19 menjadi penanda bagi kita bahwa kesehatan sangatlah mahal dilihat dari seberapa cepat penyebarannya dan tidak mengenal kalangan, baik tua maupun muda, kaya ataupun miskin, yang sering di rumah ataupun tidak. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga hidup yang sehat. 


Dengan resiko-resiko yang mendatang yang dapat menyerang kesehatan kita maupun keluarga, penting bagi kita untuk memberikan perlindungan sejak dini agar ketika kita jatuh sakit tidak mengalami kerugian yang besar. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan membeli produk asuransi kesehatan. 


Gencarnya berbagai kampanye untuk kita melek asuransi, membuat masyarakat semakin paham mengenai pentingnya asuransi untuk proteksi diri maupun orang tersayang. 


Saat ini banyak perusahaan asuransi yang berlomba untuk menawarkan produk asuransi terbaiknya untuk masyarakat dengan berbagai macam manfaat yang menggiurkan dan premi yang affordable. Misalnya saja, pada awal pandemi belum ada asuransi kesehatan yang dapat memberikan perlindungan terhadap covid-19. Namun saat ini sudah banyak bermunculan asuransi covid 19 yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi dan dapat dipilih oleh masyarakat untuk memberikan perlindungan lebih dari covid-19 dengan perawatannya yang mahal.


Perkembangan teknologi membantu dalam mencerdaskan masyarakat, dalam mengerti mengenai asuransi. Selain itu juga membantu masyarakat dalam kemudahan untuk membeli produk asuransi. Saat ini banyak perusahaan asuransi yang juga memberikan kemudahan dalam membeli produk asuransi yang ditawarkannya melalui platform digital. 


Namun, terdapat hal yang perlu diperhatikan bagi kamu sebelum membeli asuransi kesehatan secara online, simak penjelasan berikut!


Memahami produk dengan baik

Hal yang pertama perlu diperhatikan adalah pemahaman kamu mengenai produk asuransi yang ditawarkan. Apabila kamu membeli secara offline, perusahaan asuransi tentunya akan bertanggung jawab untuk menjelaskan secara rinci produk asuransi kepada kamu calon pembeli. 


Namun, apabila kamu membeli secara online, tanggung jawab untuk memahami produk sangat besar bobotnya di tangan kamu mengingat ketiadaan agen asuransi yang dapat menjelaskan ke kamu secara rinci produk yang ditawarkan. Kamu harus memahami mengenai kewajiban kamu sebagai tertanggung dan perusahaan asuransi sebagai penanggung, manfaat produk asuransi, fitur asuransi yang disediakan, dan mekanisme klaim yang ada pada produk asuransi tersebut. 



Meskipun menawarkan kemudahan dalam proses aplikasinya, namun membeli asuransi secara online, khususnya Asuransi Kesehatan Online, sangat rentan membuat peserta asuransinya kecewa karena tidak memahami produk dengan seksama. 


Memahami besar premi dan mekanisme pembayarannya

Hal yang perlu kamu perhatikan lagi adalah besar premi yang harus dibayarkan apakah sudah sesuai dengan kemampuan finansial kamu untuk membayar premi tersebut. 


Pada dasarnya, besar premi dapat menentukan manfaat yang kamu terima dari produk asuransi yang akan kamu pilih. Jangan mudah tergiur dengan premi yang murah. 



Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan periode pembayaran dari premi produk asuransi yang akan kamu pilih.


Keamanan dan privasi

Era digital seperti ini tidak luput dari cyber-crime. Kalau kamu ingat banyak kejadian yang menyangkut kerahasiaan data yang diupload secara online (kasus jokowi dengan sertifikat vaksinnya, foto KTP, dsbnya). 



Pastikan situs yang kamu kunjungi untuk mendaftar asuransi secara online memang menyediakan keamanan data yang terjamin. Pastikan juga kebijakan keamanan dan privasi terkait penggunaan dokumen dan data yang kamu upload pada situs tersebut. 


Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam mendaftarkan asuransi kesehatan secara online. Jangan sampai hal yang harusnya memudahkan kamu malah membuat kamu kecewa di masa mendatang, ya! Wassalamualaikum.

Reading Time:

Rabu, 24 November 2021

Gerakan #BeraniBaik Ikhlas Memulai Wakaf Bersama Dompet Dhuafa
November 24, 2021 27 Comments

 

Assalamualaikum. Semoga saat ini kondisi teman-teman dalam keadaan baik. Mari terus berdoa agar ikhtiar yang kita lakukan bisa meredakan pandemi. Dan kita pun terbiasa dengan virus ini. Saya yakin Allah SWT tidak akan menurunkan penyakit tanpa ada obat penyembuhnya. Dan kita hanya perlu bersabar menghadapi setiap musibah ini.


Yang menjadi perhatian saya sejak pandemi, tingkat kemiskinan makin meningkat. Bahkan orang yang tadinya hidup dengan standar cukup, bisa beralih menjadi tidak mampu. Karena mereka terdampak pandemi, kena pemutusan hubungan kerja. Namun orang yang terbiasa melatih kesabaran, berpikir kreatif, dan semangat untuk pantang menyerah yang mampu melewati ujian ini.


Dan saya mengenal beberapa orang yang tangguh selama pandemi. Salah seorang dari mereka adalah adik kandung saya sendiri. Tadinya dia adalah supervisor di sebuah pabrik meubel yang produksinya selalu diekspor ke beberapa negara, terutama ke Timur Tengah. Namun pandemi membuat perusahaan tempatnya bekerja melakukan PHK besar-besaran. Bahkan perusahaan itu pun menutup usahanya. 


Jangan Menunggu Kaya, Mulai Sisihkan Duit Untuk Wakaf

Namun yang saya salut dari adik saya adalah dia tetap semangat dan tidak pernah mengeluhkan kondisinya. Dia selalu bercerita pada ibu dan bapak (waktu itu masih sehat, sekarang udah almarhum), bahwa nggak perlu khawatir dengan keuangan keluarganya. 


Kebetulan adik kami ini memiliki bakat merawat burung. Dia pun mengembangbiakkan anakan dari hasil telur burung-burung koleksinya. Dari sini lah dia bisa menjual burung yang udah remaja dari hasil ternak yang dikelolanya di sangkar di belakang rumah.


Saya sendiri sebagai kakaknya tidak pernah mengkhawatirkan kebutuhan keluarganya. Adik saya rutin bersedekah setiap hari Jumat. Di luar hari itu saya kurang tahu. Namun saya yakin pertolongan Allah SWT pada hamba yang gemar bersedekah akan selalu hadir.


Salah satu janji Allah SWT bagi orang yang gemar bersedekah. Dari Rasulullah SAW bersabda :


Harta tidak akan berkurang dengan bersedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kebaikan baginya (HR. Muslim)


Keyakinan ini telah ditanamankan oleh orang tua dan simbah leluhur sejak usia kami masih kecil. Kami bukan golongan orang kaya atau memiliki harta berlimpah. Namun kami meyakini ada hak orang miskin dari setiap rejeki yang kami miliki. 


Sedekah juga tidak harus menunggu punya harta banyak. Karena dari harta yang kita miliki, meski sedikit disedekahkan akan membantu orang yang membutuhkan. Sedekah seikhlasnya mampu meringankan beban orang lain dan membuat mereka tersenyum.  Setiap perbuatan baik akan dibalas dengan perkara yang baik juga. Allah akan melapangkan dada, membuat kita gembira, melegakan perasaan dan mensejahterakan seluruh hidup kita.


Bayangkan bila dari 1 juta penduduk Indonesia rutin bersedekah tiap hari Jumat sejumlah 10 ribu saja. Berapa jumlah nominal yang berhasil terkumpul dan bisa meringankan beban kaum dhuafa. Dan saya yakin penduduk negeri ini yang mampu sedekah rutin satu minggu sekali ini jumlahnya bahkan lebih dari satu juta.


Ajakan BeraniBaik Dompet Dhuafa dan Komunitas

Ada yang bertanya-tanya ajakan BeraniBaik apa yang Dompet Dhuafa lakukan? Awalnya saya juga bertanya dalam hati saat menjumpai berita tentang kegiatan Dompet Dhuafa bersama beberapa komunitas. Yuk siapin cemilan sehat untuk membaca cerita saya.


Hari Minggu tgl 7 November 2021, berbagai komunitas berkontribusi dalam donasi kemanusiaan lewat Community Festival 2021 #BeraniBaik di Kawasan Terpadu Zona Madina, Parung, Bogor, Jawa Barat.




Dompet Dhuafa menginisiasi gerakan Humanesia dengan mengusung #BeraniBaik bersama beberapa komunitas se-Jabodetabek. Jargon #BeraniBaik merupakan sebuah pesan mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk berani memulai, berani bertindak, dan berani dalam berbuat kebaikan, mulai dari sekeliling dan yang terdekat.


Nah gerakan #BeraniBaik ini dilakukan menjelang akhir tahun dengan alasan khusus. Biasanya penghujung tahun menjadi waktu rawan terjadinya bencana alam. Terutama yang sdisebabkan oleh curah hujan tinggi maupun pergantian siklus alam lainnya. Namun teman-teman tetap boleh kok donasi tiap saat dan tidak menunggu akhir tahun. Tidak harus menunggu ada bencana dulu baru donasi.


Community Festival 2021 merupakan penanda 'kick-off' campaign Humanesia 2021 dari Dompet Dhuafa, diniatkan dengan semangat bersama untuk sesama. Beberapa program yang dijalankan adalah :

- Keluarga Tangguh



Bantuan modal usaha yang dimaksudkan untuk menguatkan keluarga dan orang-orang yang terdampak pandemi Covid-19. Terutama pemimpin keluarga yang menyandang disabilitas.

Energi untuk bersedekah harus selalu ada karena  masih banyak keluarga yang terdampak pandemi. Terutama penyandang disabilitas yang juga pemimpin keluaga yang kehilangan pekerjaannya. Sedekah untuk pejuang keluarga terdampak pandemi berupa bantuan uang tunai sebesar 2 juta rupiah sebagai modal usaha. Atau bisa juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


- Kado Akhir Tahun 

Salah satu bentuk kepedulian pada sesama di akhir tahun. Untuk berbagi kebahagiaan, senyuman menjelang pergantian tahun. Program Kado Akhir Tahun ini ditujukan untuk janda tua, anak yatim, dan guru mengaji yang mengabdikan dirinya untuk masyarakat. Juga ditujukan untuk lansia yang hidup sebatang kara tanpa adanya famili yang mendampinginya.




Program ini biasanya dilakukan oleh relawan Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM), dari tanggal 26 - 31 Desember 2021. Dan untuk wilayah pembagian kado akhir tahun di antara nya Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan lainnya.


- Hangatkan Jiwa dan Raga Warga Palestina

Musim dingin sudah tiba, warga Palestina mesti melewatinya dengan segala keterbatasan. Hanya bisa berlindung di rumah semi permanen seperti bedeng atau tenda plastik. Anak-anak, kaum dhuafa, dan pengungsi harus merasakan tinggal di tempat yang tidak layak. 


Sementara musim dingin masih panjang waktunya. Tak ada dinding yang menjadi penghangat tubuh, hanya dinding plastik yang udah compang camping. Tak ada karpet hangat sebagai pijakan kaki dan tempat tidur, hanya tanah basah karena cuaca dingin.


Bantuan Dompet Dhuafa bagi warga Palestina diharapkan meringankan dan menghangatkan jiwa dan raga mereka. Melalui Foodbank atau dapur siap siaga untuk memenuhi asupan gizi dan ntrisi para penyintas Palestina. Bantuan lainnya adalah fasilitas air bersih sebagai kebutuhan dasar warga. Dan menyiapkan logistik dan Shelter Kesehatan untuk para korban perang. Serta mendistribusikan obat-obatan kebutuhan dasar para korban yang harus mengungsi.


Talkshow Bersama Super Volunteer Domept Dhuafa Chiki Fawzi

Kegiatan Community Festival 2021 dikemas dalam nuansa meriah namun tetap mematuhi protoko kesehatan. Ada talkshow dengan salah satu Super Volunteer Dompet Dhuafa yaitu Chiki Fawzi.


Chiki mengajak agar masyarakat berbagi kebaikan wakaf 10 ribu rupiah di Dompet Dhuafa.

“Sepuluh ribu rupiah jika dilakukan oleh satu juta orang akan menjadi rumah sakit yang manfaat dan pahalanya akan terus mengalir,"



Hadir dalam acara adalah Yudha Andilla selaku Manager Retail Fundraising Dompet Dhuafa, Udhi Tri Kurniawan sebagai Direktur Zona Madina Dompet Dhuafa, juga Bobby P. Manullang selaku General Manajer Wakaf Dompet Dhuafa.


Dalam talkshow tersebut General Manajer Wakaf Dompet Dhuafa, Bobby menjelaskan bahwa ada banyak kemudahan untuk wakaf. Masyarakat yang tidak memiliki rekening bank, namun punya dompet digital, bisa ikut wakaf. Kalian pemilik rekening tidak perlu pergi ke ATM, bisa transfer melalui barcode, QRS, atau donasi.tabungwakaf.com.


Udhi Tri Kurniawan sebagai Direktur Zona Madina Dompet Dhuafa, menjelaskan tentang #BeraniBaik. 


#BeraniBaik bukan hanya niat, bukan pula rencana saja. Tapi berani melakukan yang efeknya adalah kebaikan. Dengan menggerakkan #BeraniBaik yang intinya semangat berani baik lahir perbuatan baik yang pastinya merupakan kebaikan. Dampak kebaikan tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain.


Setuju ya teman-teman, ayo #BeraniBaik mulai dari wakaf 10 ribu. Yang kemarin udah jajan skinker atau bajuk di Hargolnas. Sisihkan juga sedikit dari duit jajan untuk berdonasi di HARDOLNAS



Alhamdulillah saya ingin berbagi info tentang kemudahan #BeraniBaik wakaf mulai 10 ribu rupiah. Cukup  mudah kok teman-teman, klik donasi.dompetdhuafa.org atau bisa lansung transfer ke rekening Dompet Dhuafa.



Mengapa saya share foto donasi yang saya lakukan? Bukan untuk riya' ya teman-teman. Tapi karena saya ingin mengajak teman-teman ikut melakukan #BeraniBaik wakaf.  Seperti yang dituturkan Yudha, Manajer Retail Fundraising Dompet Dhuafa. 


#BeraniBaik mulai dari diri sendiri. Dan ayo berpikir luas bahwa jangan masuk surga sendirian. Ajak teman-teman, tetangga, kerabat, untuk ikut donasi.


Semangat mengumpulkan kebaikan, inshaa Allah akan meringankan hati kita berbagi kebahagiaan pada sesama. Wassalamualaikum.

Reading Time:

Selasa, 23 November 2021

Kulineran di Semarang, Jangan Lupa Cicipi Makanan Ini
November 23, 2021 15 Comments

 Kulineran di Semarang, Jangan Lupa Cicipi Makanan Ini


 

Source: Shutterstock

Assalamualaikum Sahabat. Siapa disini yang sudah menanti-nanti liburan? Kota Semarang di Jawa Tengah bisa menjadi pilihan yang tepat kalau kamu suka kuliner dan mencoba makanan-makanan baru, lho. Harganya juga terbilang murah dan kamu bisa makan sampai kenyang tanpa mengeluarkan uang banyak. Mulai dari nasi, mi, kuah, bakar, panggang, sampai rebus, semua bisa kamu santap kalau datang ke kota ini.

Jadi, kamu mau ke Kota Semarang? Kalau jawabannya iya, lanjut baca sampai habis supaya kamu bisa buat jadwal untuk makan semua rekomendasi yang wajib kamu coba ini, ya!


Nasi Ayam Bu Har


Nasi Ayam Semarang


Sebagai orang Indonesia yang harus makan nasi, tempat ini wajib untuk dicoba. Bumbu yang dipakai itu punya rasa gurih, manis, dan pedas campur jadi satu. Lokasinya cukup mudah ditemukan yakni berada di depan Lottemart, jadi cukup gunakan HP atau GPS untuk memandu dengan patokan Lottemart. Makan di sini dijamin pesan lebih dari 2 porsi, deh.


Warung Mangut Hj. Nasimah

Salah satu mangut yang terkenal di Semarang itu Warung Mangut Hj. Nasimah ini. Kalau kamu senang dengan rasa pedas, bumbu ini pasti cocok sama lidah kamu. Porsi nasi yang dikasih juga bukan main-main, jadi kamu akan pulang dengan perut yang bahagia pokoknya.


Mi Ayam Jamur Pak Djoko


Ini dia rekomendasi dari penduduk lokal untuk kamu yang suka kulineran. Jamurnya banyak dan teksturnya kenyal, pas untuk dimakan bareng dengan mi. Mereka juga menyediakan menu pilihan kwetiau, jadi jangan sampai lupa untuk datang ke Tlogosari demi satu mangkuk mi ayam jamur ini.


Banarawa

Saat ke Semarang, jangan sampai terlupa untuk mengunjungi kota tetangga yakni Salatiga. Pengunjung wajib banget untuk datang ke restoran ini. Bukan cuma makanan, pelayanan dan pastinya pemandangan yang menarik akan buat kamu menyesal kalau gak datang. Ada berbagai macam varian yang bisa kamu coba, dan semuanya enak rasanya. Saat ingin menghabiskan waktu dengan makan bersama pasangan atau keluarga, jangan lupa untuk mampir, ya.

 


Source: https://www.pexels.com/photo/photography-of-man-on-kitchen-room-1062269/ 

Sate Padang Ajo Manih

Terletak di Gajah Mada, sate padang yang satu ini selalu ramai saat weekend. Bukan tanpa alasan, bumbunya yang gurih dan dagingnya yang lebut akan habis dimakan dalam 2 menit. Di sini, kamu bisa tambah keripik baladonya yang juga jadi khas dan selalu diserbu warga. Makan sate padang Ajo Manih masing-masing satu porsi, ya karena seporsi berdua rasanya kurang, deh.


Tahu Gimbal Pak Man

Kalau cari tahu gimbal di Semarang, pasti banget yang direkomendasikan adalah Tahu Gimbal Pak Man. Dengan membayar 25 ribu rupiah, kamu bisa makan satu porsi tahu gimbal yang super besar dan cukup untuk penuhi ngidam kamu selama satu bulan. Khusus pecinta pedas, jangan main-main di sini karena bumbunya akan dibuat sepedas itu.


Nasi Gandul Pak Memed



Tempat ini gak kenal waktu atau hari, pasti selalu ramai. Pesan nasi gandul di sini gak pernah cukup satu porsi, harus minimal dua porsi. Selain nasi andalannya, mereka juga menyediakan berbagai gorengan dan sambel yang bisa kamu campur dengan nasi gandulnya. Kalau tertarik, datang ke Dr. Cipto dan kamu bisa cari tempat makan yang ada antrian panjang.


Bakso Lesanpuro Pak Ripto

Kamu suka tetelan? Tempat ini kemungkinan besar akan jadi tempat favorit kamu selama di Semarang. Warga setempat suka panggil tempat ini sebagai ladang kolestrol karena porsinya yang membludak. Baksonya juga bukan main-main dan kamu bisa dapet nikmati satu mangkok yang dengan isian yang luar biasa ini dengan hanya 25 ribu rupiah. Pasti ketagihan!


Gimana, kamu udah siap jelajah kuliner di Kota Semarang? Siapkan diri kamu bersama keluarga atau sahabat, dan nikmati rasa kuliner yang bakal menjadi jejak kenangan yang tak terlupakan. Boleh colek saya kalo ingin ditemani. Wassalamualaikum.

Reading Time:

Kamis, 18 November 2021

7 Tips Mempersiapkan Anak Memasuki Dunia Kerja
November 18, 2021 42 Comments
 


Assalamualaikum Buk-Ibuk. Bagaimana kondisi di tempat kalian sekarang? Udara dingin atau sejuk karena cuaca udah mulai hujan sering turun ya. Alhamdulillah semoga hujan bulan November membawa berkah. Terutama pemilik tanaman nih senang, dapat cuti siram tanaman, hihiii.


Meski hujam mulai rajin menyambangi bumi, dan saya senang tanaman terlihat tumbuh subur, saya nggak bakal cerita tentang tanaman. Kali ini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya nemenin anak-anak menjelang masuk dunia kerja.


Si sulung sebenarnya lulus SMK tahun 2014, udah ditawari pekerjaan oleh perusahaan yang menjadi rekan kerja salah satu bank BUMN. Saya dan bapaknya nggak setuju karena kami ingin dia melanjutkan kuliah dulu. Padahal sebagai lulusan SMKN 7 Semarang, kemampuannya udah cukup untuk memasuki dunia kerja. 


Jadi ketika akhirnya si sulung kuliah dan nyambi kerja, saya sempat melarang. Tapi masa depan adalah pilihan anak-anak, bukan orang tua. Kita hanya bisa ada di posisi membimbing dan mendoakan mereka.


Kebetulan banget, bulan November 2021 si bungsu yang masih kuliah semester 5 mendadak ijin ingin kerja. Selama ini sebenarnya si bungsu udah kerja receh gitu. Dia kuliah di jurusan DKV dan ketrampilannya dalam bidang desain, memberinya peluang mendapatkan job. Pernah juga membimbing anak usia SMP yang ingin ikut lomba bikin game. Dan honornya mayan banget karena mendapat bilangan 6 digit.


Kali ini si bungsu mendapatkan tawaran bekerja oleh salah satu perusahaan yang bergerak di bidang restorasi mobil tua. Alamat kantornya ada di kawasan Johar lama. Sementara garasinya tempat restorasi mobil dilakukan ada di kawasan Semarang Barat.


Mengetahui keinginan anak bungsu yang ngikutin kakaknya, saya sempat diskusi dengan suami. Sebenarnya suami nggak setuju dengan langkah si bungsu. Dia inginnya kuliah aja dulu sampai lulus. Kalo ingin nyari duit buat jajan ya udah lah terima job receh kayak biasanya.


Namun alasan si bungsu ingin kerja karena :

1. Mendapat Tawaran Kerja 

Si bungsu ini enggak ngelamar kerja tapi mendapat tawaran kerja dari perusahaan restorasi mobil tua. Perusahaan ini nge-DM di akun Instagram si bungsu. Rupanya mereka tertarik dengan beberapa postingan yang di-update. Boleh deh dilihat kalo teman-teman ingin tahu karya si bungsu yang menarik minat owner usaha restorasi mobil. Ini akun Instagram Naufal.



2. Latihan Kerja 

Sebenarnya meski belum resmi kerja, si bungsu udah sering menerima pekerjaan desain. Namun tentu beda ya kalo beneran bekerja sebagai karyawan di satu perusahaan. Ada peraturan, hak dan kewajiban bagi kedua pihak, perusahaan dan karyawan. Kondisi kerja saat masih kuliah juga bisa menjadi magang atau latihan kerja seorang mahasiswa.

3. Ingin Mendapat Pengalaman

Nah ini yang mendasari si bungsu untuk menerima tawaran perusahaan restorasi mobil tua tersebut. Dia ingin mendapatkan pengalaman bekerja dalam perusahaan. 

Ketiga alasan yang dikemukakan si bungsu lah yang akhirnya meluluhkan hati saya dan bapaknya. Nah hari Senin tanggal 22 November 2021 merupakan hari pertama dia akan bekerja. Saya dan bapaknya hanya mendoakan semoga pekerjaannya lancar, berkah dan bisa menjadi pengalaman berharga buat si bungsu. Aamiin.


Oia dalam kesempatan ini saya juga ingin berbagi tips mendampingi anak-anak mulai memasuki dunia kerja.

7 Tips Mempersiapkan Anak Memasuki Dunia Kerja

1. Persiapan Mental

Nggak mudah memasuki duania kerja, saya udah mengalaminya sendiri puluhan tahun yang lalu. Baru hari pertama kerja, pulangnya udah ngeluh ke Ibu, bilang capek lah, segala keluhan. 

Berkaca dari pengalaman masa lalu, saya pun bercerita pada anak-anak bahwa jangan membayangkan enaknya aja. Iya enak kalo pas tanggal gajian. Namun proses dari awal kerja hingga gajian itu kadang menemukan berbagai masalah. Butuh mental yang kuat agar bisa melalui hari demi hari tanpa patah semangat.

2. Siapkan Keahlian

Penting loh memiliki keahlian di luar pendidikan utama. Kadang keahlian ini justru membantu kamu untuk survive di dunia kerja. Atau keahlian yang mendukung pekerjaan kita. Karena sejak saya awal bekerja, ada beberapa teman saya yang lulusan teknik sipil tapi kerja di bank. Saya pernah bertanya pada mereka, gimana adaptasinya. Ternyata ketrampilan mereka di bidang statistik yang ngebantu pekerjaan di bidang analisa keuangan.


3. Disiplin


Satu sikap yang pasti diharapkan dari perusahaan pada karyawannya. Kecuali kamu udah nggak niat kerja, jadi siap-siap aja di-PHK. Disiplin ini saya tekankan pada anak-anak. Saya bilang, setiap bos inginnya pekerjanya disiplin dalam setiap pekerjaannya. Dari datang sebelum jam kerja, tepat waktu mengerjakan kewajibannya, dan hal lain seputar pekerjaan.


4. Cari Referensi Tempat Kerja

Sebelum mulai kerja, bahkan kalo bisa sebelum ada keinginan kerja di satu perusahaan, cari tahu sebanyak-banyaknya calon perusahaan. Saat ini kamu bisa nyari info dari sosial media. Tapi alangkah lebih baik mencari info dari pekerjanya langsung. Meski mungkin juga agak sulit ya mendapatkan info tentang perusahaan. Paling tidak kalo udah tahu info sesedikit mungkin, bisa untuk mengantisipasi bagaimana sikap kamu kerja di sana.


5. Mampu Bahasa Asing

Udah tahu dong kalo kemampuan bahasa asing sejak lama menjadi nilai tambah bagi calon pekerja. Terutama bila perusahaannya memang membutuhkan keahlian ini. Nah, kedua anak saya udah disiapkan untuk mampu berbicara dalam bahasa Inggris. Namun kemampuan bahasa ini memang kadang menjadi satu bakat khusus. Kayak si bungsu yang awalnya sekolah ambil jurusan bahasa karena kemampuan otodidak sejak usia pendidikan dasar. Hingga sekarang pun dia fasih berbicara dengan orang asing di games atau di room chatt. 


6. Maksimalkan Kesempatan



Menjadi pribadi yang ramah, belajar hal baru di luar bidang kerja, bisa menjadi nilai tambah kamu di mata bos. Hal ini yang selalu saya ingatkan pada anak-anak. Bantu teman kerja dari hal sepele, misalnya menyiapkan fasilitas untuk pameran produk. Tim keja yang kompak tentau akan memberikan hasil kerja yang bagus. Tapi asal jangan menjadi suruhannya aja ya. Disuruh ini itu di luar kewajibannya, boleh kok ditolak. Seperti membelikan makanan tiap hari. Jangan pernah mau bila diminta tolong mengerjakan hal di luar tanggung jawabnya.


7. Jangan Lupa Shalat

Hal ini selalu saya tekankan pada anak-anak. Di mana pun mereka bekerja, harus shalat kalo bisa tepat waktu. Jangan mengagungkan pekerjaan hinggal lalai dan tiba-tiba waktu shalat udah nyaris habis.


Begitu ya teman-teman, ringkasan pengalaman saya saat mempersiapkan anak memasuki dunia kerja. Sengaja saya tuliskan agar bisa menjadi bacaan anak-anak saya juga. Kalo misalkan bisa memberikan manfaat bagi pembaca blog ini, alhamdulillah. 


Teman-teman boleh loh sharing juga gimana dengan pengalaman saat menjadi karyawan dulu. Apakah seperti saya, ada orang tua atau kakak, teman yang menjadi pendamping kalian memasuki dunia kerja? Yuk sharing di kolom komentar. Terima kasih udah berkenan membaca pengalaman saya. Wassalamualaikum.

Reading Time:

Rabu, 17 November 2021

Tips Belanja Grocery Hemat di HappyFresh
November 17, 2021 35 Comments


Assalamualaikum. Saya mau curhat hepi nih, Moms. Saya tahu pandemi memang menghanguskan mimpi sebagian orang. Namun pandemi juga ada hikmahnya. Orang jadi lebih peduli dengan orang yang ada di sekitarnya. 


Mereka sering mengirim pesan, bertanya tentang kesehatan, butuh bantuan apa, dan lainnya. Yang intinya meski harus jaga jarak fisik namun tetap peduli dengan tetap berhubungan baik via WA, video call, zoom, atau Google meet.


Perubahan yang baik lainnya adalah, orang lebih peduli untuk menerapkan gaya hidup sehat. Lebih rajin cuci tangan, dan menjaga kebersihan. Biasanya sebelum pandemi, banyak yang mengabaikan kebersihan. Semoga aja menjadi kebiasaan baik sampai kapanpun.


Saya sendiri juga memiliki kebiasaan baru. Sejak pandemi, saya jadi rajin belanja online. Nggak hanya beli bajuk. Eh saya malah nggak pernah lagi beli bajuk sejak pandemi. Lah enggak kemana-mana juga. 


Tapiii... belanja online yang lainnya tentu. Seperti belanja tanaman, karena saya punya banyak waktu luang. Jadi kegiatan ngurus tanaman tuh kayak ada banyak waktu, karena di rumah terus kaaan?!


Enggak hanya belanja tanaman. Saya juga belanja wajan, sutil kekinian, dan panci di toko online. Akhirnya belanja untuk kebutuhan dapur atau perlengkapan kebersihan pun juga di toko online. Termasuk produk segar seperti ayam, daging sapi atau ikan, sayuran, juga di toko online. 


Lebih nyaman aja menurut saya belanja online karena kondisi pandemi yang udah berjalan sejauh ini. Jadi kebiasaan belanja online sejak awal pandemi udah ngebantu saya mengurus rumah tanpa harus keluar rumah.


Tips Belanja Grocery Hemat 


Sebenarnya jalan-jalan dan belanja di supermarket merupakan kesenangan tersendiri. Sahabat juga merasa hal yang sama nggak sih? Kegiatan belanja dengan datang langsung ke supermarket menjadi rekreasi yang menyenangkan.


Namun sejak pandemi, kesenangan itu hilang. Saya lebih memilih keamanan dan keselamatan bagi diri sendiri dan keluarga. 


Sudah saatnya belanja tidak harus dengan datang langsung ke toko. Keadaan yang memaksa perubahan terjadi. Dunia digital telah membantu banyak keluarga
di berbagai segi kehidupan. Salah satunya adalah berbelanja kebutuhan rumah tangga secara online.


Seperti yang saya bilang di awal, sekarang ini kebutuhan apa aja bisa didapatkan dengan belanja online. Grocery atau kebutuhan sehari-hari, dari keperluan mandi, perlengkapan rumah tangga, kebutuhan dapur, dan lainnya bisa kamu dapatkan secara online. Cukup bermodalkan gadget, paket internet, duit di rekening atau E-wallet, kamu bisa belanja dengan tenang dan hepi.


Saya punya tips agar hemat berbelanja grocery secara online :


1. Cek Stok Barang di Rumah

Saya membiasakan diri belanja ketika stok grocery di rumah tinggal sedikit. Jangan sampai nunggu persediaan barang habis baru belanja. Takutnya kan ada kondisi cuaca yang mendadak hujan dan banjir, malah jadi terhambat saat berbelanja.

Namun jangan belanja saat persediaan barang masih cukup banyak. Ntar barang menumpuk di rumah dan takutnya mubazir juga. 


2. Bikin Daftar Belanja

Setelah ngecek persediaan barang di rumah, baru deh Moms bikin daftar belanja. Eh ngapain mesti bikin daftar belanja?  Tentunya agar barang kebutuhan sehari-hari yang kalian butuhkan enggak terlupa saat memilih barang di toko. Mempersiapkan daftar belanja juga cara mudah mengorganisir barang belanjaan yang kita butuhkan.

