Tips Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 15 Mei 2019

Tips Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa

Tips Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa


Assalamaualaikum Sahabat. Puasa memasuki hari ke 10, masih semangat kan ya. Kayaknya juga baru kemarin masuk hari pertama, eh nggak terasa udah hari ke 10. Gimana puasa selama sepuluh hari ini, adakah masalah dengan bau mulut? Saya punya tips menghilangkan bau mulut saat puasa.

Kadang saat bulan ramadhan seperti ini, saya tetap aja aktif dengan event blogger. Ada sih perasaan sungkan kalo berbicara dengan lawan bicara. Apakah bau mulut saya mengganggu komunikasi di antara kami?

Langsung deh megang mulut, meniup-niup dan hmmm... Semoga enggak bikin polusi udara saat sedang ngomong deh.

Nah, naaah ... saya pun ingat pernah ngobrol bareng adik ipar, seorang dokter gigi yang juga orthodentist, yaitu Drg. Ani Subekti, KGA. Dan di samping menjadi dosen di bidang keperawatan gigi, juga menjadi dokter praktek di salah satu rumah sakit swasta di Semarang.

Silahkan baca : Pasang Behel Gigi Yang Aman

Sebenarnya gampang kok menghilangkan bau mulut saat puasa. Meski puasa itu artinya tidak mengonsumsi makanan dan minuman. Yang efeknya menyebabkan rongga mulut tidak melakukan kegiatan mengunyah. Dan akibatnya produktivitas air liur jadi berkurang.

Nah, berikut ini tips menghilangkan bau mulut saat puasa :


- Perbanyak air putih

Menghilangkan Bau Mulut
Picture by Pexels
Salah satu caranya dengan memperbanyak konsumsi air putih. Di samping menyehatkan, air putih ternyata juga sanggup untuk meningkatkan produksi air liur di dalam mulut. Lancarnya produksi air liur pun bisa membantu mulut agar tetap bersih sepanjang hari.

Jadi saat berbuka dan sahur, perbanyak lah konsumsi air putih. Hindari minuman warna, seperti teh, kopi, minuman yang mengandung soda, dan lainnya. Cuma memang pembagian waktu mengonsumsi air putih sehingga kebutuhan tubuh tetap terpenuhi.


- Sikat Gigi Yang Rutin


Picture by pexels
Jangan pernah malas untuk sikat gigi secara rutin, minimal dua kali sehari. Saat puasa itu paling bagus adalah menjelang tidur sehabis shalat tarwih dan menjelang imsyak.

Karena puasa bukan berarti kalian tidak boleh sikat gigi. Yang penting kan diingat, airnya jangan ditelan, wkwkwk.


- Bersihkan Juga Lidah Kalian

Udah tahu kan kalo lidah itu bentuknya seperti ada serat atau rongga. Saat mengonsumsi makanan, selalu ada sisa-sisa bahan makanan yang tertinggal di lidah. Jadi saat sikat gigi, jangan lupa membersihkan lidah juga.

Drg. Ani Subekti KGA (Pedodonti) menjelaskan bahwa sisa kotoran dari makanan yang tertinggal di lidah, bikin mulut beraroma tak sedap. Bahkan dibandingkan dengan sisa kotoran yang menempel di gigi. 

Jadi ketika kalian sikat gigi, jangan lupa bersihkan juga lidah dengan menggunakan bagian belakang sikat gigi.


- Konsultasi ke Dokter Gigi


Nah, mungkin salah satu solusi yang terbaik adalah konsultasi ke dokter gigi. Karena kalian enggak tahu, penyebab bau mulut saat puasa ini sebenarnya memang udah terjadi sebelumnya atau bukan. 

Bisa saja karena ada karang gigi yang harus dibersihkan. Dan itu hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Perawatan rutin secara berkala tiap 6 bulan sekali memang penting ya. Karena jadi tahu juga penyebab ada kerusakan gigi atau penyebab lain dari bau mulut yang mengganggu.


- Hindari Makanan Penyebab Bau Mulut

Tahu dong ya makanan itu ada juga yang menyebabkan bau mulut jadi beraroma nggak sedap. Seperti jengkol, petai, buah duren, makanan yang mengandung gas, biasanya meninggalkan aroma khas. 

Selama bulan puasa bisa dong tinggalkan dulu makanan yang meninggalkan aroma khas ini. Kalo pun kalian sayang banget dengan makanan favorit ini, bisa sih melakukan pencegahan aroma mulut jadi tak sedap. Seperti cara di atas, rajin sikat gigi.

- Hindari Tidur Berlebihan Saat Puasa

Meski tidur adalah salah satu ibadah saat puasa dibanding ghibah gaje. Namun bukan berarti kalian bisa tidur seharian sob. 

Tahu nggak sih, ketika kalian tidur saat kondisi berpuasa, mulut menjadi kering dan kurang air. Saat mulut kering ini lah, bau tidak sedap akan mudah muncul. Jadi jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidur seharian ya bila nggak ingin muncul bau mulut tak sedap.

Jadi sederhana kan tips menghilangkan bau mulut saat puasa. Enggak susah juga melakukan semua hal di atas. Yang penting lakukan dengan niat ibadah, jadinya lancar deh.

Atau mungkin kalian punya tips lain menghilangkan bau mulut saat menjalani ibadah puasa? Sharing dong di kolom komentar. Berbagi hal positif itu merupakan ibadah yang akan menjadi tabungan amal di akhirat. Percaya deh! Wassalamualaikum.

19 komentar:

  1. Mantul banget ini Mbak Wati, tipsnya ^_^
    kalau tidur mulu bukannya aman, malah bisa bikin bau mulut yak hhehee
    Maacihh yah mbak ^_^

    BalasHapus
  2. Makasih ya tipsnya. Bener itu saya rajin sikat gigi dengan siwak, kadang kan di mulut terasa"tebal" tuh.. jadi berkumur sebelum ngaji.

    BalasHapus
  3. Pas sesudah makan sahur gosok gigi dan bersihkan lidah, benar tuh mba biar ga bau mulut hehehe

    BalasHapus
  4. Tipsnya makjleb!
    Aku sudah membuktikan sendiri, mba
    Alhamdullillah, dengan banyak minum air putih, sikat gigi 2 kali, sebelum tidur dan sesudah imsak, menyikat lidah, bye-bye deh bau mulut semerbak, bahahaha

    BalasHapus
  5. Wah makasih tipsnya mak, memang masalah utama saat berpuasa adalah bau mulut karena kita tidak mengkonsumsi makanan dalam waktu tertentu, karena itu saya usahakan minum air putih sesuai anjuran...next mau mencoba tips lainnya.

    BalasHapus
  6. Waduh gak boleh tidur berlebihan yah kak, aq jujur nih kalau malam begadang eh siangnya bxk tidur aku

    BalasHapus
  7. Kalau abis makan langsung berbaring dan tidur, itu juga bikin makanan di dalam perut membusuk dan menimbulkan gas yang bisa memperparah bau mulut. Lebih aman banyakin makan buah-buahan biar puasa makin lancar.

    BalasHapus
  8. Terima kasih tipsnya ya mba, suka cerewet ni sama anak-anak biar rajin sikat gigi..

    BalasHapus
  9. Masalah bau mulut ketika puasa memang menggangu yaa apalagi kalau yang pekerjaannya berbicara didepan orang banyak. Bisa coba tips2 ini nih.. makasih mba

    BalasHapus
  10. Banyak minum air putih memang salah satu yang mujarab untuk menghilangkan bau mulut, Mba Wati. Sama jaga makanan juga. Dan aku rindu makan sambal pete nih.. Saya belum berani makan petai di bulan puasa, hahaha

    BalasHapus
  11. Saat puasa saya juga kadang nggak PD kalau berbicara dengan orang lain, apalagi dalam jarak dekat.

    Tipsnya mudah ya, cuma kadang nggak tertib alias malas untuk melakukannya. Ini kalau saya lho ya...

    BalasHapus
  12. Minum air putih minimal 8 gelas sehari adalah koentji menghilangkan bau mulut, selain menyehatkan tentu saja :)

    BalasHapus
  13. Saya baru tau kalau tidur bisa menyebabkan bau mulut, baiknya memang harus lebih banyak melakukan aktifitas dan minum air putih yg cukup saat berbuka puasa dan sahur

    BalasHapus
  14. Salah satu cara menghilangkan bau mulut adalah dengan berkumur.
    hehee...kadang kalau sepaket sama sikat giginya suka rada males, jadi kumur-kumur aja kaya pas wudlu gitu...

    BalasHapus
  15. Saya juga menghindari banget makanan yang punya aroma tajam saat puasa,soalnya ga nyaman siangnya bikin badmood hehe.makaasih infonya semoga puasa kita lancar ya mba

    BalasHapus
  16. Aku nyikat lidah yang sering lupa. Sejauh ini bau mulut masih terkontrol dan tidur pun masih tahap wajar, bukan yg molor mulu. Ntar kerjaannya gimana coba kalau tidur terus

    BalasHapus
  17. jadi inget waktu minggu lalu buka sama sate pake bumbu kecap dengan irisan bamer mentah lalu mulutku bau saja ngerasa enek cium bau mulut sendiri wkwkwk ogah lagilah makan bamer mentah

    BalasHapus
  18. Bersihkan lidah ini kelihatan sepele dan sering dilewatin dari rutinitas gosok gigi ya.

    Pertama ngajarin anak-anak untuk bersihkan lidah juga agak susah, tapi alhamdulillah lama-lama mereka bisa terbiasa juga.

    BalasHapus
  19. Poin hindari makanan berbau bagi sy kadang sulit apalagi klo pete lagi murah hahaha .

    BalasHapus