5 Tempat Makan Favorit Keluarga Doyan Plesir - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Monday, 26 November 2018

5 Tempat Makan Favorit Keluarga Doyan Plesir



Tempat Makan

Assalamualaikum Sahabat. Saya punya rekomendasi 5 Tempat Makan Favorit Keluarga Doyan Plesir.  Tempat makan favorit ini ada di Kota Semarang dan sekitarnya. Karena kami memang suka dolan plus kulineran yang dekat tanpa memandang waktu dan jarak, hihii. 

Oh iya, kenalan dulu ya dengan Keluarga Doyan Plesir. Saya sengaja bikin website baru dengan niche Traveling. Isinya seputar cerita perjalanan kami sekeluarga. Yaitu saya, suami, dan kedua anak kami. Sementara ini baru saya dan si sulung, Milzam yang udah menjadi kontributor web doyanplesir.com nih. Pengennya kami berempat menjadi kontributor semua, hahaa.


Kisah awal saya bikin Website Doyan Plesir

Sejak masih pacaran, saya dan suami suka dolan dan kulineran. Begitu menikah, dan punya anak bayi pun kami tetap aja dolan. Yang dekat-dekat aja sih, seputar Bandungan, Gedong Songo, atau Solo. 

Jadi meski anak-anak lahir dan masih bocil pun sudah sering kami ajakin dolan. Kota Jogja, Purwokerta, Tegal, Cirebon, hingga pulau Bali sudah pernah kami sambangi.

Sayangnya dahulu masih motret pakai kamera yang mesti dicetak. Jadi ketika kami kurang pinter nyimpan hasil cetak foto, ya udah hilang deh rekam jejak dolan kami.

Begitu sosial media booming, kesukaan keluarga saya kulineran berasa ada wadah untuk nyimpen foto, hihiii.

Nah, dari pada nanti hilang lagi kan jejak dolan dan kulineran kami sekeluarga, saya pun berinisiatif bikin web khusus dengan nama Keluarga Doyan Plesir. Belum banyak sih tulisannya, namun lumayan lah untuk nambah blog lagi.

Udah kelar kenalan ya, saatnya saya sharing 5 Tempat Makan Favorit Keluarga Doyan Plesir. Berikut ini kelima tempat makan dan reviewnya :

1. Istana Mie

Tempat makan ini lokasinya ada di mall dan menjadi favorit kami serumah. Kebetulan tiap nonton bioskop tuh bawannya dari rumah mau makan di mall. Pilihan suami tuh selalu jatuh pada Istana Mie.

Alasannya adalah tempat makan ini menunya komplit. Dari menu paket ayam serta lauk pelengkap, Mie spesial dari Istana Mie, Nasi Goreng favorit anak-anak, sampai masakan kuah khas chinese food.

Kalo ditanya udah berapa kali kami makan di Istana Mie? Duhh, nggak bisa jawab saking seringnya.

Untuk masakan yang selalu kami pesan adalah Kwetiaw spesial yang isinya komplit. Ada fillet ayam, udang, bakso, kekian, telur, selain kewtiaw sendiri tentunya. Rasa dan porsinya saya suka karena pas dengan lidah, nggak keasinan. Sejak ikut program diet, saya mengurangi konsumsi garam. Jadi kalo masakan terlalu banyak garamnya saya pasti merasakannya.

Tempat Makan di Semarang

Selain Kwetiaw Spesial, ada lagi nih yang selalu jadi menu favorit. Yaitu Fuyung Hai dengan kuah yang seger dan panas. Cocok deh digunakan untuk buka puasa saat sedang di mall. Fuyung Hai di Istana Mie ini telurnya banyak, dengan isian udang, kepiting, daun loncang, kacang kapri hijau, wortel, kubis, dan tepung.


Tempat Makan

Untuk harga semua makanan wajar lah dengan posisi resto di mall. Apalagi porsi menu juga ukuran gede. Bisa untuk makan berdua. Ini juga yang bikin kami suka mampir makan di Istana Mie tiap kali bingung nyari makan di mall. Selain harga ramah kantong, halal, pelayanannya juga cepat dan ramah.

2. Langit Senja, Salatiga

Sebenarnya kami baru sekali ini menikmati sajian di Kafe Langit Senja. Kafe yang menjadi bagian dari restoran Bumi Kayom dan terletak di Salatiga ini menawarkan menu yang yummy. 

Namun begitu, tegukan pertama minuman dan sesendok makanan yang disajikan, mampu membuat kami jatuh hati.

Tempat Makan Bumi Kayom

Pertama kali kami pesan minuman Mocktail Missouri, saya langsung suka dengan kesegarannya. Ada rasa masam, sepertinya ada perasan jeruk nipis dicampur dengan soda. Ada bubble yang bisa meletus ketika digigit.

Sajian makanan so far juga enak sih. Semua piring tempat menu makanan kami licin, hahaha.

Suami pesan Chicken Katsu Curry, yang isinya nasi, ayam masak kari, plus telur ceplok setengah matang. Saus karinya pas banget, bumbu rempahnya nggak terasa pekat.

Pesanan si bungsu adalah Spagheti Cicken Mozarella. Saya sempat menyicipinya, dan rasanya creamy. Pantas aja si bungsu makan sampai habis seluruh topingnya.

3. Warung Pecel Keong Bu Tun, Rawa Pening

Kuliner Pecel Keong rasanya udah dua kali saya tuliskan. Aslinya sih kulineran di Bu Tun ini jadi primadona bagi saya dan suami. Menuju lokasinya juga dekat dari rumah. Bisa lewat Ambarawa, ataupun Salatiga. 

Bisa dibaca review komplit dalam artikel berikut ini, ada juga map lokasi kalo bingung mesti lewat mana. Baca di sini ya :


Sering makan di Warung Bu Tun karena rasa pecel keong yang nggak bau amis. Keongnya diolah dengan dimasak tumis pedas. Jadi isinya tuh nasi pecel sayuran, ditambah tumisan keong, yang diguyur pakai sambel kacang. Kalo pengen tambah mie goreng, bisa juga minta sama pegawai Bu Tun yang melayani.


Pecel Keong
seporso gini cuma 10 ribu
Harganya seporsi 10 ribu, udah bikin kenyang. Rasa sambel pecelnya yang mantap, tapi nggak pedes banget, cocok buat semua pelanggan. Cuma sayangnya kalo kesini tuh jangan weekend atau hari libur nasional. Pengunjung pasti luber sampai menggunakan tempat balai desa yang ada di sebelahnya. 

Kalo kesini saat weekdays itu favorit banget. Saya bisa menikmati makan nasi pecel keong tanpa melirik calon pembeli yang berdiri di sebelah saya, hahaahaa. Nggak enak kan kalo sedang makan udah ditunggu pembeli lainnya. Tapi kadang saya cuek aja, nggak mau makan terburu-buru. Biar aja pegawai Bu Tun yang mencarikan tempat duduk buat mereka.


4. Rumah Makan Jejamuran, Jogja Yang Tak Pernah Terlupakan

Nah, ini juga salah satu tempat makan favorit untuk anak-anak saya. Saking seringnya ke Jogja, mereka selalu pesen minta makannya di Jejamuran. 

Meski terkenal sebagai tempat makan yang menyajikan masakan dari jamur, tapi ada juga bahan lainnya. Seperti Ayam Bakar, Tahu, dan Tempe goreng. Tapi rasa-rasanya kalo makan di Jejamuran nggak pesan menu jamur ya ada yang kurang lah.

Yang selalu kami pesan adalah Sate Jamur yang rasanya tak pernah berubah. Cuma sayangnya menurut saya, ngasih sambel kacangnya kurang banyak. 

Menu lainnya yang jadi andalan pesanan Keluarga Doyan Plesir adalah Tongseng Jamur, Risoles Jamur, Jamur Merang goreng tepung, Jarum Tiram Asam manis, Pepes Jamur Shitake. Selain menu jamur, kami suka Ayam Bakar di Jejamuran. Sambelnya tuh yang bikin saya tergoda, enakkk.





5. Resto Ichiban  Sushi


Tempat Makan

Nah, satu lagi tempat makan favorit keluarga kami kalo sedang di mall. Ichiban Sushi ini pilihan anak-anak sebenarnya. Karena mereka penyuka makanan ala Japanesse Food.

Tiap mau nonton bareng, meski nanti kami berempat terbagi dua rombongan pilih film yang tayang di bioskop. Mereka minta makan dulu di Ichiban Sushi.

Beberapa kali nyoba menu di Ichiban Sushi, anak-anak nggak hanya pesan menu utama. Tapi juga selalu minta cemilan sepeprti Sushi Roll, Bento Set, Salmon Roll, dan Unagi.



Soal harga untuk Japanesse food tergolong wajar lah. Dari harga 22 ribu sampai 86 ribu. Tapi yang harga sekitar 4o ribu ke atas itu bisa dinimati untuk tiga orang.

Okey, itu sih kelima tempat makan favorit keluarga Doyan Plesir. Sebenarnya masih banyak tempat makan favorit keluarga saya. Tapi karena saya mesti pilih yang paling favorit ya udah, nulis kelima tempat makan di atas aja. Kalian punya tempat makan favorit juga pasti kan? Yuk share juga dong. Siapa tahu saya terdampar di kota kalian, bisa jadi rekomendasi tempat makan keluarga saya. Wassalamualaikum.

35 comments:

  1. Aku sampai sekarang belum permah nyoba keong. Penasaran kadang tapi di jakarta emang susah nemunya

    ReplyDelete
  2. Aku pernah baca tulisanmu yg jejamuran itu.

    ReplyDelete
  3. Yang Jejamuran tosss... Langit Senja pengen nyobaa.. Yang keong pass ajaa hihi

    ReplyDelete
  4. Paling gawe ngiler yang keong pecel mba Hiday, aduhhh golek koyo ngono neng COmal nengdi ya wakakak

    ReplyDelete
  5. aku salfok sama pecel keong mba itu kayak tutut bukan yah?kalau disini itu tutut warna item2 gitu cuman makannya harus dikecrot kalau ini uda lepas cangkang ya berarti?pinisirin

    ReplyDelete
  6. Nomer 5 pingin ku cobaa nih hihi

    ReplyDelete
  7. Makan di Istana Mie berjuang keras buat habisin. Hehe

    ReplyDelete
  8. Aku malah nggak terlalu suka Istana Mi karena selalu rame. Haha. Pecel keong itu ngingetin masa2ku seneng turing antar kota.

    ReplyDelete
  9. Kalau ke Semarang aku gak pernah absen ke Istana Mie mbak, suka makan di sana

    ReplyDelete
  10. Jejamuran ini resto wajib yang harus dikunjungi kalau mau ke Jogja sekalian jalan hehhehe.. menunya enak-enak besok mampir ah pas akhir tahun ke resepsi sodara :D

    ReplyDelete
  11. Istana Mie di Mall mana ya, Mbak? Aku kok tergoda dengan pecel keong soalnya aku kan penggemar pecel dan sate keong.

    ReplyDelete
  12. Pecel keong memang jadi perhatian.
    Hahhaa~
    Secara keong yaa...

    Aku kadang-kadang suka juga tuuh...kaya teh Herva bilang, di Bandung mah...harus di isep sendiri. Dan jangan sampai kena buntutnya, biar gak kerasa pait.

    Enyaak pokona maah...

    ReplyDelete
  13. Aku jadi pingin nyobain yg di salatiga

    ReplyDelete
  14. Aku lg di Yogya nih mbak tapi kyknya gak sempet ke Jejamuran. Pengen jg sih kapan2 nyobain makan di sana.
    Ooo ternyata mbak punya dua blog, semangat mengisi konten2 traveling dan kulinerannya yaa

    ReplyDelete
  15. Penasaran yang keong deh mbaa..

    ReplyDelete
  16. Selamat ya blog anyarnya mba, keren...

    ReplyDelete
  17. Ahhh iciban suka ramen ramen hehehe

    ReplyDelete
  18. Selamat atas blog barunya ya mba ..Nah..post kali ini asli bikin mupeng byanget niih...

    ReplyDelete
  19. aduh, jadi laper nih. yg nomor lima ini sering saya kunjungi. haha, selain murah, makanannya bisa difoto2. udah gitu aku suka nyemilin ginggernya...kelakuan.

    ReplyDelete
  20. Suami dulu pernah cerita kalau dia pernah makan sate keong, saya nggak percaya, ternyata beneran ya keong bisa jadi menu masakan

    ReplyDelete
  21. Kaaan kaan jadi pengen sate keong kaan 😋😋

    ReplyDelete
  22. mak cleguk dadine... apalagi belum makan siang.

    kalau Istana Mie favoritku mie capcay :D

    btw barakallah ya Mba atas launching doyan plesirnya

    ReplyDelete
  23. Entah mengapa, langsung lapar liat photo2nya 😭
    Kalau di Makassar makanan andalan khas kami itu namanya Coto Makassar mba, udh pnh ke sini belum? 😊

    ReplyDelete
  24. Ku cuma tau ichibam sushi, tapi pecel keong kayaknya enak ya mba? Btw itu keong beneran? Penasaran sama rasa keong

    ReplyDelete
  25. Kwietiau juga makanan favorit kami sekeluarga.
    Kalau pas pesan aku suka minta tambah taugenya, biar greget! ^^
    Kalau ke Balikpapan, colek aku ya.
    Ntar aku ajak ke sana ^^

    ReplyDelete
  26. enak enak kabeh ig makanannya.. aku nek jalan2 ora adoh2 soale, kwkkwk

    ReplyDelete
  27. Itu mie-nya bikin lapar tengah malam ini.
    Mana lagi begadang ngerjain KHS, asik kalau sambil makan mie

    ReplyDelete
  28. Penasaran sama pecel keongnya. Belum pernah nemu masakan begitu di Jogja. Banyu biru tu di mana sih mba? Dekat semarang ya?

    ReplyDelete
  29. Dari 5 tempat makan yang diatas aku suka sama ichiban sushi hehe soale aku penggemar sushi ��

    ReplyDelete
  30. Ya Allah, pecel keong yang unik begitu menggoda. Duluuuu aku pernah ke jejamuran. Seru juga nih lihat olahan jamur dalam berbagai bentuk.

    ReplyDelete
  31. Warung pecel Mbak Tun, Rawa Pening. Tandain ah.. Wajib mampir ini kalau pengen ke Rawa Pening. Murah ya Mbak ternyata.

    ReplyDelete
  32. Mbak Wati aku pengen yang Pecel Keong. Rencananya mau keliling nih pakai jalur kereta Joglosemar itu lo. Jadinya mamu mapir semarang

    ReplyDelete
  33. Mbaaa... itu yang jejamuran aku sudah membuktikan sendiri. Mbokya mereka buka di Semarang yaaa... enak2 semua loh menunya. Sampai ke es jamurnya pun enak banget, pake jamur enoki kalau nggak salah.

    ReplyDelete
  34. Bisa aja ya kasih namanya Istana Mie. Pasti banyak banget deh variasi menu mienya.

    ReplyDelete
  35. Dari 5 tempat yg disebutin mb Wati, cuma 1 yg pernah kudatengin Istana Mie, hihi. Kwetiaw nya enak dan porsinya gede Kadang aku ngga habis loh makannya.

    ReplyDelete