Desember 2020 - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Sabtu, 19 Desember 2020

OPPO F7 Punya Dukungan AI Terbaik untuk Expert Selfie
Desember 19, 2020 14 Comments


Assalamualaikum sobat. Akhir tahun ini udah punya resolusi apa aja untuk tahun depan? Punya sofa Bean empuk, rak multifungsi untuk dapur, atau mungkin smartphone baru? Saya punya info penting buat kamu pecinta Selfi tentang smartphone kece yang satu ini.


Smartphone ini pastinya sangat ditunggu-tunggu bagi kamu yang punya hobi berat selfie. Tawaran kamera depannya mempunyai kemampuan 25 MP, pastinya akan menjadi selfie tidak hanya sekedar selfie biasa. Oleh karena itu OPPO F7 diklaim menjadi smartphone expert selfie.


Ditambah lagi dengan adanya kecerdasan buatan atau AI yang mampu mengolah gambar menjadi lebih artistik sesuai dengan keinginan. Dengan pilihan konfigurasi RAM 4GB/64GB dan 6GB/128GB pastinya menjadikan hp ini benar-benar menjadi pilihan di 2020 ini. Nah, apa saja keistimewaan dari ponsel expert selfie ini?


Desain Elegan

Desain yang ditampilkan dari OPPO F7 ini begitu elegan dengan bahan yang terbuat dari material plastik berlapis glossy yang berkilau seperti cermin. Detail finishingnya menjadi standar terbaru yang membuat produsen lain mau tidak mau mengikutinya.


Ada dua varian yang ditawarkan, yaitu solar red, dan moonlight silver. Dipadukan dengan kilau yang begitu mengkilap seperti berlian membuat hp ini semakin terlihat mewah. Bahkan sama halnya berlian, bodinya mampu merefleksikan warna yang berbeda dari sudut pandang tertentu.


Dengan material seperti itu, tidak heran jika bobotnya sangat ringan, sekitar 158 gram saja. Untuk dimensinya juga pas digenggaman, yaitu 156 x 75 mm. Untuk sensor sidik jari ditempatkan di bagian belakang, dilengkapi dengan tombol standar OPPO.


Super Full Screen

Layar dari seri lanjutan F5 ini memiliki rasio 19:9 dengan notch yang sedang populer. Besarnya layar 6,23 inci dan sangat pas untuk bermain game. Apalagi terdapat fitur khusus game yang bisa menonaktifkan semua notifikasi saat bermain mobile game.

Picture by gizmologi

Resolusi layar adalah FHD+ super full screen dengan rasio 89.09% dari bodi. Dengan resolusi yang mencapai 2280 x 1080 menjadikan hp ini salah satu yang tertinggi di kelasnya.


Sebagai game yang juga ditujukan untuk para gamers, ada fitur app in app yang membuat kamu bisa tetap meneruskan permainan meski ada panggilan telepon. Selain itu, juga fitur multitasking yang bisa berpindah aplikasi tanpa menutup aplikasi lain yang sedang berjalan.


Fitur Pendukung Expert Selfie

Kamera 25 MP yang digunakan untuk selfie memiliki fungsi HDR yang spesial. Dengan gangguan cahaya seperti di bawah sinar matahari atau bagian belakang yang terlalu terang, tetap bisa menghasilkan gambar yang jelas, warna, kontras, dan detail yang pas.



Dukungan AI beauty 2.0 inilah yang membuat hasil selfie semakin istimewa. AI ini mampu mengenali obyek foto wajah, dan mampu membedakan karakter wajah laki-laki maupun perempuan. Hasil foto akan tetap menarik, meski kamu berada dalam satu grup foto.


AI yang digunakan mampu melakukan pemindaian titik wajah sebanyak 296 titik. Ditambah lagi referensi database untuk berbagai make up artis, sehingga membuat wajah hasil selfie semakin terlihat memikat.


Tidak hanya itu, AI yang ditanamkan dalam sistem OPPO F7 ini juga mampu mempelajari kebiasaan para pengguna. AI akan menyesuaikan kebiasaan tersebut, mengolahnya, dan mengaplikasikannya dalam pengambilan foto selanjutnya. Sehingga kualitas foto selfie kamu akan semakin meningkat.

Fitur pendukung selfie lain berupa cover shot mampu menyesuaikan latar belakang. Terjadi pengolahan pada latar dengan meningkatkan kontras warna yang sesuai dengan pakaian. Sehingga kamu bisa berfoto layaknya cover majalah.


OPPO F7 ini memang layak menjadi hp pilihan para generasi milenial yang selalu aktif. Terutama bagi kamu yang aktif di media sosial yang selalu ingin tampil menawan di setiap postingan.


Huhuuu, jadi mupeng ganti smartphone kece ini, sob. Apalagi harganya juga nggak mahal-mahal banget. Saya udah intip di market place, tahun baru hape baru nih. Gimana dengan kamu, mau kembaran, sob? Wassalamu'alaikum.

Reading Time:

Sabtu, 05 Desember 2020

Mengapa Buah Pir Selalu Mengiringi Langkah Sehatku?
Desember 05, 2020 36 Comments




Assalamualaikum Sobat. Adakah yang tahu kalo tanggal 5 Desember 2020 diperingati sebagai WORLD PEAR DAY 2020? Dari info yang saya baca Hari Pear Sedunia selalu dirayakan pada puncak musim buah pir. Waktunya tuh biasanya selama awal bulan Desember.

Tapiii ... perayaan World Pear Day ini biasanya dimulai selama akhir pekan pertama Bulan Desember. Tujuan perayaan ini tentu saja untuk mempromosikan semua jenis buah pir yang lezat ini ke seluruh dunia. 


Sobat yang pernah makan buah pir tentu tahu kalo buah ini rasanya manis dan berair. Namun apakah sobat tahu kalo buah ini telah ada sejak 5.000 SM?


Jadi buah pir ini terkenal berumur panjang nilai simpannya. Karena itu, selain umur simpannya yang lama, manfaat juga banyak, pir menjadi komoditas yang sangat diinginkan di antara rute perdagangan dunia kuno. Nah, Amerika Serikat merupakan salah satu negara penghasil buah pir terbesar di dunia. Pir tersebar lebih di 24 negara termasuk Selandia Baru, Indonesia, India, Uni Emirat Arab, Meksiko, dan masih banyak negara lainnya.  


Bapak Kafi Kurnia dari Peka Consult dan founder Sembutopia mengajak masyarakat untuk peduli menjaga kesehatan dengan rajin makan buah, termasuk pir. Alasan beliau tentu saja supaya daya tahan tubuh masyarakt terjaga dengan baik.


Berikut ini penuturan Bapak Kafi :

“Pir memiliki tekstur yang lembut dan menyerupai mentega. Pir kaya akan serat makanan, Vitamin C, Vitamin K, tembaga, dan kalium. Buah pir dianggap sebagai salah satu makanan tersehat dan dapat menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kanker.” 


Nah, aku pengen cerita tentang buah pir. Sudah sejak tahun 1994 aku mulai mengenal buah yang satu ini. Sebelumnya sih udah tahu tapi belum ada keinginan untuk menyicipinya. Aku pikir buah pir itu kapes-kapes. Ah istilah Jawa sih ini. Artinya kayak berair tapi juga ada ampasnya, hahaha. Bahasa Jawa tuh susah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.


Namun ada satu kejadian yang bikin memaksaku untuk mengonsumsi pir. Mau tahu nggak apa sih alasan akhirnya aku jadi jatuh cinta banget dengan buah pir? Yuk silahkan dibaca :

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Tahu kah sobat kalo buah pir memiliki kandungan antioksidan yang tinggi seperti vitamin C dan tembaga?  Hal ini tentunya membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan yang berguna untuk melawan berbagai penyakit.


Seperti kondisi saat ini, pandemi yang masih belum jelas kapan bisa berakhir. Setiap warga diharap memiliki sitem imun tubuh yang bagus. Karena virus ini memang bisa dikalahkan dengan kondisi tubuh yang sehat dan imunitasnya terjaga.

Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil

Pengalaman tahun 1995 saat hamil dan menyusui si sulung dahulu, dokter menyarankan agar aku memperbanyak konsumsi buah pir. Menurut penuturan dokter kandungan yang merawatku, khasiat buah pir untuk ibu hamil itu bagus banget. Buah pir hijau atau pir kuning mengandung nutrisi yang sehat untuk ibu hamil, seperti serat, kalium, dan folat. 


Alasan dokter saat itu adalah aku mengalami kenaikan yang tinggi dari berat badan sebelum hamil. Ada sih sekitar 18 kg padahal baru masuk akhir trimester kedua. Gimana dong nanti kalo sampai trimester ketiga, bisa-bisa susah melahirkan. Jadi konsumsi nasi dikurangi, tapi protein tetap seperti biasa.  Daaan ... aku harus banyak makan buah terutama pir. 


Tahu dong kalo buah pir itu kaya serat, airnya banyak, jadi bisa jadi cemilan sehat untuk ibu hamil. Gampang kenyang kaaan?! Terlebih dengan mengonsumsi pir itu rutin selama hamil, bakal meringankan sembelit. Ibu hamil sering loh ngalami sembelit. Juga buah pir ini memiliki kandungan kalium yang manfaatnya adalah untuk kesehatan jantung dan merangsang regenerasi sel. Kandungan asam folat yang ada juga mendukung proses tumbuh kembang janin di dalam rahim ibu.


Aman untuk bayi

Konsumsi buah pir untuk bayi tak perlu diragukan keamanannya. Mengutip dari situs Firstcry Parenting, pir merupakan salah satu buah yang mudah dicerna. Jadi, tak ada masalah jika sobat ingin memberikannya pada si Kecil.

Kandungan vitamin dalam buah pir juga dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan bayi, sehingga tubuh bayi akan lebih kuat dalam menghadapi ancaman penyakit.

Bagus untuk asam lambung

Khasiat buah pir untuk asam lambung tak lepas dari nutrisi yang dimiliki. Jika dibandingkan dengan apel, pir memiliki kadar pektin lebih tinggi. Kandungan buah pir tersebut membuatnya sangat berguna bagi penderita asam lambung.

Pektin adalah jenis serat larut yang dapat meningkatkan fungsi saluran pencernaan. Secara tidak langsung, ini akan memengaruhi kadar asam yang ada di lambung. Oleh karena bukan merupakan buah asam, pir sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Mempercepat detoksifikasi

Gerakan usus yang teratur dan adekuat sangat penting untuk ekskresi racun harian dalam empedu dan feses. Pir memiliki kandungan air yang tinggi dan dapat membantu menjaga feses tetap lembut dan mendorong sistem pencernaan untuk mengeluarkan racun.

Penelitian yang dimuat salah satu lembaga pada tahun 2015 tentang manfaat kesehatan pir menunjukkan bahwa pir memiliki efek pencahar yang berasal dari kandungan serat dan fruktosa yang tinggi.

Menurunkan risiko kanker

Kandungan serat yang tinggi dalam pir dapat mengikat sel-sel karsinogenik penyebab kanker. Kandungan antosianin dan asam sinamatnya dalam pir juga telah terbukti dapat melawan kanker.



Pir dapat menghilangkannya dan mencegah kanker usus besar. Selain itu, mengonsumsi buah pir setiap hari dapat mencegah kanker payudara hingga 34 persen pada wanita setelah menopause.

Manfaat buah pir untuk diet

Tak sedikit orang yang menggunakan buah pir untuk diet. Sebab, berbagai kandungan buah pir dipercaya dapat mendukung proses penurunan berat badan. Baik pir hijau atau pir kuning sama-sama memiliki serat yang tinggi, bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama.



Selain itu, kalori buah pir juga sangat rendah, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai menu diet. Menurut sebuah penelitian, wanita yang makan tiga buah pir dalam sehari bisa kehilangan lebih banyak berat badan daripada yang tidak mengonsumsinya.

Menurunkan risiko diabetes

Baik apel dan pir dianggap sangat membantu dalam mengurangi risiko diabetes karena jumlah seratnya yang tinggi, diketahui membantu menjaga kadar gula darah turun.



Nah sobat, itu lah manfaat buah pir yang udah mengiringi langkah sehatku selama nyaris 25 tahun mengonsumsinya. Meski enggak setiap hari, karena aku selingi dengan konsumsi buah Apel, Pepaya, Nanas, Melon, atau Anggur. Paling tidak dengan mengonsumsi buah-buahan ini sobat tidak akan lagi mengalami sembelit, atau gangguan kesehatan lainnya. Kesehatan itu mahal harganya. Namun kalo udah sakit lebih mahal lagi biaya pengobatannya. Jadi konsumsi buah itu penting, dan pilihan ada di tangan kalian. Wassalamualaikum.

#WorldPearDay #PearUpIndonesia #rajinmakanbuah #sembutopia #stayhealthy #USAPear
Reading Time: