Berbuka Puasa Bersama Teman di Jowo Deles Semarang - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Selasa, 28 Mei 2019

Berbuka Puasa Bersama Teman di Jowo Deles Semarang

Berbuka Puasa Bersama Teman di Jowo Deles Semarang

Berbuka Puasa bersama teman

Assalamualaikum Sahabat. Cerita ramadhan tahun ini layak diceritakan dan dibagikan di blog ini. Alhamdulillah setelah reuni akbar pada tahun 2017 lalu, teman-teman SMP saya dan suami berniat untuk mengadakan acara halal bihalal untuk satu angkatan. 

Udah tahu kan kalo saya dan suami itu teman satu kelas saat SMP? Ada banyak cerita yang pernah saya tuliskan di blog ini. 

Silahkan baca keseruan reuni akbar :


Kebetulan tahun ini nggak hanya halal bihalal untuk satu angkatan. Justru kelas saya yaitu 3B akan mengadakan acara juga. Temanya sih ketemu kangene, karena memang untuk kelas ini ada beberapa teman yang baru bertemu.

Nah, beberapa teman mengusulkan untuk bertemu sebelum acara temu kangen yang rencananya tanggal 9 Juni 2019. 

Akhirnya kami memilih tempat di resto Jowo Deles untuk buka puasa sekaligus membicarakan acara nanti.


Buka Puasa di Resto Jowo Deles

Alasan memilih resto ini karena pertemuan nantinya juga bakal diadakan di resto Jowo Deles ini. Jadi buka puasa kemarin sengaja untuk cek lokasi dan pesan menu.

Jowo Deles ini merupakan resto pemancingan yang letaknya strategis di tengah Kota Semarang. Tepatnya di jalan Kedungmundu no 83 Kota Semarang. 

Kalo belum hapal lokasinya, kadang suka kelewatan saat melintas di depannya. Karena memang papan namanya terletak di atas gerbang, jadi nggak terlihat. 


Berbuka Puasa bersama teman

Letak restonya adalah di atas tanah yang konturnya berbukit dan dengan tempat duduk yang tersebar. Ada di bagian depan dengan model ruangan indoor dan pendingin udara. Atau bisa juga memilih outdoor yang menghadap taman dan kolam pemancingan.

Nantinya kami pesan tempat makan yang indoor di lantai 2. Fasilitasnya ada pendingin udara dan kursi serta meja. Tinggal memilih model meja untuk temu kangen nanti. Mushola nya ada di lantai 1, terlihat dari belakang resto yang bentunya bulat. Terlihat di foto di bawah ini.




Makanan dan Cemilan di Resto Jowo Deles

Nah, ngomongin menu di sini dulu ya. Karena kemarin yang pesan menu itu teman laki-laki, jadi ternyata malah nggak pakai sayur. Pesannya itu ayam bakar, ayam goreng, ikan bakar, dan pepes ikan patin.

Oiya tiap orang yang pesan menu buka di sini, selalu disajikan kolak dan itu gratis. Waktu saya kesana itu makanan pembukanya kolak setup pisang. Sayangnya untuk lidah saya, kolaknya kemanisan. Jadi saya tambahkan air putih biar berkurang manisnya.



Sambil nungguin adzan maghrib, kami berbincang tentang acara temu kangen nanti. Sayang nih suami saya nggak ikut rapat kali ini. Karena dia masih kerja di Bogor dan baru tanggal 29 Mei balik ke Semarang.

Kemarin kebetulan saya datang awal sebelum teman-teman saya. Begitu cek menu yang udah dipesan dan disajikan di meja untuk reservasi, saya pun nambah pesanan. Belum ada cemilan untuk buka puasa, seperti mendoan misalnya. 

Sebelumnya teman saya udah japri, minta dipesankan mendoan. Bagaimana pun mendoan itu juwaraknya sih kata teman saya. Akhirnya saya pesankan mendoan dan bakwan, masing-masing 10 bijik.


Berbuka Puasa bersama teman

Sementara minumannya saya pesan jeruk dan teh panas. Kalo buka kan paling enak minum yang masih panas ya.

Karena udah beberapa kali makan di sini, saya udah hapal lah dengan rasanya. Sebenarnya untuk masakan ikan bakar lebih enak di pemancingan yang dekat kawasan pantai Marina.

Ayam goreng nya meski terlihat kering, tapi empuk waktu digigit. Saya kemarin sih nggak ngambil ayam goreng karena udah pernah makan waktu di sini dulu.



Saya pilih ayam bakar, menu favorit kala makan di mana pun. Asal ada menu ayam bakar pasti pilih yang ini, hehee. Rasanya gimana? Untuk bumbunya udah meresap dalam daging. Cuma kalo saya lebih suka bumbu yang pekat, kental gitu. Kalo di sini bumbunya ungkep kayak bacem.



Selain ayam bakar, saya juga nyicipi pepes patin yang udah terkenal lezat. Tiap ke Jowo Deles saya selalu pesan menu pepes patin yang bumbunya enak dan enggak pedas banget. 



Bumbunya tuh selain terlihat irisan tomat yang sengaja masih terasa, ada juga daun singkong. Enak sih daun singkongnya lembut. Ikan patinnya juga enak, nggak bau tanah. Kan ada ya yang bau tanah gitu jadi malas banget kan kalo mau nyoba.

Berbuka puasa di luar ginii emang nggak bisa berlama-lama. Apalagi kami masih harus tarawih, jadi cepet-cepet pulang. Yang penting udah beres urusan cek lokasi dan pesan menu untuk temu kangen kami nanti. Oh iya ini undangan untuk temu kangen nanti. Lucu ya design nya.


Teman-teman gimana, udah berbuka puasa dengan siapa aja selama bulan puasa ini? Saya udah buka puasa bareng teman-teman SMP dua kali. Dengan teman blogger ada tiga kali. Sementara dengan keluarga suami udah dua kali. Seru deh buka puasa bareng gini. Wassalamualaikum.

12 komentar:

  1. Setup pisangnya bikin ngilerrrr. Dah lama juga nggak bikin setup pisang. Sayangnya kalau bikin setup anggota keluarga ngga ada yang doyan :D

    BalasHapus
  2. Wah asik banget bisa reunian ya mbak, pasti ketawa terus ketemu teman lama dengan berbagai ceritanya. Kalau tempatnya sih oke dengan berbagai makanan endess euy..

    BalasHapus
  3. Silaturrahim memang paling indah ya mba, apalagi dilaksanakan dibulan baik, saatnya merajut kembali tali silaturrahmi yang sempat terputus seperti dengan teman SD, SMP, SMA dan kuliah.. momen bukber jadi momen temu kangen juga ya mba.. plus makan makan bersama... duh jadi kangen teman teman aku juga nih

    BalasHapus
  4. Buka puasa bareng memang selalu seru apalagi kalau judulnya reuni dgn teman2 lama. Makanannya juga keliatan enak2 disini

    BalasHapus
  5. Saya di rumah saja buka puasanya. Tahun ini full tidak ikut acara buka puasa bersama sama siapapun.
    Termasuk dengan santri mengaji di rumah pun tahun ini bukber bukber gitu kami tiadakan. Ingin fokus di rumah saja berpuasa dan berbukanya ☺️🙏

    BalasHapus
  6. Senang ya kalau masih bisa kumpul-kumpul, silaturahminya terjaga. Btw aku kalau bukber maunya tempat yang nyaman, dan tersedia sarana ibadah yang mumpuni supaya tetap bisa jaga sholat pada waktunya meski sedang happy-happy sama teman2. Btw Resto Jowo Ndeles ini sepertinya nyaman ya apalagi lengkap dengan tempat sholatnya yang unik.

    BalasHapus
  7. Jadi kak Wati sama suami temen satu SMP kah?
    Seru banget pasti...reuni begini saat bulan Ramadan.
    Terasa erat brotherhoodnya.

    BalasHapus
  8. Fokus pada kartu undangan yang mengingatkan saya pada kartu lebaran kala masih remaja, he he. Soalnya tahun kemarin kala dapat kartu undangan dari panitia reuni akbar alumni SMU saya, desainnya kaku dan biasa saja. Gak unik untuk dijadikan koleksi.
    Selamat reunian, ya. Lucu juga dengan suami ternyata satu SMP. Cinta monyet yang berakhir abadi ke pelaminan. Romantisnya.
    Restonya bagus, jadi penasaran juga dengan mendoannya. Ah, di Blubur Limbangan sini mah gak ada yang jual mendoan.

    BalasHapus
  9. Emang paling seneng tuh reuni smp or sma, ketemu temen jaman abege ngobrolin kisah kasih masa sekolah dulu , buka puasa jadi tak terasa deh :D

    BalasHapus
  10. Aku puasa kemarin gak ikut bukber sama teman2. Kalau udah berumur, beda kali ya Mbak. Kali aja candaannya udah beda. Kalau sekarang masih kekanak-kanakan. Btw, makanannya sedap betul nih

    BalasHapus
  11. Enaaak enaaak ya mba makanannya.. suka kalau tempatnya oke dan makanannya enaaaak kayak begini

    BalasHapus
  12. Duh menunya begitu menggoda. Sayang ga Ada yg pesan tumis kangkung dan sayur asem.
    Btw apa ada musholanya di resto Jowo Deles?

    BalasHapus