December 2014 - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Tuesday, 30 December 2014

REVIEW BUKU : 101 CEO MUDA - YANG MUDA YANG PENGEN KAYA
December 30, 2014 16 Comments

Judul       : 101 YOUNG CEO 
Penerbit  : TIGA SERANGKAI
Jumlah Hal: 350
Penulis     : ILMAN AKBAR

Pertama baca buku ini saya langsung tertarik. Dikemas dalam kover yang cerah, merah. Mampu bikin pembaca penasaran. Apa sih isi buku ini? Apa iya hanya mengulas kisah perjalanan wira usahawan muda yang sukses aja? Atau ada juga kiat sukses agar berhasil seperti mereka? Simak yuk review saya...

Kisah sukses seseorang selalu menarik untuk ditulis. Nah, di sini lah si penulis mengangkat 101 tokoh pengusaha muda. 
Reading Time:

Monday, 22 December 2014

BERBAGI TIPS JAGA KESEHATAN SAAT HAJI/UMROH
December 22, 2014 11 Comments





Setelah mengalami sendiri manasik haji yang boleh dikata sebagian orang cukup berat, dan yang lain bilang, biasa aja. Saya jadi pengen berbagi pengalaman, bagaimana mengantisipasi agar pas beribadah bisa tetap bugar dan sehat.
Kebetulan banget pas tiba di Madinah, cuaca sangat terik. Dari pengukur suhu di dalam loby hotel tempat saya numpang tidur, terpantau 22o C. Kabar dari teve setempat, suhu udara di luar ruangan mencapai 53o C. Mangkanyeee...kerasa panasss pwooollll *lap keringat
Reading Time:
RAUDHAH, TAMAN SURGA DI DUNIA
December 22, 2014 11 Comments
Penyejuk udara di Masjid Nabawi menyusup ke kulit. Brrr...terasa dingin hingga membuat tubuh ini bergidik. Dalam hati saya bertanya, berapa daya energi listrik yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pendingin udara ya? Pasti besar sekali dan itu pemborosan kan namanya? Hehehe...  Eh, tapi, kali ini saya nggak akan ngomongin soal hemat listrik atau pemborosan.

Ini tentang sebuah tempat yang paling sering dikunjungi di Masjid Nabawi. Raudhah” yang artinya taman. 
Reading Time:

Sunday, 21 December 2014

AKU KAN SLALU MERINDUMU
December 21, 2014 2 Comments


Pagi datang selalu tiba-tiba. Meski aku tahu, subuh telah beranjak sejak tadi. Suara kesibukan pagi pun telah memerangkapku dalam nyanyian rutin.

Sepagi ini aku bahkan sudah menebar kesibukan yang selalu sama setiap hari. Akankah bosan menjeratku? Bisa saja. Andai tak hadir suara Makni yang sering mengingatkanku. Petuahnya tak pernah dengan kentara dinyanyikan. Hingga aku tak mungkin mengelak dari petitih yang santun.
Reading Time:

Monday, 15 December 2014

SEDEKAH,  ADA LAGI KAH?
December 15, 2014 14 Comments

     
Tas isi air zam-zam, kurma dan biscuit
  B
anyak cerita tentang sedekah di tanah arab. Kabarnya penduduk setempat sangat cinta sedekah.  Apalagi saat musim haji, pasti akan ada banyak orang yang membagi sedekah. Bisa dalam bentuk makanan, seperti kurma, jus buah, nasi plus ayam, kue dan biscuit. 

           
Saya dan teman satu regu segera berandai-andai bertemu dengan orang setempat yang rajin bersedekah. Orang Arab menyebut sedekah itu halalan. Artinya pemberian berupa makanan dan sejenisnya halal untuk kami miliki.
Reading Time:

Thursday, 11 December 2014

BANDUNGAN, DARI PASAR BUNGA HINGGA MAKANAN
December 11, 2014 14 Comments
Ada yang bilang, menetap di kota Semarang itu nggak asik. Tempat wisata cuma sedikit. Pantainya juga nggak seelok di Yogya, Jepara atau Bali. Aihhh...jangan gitu ah.

Semarang tuh juga menjadi destinasi wisata yang tak kalah dengan kota-kota lain di negeri ini. Wisata kuliner dengan tahu pong dan lumpia. Wisata gedung tua, seperti Lawang sewu dan Gereja Blendug. Tuh kaaaan, banyak pilihan <3
Reading Time:

Thursday, 4 December 2014

CANDI GEDONG SONGO, NEGERI DI ATAS AWAN
December 04, 2014 17 Comments


Candi ke 1 udah terlihat
 Halooo... ada yang senang mengunjungi situs candi? Ahaha.... saya dan keluarga paling senang jalan-jalan dan menatap relief atau susunan batu di beberapa situs candi. Mungkin karena impian saat lulus SMA ingin kuliah di fakultas Arkeolog tak tersalurkan, hehehe.

Tapi nggak cuma saya aja, karena anak-anak juga seneng banget mengunjungi situs candi. Kami beruntung tinggal di Jawa Tengah. Begitu banyak situs candi yang tersebar di wilayah propinsi ini. Sebagai warga Semarang, saya juga merasa beruntung karena ada situs candi yang letaknya lumayan dekat dengan tempat tinggal kami. Kalo pengen ke situs ini, kami bisa langsung berangkat meski mentari sudah berada tepat di atas kepala *tanning gratis
Reading Time:
PEDULI DENGAN TUMBUH KEMBANG ANAK
December 04, 2014 5 Comments


Ada orang tua yang bangga saat anaknya yang masih berusia empat tahun bisa membaca. Dan tak sedikit pula yang berharap cemas kala sang bocah berusia enam tahun belum bisa membaca lancar. Andai saja banyak orang tua yang mengerti, bahwa anak usia di bawah enam tahun belum saatnya mengenal baca tulis. Hingga tak perlu melakukan tindakan memaksa anak berlatih membaca sampai pintar seperti teman sebayanya.

Di sisi lain, banyak sekolah dasar yang mengharuskan setiap calon muridnya bisa membaca dan menulis. Bahkan kemampuan baca dan tulis menjadi syarat mutlak saat seleksi penerimaan murid baru. Hal ini lah yang makin membuat banyak orang tua mengikutkan anak-anaknya les baca dan tulis.
Reading Time:
BIJAK MENGHITUNG PAJAK
December 04, 2014 4 Comments
sini
foto diambil dari Sini


Bila musim hujan tiba, banjir pun datang. Ujung-ujungnya jalan pun berlubang. Nah, pemerintah biasanya bakal mendapat tudingan tidak becus mengurus perbaikan jalan. Sedangkan pihak pemerintah juga memiliki anggaran yang sudah terencana tiap tahunnya.

Anggaran yang sudah dialokasikan ini diperoleh dari berbagai pendapatan. Salah satunya adalah penerimaan pajak. Sedangkan bagi masyarakat, membayar pajak ibarat beban yang mesti ditanggung. Padahal bila kesadaran membayar pajak kurang, dari mana pemerintah mendapat pemasukan untuk memenuhi anggaran belanja?
Reading Time:

Tuesday, 2 December 2014

MELANGKAH LAH DENGAN PELAN
December 02, 2014 3 Comments
Usia 3 bulan udah jjs ke Bandungan
Anandaku Milzam,
Setiap kali ibu menatap foto masa kecilmu, haru dan bangga begitu bergayut di hati ini. Kamu pasti tak ingat dengan kejadian senin pagi itu. Saat ibu tengah menyiapkan sarapan untuk kita semua. Engkau berjalan dengan langkah bergegas. Kebiasaan yang tak mampu ibu ubah.  Saat senang-senangnya bisa berjalan, engkau lakukan dengan langkah cepat. Dan, kaki mungilmu pun saling beradu. Tangismu langsung pecah.
Reading Time:
JEMARI YANG TAK KENAL LELAH
December 02, 2014 9 Comments
Boleh dibilang saat masih remaja, saya kurang dekat dengan ibu. Meski kami tak pernah bertengkar seperti hubungan beberapa teman saya dengan ibunya. Namun hubungan saya dan ibu juga tak seperti layaknya anak perempuan dengan ibunya.

Justru saya sangat dekat dengan bapak. Mungkin karena sejak kecil, bapak selalu membangun komunikasi yang insentif. Kalau mengajak jalan-jalan di taman atau kebun binatang, pasti akan banyak percakapan dua arah. Bapak juga senang mengajari anak-anaknya menyanyikan lagu berbahasa Inggris.
Reading Time: