2017 - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Friday, 29 December 2017

Selamat Tinggal 2017, Tahun Yang Penuh Kesan
December 29, 2017 18 Comments

www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Pengen ngucapin Selamat Tinggal 2017, Tahun Yang Penuh Kesan dan pasti tak akan terlupakan. Tahun ketika saya dan suami mulai menjalankan pola hidup sehat. Menjaga masukan makanan untuk tubuh dan lebih banyak aktifitas fisik setiap pagi.

Beruntung ada taman yang dekat dengan rumah kami, sehingga nggak ada alasan bergerak jalan tiap pagi. Minimal lima kali dalam seminggu sudah cukup dengan jarak tempuh lima kali putaran. Hari Minggu kalo nggak ada rencana keluar kota, kami sempatkan olah raga di kawasan Car Free Day di Simpang Lima. Menyenangkan dan bikin kangen karena udah terbiasa sejak lama jalan pagi di sana.

Reading Time:

Sunday, 24 December 2017

Wisata Hits di Kabupaten Brebes Ini Wajib Kalian Kunjungi
December 24, 2017 17 Comments

www.hidayah-art.com
Photo taken Ika Puspita
Assalamualaikum Sahabat. Udah tahu kah, ada Wisata Hits di Kabupaten Brebes yang layak kalian kunjungi? Awal bulan Desember ini saya dan teman-teman blogger sempat menikmati wisata di Kabupaten Brebes. 

Meski awalnya saya agak bingung, destinasi wisata mana yang akan kami kunjungi saat di Kabupaten Brebes.

"Emang Brebes punya tempat wisata?"

Begitu pertanyaan yang saling kami lontarkan tanpa ada yang menjawab dengan pasti. Tapi kalo saya baca rundown yang dibagikan sih, bakal ada trecking hutan mangrove. Hmmm, saya agak gimana gitu kalo mendengar wisata hutan mangrove. Apa sih asiknya jelajah hutan mangrove? Biasanya hutan mangrove tuh banyak nyamuk, aromanya enggak banget deh.

Reading Time:

Monday, 18 December 2017

Tempat Wisata di Dekat Imogiri Yogyakarta
December 18, 2017 13 Comments


www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Tempat Wisata di Dekat Imogiri Yogyakarta rupanya banyak juga. Kebanyakan tempat wisata ini mengusung tema kekinian, yaitu spot selfie. Rata-rata tempat wisata ini juga dikelola oleh warga lokal. 

Nampaknya wisata selfie a.k.a swafoto masih menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Karena selama tahun 2016 hingga 2017 ini, banyak tempat wisata baru yang mengusung tema spot selfie. 

Reading Time:

Tuesday, 12 December 2017

Mengapa Kalian Harus Nonton Film Ayat Ayat Cinta 2
December 12, 2017 28 Comments

www.hidayah-art.com
Picture by Verve Bistro - Lintang

Assalamualaikum Sahabat. Mengapa Kalian Harus Nonton Film Ayat Ayat Cinta 2? Ada beberapa alasan sih kalian harus nonton film yang merupakan kelanjutan Ayat Ayat Cinta yang fenomenal dulu. Jalan cerita film pertama mampu mengoyak hati penonton perempuan. Bahkan hingga udah selesai masa tayang di bioskop, masih meninggalkan kesan mendalam bagi para penonton.

Oiya, saya termasuk beruntung bisa memenangkan Giveaway dengan hadiah tiket nonton film Ayat Ayat Cinta 2. Yang mengadakan Giveaway di Instagram adalah @titiktengahpartnership bekerja sama dengan Verve Bistro & Coffe Bar. Saya dapat tiga tiket, alhamdulillah. Saya bisa ngajakin suami dan si sulung. Si bungsu nggak mau ikut, karena dia punya tugas bikin animasi untuk kegiatan di sekolah. Terima kasih hadiah istimewanya ini. 

Reading Time:

Wednesday, 6 December 2017

Hari Ibu Dalam Kenangan Seorang Anak
December 06, 2017 12 Comments
www.hidayah-art.com
pict by india.com

Assalamualaikum. Bagaiman Anak-Anak Mengenang Seorang Ibu? Bukan hal mudah menulis tentang Hari Ibu. Karena sejak kecil saya lebih dekat dengan Bapak. Ibu adalah sosok pendiam yang lebih sering memuntahkan kemarahan bila ada kesalahan kecil sekali pun. Namun Ibu juga sosok yang segera memenuhi keinginan putri-putrinya untuk urusan baju. 

Ibu adalah penjahit yang trampil. Pelanggan Ibu ada beberapa peragawati dan model yang memiliki tubuh sempurna. Mereka mau loh datang ke rumah kami yang terletak di gang sempit di daerah Pecinan Semarang.
Reading Time:

Saturday, 2 December 2017

Temu Blogger Kesehatan Semarang, Tentang UHC Hingga Ambulance Hebat
December 02, 2017 11 Comments


www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Semoga sahabat dalam keadaan sehat ya, aamiin. Kali ini saya ingin berbagi cerita tentang acara seru nan bergizi. Yaitu Temu Blogger Kesehatan Semarang, Tentang UHC hingga Ambulance Hebat

Acaranya memang seru banget. Yang bikin saya hepi adalah, acara ini makin membuka mata dan pikiran saya lebar-lebar tentang kesehatan.

Ah, segimana serunya sih acara Temu Blogger Kesehatan? Buanyak serunya, buanyak juga isu penting tentang kesehatan yang patut jadi perhatian semua orang. Termasuk kalian yang mengaku sebagai anak muda. Generasi jaman now yang harusnya memiliki tingkat kesehatan Baik Sekali

Reading Time:

Thursday, 30 November 2017

Pahami Cara Menggunakan BPJS Kesehatan Ketika Rawat Inap
November 30, 2017 2 Comments

www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Cara Menggunakan BPJS Kesehatan Ketika Rawat Inap itu sebenarnya gampang. Tentu saja asal memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan dalam aturan. Karena nggak semua penyakit bisa mendapat rujukan rawat inap atau rawat jalan di rumah sakit.

Kalo ditanya sih pengennya saya dan keluarga diberikan kesehatan. Namun ada kalanya tubuh tumbang karena berbagai sebab. Bisa karena faktor cuaca, abai dengan kondisi tubuh yang butuh istirahat, dan lainnya.

Reading Time:

Tuesday, 28 November 2017

Reuni Bersama Sang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
November 28, 2017 2 Comments

www.hidayah-art.com

Assalamualaikum Sahabat. Tahun kemarin saya sempat mengikuti Reuni Bersama Sang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Pahlawan tanpa tanda jasa pasti tahu lah ya, yaitu guru kita. Bekerja tanpa pamrih ingin mencerdaskan murid-muridnya. Nah, saya beruntung masih bisa berjumpa kembali dengan bapak dan ibu guru saya setelah terpisah puluhan tahun.

Ceritanya awal tahun 2016 saya dan suami masuk dalam kepanitiaan reuni SMP. Kebetulan banget ya, saya dan suami emang satu sekolah dan satu angkatan. Meski usia saya lebih muda karena lebih gasik waktu daftar sekolah. Dan karena suratan takdir Ilahi pula yang rupanya menjodohkan saya dan suami.
Reading Time:

Thursday, 16 November 2017

Manfaat Internet Bagi Kehidupan Sehari-Hari
November 16, 2017 13 Comments

www.hidayah-art.com

Assalamualaikum, temans. Sudah tahu kah ada begitu banyak Manfaat Internet Bagi Kehidupan Sehari-Hari? Bagi pengguna internet aktif pasti udah tahu manfaatnya dong. Namun tak ada salahnya juga saya sharing tentang Manfaat Internet Bagi Kehidupan Sehari-Hari.

Nah, artikel ini untuk tema ArisanBlogGandjelRel periode ke 15 yang dipilih oleh pemenangnya. Mereka adalah mba Dewi Rieka dan Prana Ningrum. 
Reading Time:

Thursday, 2 November 2017

Touring Lintas Timur Sumatra Yang Seru dan Mendebarkan
November 02, 2017 5 Comments

Assalamualaikum. Temans, bulan lalu saya dan suami Touring Lintas Timur Sumatra Yang Seru dan Mendebarkan. Wuihhh, berasa mengikuti event bareng pembalap mobil melintasi pulau Sumatra. Nyatanya sih saya dan suami bersama adik dan mbakyunya, nggak ikut touring pembalap mobil.

Kebetulan niat baik adik paksuami adalah menyenangkan kakak-kakaknya traveling di salah satu bagian destinasi wisata di dekat kota Pekanbaru. Kebetulan lagi kami berangkat dengan memilih jalur darat. Menggunakan mobil HRV yang masih kinyis-kinyis seumur hitungan hari a.k.a. baru keluar dari showroom. Hihihiii.

Reading Time:

Monday, 30 October 2017

Sensasi Menikmati Pecel Keong Banyubiru Kabupaten Semarang
October 30, 2017 18 Comments


www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Ada Sensasi Menikmati Pecel Keong, Kuliner Khas dari  Muncul, Banyubiru Kabupaten Semarang. Teman-teman pernah merasakan sensasi saat menyicipi kuliner khas dari Kabupaten Semarang? Tepatnya nyicipi menu kuliner Pecel Keong yang legendaris dari Kecamatan Ambarawa.

Adakah yang belum tahu dengan kuliner yang berbahan baku Keong? Iya, Keong. Yuk saya kasih tahu bahwa Keong adalah salah satu jenis makanan yang sangat digemari. Keong adalah binatang bercangkang dan tidak memilik tulang belakang.  

Keong bisa diolah menjadi makanan yang melezatkan. Saya sudah mengenal kuliner Keong sejak kecil. Jaman saya masih usia SD, ada penjaja Pecel Semanggi yang juga menyajikan Sate Keong. Pecel Semanggi itu bahan sayurannya ada daun Semanggi. Maka orang selalu menyebutnya Pecel Semanggi. 

Reading Time:
Verve Bistro & Coffee Bar, Menjanjikan Suasana Nyaman Saat Bersantap Bareng Sahabat
October 30, 2017 12 Comments

Assalamuailaikum. Verve Bistro & Coffee Bar, Menjanjikan Suasana Nyaman Saat Bersantap Bareng Sahabat. Iyes, siapa yang nggak setuju dengan kalimat di atas? 

Kota Semarang makin berkembang menjadi destinasi wisata heritage dan kuliner. Kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara yang terus meningkat, muncul pula restoran dan kafe di berbagai wilayah di Semarang. Bahkan di area yang dekat dengan pusat kota, perkantoran dan landmark kota, saya menjumpai kafe baru dengan keunikan masing-masing.