Jadi nggak bikin kamu bakal tergoda dengan pilihan barang lain dan melupakan barang yang dibutuhkan. Apalagi kalo ada promo barang tertentu aja yang dapat diskon, pasti bakal tergoda kayak saya, hikss.


3. Sediakan Dana di Dompet Digital

Belanja online itu sangat disukai banyak kalangan karena kepraktisannya. Bisa dilakukan di mana aja, dengan gadget yang kamu punya, data internet yang lancar, dan di sela waktu kerja atau ngurus rumah. Tentu ada satu hal yang wajib kamu siapkan ketika akan belanja online. Yaitu sediakan dana yang cukup, jangan sampai kekurangan ntar nyesel nggak jadi dapat diskon promo misalkan ada batas waktunya.

Saya sendiri lebih suka menggunakan dompet digital karena lebih praktis. Apalagi saya nggak punya mBanking, hahahaa. Iyaa, saya lebih suka mengisi dompet digital sesuai kebutuhan bulanan agar budget tidak melebihi dari yang udah ditentukan. 



4. Bandingkan Harga

Ah kalo saya tuh paling suka membandingkan harga beberapa barang secara acak. Biasanya belanjaan groceries tertentu ada diskon di beberapa toko online. Saya suka tuh mengingat toko online tertentu yang memasang harga murah untuk barang kebutuhan. 

Moms gitu juga nggak sih? Kelebihan belanja di toko online itu kemudahan kita memilih harga barang termurah. Kalo datang ke pasar atau supermarket langsung, kita nggak bisa memilih satu persatu. Ngabisin waktu yang ada kaan. Itu lah kelebihan belanja groceries online ya Moms.


5. Pilih Ongkir Gratis

Siapa yang suka belanja dengan pilihan ongkos kirim gratis? Saya dong yang angkat jari paling tinggi. Lumayan sih ongkir gratis saat belanja mingguan atau bulanan. Selisih harga bisa untuk menambah barang belanjaan lagi, iya ngga sih?!


6. Ada Fitur Cashback

Nah lho, ini juga salah satu pilihan saya kalo belanja groceries online. Asik kan udah belanja bisa dapat cashback yang biasanya nominalnya cukup untuk jajan kopi kekinian minimal satu cup. Uhuiiii, asik nggak tuh.


7. Pilih Situs Belanja Online Terpercaya

Penting nih jadi catatan, pilih situs belanja online yang terpercaya. Saya udah ketemu dengan HappyFresh, platform layanan belanja online yang paling  terkemuka di Asia Tenggara. Asiknya lagi, udah ada di beberapa kota besar di Indonesia. Senang nggak sih Moms, bisa belanja dengan kenyamanan yang menyenangkan. Sesuai tagline HappyFresh, belanjaan segar dipilih langsung semudah sentuhan ujung jari.


Oia saya kemarin juga abis belanja mingguan di HappyFresh Indonesia. Udah tahu kan kalo kamu bisa loh belanja groceries online di HappyFresh terdekat dengan tempat tinggal.  Enggak perlu keluar rumah meski dekat dengan tempat tinggal. Apalagi ada kelebihan yang menguntungkan bila kamu belanja online HappyFresh. 


Kok dari tadi saya menyebutkan kelebihan Happy Fresh? Ya karena saya merasa terbantu sejak belanja di groceries online ini. Dan sesuai yang saya tulis di atas, tentang tips hemat belanja groceries. Nah saya akan berbagi pengalaman belanja online di HappyFresh.  


Keuntungan Belanja Online HappyFresh :

Saya ceritakan ya beberapa keuntungan bila kamu belanja online HappyFresh. Simak yuk :

- Di HARGOLNAS (Hari Grocery Online Nasional) di HappyFresh ada banyak produk diskon dengan harga murah
- Selalu ada promo tiap hari, gratis ongkir, dan harga sama dengan supermarket
- Setiap hari Selasa ada diskon 30% untuk pembelanjaan telur
- Untuk hari Jumat, semua produk susu pasti diskon 30%

Nah itu semua berlaku sampai Desember 2021 ya Moms, buruan belanja sekarang. Untuk belanja di HappyFresh gampang banget caranya. 

Cara belanja di HappyFresh online grocery Indonesia :



1. Install Aplikasi HappyFresh terlebih dulu. Masuk ke akun HappyFresh atau daftar terlebih dulu dengan mengisi data diri secara lengkap. Gampang kok Moms, cukup isi nama, alamat email, dan kata sandi. 

2. Masukkan Alamat Pengantaran, dengan klik simbol 'Ganti Toko'. Langsung isi aja dengan alamat pengantaran di kolom :   Masukkan alamat pengantaran Anda. Jadi kalian bisa minta barang belanjaan diantar sesuai keinginan.  


3. Pilih Supermarket Terdekat, saya kemarin memilih di Farmers Market yang kebetulan jaraknya cukup dekat dengan rumah. Saya yakin Farmers Market ini supermarket terpercaya dengan produk yang berkualitas. 



4. Mulai belanja yuk, Moms. Daftar belanjaan groceries untuk minggu ini kebetulan hanya buah, sayur untuk dibuat salad, roti, snack, susu, dan saus serta kecap. Senangnya belanja di HappyFresh ada fitur produk dalam kategori. Jadi Moms dimudahkan memilih sesuai barang yang udah ditulis dalam daftar belanjaan mingguan atau bulanan. Kamu cukup klik tombol 'Tambah' untuk memasukkan barang belanjaan di dalam keranjang. 

5. Cek Troli setelah selesai belanja. Kalo masih ingin menambah barang yang mendadak Moms perlukan, klik ikon keranjang atau pilih rekomendasi produk yang ada di bawah pesananmu.

6. Checkout Untuk Pembayaran jika Moms sudah yakin selesai belanja. 

7. Pilih Waktu Pengantaran, seru kan belanja di HappyFresh. Kamu bisa menyesuaikan kapan bisa menerima barang belanjaan dengan memilih waktu pengantaran. Saya order hari Selasa sore dan minta pengantaran belanjaan untuk hari Rabu. Saya juga memilih waktu pengantaran pada pukul 10 - 11 siang. Oia untuk jam operasional HappyFresh tentu saja menyesuaikan jam buka supermarket yang kamu pilih.




8. Pilih Cara Pembayaran di HappyFresh yang praktis. Ada pilihan pembayaran dengan e-wallet yaitu DANA dan OVO, virtual account, kartu kredit, dan debet. Saya memilih pembayaran menggunakan OVO karena terbiasa dengan fitur ini.



9. Konfirmasi produk penggantian. Setelah kamu melakukan pembayaran, bakal ada notifikasi untuk konfirmasi penggantian produk. Ada beberapa pilihan dan saya memilih Personal Shopper HappyFresh. Nanti kamu akan dibantu oleh Personal shopper yang udah terlatih secara profesional dan berpengalaman. 

Mereka yang akan membantu memilih produk dan barang terbaik bila kebetulan pilihan Moms kosong. Saya sempat ngobrol di WA karena ada beberapa barang pilihan tidak tersedia. Alhamdulillah dapat pengganti barang yang juga saya butuhkan.

10.Pesanan dikonfirmasi. Setelah belanjaan udah disiapkan oleh personal Shoppers, akan diserahkan pada Rider HappyFresh. Moms cukup tunggu di rumah menanti belanjaan groceries sampai. 






#BerasaHematnya loh saat kemarin saya belanja di supermarket yang ada di platform HappyFresh. Selain yang udah saya sebutkan di atas, HappyFresh itu paket lengkap yang bikin hepi para moms sejagad raya. Banyak pilihan supermarket dan produknya juga gak cuma sayur dan buah.


Ayok dong Moms cobain belanja groceries online yang paling seru di HappyFresh Indonesia. Dijamin deh Moms bakal puas seperti saya yang belanja lagi seminggu kemudian. Kali ini belanjanya tentu beda dong dengan yang pertama. Wassalamualaikum.
Reading Time:

Rabu, 03 November 2021

Perencanaan Keuangan Untuk Membangun Keluarga Yang Tangguh Secara Finansial
November 03, 2021 35 Comments

 


Assalamualaikum Sobat. Udah akhir bulan gini, apa kabar duit di dompet? Alhamdulillah kalo sobat udah terima transferan dari suaminya. Atau transferan gaji dari pekerjaan freelancer atau jualan. Bersyukur ya Moms, masih ada pemasukan duit gaji suami atau usaha sampingan. 

Saya sejak awal menikah sudah menjadi manajer keuangan, karena suami nggak mau ribet urusan di rumah. Sebagai pengantin baru yang lagi semangat mengelola keuangan kami berdua, saya udah memutuskan bakal mencatat setiap pengeluaran. Ya gini deh kalo kerja di bagian akuntasi, udah kebiasaan mencatat penerimaan dan pengeluaran.

Sebenarnya saya terinspirasi dari suami yang sudah pintar mengelola penghasilannya sejak muda. Sehingga belum menikah aja udah bisa membeli rumah sendiri. Rumah itu juga yang kami tempati begitu nikah. Jadi bersyukur nggak ngalami kontrak rumah.

Dari suami juga saya belajar mengenal asuransi, terutama asuransi kebakaran, pendidikan dan jiwa. Baru ketika kami memiliki mobil, sudah bertambah pula dengan asuransi kecelakaan.

Namun tetap saja saya suka ragu kalo ingin menambah asuransi kesehatan untuk diri sendiri sebagai perempuan. Katanya perempuan rentan penyakit, seperti kanker, osteoporosis, atau infeksi saluran kencing. Apabila sampai mengalami penyakit ini, bakal membutuhkan biaya yang tidak sedikit bila telat ddiagnosa. Aduuhhh jangan sampai terjadi deh.


Blogger Gathering KEB X Prudential Indonesia

Beruntung banget saya berkesempatan gabung dalam Prudential Indonesia Blogger Gathering, dengan tema "Membangun Keluarga Yang Tangguh Secara Finansial Melalui Asuransi. Blogger Gathering yang diikuti oleh 40 perempuan dari Komunitas Emak Blogger (KEB). Siang yang hot krispi rasanya itu, tak terasa begitu duduk dan menatap layar laptop untuk gabung dalam Zoom gathering dipandu oleh host kece Mak Ketua KEB Ely Nurul. 




Dengan narasumber berikut ini :

✅Luskito Hambali - Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia

✅ Bondan Margono - Head of Sharia Strategic Development Prudential Indonesia

✅ Aliyah Natasya - Financial Advisor

✅ Lidya Fitrian - Blogger & Anggota KEB


Di awal Bapak Luskito Hambali menjelaskan hasil survey tentang 85% kebutuhan belanja diatur oleh istri atau ibu rumah tangga sebagai menteri keuangan. Yang sangat disayangkan pula sekitar 50% perempuan merasa nggak pede dengan keputusan belanja untuk keluarganya. Bahkan ada 62% dari perempuan ini yang kebingungan saat mengambil keputusan. 


Menurut data dari OJK tahun 2019, tingkat literasi keuangan Indonesia baru mencapai 38,33%. Nah detilnya berdasar gender, tingkat literasi perempuan tentang keuangan hanya 36,13 %, sementara laki-laki ada 39,94 %.

Hmm, bener gak sih, Moms? Nanti deh ya bakal saya jelaskan lengkap. Dan menurut Bapak Kiki, sapaan akrab beliau,"Prudential memiliki visi membantu masyarakat agar hidup lebih baik dengan asuransi yang terjangkau."


Prudential Indonesia memiliki kepedulian dengan berbagai inisiatif memberikan kesadaran pada masyarakat tentang pentingnya asuransi. Kegiatan blogger gathering ini menjadi salah satu rangkaian Bulan Inklusi Keuangan. 

Silahkan baca :

Literasi Produk Jasa Keuangan di Virtual Booth Prudential Indonesia

Tujuannya agar perempuan mendapatkan wawasan yang tepat untuk mengatur keuangan  rumah tangga. Juga untuk mempelajari alokasi penghasilan termasuk untuk perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan yang berbasis syariah.


Mengenal Asuransi Bersama Bapak Bondan Margono

Bincang selanjutnya bersama Bapak Bondan Margono yang menjelaskan skema asuransi syariah. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Prudential Indonesia, sebanyak 7 % orang Indonesia yang memiliki asuransi. 


Namun perlu diketahui, minat orang terhadap kebutuhan proteksi makin meningkat mungkin karena kondisi pandemi. Hasil survey dari 5 ribu responden, 58% orang bermint pada asuransi jiwa syariah. Sementara sekitar 44% dari kaum milenial membutuhkan asuransi.


Nah untuk sikap individu setiap orang punya pilihan saat menghadapi risiko dalam hidup mereka. Menurut Pak Bondan, setiap orang memiliki pilihan untuk menghindari risiko, meminimalisir, berbagi risiko, mengalihkan, atau menerima risiko. 



Asuransi pada dasarnya adalah salah satu strategi me-manage risiko. Yang membutuhkan asuransi adalah yang punya tanggungan. Dalam hal ini tentu saja kepala keluarga atau orang yang memiliki penghasilan dalam keluarga. Asuransi dibutuhkan karena fungsinya :



  • Perlindungan Pendapatan karena ketika yang menjadi tulang punggung keluarga meninggal dunia, ahli warisnya akan mendapatkan manfaat dari polis yang dimiliki tertanggung.
  • Dana Darurat, untuk jaga-jaga bisa digunakan ketika kondisi mendesak seperti saat pandemi
  • Perlindungan Kesehatan, untuk kesehatan seperti jamsostek, bpjs, namun dengan skema yang berbeda dan memberikan manfaat lebih
  • Warisan, keluarga yang ditinggalkan bisa memulai hidup tanpa adanya kepala keluarga
  • Dana Pensiun, bagaimana ketika kepala keluarga tidak produktif dan hidup bisa tetap berjalan
  • Perlindungan Dana Pendidikan, misal terjadi sesuatu pada seoarng ayah, dengan perencanaan keuangan yang tepat, pendidikan anak-anaknya bisa tetap berlanjut 


Intinya asuransi dibutuhakan untuk meminimalisir dampak finansial yang mungkin terjadi pada keluarga tersebut. Asuransi bukan untuk mendapatkan keuntungan. Nah kalo ada orang yang mencari keuntungan dari asuransi, itu salah banget.

 

Lebih jauh dijelaskan bahwa secara garis besar ada dua pembagian asuransi, berdasarkan jenisnya :

Asuransi Tradisional 

  • Dwiguna, dalam satu polis ada dua manfaat yang berhubungan untuk proteksi, misalnya kesehatan, kematian, penyakit kritis. Dan manfaat nilai tunai (untuk investasi / tabungan)
  • Berjangka, yang berhubungan dengan periode perlindungan  yang diberikan. Misalnya bisa 1 tahun, 5, tahun, atau 10 tahun.
  • Whole life, polis yang berlaku seumur hidup. Yang dimaksudkan seumur hidup sebenarnya ada batasan. Yaitu misalkan tertanggung masih hidup hingga usia 99 tahun, manfaat akan diberikan.

Unit Link

Untuk Unik link ini hampir sama dengan Dwiguna. Yang membedakan adalah kita bisa tahu kinerja investasinya seperti apa. Yang membedakan unit link dan tradisional adalah kebutuhan proteksi apa aja yang dibutuhkan. Jadi di Unit link bisa ditambahkan proteksi baru. Misalkan di awal beli Unik Link hanya beli proteksi kematian. Di tengah jalan kita bisa menambahkan proteksi penyakit kritis. Kalo Asuransi Tradisional hanya bisa disematkan di awal dan nggak bisa ditambahkan lagi. 


Nah, Mari Bicara Tentang Asuransi Syariah

Tercantum dalam fatwa DSN MUI No. 21/DSN-MUI/X/2001 : 

Asuransi Syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong menolong di antara sejumlah orang atau pihak melalui investasi dalam bentuk asset dan atau Tabarru', yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad yang sesuai dnegan syariah 


Ada 3 hal penting yang melandasi asuransi syariah :

- Saling Melindungi
- Dana Tabarru' (dana tolong menolong atau kebajikan)
- Harus sesuai dengan syariah

Asuransi syariah ini hadir untuk memenuhi elemen yang tidak bisa dipenuhi oleh asuransi jiwa konvensional. 

Lantas, di mana letak perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional? Cek yuk :


✅ Prinsip Dasar

Asuransi Syariah : Risk Sharing. Asuransi Jiwa Syariah adalah dengan mengumpulkan peserta, dengan akad antara peserta yang disebut hibah iuran Tabarru'. 

Asuransi Konvensional : Risk Transfer, prinsip dasarnya dengan berbagi risiko. Sementara untuk Asuransi Jiwa Konvensional adalah dengan mengeluarkan premi pada tertanggung yang dikelola oleh penanggung.

✅ Perjanjian

Asuransi Syariah : Akad memiliki perjanjian tolong menolong, dengan mengumpulkan dana (Tabarru') antara peserta oleh perusahaan yang disebut wakalah bil ujrah. 

Asuransi Konvensional :  Akad antara tertanggung dan penanggung ini disebut jual beli.

✅ Peran Perusahaan

Asuransi Syariah : perusaaan sebagai pengelola dana tabarru', dan yang akan menginvestasikan pada instrumen asuransi syariah.
Asuransi Konvensional :Perusahaan asuransi sebagai penangguh risiko jika sewaktu-waktu tertanggung mengajukan klaim.

✅ Surplus Underwriting (Penyeleksian pembayaran klaim)

Asuransi Syariah : dikembalikan ke Dana Tabarru' atau diberikan ke peserta. Pembayaran klaim diberikan ke perusahaan.
Asuransi Konvensional : Menjadi milik perusahaan

✅ Pengawasan

Asuransi Syariah, diawasi oleh OJK, Manajemen Internal, dan Dewan Pengawas Syariah (DPS)
Asuransi Konvensional : operasional diawasi oleh OJK dan Manajemen Internal

✅ Jenis Investasi

Asuransi Syariah : Jenis instrumen investasi wajib yang berbasis syariah

Asuransi Konvensioanl : jenis instrumen investasi tidak wajib yang berbaasis syariah.


Dalam Islam untuk transaksi jual beli, harga harus jelas, dan apa yang didapat harus jelas juga. Nah, tentang kapan jasa yang didapatkan itu yang tidak jelas karena memang tergantung takdir. Ini lah yang tidak sesuai dnegan prinsip dasar asuransi jiwa syariah.

Jadi konsep asuransi jiwa syariah memang hadir untuk saling tolong menolong. Ada sekumpulan orang yang ingin mendapat proteksi misal terjadi sesuatu. Caranya dengan mengumpulkan dana tabaru'. Jadi ketika seseorang mengalami resiko musibah, dana akan diambil dari dana ini. Itu lah mengapa nasabat asuransi syariah bukan dinamakan tertanggung tapi peserta. 


Lantas tugas perusahaan asuransi syariah ngapain? Tenang, perusahaan bertugas membantu peserta mengumpulkan, mencari lebih banyak orang yang ikut agar dana tabarru' lebih besar sehingga lebih banyak manfaat yang diterima oleh orang yang mengalami risiko.


Sesuai prinsip dalam Islam, ada transaksi yang dihindari dalam Asuransi Syariah, yaitu :

  • GHARAR, yaitu kondisi ketidakjelasan yang tidak diperbolehkan jika terjadi pada Kontrak Komersial atau Jual Beli. Misalnya, kapan uang pertanggunggan akan dibayarkan.
  • RIBA, adanya tambahan yang terjadi pada transaksi hutang atau jual beli yang tidak memenuhi ketentuan syariah. Misalnya, beli uang kecil yang akan mendapatkan uang besar.
  • MAYSIR, yaitu taruhan yang menempatkan keuntungan salah satu pihak menjadi kerugian pihak lain diakibatkan transaksi tersebut. Contohnya adalah judi, dan taruhan.

Dan perlu juga kalian ketahui, bukan hanya muslim yang berminat dengan asuransi jiwa syariah Prudential. Banyak peserta yang non muslim juga berminat, karena prinsip sifat tolong menolong.

Ada anggapan asuransi syariah lebih mahal dibanding konvensional?

Segala yang kita butuhkan itu sesuai dengan kemampuan masing-masing. Murah dan mahalnya itu sesuai dengan manfaat yang kita harapkan. Kalo butuhnya kesehatan ya difokuskan untuk asuransi kesehatan. Nanti ketika penghasilan kita bertambah, bisa ditambahkan juga proteksi lainnya.


Nah, udah tahu kan bagaimana perbedaan asuransi jiwa syariah dan konvensional? Lantas, mengapa Pilih Asuransi Jiwa Syariah? Asuransi jiwa syariah itu salah satu bentuk ikhtiar dalam menghadapi risiko. Dan berikut ini prinsipnya :

  1. Nilai tolong menolong, asuransi syariah tidak hanya melindungi diri kita sendiri dan keluarga. Tapi juga membantu keluarga lain, sehingga hidup menjadi lebih berkah.
  2. Bersifat universal, yang artinya asuransi ini berbasis syariah dengan nilai baik yang sesuai untuk semua.
  3. Sesuai prinsip syariah, yaitu bebas dari Gharar, Maysir, dan Riba
  4. Ada Keadilan dalam operasional, baik peserta maupun perusahaan memiliki hak dan tangguh jawab. Peserta akan mendapatkan haknya bila ikut iuran (dana Tabarru'). Sementara perusahaan asuransi yang mengelola asuransi syariah, mendapat upah yang disebut ujrah.
  5. Transparansi keuangan, kantong-kantong yang ada dalam asuransi jiwa syariah udah jelas.


Dalam kesempatan tersebut, Pak Bondan menjelaskan bahwa produk digital di Prudential dimulai dengan harga yang terjangkau, yaitu 8 ribu rupiah per bulan dengan proteksi asuransi jiwa saja. Kalo bayarnya tahunan bisa hanya 5 ribu per bulan. Kalo butuhnya periode tertentu ya udah piliha aja sesuai kebutuhan. Tuh kaan terjangkau banget. Kita jajan kopi kekinian aja nggak boleh dengan harga segitu.


Jadi tergantung dengan kebutuhan dan produk asuransi, misalkan kepala keluarga masih bekerja, lebih baik tetap ikut asuransi jiwa. Untuk batas waktu tidak ada tapi waktu yang tepat itu ada. Misal ada batas waktu usia 65 tahun, tidak bisa mendaftar sebagai peserta karena sudah tidak produktif. Atau ada juga seleksi di awal gugur karena udah ada penyakit yang memang tidak termasuk dalam proteksi. 


Untuk klaim sama aja, asal terpenuhi syarat, klaim akan dikembalikan. Yang penting kenali perusahaannya, detil apa yang harus dilakukan dan didapatkan nantinya. Yang membedakan hanya sumber dananya, kalo asuransi konvensional dari perusahaannya sementara asuransi syariah dari kumpulan orang-orang dari dana tabarru'. 


Pengalaman Lidya Fitrian Menjadi Peserta Asuransi

Blogger gathering juga menghadirkan Lidya Fitrian, teman blogger yang juga anggota KEB. Lidya akan berbagi pengalamannya sebagai pengguna asuransi Prudential. 


Lidya sendiri memutuskan ikut asuransi karena merasa parno dengan masa depan anak-anaknya. DIa ingin memberikan proteksi asuransi keluarga. Saat ini Lidya memiliki 4 polis prulink dari Prudential. Menurutnya,"kita tidak pernah tahu resiko di masa deapan."


Dia juga mengatakan sebenarnya kadang menemukan kesulitan dengan pembayaran premi. Bukan jumlah yang sedikit kalo untuk membiayai 4 polis asuransi. Namun dia menganggap ikut asuransi merupakan alasannya agar mendapatkan proteksi jangka panjang. Terbukti sempat ingin menghentikan satu polis milik suaminya, untungnya nggak jadi. Saat itu suaminya mengalami kecelakaan. Mereka terbantu dengan dana darurat dan asuransi karena proses pengobatan dan pemulihannya membutuhkan dana yang besar.


Financial Planning Untuk Keluarga

Asuransi untuk keluarga itu yang cocok seperti apa? Sebelum membicarakan asurani yang tepat, Aliyah Natasha, finanial Advisor mengingatkan pentingnya dua hal. Ternyata banyak perempuan yang tidak melakukan financial planning dan ada pula yang telat melakukan financial planning. Hayoloh siapa coba yang telat atau bahkan tidak melakukan financial planning?


Ahhh nggak usah nyari siapa, tapi mengapa sih perempuan abai? Ternyata karena perempuan percaya pada Mitos-Mitos Keuangan




Apa aja mitos-mitos keuangan? Berikut ini :

- Penghasilan besar jaminan ketahanan finansial


Berapapun jumlah penghasilan kamu, jika tidak dikelola dengan baik akan mencelakakan hidupmu. Karena kamu tidak selamanya sehat, pasanganmu bisa saja sakit, meninggal, dan itu takdir. Atau seperti sekarang, banyak yang kena PHK terdampak dari pandemi. Risiko hidup selalu ada dan tidak tahu kapan akan terjadi. 

- Berinvestasi ketika uang sudah banyak dan mencapai hal-hal tertentu

Semakin early/dini mulai berinvestasi, semakin banyak waktu untuk membuat uang bertumbuh atau berkembang. Karena kekuatan itu ada di waktu bukan di nominalnya. Jadi kita dipaksa investasi untuk meminimalisir risiko. Padahal  resiko tidak berinvestasi sejak dini karena musuh utama kita adalah inflasi. Nilai uang akan merosot dan kalah dengan inflasi setiap tahunnya.

- Mengelola keuangan pribadi adalah hal yang sulit 

Ketahanan keluarga itu dari finansial, sayang banget kalo sampai tidak merencakan keuangan sejak dini. Hidup akan lebih sulit dan dipenuhi penyesalan jika kamu tidak mengendalikan dan mengelola keuangan.

Perempuan Mandiri Finansial 

Aliyah menyebutkan secara fakta, 75 % dari perempuan berusia lebih dari 45 tahun, baik yang lajang maupun yang udah menikah, mampu membuat keputusan finansial. Seperti belanja untuk kebutuhan keluarga, yang nominalnya kecil. Tapi perempuan tidak pede untuk mengambil keputusan yang besar seperti membeli rumah, asuransi, dan lainnya.

Ingat kebahagian adalah kita yang menentukan, bukan pasangan ataupun keluarga kita. Kalo tidak sedari dini memilih keputusan yang terbaik, kapan lagi kita akan menentukan hal penting dalam hidup?

Nah, sebenarnya perempuan itu tekun dan jauh lebih teliti saat mencari info dari sumber yang terpercaya untuk keputusan finansialnya. Dia lebih waspada dan berhati-hati, melakukan riset dulu lah. Tapi tetap saja perempuan butuh diyakinkan dengan keputusan yang diambilnya.


Financial Planning Journey :

Dulu awal saya menikah dan membuat catatan penghasilan serta pengeluaran, sempat ditertawakan loh. Bahkan ada yang menyebut saya pelit karena mencatat pengeluaran. Saya hanya tersenyum dan tidak membalas ucapan kerabat. Bagi saya, rumah tangga memiliki aturan masing-masing. Enggak boleh ada yang mencampuri keuangan kami. 

Saya sebenarnya tidak mencatat pengeluaran kecil, seperti beli garam misalnya. Saya merencanakan anggaran dengan mengelompokkan pengeluaran yang besar. Seperti biaya Telpon, listrik, dan air dalam satu pos, uang transport, uang masak, uang belanja bulanan sembako, uang untuk orang tua saya, sedekah, dan uang jajan. 


Nah, sebelum saya masukkan uang tersebut dalam amplop, saya ambil dulu untuk sedekah dan tabungan. Nilainya juga cukup masuk akal, untuk sedekah adalah 5 % dari gaji. Sedangkan untuk tabungan sebesar 30 % dari gaji. 


Ternyata apa yang saya lakukan merupakan kegiatan keuangan yang udah benar. Seperti yang dituturkan oleh Mba Aliyah. Jangan sampai gaji menguap begitu saja, tanpa kita sadari untuk apa aja uang yang udah keluar itu. Langkah yang disarankan adalah membuat budget selama satu tahun. Sepanjang pengeluaran yang dikeluarkan tidak menyalahi budget, ya udah nggak perlu budgeting ulang. 

Untuk apa dilakukan budgeting? Perlu diketahui bahwa eksekusi dilakukan setelah melakukan financial planner ada pada :

- Wealth protection, yaitu perlindungan untuk kesehatan dan finansial. Kalo kita tidak sehat, bagaimana bisa mencari uang kan.

- Wealth Creation, yaitu bagaimana caranya agar uang yang kita tabung bisa menjadi income tambahan. Atau bisa menjadi sumber dana pensiun saat kita tua atau sudah tidak produktif. 


Budgeting udah, lantas untuk ikut asuransi langkahnya apa aja? Yuk, simak ya :


- Know your Budget 

Kenali dulu budget untuk  alokasi asuransi ini berapa yang dibutuhkan. Berapa alokasi dana yang mampu kamu siapkan setiap bulannya. Karena asuransi itu bayarnya setiap bulan sampai masa pertangguhan yang disetujui selesai. Kalo kamu berhenti membayar di bulan ke-15 misalnya, otomatis gugur. Jadi harus tahu kemampuan keuanganmu untuk membayar premi tiap bulannya.

Misal kan seorang freelancer atau pekerja yang penghasilannya tidak tetap setiap bulannya. Lakukan langkah budgeting per tiga bulan. Ambil rata-rata jumlah penghasilan dan kemampuan kamu mengalokasikan dana untuk asuransi.

- Know your need 

Tahu dengan berapa budget yang dimiliki, kamu jadi tahu kebutuhan apa yang diprioritaskan pertama. Biasanya yang diutamakan adalah asuransi jiwa. Karena ketika pencari nafkah meninggal, ada dana dari klaim asurani untuk sumber kehidupan mereka. Yang kedua asuransi kesehatan, dan baru lah yang ketiga asuansi tambahan lain. Seperti asuransi kebakaran, atau asuransi kecelakaan (mobil).

- Know your insurance company

Kenalan dulu dengan perusahaan asuransi. Kamu bisa bertanya pada teman yang udah punya asuransi serupa. Tanya reputasinya, historis perusahaannya dalam pencairan klaim. Maksudnya agar tahu kemampuan finansial mereka dalam membayar dana ke peserta asuransi. 

- Why Sharia?

Asuransi syariah memiliki nilai kekeluargaan, dana yang dikumpulkan dilakukan secara gotong royong, dan surplus underwiting

Nah, sobat lakukan pengelolaan keuangan keluarga, dengan melakukan pencatatan. Karena kalo tidak ada pencatatan ini tidak ada kontrol dengan uang kita. Uang masuk dan keluar, selain lupa mencatat, juga kesadaran diri yang kurang menjadi penyebab bocor alus. Sering kan ini jadi alasan?!


Sebenarnya pengeluaran yang ada juga nggak masalah. Sepanjang kita coba tanya pada diri sendiri :"Uang yang kita punya dimanfaatkan untuk apa? Mungkin untuk biaya les anak-anak." Ini untuk kebutuhan masa depan anak-anak, ya enggak masalah.

Tips dari mba Aliyah :

Saat melakukan asuransi, kasih waktu 3 hari atau seminggu untuk mengisi formulir asuransi jiwa atau kesehatan. Di situ akan dituliskan riwayat kesehatan apa aja. Hal ini kaitannya dengan penyakit apa aja yang udah pernah dialami. Nantinya klaim tidak bisa diberikan karena kecerobohan saat pengisian data.



Nah udah semua yang saya catat dalam zoom Blogger Gathering tertulis di sini. Semoga bisa menjadi pencerahan untuk kita semua. Saya juga masih terus belajar kok, agar jangan bocor alus tiap bulan. 


Wajar ada pengeluaran dadakan yang di luar budget. Sepanjang pasangan dan kita sepakat, bagi kami bukan masalah. Saya sendiri selalu jujur soal keuangan keluarga. Bagaimana pun uang yang diberikan suami adalah amanah untuk keluarga kita. Begitu kaan. Wassalamualaikum.

Reading Time: