Promosi Usaha Online Dengan Website Hosting - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 27 Mei 2019

Promosi Usaha Online Dengan Website Hosting

Promosi Usaha Online Dengan Website Hosting 

Hosting Indonesia

Assalamualaikum Sahabat. Dunia digital saat ini telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. Sehingga banyak pengusaha yang jeli menangkap atensi masyarakat dengan membuat website bisnis. Hal ini bertujuan untuk mempromosikan usaha online yang dimilikinya. Dengan website hosting, pebisnis beranggapan bisa menjangkau market yang lebih luas.

Saat ini udah hal biasa seorang pengusaha menjadikan website sebagai ajang promosi yang paling efektif. Website telah menjadi kebutuhan dan prioritas bagi perusahaan untuk mengembangkan usahanya.

Apa sih Website Hosting?
Web Hosting adalah layanan penyimpanan data digital berupa teks, gambar atau video suatu website. Data website tersebut disimpan di server Hosting yang selalu aktif 24 jam dan terhubung oleh internet sehingga website dapat diakses secara online.

Website Hosting Untuk Media Promosi Pemasaran

Ketika masyarakat pengguna internet terus meningkat, banyak perusahaan dan pengusaha melirik website. Nggak hanya berfungsi sebagai media informasi. Website saat ini telah menjadi media untuk mendekatkan perusahaan dengan customer. 

Dan sebagai media pemasaran, website tentu punya peran yang sangat penting. Karena itu website sudah selayaknya disetting dengan lebih profesional. Dari template atau desain website, konten yang menjadi media informasi, hingga tampilan foto pendukung.

Namun mengajak pengunjung menuju website itu juga butuh kemampuan berpromosi. Jadi ada dua PR, yaitu mempromosikan produk di website bisnis dan promosi website itu sendiri agar terbaca oleh Google. Kalo website nya berkualifikasi bagus, Google akan menempatkannya di halaman pertama. 

Dengan penempatan website di halaman Google, makin membuka kesempatan menjadi pilihan pertama pengunjung untuk mampir di web.

Di sini lah peran desain website menjadi penentu, apakah pengunjung bisa tertarik untuk membuka lebih banyak halaman berikutnya di dalam website.

Urusan mempromosikan website akan saya tulis dalam artikel berikutnya. Kali ini saya ingin mengulas tentang bagaimana website hosting bisa menjadi media promosi usaha online suatu perusahaan.

Berikut pentingnya promosi usaha online dengan keberadaan website :

1. Meningkatkan Kredibilitas Usaha Kecil

Saat ini masyarakat lebih menyukai belanja online dibanding mendatangi toko offline. Ada banyak alasan bagaimana mereka begitu loyal belanja online di salah satu online shop atau beberapa. Kadang ada banyak yang menjadi member online shop sebagai pembanding harga, kualitas, dan kemudahan berbelanja.

Kredibilitas usaha apapun yang kalian miliki, membutuhkan desain website yang berkualitas. Untuk memiliki website dengan kualitas bagus, bisa meminta bantuan profesional yang ahli di bidang desain. Dengan menampilkan produk yang dijual di website, calon konsumen akan lebih percaya. Tentunya pengusaha nggak ingin dong kalo calon konsumen ini lari ke perusahan kompetitor.

2. Memudahkan komunikasi dengan pelanggan

Website mempermudah komunikasi dengan para pelanggan. Pengusaha, terutama UMKM bisa dengan cepat memperbarui informasi produk di etalase toko online. Bisa menyediakan fasilitas bantuan seperti customer servise yang siap 24 jam menjawab keingintahuan pelanggan.

Bisa mempromosikan program diskon, produk baru, bonus untuk pembelian produk tertentu, dan lainnya. Yang pasti website memudahkan pengusaha untuk melayani pelanggan selama 24 jam.

3. Menjangkau calon konsumen lebih luas

Nah, yang perlu kalian ketahui, website dengan hosting Indonesia yang bagus, bsia mempromosikan produk dengan jangkauan yang lebih luas. Promosi yang lebih luas dengan produk yang bisa dikenalkan pada pasar global hingga ke penjuru dunia. 

Peningkatan omzet bisa terwujud dengan pemasaran yang cerdas dari website yang berkualitas bagus.

4. Menjadi Etalase Sebuah Bisnis

Dengan memiliki website, pengusaha bisa menampilkan seluruh foto produknya tanpa batas. Pengusaha juga bisa membuat laman khusus seperti testimoni tentang tingkat kepuasan pelanggan. 

Yang pasti tampilkan portofolio perusahaan di website, agar calon konsumen dan pelanggan bisa melihat secara jelas profil usaha kalian.

5. Hemat biaya promosi

Dengan memiliki website, perusahaan tidak membutuhkan biaya iklan yang tinggi di surat kabar. Dunia digital memungkinkan pengusaha berkesempatan menggunakan website menjadi media promosi yang efektif dan biaya lebih hemat.

Hosting Indonesia

Jangan pikirkan biaya membuat dan membangun website. Karena itu sudah termasuk biaya operasional sebuah bisnis yang kalian miliki. Apalagi biaya membuat website hosting juga tergolong murah dibandingkan memasang iklan di surat kabar. 

6. Mudah Diakses Pelanggan

Salah satu keuntungan pengusaha memiliki website adalah kemudahan bagi pelanggan atau konsumen untuk berkunjung dan melihat tampilan produk. Kemudahan akses bagi pelanggan ini yang menjadikan website primadona pemasaran di era dunia digital.

Masyarakat sekarang lebih menyukai belanja secara online karena kemudahan untuk akses melihat produk yang diincarnya. Cukup dengan modal smartphone, mereka bisa leluasa mengecek produk. Mulai dari deskripsi, kelebihan, kekurangan produk dibanding kompetitor. 

Nah, sudah siapkah kalian membangun website hosting yang berkualitas? Sehingga mengundang calon pelangga berlama-lama di website yang menjadi branding usaha kalian? Dan pada akhirnya bermuara untuk menjadi pelanggan setia yang selalu menanti produk baru tampil di etalase toko online kalian. 


Tentunya butuh website dengan kualitas yang bagus dan pemilihan website hosting yang kredibel. Apabila masih bingung, bisa meluncur langsung ke website QWords untuk menentukan nama website bisnis kalian. Wassalamualaikum.

Sumber Materi :
- www.webhostmu.com
- QWords

19 komentar:

  1. Beberapa waktu lalu, saya dan suami sempat membahas tentang ini. Pengen bikin web sendiri untuk toko online yang udah kami jalani sekian tahun. Ya mudah-mudahan aja bisa terlaksana

    BalasHapus
  2. saya punya pengalaman lucu deh soal domain sama hosting awal awal ngeblog beneran clueless banget apa sihh beda keduanya, baru baru ini baru betulan paham, ya ampun gabeng banget saya dulu

    BalasHapus
  3. Memang sebaiknya kalau punya usaha online bikin website-nya ya. Bikinnya juga yg pakai hosting. Jaman sekarang kan orang2 lebih mudah nyari di internet daripada dekat rumah. :D

    BalasHapus
  4. Dengan beragam manfaat ini, memang sudah selayaknya para pengusaha baik besar maupun kecil mempunyai website sendiri ya mba..

    BalasHapus
  5. Sekarang kalau mau buat usaha jadi lebih mudah ya tinggal usaha online aja terua untuk masalah iklan juga kalau pakai ini tidak memerlukan biaya yang cukup besar dibandingkan biaya iklan di surat kabar.

    BalasHapus
  6. Usaha di dunia maya alias online memang sangat mudah dan mampu menjangkau jenis pembeli dari berbagai tempat. Dan asiknya, barang yang dipromosikan gratis tanpa gerai yang harus dibayar setiap bulan. Saya juga pengen usaha online nih mbak hehe.

    BalasHapus
  7. Pada tahun 2014, seorang teman masa SMP pere minta bantuan saya untuk membantu mengurus situs niaganya. Dia baru merintis usaha jualan kerudung. Saya nyerah tak bisa bantu desain, kalau isi kalimat narasi tak masalah. Kala itu kami belum tahu jasa webhosting padahal dia barusan beli akun WP premium yang untuk bisnis. Semoga tulisan ini bisa membantu para pebisnis yang bingung ingin mengembangkan pasar.

    BalasHapus
  8. nah setuju banget sama poin-poin diatas, sekarang online shop juga mulai banyak yang punya website sendiri. Aku malah seneng sih belanja via website drpd dari market place yang kadang suka bingung pilih toko mana yang real foto sendiri atau nyomot dari orang.

    BalasHapus
  9. PIlih web hosting selain yang bisa dipercaya juga servernya gak gampang down ya mbak, repot kan kalau gak bisa diakses usahanya bisa terhambat

    BalasHapus
  10. Wqh iya setuju tentang ini aku pun pernah menulis ttg ini

    BalasHapus
  11. Bagus ya mbak langganan web hosting untuk yang mau jualan online. Saya pernah punya yang gratisan tapi gak bertahan lama. Mati karena ga diurus.

    BalasHapus
  12. Memang jaman sekarang web termasuk pemasaran yang cukup efektif setelah sosial media ya. platform web itu jauh lebih mudah diakses untuk calon customer. aku sendiri berharap bisa segera punya web untukbisnisku sendiri.

    BalasHapus
  13. Iya...kalau web nya cepat, informatif dan gak bertele-tele, pasti senang banget belanja melalui website.
    Tapi apakah akan berbeda antara web pribadi dan bisnis dalam biaya berlangganan wes?

    BalasHapus
  14. Dulu waktu masih jualan online aku jg punya website jualan mbak. Soalnya kalau ada website tu lumayan jg utk seo di pencarian gugel. Udah gtu kalau ada web rasanya kyk lbh terpercaya gtu

    BalasHapus
  15. Iya nih jaman sekarang punya usaha kayaknya lebih kompeten kalau ada webnya. Pasti akan nangkring di halaman google ketika orang searching berdasarkan kata kunci. Beda dengan medsos ya yang kadang enggak nyantol ketika dicari di google.

    BalasHapus
  16. Penting ini Mbak
    Saya sudah pakai dan senang karena bisnis makin meluas jangkauannya.

    Semoga pebisnis lain memanfaatkannya. Apalagi Unlimited

    BalasHapus
  17. sudah lama sebenernya pingin punya web untuk bisnis baju muslimku tapi aku ragu2 karena belum mendapat manfaatnya. nice share mba, thanks yaa

    BalasHapus
  18. Memakai self hosting untuk berjua;an menjadi sebuah nilai yang tinggi untuk usaha online juga ya, mbak:)
    karena terlihat lebih terpercaya dan modern juga :)

    BalasHapus
  19. Aq kalau belanja online pun biasanya ceki-ceki webnya dlu. Rasanya lebih mantep gitu kalau ada webnya.

    BalasHapus