Pada Oktober 2017, muncul satu pendatang baru di bidang kuliner yang mengusung tema Where Good food, endless conversation anda comfortable atmosphere into one at Verve Bistro & Coffee Bar. Hmm, gimana rasanya makan bareng sahabat, ngobrol seru dan lupa waktu karena suasana yang nyaman? Apa ada resto yang menjanjikan suasana nyaman saat bersantap? 
Reading Time:

Thursday, 26 October 2017

Rumah Kampung Yang Sederhana Menjadi Rumah Impian Masa Tua
October 26, 2017 20 Comments


www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Rumah Kampung Yang Sederhana Menjadi Rumah Impian Masa Tua saya dan suami. Aslinya sih ini keinginan saya yang lahir dan besar di Semarang. Sementara Simbah dari kedua orang tua saya pun desa kelahirannya ada di Kudus dan Solo bagian tengah kota. Jadi kalo saya diajakin pulang ke desa kelahiran Ibu saya di Kudus, nggak bakalan lihat sawah atau sungai.

Apalagi keluarga Bapak saya kebanyakan tinggal di Semarang. Otomatis saya nggak pernah merasakan yang namanya mudik di desa kelahiran orang tua. Yang ada sawah menghijau, sungai yang mengalir jernih, dan pepohonan yang rindang.

Oiya, saya sejak kecil udah kangen pengen mudik. Lah, nggak punya desa mau mudik kemana? Pasti gitu ya pertanyaan kalian. 

Tenang.. Saya pernah beberapa kali dititipkan pada tetangga dan keluarga Om saat mereka mudik. Biasanya saya ikut mereka mudik saat upacara Nyadran. Tahu kan Nyadran? 
Reading Time:

Tuesday, 24 October 2017

Pesona Air Terjun Tujuh Bidadari di Kabupaten Semarang
October 24, 2017 23 Comments

www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Siapa yang sudah menyaksikan Pesona Air Terjun Tujuh Bidadari di Kabupaten Semarang? Nggak hanya menyaksikan keindahan air terjun. Namun juga bermain air sepuasnya di Air Terjun Tujuh Bidadari. Airnya jernih, terlihat dasar kolam yang dangkal dengan batu dan pasir sungai. Atau kalo malas main air, bisa memilih swafoto di tempat yang cantik ini. 

Kabupaten Semarang yang terletak dekat dengan kota Semarang, memiliki destinasi wisata yang beragam. Karena terletak di lereng Gunung Ungaran, udara sejuk pun menjadi satu kelebihan tersendiri. Wisata alam pun menjadi pilihan destinasi liburan yang paling digemari oleh wisatawan. 

Reading Time:

Sunday, 22 October 2017

Batas Persahabatan Perempuan dan Pria Setelah Menikah
October 22, 2017 32 Comments


www.hidayah-art.com

Assalamualaikum Sahabat. Menurut saya, ada Batas Persahabatan Perempuan dan Pria Setelah Menikah. Iya lah, karena menurut pandangan Islam pun, mesti ada batasan pergaulan bagi perempuan dan pria. Baik sebelum maupun setelah menikah.

Kalo setelah menikah, tentunya ada tambahan warning. Karena sahabat pria atau perempuan telah memiliki pasangan hidup. Orang yang telah syah menjadi sahabat lahir dan batin.

Reading Time:

Monday, 16 October 2017

7 Perlengkapan Dapur Yang Wajib Dimiliki Pengantin Baru
October 16, 2017 31 Comments

www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Ada Tujuh Perlengkapan Dapur Yang Wajib Dimiliki Pengantin Baru. Masa iya mau pinjem wajan ama mertua atau orang tua tiap mau masak sesuatu. Repot lah bolak balikinnya. Iya kalo rumahnya dekat sama mereka. 

Atau kalian nggak butuh perlengkapan dapur, karena bisa beli makan aja. Banyak tempat makan yang bisa dijadikan pilihan untuk makan malam atau sarapan. Lebih praktis dan tubuh pun gak capai. Bisa jadi itu dalih kalian.
Reading Time:

Saturday, 14 October 2017

Cinta Yang Tak Pernah Salah
October 14, 2017 10 Comments
www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Cinta Yang Tak Pernah Salah. Adalah saat cinta hadir dan menjadi alasan bagi siapapun untuk berubah ke arah yang baik. Menjadi satu alasan bagi seseorang lebih dewasa. Tapi bagi saya sendiri cinta yang tak pernah salah adalah ketika memiliki alasan untuk berbuat lebih banyak kebaikan. Namun kadang niat baik itu tak selamanya bisa dilaksanakan dengan lancar.

Ah, jadi kayak teka-teki ya paragraf awal artikel saya kali ini. Ada ada dengan cinta ini, Wati?

Jangan mengernyitkan kening dulu, sambil menebak mengapa dengan cinta yang saya rasakan? Apakah ada yang salah dengan cinta saya? Tapi, untuk siapa? Dengan siapa?
Reading Time:

Thursday, 12 October 2017

Liburan ala Koper Tanpa Baper di Singapura
October 12, 2017 11 Comments

www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Saya ingin sekali mewujudkan Liburan ala Koper Tanpa Baper di Singapura bareng keluarga. Karena memang selama ini liburannya sebatas di Pulau Jawa dan Bali. Apalagi liburan ke Singapura itu nggak butuh biaya banyak. 

Pantas aja kalo banyak wisatawan yang berasal dari Indonesia memadati tempat wisata di negeri Singa. Terlebih di negeri tetangga ini menawarkan kemudahan dan kesenangan wisata belanja. Banyak diskon yang ditawarkan pada bulan-bulan tertentu.
Reading Time:

Monday, 9 October 2017

Lactacyd Baby Menjaga Kesehatan Kulit Anak Sejak Dini
October 09, 2017 7 Comments


Assalamualaikum. Lactacyd Baby Menjaga Kesehatan Kulit Anak Sejak Dini. Anak-anak saya sudah memasuki masa remaja. Namun keduanya tentu saja mengalami masa anak-anak yang luar biasa. Namanya juga dua anak laki-laki, pasti aktifitas sehari-hari banyak di luar ruangan.

Karena saya dan suami memang senang mengajak mereka bermain di luar saat cuaca bersahabat. Misalnya berjalan-jalan mengelilingi komplek perumahan. Cukup menyisihkan waktu tiga puluh menit sudah bikin tubuh berkeringat.

Reading Time:

Friday, 6 October 2017

Cerita Pengalaman Pertama Melahirkan Secara Normal
October 06, 2017 16 Comments

www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Saya sharing Cerita Pengalaman Pertama Melahirkan Secara Normal nih teman-teman. Saya yakin setiap pasti banyak yang sudah sharing cerita pengalaman pertama melahirkan, secara normal terutama. Apa sih yang istimewa dari pengalaman saya?

Pengalaman pertama pasti sesuatu yang mendebarkan, bikin pusing, stres, grogi, dan seribu cerita lainnya. Setiap orang pasti punya ceritanya sendiri. Dan saya sih ingin menceritakan di blog ini, karena beberapa alasan.
Reading Time:

Tuesday, 3 October 2017

Menyesap Sedapnya Mangut Ndas Manyung di Semarang
October 03, 2017 12 Comments

www.hidayah-art.com

Assalamualaikum.  Kalian pernah Menyesap sedapnya Mangut Ndas Manyung di Kota Pesisir Semarang? Bagi sebagian orang, mungkin belum familiar dengan masakan Mangut Ndas Manyung.  Masakan yang disukai karena rasanya yang sedap dan pedasnya mantap.

Ndas adalah sebutan dalam bahasa Jawa, yang artinya kepala. Dan Manyung adalah salah satu jenis ikan yang paling favorit dijadikan ikan asap. Jadi Ndas Manyung adalah kuliner yang berasal dari kepala ikan Manyung. Kepala Manyung ini dibikin masakan Mangut. Masakan dengan kuah santan dan cabe yang pedasnya nendang.

Reading Time:

Sunday, 1 October 2017

 Menjadi Duta Zakat Untuk Pemberdayaan Umat
October 01, 2017 6 Comments
www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Menjadi Duta Zakat Untuk Pemberdayaan Umat. Sudah sejauh mana kah peran kalian di tengah masyarakat saat ini? Ketika ketimpangan sosial makin terlihat jaraknya. Mungkin sekarang lah waktu yang tepat untuk menjadi duta zakat untuk pemberdayaan umat. 

Duta Zakat atau bisa juga disebut relawan adalah setiap orang yang memberikan info pada masyarakat. Info atau ajakan pada masyarakat untuk menyetorkan zakat di badan amil zakat yang kompeten. Seperti di LAZISBA yang sejak tahun 2006 sudah hadir di kota Semarang.

Reading Time:

Wednesday, 27 September 2017

Liburan Gratis ke Labuan Bajo, Mau? Ikuti Kompetisi Menulis Via Weekend Escape!
September 27, 2017 15 Comments
www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Liburan Gratis ke Labuhan Bajo, mau? Yuks, Ikuti Kompetisi menulis insto weekend escape. Caranya gampang banget, tinggal tulis aja cerita liburan kamu saat weekend. Boleh liburan di kota mana aja. Boleh liburan bareng keluarga, sahabat, atau mantan kamu. *eh

Boleh dong, kalo si mantan sekarang udah jadi suami yang syah. Hahahaaa.

Yang penting liburan yang kalian setor untuk kompetisi merupakan pengalaman sendiri. Bukan pengalaman tetangga atau mantan. Eh mantan lagi mantan lagi. Bikin baper yak.
Reading Time:

Thursday, 21 September 2017

9 Apllikasi Favorit Yang Mendukung Aktifitas Blogging
September 21, 2017 17 Comments

www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Sembilan aplikasi yang paling mendukung di dunia blogging ini sangat bermanfaat. Beberapa aplikasi ada yang cuma uji coba. Atau saya gunakan selama beberapa bulan aja. Kayaknya umum juga digunakan oleh teman-teman blogger yang lain. 

Tapi sebagian besar aplikasi itu ada di gawai, sisanya tersimpan di laptop ASUS yang saya miliki. Sebenarnya saya masih ingin nambah aplikasi lagi di gawai. Tapi sayangnya memori penyimpanan udah full. Jadi saya harus nahan diri tiap kali ada aplikasi baru muncul. Apalagi kalo aplikasi itu sangat mendukung kinerja saya sebagai blogger. Gaya banget ini yak. Hahahaa.

Yang pasti sih dunia blogging udah menjerat hati saya. Salah satu alasan resign juga karena pengen sepenuh hati bisa beraktifitas di dunia blogging. Karena blogging adalah salah satu jalan saya bisa konsisten menulis. Dan saya pengen bisa terus konsisten menulis konten positif yang bisa bermanfaat untuk setiap pembaca.

Dari blogging pula saya telah menikmati hasil yang lumayan. Nggak bisa dinilai dengan materi semata. Yang penting apa yang saya terima selama ini selalu saya syukuri. Blogging juga menjadi rumah saya untuk bisa menambah teman dan menjalin silaturahim dunia maya. Blogging juga bikin saya belajar banyak hal baru yang semula sepertinya sulit untuk dilakukan. Blogging bikin saya belajar untuk makin kreatif. Tentunya sebatas kemampuan saya. Karena aslinya sih saya nggak mau ngoyo

Baca juga #ArisanBlogGandjelRel periode sebelumnya :


Trus itu bisa sampai 9 aplikasi yang dipakai untuk aktifitas blogging, apa nggak ngoyo? Hihihiii. 

Asliii, saya bersyukur baru menengal blogging ketika anak-anak udah mulai remaja. Bahkan blog saya ini yang   buatin si bungsu loh. Usianya waktu itu masih SD. Tapi bisa ngajari saya, emaknya yang gaptek banget saat itu. Mungkin beda cerita kalo anak-anak masih bayi dan saya harus grotal gratul belajar sendiri. Bisa aja saya jadi malas blogging. 

Nah, soal penggunaan aplikasi untuk blogging itu juga diajari kedua anak saya. Apa lah saya ini, emak yang masih gaptek kalo soal aplikasi. Beruntungnya saya karena mereka anak-anak yang soleh. Mau ngajari emaknya dengan sabar. Kalo saya suka loading pas belajar, biasanya sih diejekin.

"Katanya blogger senior, kok susah diajari gak bisa terus,"
"Kan senior di umuuur, dek,"

Ihh, anak-anak tuh ngekor bapaknya kalo soal ngeledekin saya. 

Oiya, artikel ini adalah persembahan untuk #ArisanBlogGandjelRel. Tema yang diminta pemenang arisan adalah Aplikasi Yang Mendukung Blogging. Pemenangnya adalah Rahma dan Nyi Penengah. Rahma, pemilik blog yang suka nulis puisi romantis. Blogger yang suka nulis tentang kuliner di kotanya juga sih. Nama blog nya sama dengan nama si pemilik. Yaitu Rahma_Mocca dengan tagline Dream, Write & Be Alive.

Kalo Nyi Penengah adalah pengantin baru nih, hihiii. (((Dibahas))) Pemilik blog Nyi Penengah Dewanti dengan tagline "Kepada jarak, aku teteskan kerinduan di atas langit". Blogger dan penulis novel yang udah lama malang melintang di jagad menulis, dan masih muda jugaaak. 


Jadiii, ini lah 9 aplikasi Favorit Yang Mendukung Aktifitas Blogging

1. Chrome

Aplikasi ini udah terpasang di gawai dan laptop saya. Saya akan membahas yang terpasang di gawai aja ya. Karena memang Chrome ini saya pakai untuk mengakses beberapa sosmed saya. Seperti Facebook, blog pribadi, blog yang memakai saya untuk menulis konten, juga untuk blog walking.

Saya memang nggak pasang aplikasi Facebook di gawai, karena alasan memori dan data internet yang terpakai bakal banyak. Malah kayaknya bentar lagi aplikasi Twitte di gawai bakal aku uninstall juga. Pengen login Twitte via Google Chrome juga nih. Ntar deh kalo butuh memori untuk aplikasi baru.

2. Instagram

Kalo aplikasi Instagram bakal setia di gawai. Karena saat ini saya malah lebih suka akses Instagram dari pada sosmed lainnya. Stalking akun milik seleb Instagram, pemilik tukang jualan, dan baking itu kayak candu. Saya betah banget seharian buka Instagram. Makanya gawai kadang heng, hahahaaa. Sungguh terlaluuuu.

3. Twitter

Aplikasi Twitter penting banget bagi blogger. Apalagi kalo sering ikut event yang meminta blogger menjadi influencer juga. Bakal keriting nih jari jemari bikin cuitan. Kalo aplikasi ini saya suka stalking pemilik akun inspiratif. Saya suka dengan quote yang sering dicuitkan mereka.

4. Whats App

Eh ini jadi aplikasi wajib untuk semua orang deh. Nggak hanya yang sibuk blogging. Tapi juga keluarga, teman alumni, tetangga, bahkan wali murid. Semua wajib pasang aplikasi ini di gawai masing-masing.

Apalagi untuk blogger ya. Sekarang bahkan kerjaan untuk review pun melalui grup WA. Jadi bisa buka tutup grup karena nggak mau ketinggalan info job. 

5. SHAREit

Nah, ini salah satu aplikasi yang dikenalkan anak-anak pada saya. Waktu itu saya susah banget mau transfer foto dari gawai ke laptop. USB nya udah bener, tapi foto nggak bisa terbaca.

Akhirnya si bungsu yang menyarankan pakai aplikasi SHAREit. Jadi mesti install dulu di gawai sama laptop. 

Saya terbantu banget sejak pakai aplikasi ini. Transfer foto jadi lebih cepat, tinggal klik logo gambar SHAREit di gawai dan laptop. Trus pilih kirim, pilih foto mana aja yang mau dipindahkan.

www.hidayah-art.com

Saya senang karena prosesnya mudah, cepat, dan praktis. Trus bisa pilih langsung foto yang bagus dan sisanya dihapus dari gawai. Lumayan kan, gawai nggak perlu menyimpan foto yang udah dipakai untuk pendukung artikel.

6. Email

Semua orang pasti punya akun di email. Cuma banyak juga yang nggak pasang aplikasinya. Rata-rata yang nggak pasang aplikasi adalah pemilik akun Facebook yang sekedar untuk having fun. Bukan seperti blogger yang punya akun FB untuk share link blog, hihiii.

Nah, saya menganggap penting pasang aplikasi email di gawai karena untuk mempermudah cek email masuk. Apalagi sejak menyematkan alamat email di tampilan blog untuk menjemput rejeki. 

Jaman masih lugu, saya sering melewatkan tawaran job yang masuk di email. Dulu saya emang punya dua akun email, satunya lagi adalah Yahoo. Makanya sekarang fokus satu email aja di gmail. Biar ngga ada email masuk yang terlewatkan.

7. Youtube

Akun youtube saya masih cindil banget. Subsribe juga baru bilangan belasan. Karena saya sendiri masih belum fokus bikin konten untuk youtube. Paling kalo pengen aja. Padahal bikin youtube udah sejak beberapa tahun lalu. Untuk bikin thriller lomba menulis yang diadakan salah satu penerbit.

Makanya aplikasi Youtube ini udah terpasang lama sejak di gawai yang pertama saya miliki. Dan masih anteng juga di gawai yang sekarang.

Biasanya saya menggunakan aplikasi ini untuk share link ke blog. Terutama yang memang membutuhkan konten ini untuk pendukung artikel.

8. Photoshop

Aplikasi ini hanya saya pasang di laptop. Pertama pakai dikenalin si sulung. Waktu itu saya menjadi salah seorang kontributor website wisata. Dan ada aturan fotonya mesti dikompre dulu dalam size kecil. Maksimal ukuran 100kb.

www.hidayah-art.com

Ternyata aturan ukuran foto ini memang penting banget sih. Karena kalo pengunjung blog ingin membuka website kita, ntar loading lama jadi malas kan. Dan itu salah satunya karena ukuran foto yang terlalu besar.

Saya sampai sekarang masih terus belajar tentang photoshop. Banyak banget item di Photoshop. Dan anak-anak udah sibuk dengan kegiatan kuliah dan sekolah, jadi jarang bisa nemeni saya belajar.

www.hidayah-art.com

Aplikasi ini sebenarnya asik banget untuk infografis yang sederhana. Karena saya bisanya juga yang biasa aja. Tapi saya pernah memenangi dua lomba blog yang infografisnya saya bikin dengan Photoshop. 

Ini contoh foto hasil Photoshop yang belum secanggih master blogger.

www.hidayah-art.com

9. Kine Master

Nah, ini mainan baru yang kadang bikin gemes. Karena saya belajarnya banyakan otodidaknya. Dulu diajari sama salah seorang pegawai Blue Bird. Bahkan aplikasinya juga dapat dari beliau dengan Shareit dari gawainya.

Tapi saya lebih menyukai aplikasi Kine Master dibanding yang lainnya. Di samping lebih mudah dipelajari, juga karena nggak ada titel Kine Master di videonya. Padahal ini masih gratisan, hihii.

______________

Nah, itu lah kesembilan aplikasi favorit yang memudahkan saya blogging. Saya sih nggak muluk-muluk menjadi blogger. Bisa tetap menulis artikel yang bermanfaat dan menampilkan nilai positif udah senang. Soal materi yang bisa diperoleh dari blogging itu adalah rejeki yang mengikuti aktifitas ini. Semoga makin sukses dari blogging ya. Wassalamualaikum.
Reading Time:

Tuesday, 19 September 2017

Menemukan Surga Liburan di Jakarta Tanpa Menguras Dompet
September 19, 2017 17 Comments

www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Menemukan Surga Liburan di Jakarta Tanpa Menguras Dompet, sepertinya mustahil ya. Karena kota metropolitan ini terkenal dengan biaya hidup yang tinggi. Belum lagi polusi dan kemacetan lalu lintas yang bikin bete. Kayaknya bukan tempat favorit untuk liburan.

Namun saya dari dulu pengen banget bisa liburan di Jakarta bareng keluarga. Karena pengalaman liburan di Jakarta waktu masih lajang meninggalkan kesan mendalam.

Reading Time:

Monday, 18 September 2017

Netizen Ngobrol Asyik Bareng MPR Tentang Empat Pilar
September 18, 2017 14 Comments


www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Netizen Ngobrol Asyik Bareng MPR Tentang Empat Pilar Sebagai anak bangsa, udah tahu kan apa itu Empat Pilar? Dari sekolah dasar hingga jadi anak kampus, udah sering lah mendengar guru atau dosen membahas tentang Empat Pilar. 

Tapiii, kalo kalian masih belum tahu apa itu Empat Pilar, jangan berhenti baca ya. Saya akan sharing tentang Empat Pilar. Topik yang kemarin hari Sabtu menjadi tema Netizen Ngobrol Bareng MPR RI di hotel Grandhika Semarang.

Reading Time:

Saturday, 16 September 2017

Review Film : American Made, Barry Seal si Kurir Yang Fenomenal
September 16, 2017 6 Comments

www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Akhirnya saya bisa juga nulis Review Film : American Made, Barry Seal si Kurir Fenomenal. Nontonnya udah seminggu juga, baru sempat nulis. Hihiii, banyak alasan pastinya. Banyak acara keluarga, dolan dan bantuin keluarga yang mau mbesan. 

Nah, nontonnya sendiri aja udah drama. Film American Made udah lama ngider kan trailer nya di layar TV. Suami yang suka dengan akting Tom Cruise -dan selalu nonton semua filmnya- udah menandai film ini. Pokoknya begitu tayang di bioskop harus langsung nonton. 
Reading Time:

Wednesday, 13 September 2017

Menjelajahi Surga Belanja Kebutuhan Rumah di Pantes Gallery Semarang
September 13, 2017 8 Comments


Assalamualaikum. Saya senang Menjelajahi Surga Belanja Kebutuhan Rumah di Pantes Gallery. Setelah menempati rumah selama lebih dari enam tahun, mulai lah permasalahan kecil muncul. Kran shower kamar mandi yang udah nggak lancar airnya, hingga kran washbak di dapur yang tiba-tiba rusak.

Karena saya butuh beberapa barang untuk perbaikan kecil di rumah, saatnya jalan-jalan ke toko nih. Tapi toko yang ingin saya kunjungi mesti nyaman untuk belanja. Saya hapal banget tempat belanja kebutuhan rumah di kota Semarang. Daerah Agus Salim dan Pekojan merupakan pusat pertokoan yang menyediakan berbagai perlengkapan rumah.

Reading Time:

Wednesday, 6 September 2017

Kunjungan Lapangan Tematik di Puskesmas Sidorejo Kidul dan DUVER di Salatiga
September 06, 2017 9 Comments


www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Kunlaptik di Puskesmas Sidorejo Kidul dan Dunia Reservoir pada hari kedua menjadi kegiatan seru dan menyenangkan. Setelah hari pertama duduk di dalam ruangan, meski diselingi senam dan game seru. Hari kedua ini kami, #BloggerKesehatan akan mengikuti serangkaian kegiatan kunjungan di lapangan yang pasti lebih seru dan menyenangkan.

Pagi pukul 6.36 saya harus sudah berangkat menuju Hotel Santika Premier. Tahu sendiri deh kalo sekarang lalu lintas kota tercinta selalu macet pada saat jam sibuk. Jelang berangkat sekolah dan ke tempat kerja itu pasti macet. Meski untuk jam biasa dari tempat tinggal saya menuju hotel juga paling nggak lebih dari 15 menit udah nyampai. 

Reading Time:

Monday, 4 September 2017

Blogger Dukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat
September 04, 2017 8 Comments

www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Blogger Dukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Bahagia banget ketika saya mendapat undangan Temu Blogger Kesehatan yang direncanakan pada tanggal 28 Agustus 2017. Dengan tema "Mari Hidup Sehat dengan GERMAS". 

Saya merasa bahagia menjadi bagian dari Temu Blogger Kesehatan. Hadir dalam acara ini, layaknya sebagai pembawa berita bagi masyarakat. Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Bagian Hubungan Media dan Lembaga Kemenkes RI, Bapak Indra Rizon, SKM, M.Kes. 

"Media sosial saat ini dianggap penting dan bisa menyebar luaskan informasi kesehatan,"

Reading Time:

Sunday, 3 September 2017

Bijak Pasang Status di Media Sosial Tanpa Mengundang Kontroversi
September 03, 2017 10 Comments


www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Bijak Pasang Status di Media Sosial Tanpa Mengundang Kontroversi. Siapa yang setuju dengan judul ini? Meski kalo pun kalian nggak setuju juga nggak apa sih. Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda. Semestinya nggak bisa juga memaksakan keinginan kita pada pembaca. 

Saya juga meyakini semua perbuatan bakal ada akibatnya. Mau pilih bijak ataupun sembrono nulis status di media sosial, bakal kembali lagi pada diri masing-masing.

Reading Time:

Thursday, 31 August 2017

John Grisham dan Buku Karyanya Yang Selalu Jadi Bacaan Favorit
August 31, 2017 7 Comments

www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. John Grisham dan  Buku Karyanya Yang Selalu Jadi Bacaan Favorit. Adakah yang suka baca buku-buku Mr. Grisham? Suka banget sampai nungguin karya berikutnya terbit? Meski duit di dompet menipis, tapi selalu menyisihkan selembar warna merah untuk buku karya beliau?

Kayaknya banyak sih yang suka baca karya John Grisham. Dan perlu kalian tahu, awalnya saya lebih suka karya sastra. Terutama romance klasik dengan setting kehidupan bangsawan Inggris tahun 1700. 

Reading Time:

Thursday, 24 August 2017

5 Cara Alami Mencegah Insomnia
August 24, 2017 35 Comments

www.hidayah-art.com


Assalamualaikum. Ada 5 Cara Alami Mencegah Insomia. Cara alami tentunya lebih sehat dan tidak membahayakan tubuh kalian. Bayangkan peristiwa yang baru saja terjadi pada pasangan suami istri Tora Sudiro dan Mike Amalia. Gara-gara ingin tidur tanpa gangguan, mereka mengonsumsi obat terlarang. Dan akibatnya mereka pun kena masalah dengan pihak berwenang.

Mengapa mereka harus mengonsumsi zat adiktif? Alasannya adalah karena pekerjaan mereka mengharuskan istirahat yang cukup. Sementara mereka cukup sering mengalami insomnia. 
Reading Time:

Sunday, 20 August 2017

Bisnis Pengadaan Oleh-Oleh dan Perlengkapan Haji Serta Umroh
August 20, 2017 9 Comments

www.hidayah-art.com
Photo by sandalsponmurah

Assalamualaikum. Bisnis Pengadaan Oleh-Oleh dan Perlengkapan Haji Serta Umroh. Dulu waktu resign, saya udah punya bayangan, pengen memulai usaha sendiri di rumah. Cuma waktu itu saya masih belum yakin, jenis usaha apa yang bisa dilakukan di rumah. Banyak sih maunya, ada beberapa gambaran usaha. Namun ternyata hingga sekarang tak ada satu pun yang terwujud.

Terbiasa memiliki pemasukan materi tiap bulan, bikin saya enggak mau nganggur di rumah. Anak-anak juga udah besar, ketemunya sore atau malam sepulang dari sekolah dan kampus. Jadi saya memang banyak nganggurnya sepanjang pagi hingga sore hari. Namun saya bersyukur memiliki kegiatan nulis yang bisa menghasilkan uang.

Reading Time:

Friday, 18 August 2017

Software Pencatatan Keuangan Yang Praktis dari Seventhsoft
August 18, 2017 21 Comments

www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Software Pencatatan Keuangan Yang Praktis dari Seventhsoft. Bisnis apa aja pasti butuh pencatatan keuangan yang detil. Usaha kecil pun juga butuh pencatatan yang tertib. Apapun jenis usahanya kalo ingin berkembang dengan baik mesti ada pencatatan yang tertib.

Pencatatan usaha nggak cuma uang masuk dan keluar. Namun juga barang masuk, barang keluar, stok barang yang ada di gudang, atau bisa aja barang retur karena rusak. Kalo pengusaha tidak memiliki pencatatan yang tertib, dia nggak mungkin dengan cepat bisa mengetahui kondisi barang terkini. Bahkan dia nggak bisa tahu seberapa besarnya, kondisi keuangan usahanya. 
Reading Time:

Thursday, 17 August 2017

Liburan Impian Bareng Keluarga di Pulau Lombok
August 17, 2017 21 Comments

www.hidayah-art.com

Assalamualaikum Sahabat. Liburan Impian Bareng Keluarga di Pulau Lombok? Hmmm, udah lama sih sebenarnya pengen ke Pulau Lombok. Pulau yang memiliki segudang keindahan. Surganya pantai cantik, tempat wisata alam dengan air terjun yang tak kalah eksotisnya. Lombok juga sangat dikenal dengan wisata belanja kain tenun di Desa Sade. 

Karena banyak menjanjikan kecantikan alam dan budaya, saya menganggap wisata bareng keluarga ke Lombok itu wajib hukumnya. Meski hingga detik ini kami sekeluarga belum bisa mengunjunginya. Namun liburan impian ini masih saya rawat, agar kelak suatu hari terwujud. Mumpung summer holiday masih berlangsung hingga September nih, cocok kan untuk liburan?!
Reading Time:

Monday, 14 August 2017

Dua Rasa Delapan Cerita di Lot 28 di Semarang
August 14, 2017 23 Comments


www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Ada Dua Rasa Delapan Cerita di Lot 28. Cafe anyar yang lokasinya ada di tengah kota dan gampang aksesnya. Bangunan cafe yang memiliki desain Hipster and Scandinavia ini, banyak menyajikan mural pada dindingnya. Ada dua ruangan di Lot 28 dengan desain yang sama menariknya.

Saya hadir dalam soft opening cafe tanggal 3 Agustus, dan merasa penasaran. Kalo melihat tampilan fasad Lot 28 emang kece sih. Lokasi cafe berada di lantai 1. Bagian basement untuk tempat parkir kendaraan pengunjung. Nah ini yang asik, saya dan keluarga suka males kalo mau makan aja susah nyari tempat parkir. Tapi jangan cemas, Lot 28 memanjakan pengunjung yang ingin makan tanpa pusing mencari parkir untuk mobil kesayangan.

Reading Time:

Thursday, 10 August 2017

Kebaya Favorit Dari Masa ke Masa
August 10, 2017 27 Comments

www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Apakah kalian punya Kebaya Favorit Dari Masa ke Masa? Terutama kalo kalian sering menghadiri acara formal yang butuh tampil rapi dan bosan pakai gaun. Tentunya pilihan pertama adalah mengenakan kebaya. 

Entah mengapa saya merasa berbeda bila mengenakan kebaya. Dalam bayangan saya, kalo udah pakai kebaya seperti putri keraton. Hahaha. Itu lah sebabnya saya selalu bersedia kalo diminta pakai kebaya. Bahkan dari SD juga saya udah beberapa kali pakai kebaya. Saat peringatan Hari Kartini, Karnaval 17 Agustus tingkat kelurahan, atau karnaval dalam rangka milad sekolah.

Reading Time:

Friday, 4 August 2017

Kisah Cinta Artis Film Dan Pemilik Toko Buku
August 04, 2017 13 Comments


www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Ada Kisah Cinta Artis Film Dan Pemilik Toko Buku yang film nya sering banget saya tonton. Sedari nonton pertama kali, saya udah tertarik dengan jalinan asmara yang begitu lucu dan sederhana dari dua orang yang berasal dari dua dunia berbeda.

Film diawali dengan suasana kota London di kawasan Notting Hill. Aura kawasan yang memikat hati untuk melangkahkan kaki. Menjejakkan kenangan dengan menatap bangunan tua yang antik dan menarik. Dengan teras pada masing-masing bangunan yang dihias sesuai selera para pemilik rumah. 

Reading Time:

Monday, 31 July 2017

Semarang Thal Cake Menjadi Oleh-Oleh Favorit Masa Kini
July 31, 2017 18 Comments

www.hidayah-art.com

Assalamualaikum. Semarang Thal Cake Menjadi Oleh-Oleh Favorit Masa Kini yang langsung menjura. Iya nih, langsung menjura ketika hari pertama aja udah langsung ludes diserbu pembeli. Bahkan ada loh pembeli yang rela antri dari jam 2 dini hari. Salut saya sama pembeli ini, nungguin sambil dzikir kali ya. 

Ketika melihat beberapa foto kuenya artis di berbagai sosial media, saya sempat envy. Kapan nih Semarang punya kuenya artis kayak di beberapa kota lain? 

Ternyataaaah, saya dicolek di Instagram dan diajakin hadir saat pre-launching Semarang Thal Cake. Yuhuuuiiii, saya bakal datang nih. 

Reading Time: