Resep Opor Ayam Kampung Untuk Lebaran - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 10 Mei 2019

Resep Opor Ayam Kampung Untuk Lebaran

Resep Opor Ayam Kampung Untuk Lebaran


Resep Opor Ayam Kampung

Assalamualaikum Sahabat. Opor Ayam Kampung tentunya udah jadi masakan yang selalu hadir tiap lebaran. Meski nggak ada juga keharusan tidak menghidangkannya di luar hari raya. Namun lebaran selalu terasa spesial dengan hadirnya sajian opor ayam kampung. Nah, saya akan tuliskan resep opor ayam kampung untuk sahabat.

Sebelumnya saya akan bercerita tentang tradisi menyajikan opor ayam terutama di Jawa Tengah, tempat kelahiran saya.

Opor ayam menurut wikipedia merupakan sajian dari daerah Jawa Tengah dan bagian barat Jawa timur. Bahannya adalah santan dan ayam. 

Masakan ini konon katanya diperkenalkan oleh salah seorang sunan dari Walisongo. Opor ayam merupakan masakan yang memiliki makna. Terbuat dari santan yang maknanya adalah mengarah pada kata dari bahasa Jawa yaitu santen. Kata ini juga dianalogikan dengan kata pangapunten yang maknanya adalah meminta maaf.

Udah tradisi di Indonesia setiap usai shalat Idul Fitri, akan saling berkunjung ke rumah tetangga atau kerabat yang dituakan untuk saling meminta maaf. Dan biasanya di rumah-rumah ini ada sajian opor ayam yang dinikmati bersama usai bersalaman.

Opor ayam tentunya ada teman makannya, yaitu ketupat dan sambel goreng. Makna ketupat nanti akan saya kupas dalam artikel berikutnya, sahabat.

Karena kali ini saya ingin menuliskan resep opor ayam kampung yang sering saya bikin di rumah. Jadi nggak harus lebaran sih, karena di lingkungan rumah saya juga banyak warung makan yang selalu menyajikan opor ayam bagi pelanggannya.


Resep opor ayam kampung 

Bahan bahan :

  • Bahan utama tentu saja daging ayam kampung dengan berat kurang lebih 1 kg. Potong ayam menjadi 10 atau 12 kemudian cuci dengan air mengalir
  • Serai diambil batangnya kurang lebih 2 pcs kemudian memarkan
  • Daun jeruk 7 lembar, karena saya suka dengan daun jeruk yang banyak
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 5 lembar
  • Santan saya kurang suka kalo kental, jadi ambil aja dari perasan kelapa parut 1 butir dan dijadikan kurang lebih sebanyak 600 ml
  • Air bersih kurang lebih sebanyak 1 liter.

Bumbu Opor Ayam Kampung :

  • Bawang putih  5 siung
  • Bawang merah 11 buah
  • Jinten sedikit
  • Kemiri kurang lebih sebanyak 9 butir
  • Ketumbar kurang lebih sebanyak 2 sendok teh
  • Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 1 ruas jari
  • Lengkuas dua ruas jari
  • Kunyit kurang lebih sebanyak 1 ruas jari 
  • Merica kalau suka kurang lebih sebanyak 1 sendok teh
  • Gula pasir secukupnya sesuai selera.
  • Garam dapur secukupnya
  • Minyak sedikit untuk menumis

Langkah Cara Membuatnya :

  1. Pertama rebus air kemudian tunggu sampai mendidih.
  2. Masukkan potongan daging ayam kampung tadi kedalamnya lalu masak selama kurang lebih 3 sampai 4 menit dan angkat (untuk menghilangkan bau ayam).
  3. Cuci kembali daging ayam yang sudah direbus tadi dengan air mengalir kemudian tiriskan.
  4. Ambil panci lagi dan beri air secukupnya kemudian panaskan dengan api kecil.
  5. Masukkan potongan daging ayamnya tadi kemudian rebus dengan api kecil tadi sampai air kaldu ayam keluar. Saya biasanya merebus kurang lebih 45 menit dengan api kecil.
  6. Uleg dan haluskan bawang merah, bawang putih,lengkuas dan bumbu opor ayam lainnya sampai halus.
  7. Siapkan wajan dengan minyak kurang lebih 3 sendok makan. Kemudian tumis dan masukkan bumbu tadi bersama dengan salam dan sereh lalu aduk aduk sampai wangi dan harum.
  8. Setelah ayamnya agak empuk dan hampir matang, masukkan bumbu yang ditumis tadi kedalamnya kemudian aduk sebentar dan tutup kembali sampai empuk dagingnya.
  9. Tuang santan kentalnya bersama dengan gula dan garam dapur sesuai kebutuhan kemudian aduk aduk sampai santannya mendidih.
  10. Tes rasa dan sajikan bersama pelengkapnya, yaitu ketupat dan sambel goreng.
Resep Opor Ayam Kampung


Yeaayy, alhamdulillah opor ayam udah siap disajikan. 


Resep Opor Ayam Kampung

Kalo tidak ada ketupat karena belum musim, saya suka pakai lontong. Pilih lontong yang empuk karena biasanya tidak menggunakan bahan untuk mengenyalkan lontong.

Opor ayam kampung pun siap dinikmati bersama lontong atau ketupat dan sambel goreng.


Resep Opor Ayam Kampung


Enggak usah ninggu lebaran baru bikin ya, besok juga bisa langsung masak untuk keluarga tersayang. Sahabat udah masak apa hari ini? Sharing yuk. Wassalamualaikum.

23 komentar:

  1. ya Allah pengen banget bisa pinter masak juga kayak mbak wati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Dian, sekarang resep masakan apa aja digelar di google, bisa nyontek di sana. Aku pun nyontek kalo lupa dan nanti tinggal dimodif aja sesuai selera

      Hapus
  2. Meski tidak wajib, di keluarga kami juga opor ayam dan ketupat jadi hidangan yang selalu ada. Sudah jadi tradisi mungkin ya, hehehe.
    Tapi kami tidak menggunakan ayam kampung. Alot kata anak anak. Jadi ya daging ayam pasar saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal masaknya dengan api kecil dan cukup lama, nggak alot juga teh

      Hapus
  3. SAVEDDDD hahahhaa

    Saya selalu masak opor kalau lebaran mba, soalnya pak suami terbiasa makan opor setiap lebaran.

    Jadi menu ini bakalan saya saved banget hahaha.

    Cuman kalau ayam kampung nih, jarang saya.
    Kecuali di rumah ortu saya sih.
    Kalau di sini mah pakai ayam potong hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di tempatku juga mesti pesen di bulan biasa. Kecuali lebaran gitu ya, banyak deh. Atau ganti dengan ayam merah aja atau ayam petelur. Itu mirip ayam kampung, teksturnya padat

      Hapus
  4. Wah, asik ada resep opor ayam... Bisa eksekusi nih buat lebaran nanti. Makasi mbak Wati, bookmarkin deh:)

    BalasHapus
  5. Wah asik sekali makan ayam opor pakai lontong.

    Kalau Mpo suka sekali makan opor ayam yang tidak terlalu kental. Apalagi pakai ayam kampung bikin tambah gurih

    BalasHapus
  6. Kelamaan kalau nunggu lebaran ya mbak , buat buka puasa aja deh :) bagi septong ya mbak opor ayamnya

    BalasHapus
  7. Waa ada opor ayam. Khas banget menu lebaran. Bumbu opor ayam ini paket komplit ya mbk, dan santannya kental.. Yummi bangett

    BalasHapus
  8. Opor ayam kampung selalu dinanti waktu lebaran apalagi ditambah ketupat enak banget. Setiap lebaran tetangga selalu kasih jadi senang banget mbak rasanya enak hehe.

    BalasHapus
  9. Oh..kisahnya menarik ya...
    Opor ayam yang artinya pangapunten.

    Aku kemarin juga masak opor, tapi pakai bumbu jadi yang diulek di pasar.
    Ga pede kalo meracik sendiri.
    Huhu..
    Ini hebat, kak...

    BalasHapus
  10. Senang banget dari tadi bewe ke blog teman-teman isinya makanan semua, hihi. Selain senang karena bewe nya di jam sahur jadi nggak menguji keimanan juga senang karena jadi ngumpulin banyak resep. Thanks mbak..

    BalasHapus
  11. opor ayam khusus lebaran biasanya tradisi di keluarga aku pakenya ayam jantan mba, tapi kalau buat menu harian aja sih pakenya ayam buras.

    Opor ayam sandingannya sayur sambel godok enak nih. Eh masih berapa minggu deh lebaran? hahah

    BalasHapus
  12. Wah ini salah satu menu kesukaanku sata lebaran nih mba. Plus sambel goreng ati ayam dan kentang yumm belum2 udah kemlecer nih hahahah

    BalasHapus
  13. Opor ayam memang identik banget ya sama lebaran, dirumah juga jarang masak opor ayam, seringnya semur ayam.. maka itu opor ayam jadi makanan favorit dan selalu dinanti saat lebaran ya.. aku save resepnya ya mba.

    BalasHapus
  14. Aku suka bikin opor ayam karena anak2 memang suka..tp ttp lebaran hrs ada ya..hehe..jd sesuatu yg khas saat lebaran nih..

    BalasHapus
  15. Duh, jadi langsung inget lebaran deh. Dan tahun ini, mama gak lebaran di rumahku. Huhuhu... pada gak mudik orang-orang. Terancam gada opor ayam nih di rumahku. Mau coba2 bikin ah, biar walopun gada mama tetep bisa bikin ketupat dan opor ayam. Nyontek resepnyaaaa... :D

    BalasHapus
  16. mba wati pinter masak pasti enak nih opornya. Duh jadi ga sabar mo makan opor

    BalasHapus
  17. Aku tuh kalau opor hanya kuambil kuahnya mba. Pas lebaran tuh ya, paling seneng ambil sambel goreng ati yang banyak, trus disiram kuah opornya dikit. Plus, aku ga terlalu suka maem lontong ataupun ketupat, jadi maemnya tetep pake nasi. :))

    BalasHapus
  18. Baru minggu kedua Ramadan, aku udah kangen opor. Memang biasanya juga makan opor kapan pun, sih. Tapi opor Lebaran ada sensasi tersendiri.

    BalasHapus
  19. Baca postingan ini, rasanya kayak sebentar lagi lebaran wkwk. Keluarga ayahku juga kalo bikin opor ya pake ayam kampung meskipun lama merebusnya.

    BalasHapus
  20. Aku masak opor hampir tiap bulan loh mba. Kemirinya sukamya yang banyak.biar sedep dan gurih kuahnya

    BalasHapus