Cara Menghilangkan Jerawat Bagi Kulit Berminyak - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 13 Mei 2019

Cara Menghilangkan Jerawat Bagi Kulit Berminyak

Cara Menghilangkan Jerawat Bagi Kulit Berminyak


Assalamualikum Sahabat. Ada nggak sih yang kulitnya berminyak dan hingga usia udah beranjak jauuuh dari sweet seventen tetap aja masih berjerawat? Abaikan ya kata-kata bilangan usia, hihiii. Setelah berpengalaman selama puluhan tahun menghadapi jerawat. Saya akhirnya punya jurus jitu cara menghilangkan jerawat bagi kulit berminyak.

Mau tahu, atau pengen tahu banget? Yuk baca sampai selesai ya. Semoga yang baca makin dilapangkan rejekinya, aamiin.   


Apa Kriteria Kulit Berminyak dan Kombinasi?


Sebelum ngomongin jerawat, yuk cari tahu dulu definisi kulit berminyak. Seseorang yang memiliki kulit berminyak, secara umum memiliki tekstur kulit yang lebh tebal. Dengan pori-pori yang mudah melebar, penampilan kulit kusam, kadang berminyak dan berkilau.

Widiwww, berkilau kalo logam mulia sih asik ya buat koleksi. Ini muka manusia gitu, mana asiknya?!

Ternyata itu semua disebabkan oleh sebum berlebih yang mendorong munculnya masalah kulit seperti komedo dan jerawat. 

Bagi pemilik kulit berminyak, seluruh muka bisa saja terjadi penyebab munculnya jerawat. 

Sementara untuk pemilik kulit kombinasi, zona T yaitu dahi, hidung, dan dagu yang berlebih memproduksi kelenjar minyak. Bagian wajah yang lain mungkin memiliki jenis kulit normal atau bisa saja cenderung kering.

Kulit kombinasi juga memiliki jenis kulit yang tidak seimbang dan rentan terhadap munculnya jerawat. 


Apa Penyebab Jerawat Muncul di Kulit Muka?

Jerawat adalah kondisi kulit normal di mana ada radang kulit kelenjar minyak yang terinfeksi oleh bakteri. Jerawat bisa menjadi masalah pada kulit berminyak yang biasanya muncul di wajah, leher, punggung, dan bahu.
Ada beberapa lotion dan obat-obatan yang tersedia di pasar untuk mengobati jerawat tetapi mungkin mengandung beberapa bahan kimia berbahaya. 


Ada beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk menuntaskan masalah jerawat pada kulit. Berikut cara untuk menghilangkan jerawat di kulit secara alami:

1. Lidah Buaya


Salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat adalah lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan Polifenol yang mampu menghilangkan jerawat secara menyeluruh. Tentunya dengan catatan jika digunakan secara teratur. Caranya, ambil gel yang terdapat di dalam lidah buaya, kemudian gunakan seperti masker. Diamkan selama 20 - 30 menit setelah itu bilas wajah dengan air bersih.

2. Putih Telur

Sejak lama putih telur sudah dijadikan sebagai bahan alami untuk masker wajah. Ternyata ada kandungan enzim lysonzim yang mampu digunakan juga untuk menyembuhkan jerawat. 

Caranya dnegan memisahkan putih telur dari kuningnya. Kemudian tambahkan perasan air jeruk lemon. Aduk perlahan dan oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit agar meresap ke dalam kulit. Kemudian bilas dengan air bersih.

3. Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat sulfur yang dipercaya mampu menghilangkan jerawat. Caranya dengan memotong beberapa bagian 1 siung bawang putih. Tempelkan potongan bawang putih itu pada jerawat di wajah. Tunggu selama kurang lebih 15 menit, kemudian bersihkan dengan air.

4. Mentimun

Cara menghilangkan jerawat
Pict by Healthdetik
Mentimun memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu mentimun juga memiliki kandungan vitamin dan asam amino di dalamnya. Nah, kandungan tersebut dapat digunakan sebagai penghilang jerawat secara alami. Kamu cukup gunakan masker mentimun pada kulit berjerawat secara teratur. 

Caranya dengan memarut daging mentimun, hilangkan bijinya. Kemudian oleskan secara merata pada kulit yang berjerawat. Biarkan 20 menit agar meresap. Kemudian bilas dengan air bersih.
 

5. Air Lemon

Lemon memiliki kandungan asam yang ampuh untuk menghilangkan jerawat. Bahkan lemon udah terkenal untuk menghilangkan bekas jerawat juga. 

Cara menghilangkan jerawat

Cara menggunakannya, peras 1 buah lemon. Kemudian airnya bisa langsung dioleskan pada muka yang berjerawat. Tunggu 10 - 15 menit agar meresap, kemudian bilas dengan air bersih.


6. Madu

Cara menghilangkan jerawat
Pict. Kompas
Sejak dahulu madu sudah dikenal sebagai bahan peratawatan kulit secara alami. Kandungan madu dianggap mampu mengatasi masalah kulit, termasuk jerawat. Kamu bisa menggunakan madu sebagai masker untuk menghilangkan jerawat secara alami. Gunakan setiap hari dengan mengoleskannya pada jerawat. Tunggu selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

7. Tomat

Cara menghilangkan jerawat
Pict. Healthdetik
Tomat mengandung vitamin A dan C yang dapat menghilangkan jerawat secara alami. Caranya, ambil 1 buah tomat kemudian potong menjadi 2 bagian. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 - 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

8. Pepaya


Kandungan enzim papain yang terdapat di dalam buah pepaya ternyata mampu mengangkat sel kulit mati penyebab wajah berjerawat. Anda bisa menggunakan buah ini sebagai masker alami penghilang jerawat di kulit.

9. Daun Binahong

Daun ini memiliki kandungan anti inflamasi yang bisa menyembuhkan kulit yang meradang karena jerawat batu. Caranya dengan mengambil tiga lembar daun binahong. Kemudian tumbuh kasar, dan oleskan pada jerawat. Diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air.

Itu lah kesembilan cara menghilangkan jerawat dengan cara alami bagi kulit berminyak. Lakukan langkah yang saya tulis itu dengan teratur setiap hari. Niscaya jerawat pun akan sembuh. Wassalamualaikum.

13 komentar:

  1. Mba...aku penasaran.. Saat diobati dg lemon..apakah tidak perih? Hihi..maju mundur mo nyoba nih..

    BalasHapus
  2. Mantap bgt nih Bu Wati punya banyak resep soal kecantikan.

    BalasHapus
  3. aku banget tuh yang punya kulit berminyak jadi gampang banget berjerawat, tapi seperti harus coba tips dari mbak wati ini, deh

    BalasHapus
  4. Aku kalo mo mens mesti jerawatan, ntar nyobain ah cara alami. Tfs mbak

    BalasHapus
  5. Aku pernah coba pake putih telur, tapi kurang telaten. Beberapa kali nyoba terus berhenti, jadi hasilnya gak maksimal.

    BalasHapus
  6. Pernah mengalami masa-masa bertempur sama minyak di muka, memang nyebelin dan suka buat jerawat, jadi sering treatment pakai lemon, putih telur, dan mentimun. Rajin maskeran juga sih

    BalasHapus
  7. Wah kalau pakai air lemon dan bawang berasa perihnya ya mba..membayangkannya sudah ngilu hihi ternyata bisa buat jerawatan ya

    BalasHapus
  8. Jadi reminderku ni jarang maskeran, lihat bahannya jadi pengen maskeran hihi..ternyata banyak bahan alami memberantas jerawat ya, aku kadang masih perang lawan jerawat bandel ni

    BalasHapus
  9. Bisa sambil rajang2 terus ditemplokkan ya mba bawangnya nih kalau pas jerawatan. Bahan2 yang ada di rumah ternyata bisa banget untuk menghilangkan jerawat.

    BalasHapus
  10. Waah pas putih telurku banyak nih sisa bikin nastar sama kastengel kemaren. Jadi pgn coba pakai putih telur beneran bisa ilangin jerawat ngga.

    BalasHapus
  11. Daun binahong itu yg merambat bukan, Mba? Yg warna daunnya ijo ada merah2nya itu kan ya. Baru tau bisa buat jerawat juga

    BalasHapus
  12. Ternyata bahan-bahan itu ada di sekitar kita ya? Aku pengen nanem kek tabulapot gitu, sekalian jadi apotek hidup di rumah

    BalasHapus
  13. Dulu waktu jerawatan parah,sampai bingung gimana cara ngilanginnya. Oalah ternyata bahannya didapat ga jauh2 dari dapur sendiri.

    BalasHapus