Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Alami - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Minggu, 12 Mei 2019

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Alami

Lima Cara Menghilangkan Ketombe

Cara Menghilangkan Ketombe

Assalamualaikum Sahabat. Gatal di rambut itu bikin bete, bener nggak sih? Apalagi kalo gatal itu disebabkan oleh ketombe. Mau garuk-garuk seharian saat di tempat kerja? Enggak asik banget yak. Dan ini saatnya kalian harus mencari cara menghilangkan ketombe.

Ketombe kayaknya sudah menjadi problem bagi kebanyakan orang. Enggak memandang jenis kelamin, tua atau muda, semua bisa mengalami masalah ketombe. 

Yang bikin jadi masalah kadang sedang di luar rumah, nungguin BRT, mendadak ketombe bikin ulah. Tangan pun refleks garuk-garuk. Makin digaruk, makin nambah gatal. Bahkan ketombe pun makin meluas di sekitar kulit kepala yang udah bermasalah.  

Ada juga yang udah mencari solusi untuk menghilangkan ketombe dengan membeli shampo khusus. Seperti yang si sulung lakukan dahulu. Namun nyatanya, shampo udah habis digunakan. Dan ketombenya juga tetap aja  di kulit kepalanya. 

Dari pada bete ya tiap gatal mesti garuk kepala hingga lelah, yuk cari tahu info cara menghilangkan ketombe dengan cara alami. Pengetahuan menghilangkan ketombe dengan alami ini saya peroleh dari cerita pengalaman kakak sepupu, tetangga, serta teman anak-anak juga. 

Di bawah ini ada beberapa cara menghilangkan ketombe. Ada beberapa yang udah saya praktekkan pada kulit kepala suami dan si sulung. Pelanggan ketombe di rumah yang sebenarnya juga jarang mengeluh dengan masalah ketombe ini, hehehee.


5 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan Alami :

1. Minyak Zaitun

Ada yang pernah menggunakan minyak zaitun untuk menghalau ketombe? Nah ini pengalaman bapak saya saat dua tahun yang lalu berketombe. Saat itu bapak baru aja sembuh dari stroke. Dan kebiasaan saya juga adik bungsu saya, yang suka teliti membersihkan setiap tubuhnya, menemukan ketombe di rambut. Seperti lembaran salju yang jelek banget kalo ditemukan di ujung-ujung rambut gitu, saya gemes banget. 

Kebetulan saya ingat punya minyak zaitun dari brand Herborist. Jadi, saya dan adik bungsu gantian mengoleskan minyak zaitun di kulit kepala bapak. Karena lumayan tebal, kami memang harus telaten melakukan hal ini. Ada mungkin tiga bulan ketombe baru hilang dari kulit kepala bapak.


2. Lidah Buaya

Saya pernah menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala suami. Sebenarnya suami enggak merasa terganggu dengan kondisi kulit kepalanya. Saya aja yang iseng bin gemes menemukan ketombe di kulit kepala doi. Enggak asik dong sedang mengelus-elus rambutnya, eh malah menemukan remahan kotembe.


Kebetulan di depan rumah ada tanaman lidah buaya. Jadi saya ambil satu buah lidah buaya dan mencucinya dengan air mengalir. Kemudian saya bilah tiap sisi kulit luarnya untuk memisahkan dengan daging lidah buaya di bagian dalam. 

Daging lidah buaya dicincang, kemudian oleskan ke bagian kulit kepala yang ada ketombe. Rasakan sensasi seger dan dingin saat gel lidah buaya dioleskan di kulit kepala. Kata suami enak, apalagi saya juga memijat-mijat kulit kepalanya. Saya lakukan pemijatan agar gel lidah buaya bisa meresap ke dalam kulit kepala. Kemudian setelah didiamkan selama kurang lebih 30 menit, bilas dengan menggunakan air hingga bersih.


3. Jeruk Nipis

Kalo menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis ini pernah dilakukan kakak sepupu. Sayangnya pertama kali melakukannya, kakak kebanyakan pakai jeruk nipis ini ke kulit kepala. Jadinya kulit kepala mengalami luka. Namun memang ketombe langsung lenyap tak berbekas. 

Nah, waktu ada sepupu lainnya melakukan hal serupa untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala. Dia menggunakan separo jeruk nipis saja. 

Yang perlu diingat, jangan menggaruk kulit kepala yang berketombe sebelum mengoleskan jeruk nipis. Karena takutnya akan terasa nyeri di bekas kulit yang digaruk itu.


4. Lemon

Cara Menghilangkan Ketombe

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan menggunakan lemon. Caranya cukup mudah. Ambil satu buah jeruk lemon dan peras dengan mengambil airnya. Oleskan di kulit kepala yang berketombe dengan rata. Kemudian bilas dengan air bersih. 

Ulangi sekali lagi, dengan cara menambahkan 1 sendok makan air perasan lemon dan satu gelas air. Basuhkan ke bagian kulit  kepala yang berketombe. Bilas sekali lagi hingga kulit kepala bersih.


5. Minyak Kemiri


Cara Menghilangkan Ketombe
Pict by Pexel
Sejak lama minyak kemiri sudah dikenal sebagai penumbuh rambut.  Ternyata minyak kemiri juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Yang pernah nyoba pakai minyak kemiri untuk menghilangkan ketombe adalah tetangga saya. 

Secara nggak sengaja, tetangga ini ingin menumbuhkan rambut putrinya yang tetep aja berambut tipis meski udah berusia 3 tahun. Udah tipis rambutnya, berketombe pula. Gara-garanya karena sering keramas tiap hari.

Ternyata keramas tiap hari bikin kulit kepala juga berketombe. Entah apa alasannya. Bisa juga karena nggak cocok dengan shampo baby yang digunakan ya.

Jadi ketika si ibu ini rutin mengoleskan minyak kemiri ke kulit kepala putrinya, ketombe pun menghilang. Selang beberapa bulan, rambut putrinya jadi tumbuh lebat. Wah seneng dong si ibu tetangga saya ini.

Kelima cara menghilangkan ketombe dengan alami di atas, bisa kalian coba lakukan juga di rumah. Ada juga sebenarnya bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Namun karena saya belum pernah nyoba dan juga tidak ada yang menceritakan pengalamannya, saya nggak tulis dong. 

Mungkin ada dari sahabat yang pernah mencoba dengan bahan alami lain untuk menghilangkan ketombe? Boleh loh share di kolom komentar. Saya pasti senang menerima informasi seputar cara menghilangkan ketombe. Wassalamualaikum.

12 komentar:

  1. Waaa... aku seringnya pake jeruk nipis mbak. Lha tapi nek keno luka pas ketombenya parah perih. Sama lidah buaya. Nek ini kumasak. Enak hihihi...

    BalasHapus
  2. Jeruk nipis pernah. Tapi perih banget. Lidah buaya pernah. Tapi ga telaten. Xixi

    BalasHapus
  3. Aku pakai minyak zaitun herborist juga buat bersihin kulit kepala anakku

    BalasHapus
  4. nice sharing.... 1st time tiba di sini, saya terus follow blognya.. ada masa jemput singgah dan follow blog saya juga. terima kasih

    BalasHapus
  5. Iya nih mba..paling bete kalau gatal2 kepala pas siang hari..haduuuh.. Nah..pengen nyobain salah satu tips nya ah..kebetulan ada lidah buaya juga nih di halaman..

    BalasHapus
  6. Aku juga pakai jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe. Emang kalo ada luka suka perih pas dioles jeruk nipis. Kalo lidah buaya malah aku buat untuk menyuburkan rambut, ternyata bisa menghilangkan ketombe juga. Enak emang dioles lidah buaya, adem.

    BalasHapus
  7. Aku juga ketombean parah mba, terus coba pakai jeruk nipis atau lemon yang ada di rumah, Alhamdulilah bersih..

    BalasHapus
  8. Ketombe juga jadi masalahku nih mbak. Rambutku sering basah karena keringat, trus lepek. Padahal udah gonta ganti shampoo juga. Mungkin kudu nyobain pake bahan yang alami kali ya

    BalasHapus
  9. Sepakat deh, lemon paling ampuh membantu membersihkan kulit kepala, termasuk ketombe. Kadang, suka aku campurkan santan kental tanpa air dari kelapa yang tua. Alhamdulillah lumayan mencegah uban muncul lebih awal.

    BalasHapus
  10. Loh, mbahku kok ngajarinnya, sebelum pakai jeruk nipis, emang kulit yang ada kotembenya kudu digaruk. Hahahaha. Biar meresap ke dalam. Hahaha. Tapi, yaitu tadi, perriiiiiiihhhh.

    BalasHapus
  11. Lho jebul minyak kemiri juga bisa ngilangin ketombe ya mba? Soalnya kalau pake minyak itu tuh rasanya rambut njuk berminyak banget. Biasanya aku pake jeruk nipis aja, clekit2 gimanaaaa gitu di kulit kepala :)

    BalasHapus
  12. Ooh minyak zaitun bisa ya mba, coba ah, pas ada minyak zaitun di rumah. Aku ketombean parah nih, nyoba beberapa sampo anti ketombe kok ya hasilnya ga memuaskan.

    BalasHapus