Berapa Kali Sikat Gigi Saat Puasa? - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Selasa, 14 Mei 2019

Berapa Kali Sikat Gigi Saat Puasa?

Berapa Kali Sikat Gigi Saat Puasa?

Sikat Gigi Saat Puasa

Assalamualaikum Sahabat. Selama puasa seharusnya tak mengubah kegiatan keseharian ya. Dari bangun sahur, shalat, tadarus Quran, hingga buka puasa dan shalat tarawih. Semua berputar 24 jam mengikuti jadwal yang teratur. 

Sebagai bulan yang penuh berkah dan selalu dinantikan kehadirannya oleh umat muslim di seluruh dunia. Bulan ramadhan menjadi bulan bagi umat muslim untuk mentaati tata cara puasa seperti yang dilakukan Rasulullah SAW.

Sikat Gigi Saat Puasa, Boleh?

Salah satunya adalah sikat gigi saat puasa. Banyak yang ragu-ragu menyikat gigi saat sedang berpuasa. Terutama siang hari, karena menganggap kegiatan menyikat gigi itu akan membatalkan puasa.

Anggapan ini tentunya tidak benar. Nah, beda lagi kalo saat menyikat gigi, kamu menelan air atau pasta gigi dengan sengaja. Iya kali, anak-anak yang katanya tidak sengaja menelan air dengan rajin sikat gigi saat belajar puasa, ahahahaa.

Sikat Gigi Saat Puasa

Ada banyak perdebatan tentang boleh atau tidaknya sikat gigi saat puasa. Terutama bila ada kaitannya dengan penggunaan pasta gigi.

Sebagian beranggapan bahwa lebih baik tidak sikat gigi dari pada ntar batal puasanya. Terlebih ada hadis pendukung tentang aroma mulut orang yang berpuasa. 

Sesuai hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Abu Hurairah dan Abi Sa’id Radhiyallahuanhuma mengatakan, sesungguhnya aroma bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah dari pada aroma parfum kasturi.
Lalu bagaimana orang yang bersiwak atau gosok gigi dengan pasta yang kemudian menyebabkan pasta atau ada air yang masuk melalui mulut? Terlebih saat ini ada juga sikat gigi yang mengandung siwak. Apakah hukumnya sama dengan pasta gigi biasa?

Sikat Gigi Saat Puasa

Pendapat beberapa ulama memang berbeda. Namun perbedaan itu hanya tentang boleh tidaknya sikat gigi dilaksanakan setelah tergelincirnya matahari. 

Orang yang berpuasa dengan gosok gigi menggunakan pasta, jika tidak ada air atau pasta yang masuk tenggorokan sama sekali, puasanya tidak batal. Namun apabila ada sedikit saja dari air atau pasta yang tertelan walaupun tanpa sengaja, puasanya batal. (dari web nu.co.id)

Berapa Kali Sikat Gigi Saat Puasa?

Solusinya, bagi orang yang berpuasa, demi kehati-hatian hendaknya menggosok gigi dahulu sebelum waktu imsak tiba. Jika sudah siang, cukup gosok gigi dengan kayu siwak (arok) atau dengan sikat gigi tanpa menggunakan pasta. 


Jika ingin menutupnya dengan air, sambungkan gosok gigi yang seperti demikian beriringan dengan berkumur sebelum wudhu selama tiga kali. Sehingga masing-masing aman. 

Dalam waktu sehari, hanya ada 2 waktu shalat yang dilakukan selama puasa. Yaitu shalat zuhur dan ashar. Jadi sebenarnya mudah juga solusi tentang berapa kali sikat gigi saat puasa. 

Waktu yang paling tepat untuk sikat gigi adalah :

- Saat Usai Sahur

Rasulullah SAW mengajak untuk mengakhirkan sahur waktu mepet dengan Imsyak. Ini lah saat yang paling tepat menyikat gigi. Jadi masih ada waktu untuk minum air putih untuk mengakhirkan sahur.

- Saat Menjelang Tidur

Saat paling bagus untuk sikat gigi adalah menjelang tidur. Setelah buka puasa, shalat tarawih, dan istirahat, alangkah baiknya sikat gigi terlebih dahulu.

Tentunya kegiatan sikat gigi ini sudah sesuai dengan keseharian. Menjelang tidur adalah waktu terbaik untuk membersihkan gigi dari sisa makanan.

Kalo udah ada dua waktu sikat gigi yang aman selama puasa, mengapa harus mengubahnya? 

Nah, coba deh kalo teman-teman punya pendapat berbeda, bisa sharing di kolom komentar. Saya akan senang untuk menerima apapun perbedaan pendapat yang ada. Wassalamualaikum.

Dokumentasi :
- Drg. Ani Subekti, KGA
- Pexels

22 komentar:

  1. aku juga sehabis saur dan sebelum tidur sih mba selama bulan puasa ini :) semoga aja ga pada pengsan yang deket aku wkwkwk

    BalasHapus
  2. Setau saya memang tidak membatalkan, sikat gigi saat puasa. Tetapi, memang enaknya setelah sahur dan menjelang tidur aja

    BalasHapus
  3. Selama bulan puasa biasanya bunda sikat gigi sehabis sahur dan setelah berbuka puasa menjelangtidur. Selain itu bila diperlukan sehabis makan kacang atau penganan yg paling suka menempel di sela-sela gigi.

    BalasHapus
  4. Makruh hukumnya bila sedang shaum lalu sikat gigi.
    Tapi gak sampai membatalkan, in syaa Allah.
    Mengingat kita mesti jaga penampilan meskipun sedang shaum. Dan ibadah shaum adalah ibadah yang hanya Allah dan hambaNya yang tahu.

    BalasHapus
  5. Saya dua kali juga sikat gigi di bulan puasa ini mbak....setelah berbuka dan setelah sahur. Sikat giginya dengan pasta gigi siwak yang lebih fresh dan segar sepanjang hari, jadi mulut pun terasa bersih dan segar sepanjang hari.

    BalasHapus
  6. beberapa hari yang lalu sempet dikasih saran sama dokter gigi, setelah sahur pastikan menggosok gigi dengan benar supaya gak ada sisa makanan yang tertinggal. jadi siang ke sore hari gak perlu sikat gigi, cukup berkumur saat wudlu saja, nah abis berbuka dan menjelang tidur baru sikat gigi lagi. tapi kadang akusuka sikat gigi siang hari saat puasa mba, meskipun bau mulut orang puasa itu bernilai ibadah tai kalau ketemu client suka gak PD. Paling ngga dengan sikat gigi, bau mulutnya berkurang beberapa jam.

    BalasHapus
  7. Saya kadang di tengah2 ada juga sikat gigi..asalnyakin jgn sampai ke.telen kan ya..hehe

    BalasHapus
  8. Kalau saya demi kenyamanan ngomong sama orang lain kadang siang juga sikat gigi kak, asal ga ketelen aja sih hehe.

    BalasHapus
  9. Kalau saya sendiri ada 4 waktu, Mbak
    Sudah saya tulis juga di blog
    Favoritnya aku sikat gigi itu sebelum azan Subuh.

    BalasHapus
  10. Aku sikat gigi saat puasa jadwalnya kayaknya sama kayak biasa, mba. HIhihi. Kecuali kadang masuk kerja sore, ya nambah lagi sikat gigi sebelum kerja :)

    BalasHapus
  11. Iya sih mba, sebaiknya memang tidak sering2 bersikat gigi pas puasa, takutnya ada yang tertelan ya air atau sisa pasta gigi. Hanya saja kadang risih lho mba dengan bau mulut sendiri heheeee.. apalagi jika harus ketemu dengan orang dan berbincang2. Pengin krukupan tas kresek rasane :D

    BalasHapus
  12. Aku pilih sikat giginya sebelum imsak aja mbak biar gak ada yang tertelan, apalagi anak-anak ya nanti malah diminum hihihi. Tapi kadang2 aku kumur2 aja sih kalau pakai pasta gigi ada rasa manisnya sih

    BalasHapus
  13. Abis sahur mesti sikat gigi. Kalau enggak rasanya gak nyaman. Yup 2x sama dengan sebelum tidur. Anak saya mba senengnya ngemutin odol pas sikat gigi suka curi2 kesempatan. Itu batal ya mba? Hehe

    BalasHapus
  14. Ya saya juga sikat gigi sesudah sahur dan menjelang tidur. Kalau terlewat, mulut rasanya ajaib deh, gak enak. Dan mgkn termasuk org2 yg deket saya yah, hihi

    BalasHapus
  15. Saya kalau sikat gigi saat puasa itu dilakukan tiga kali sehari, yakni sehabis sahur, sehabis berbuka, dan ketika mau tidur. Heheh. Tapi terima kasih informasinya ya Mba, makin menguatkan informasi jika sikat gigi saat berpuasa sebenarnya tidak apa2 asal air dan pasta giginya tidak tertelan hehehe

    BalasHapus
  16. aku juga saat puasa, sikat giginya saat setelah sahur dan sebelum tidur. walaupun suka latah habis mandi kadang gak sengaja nyikat gigi hehe

    BalasHapus
  17. Saya 2 kali sikat gigi saat puasa. Pas sahur dan saat akan tidur. Kalo siang saat puasa, saya pilih kumur-kumur aja. Soalnya gigi saya gusinya gampang berdarah. Takut batal juga. :D

    BalasHapus
  18. thanks mba tipsnya. Aku share untuk temen2 kantor yang berpuasa nih :D

    BalasHapus
  19. akupun 2 kali kak, setelah sahur sama menjelang tidur. tapi kadang suka lupa setelah sahur tuh abis subuh bablas ketiduran, jadilah sikat giginya pagi setelah mandi huhuhu

    BalasHapus
  20. Saya sikat gigi 3 kali, Mba. Menjelang tidur, usai sahur dan sebelum ke kantor :)

    BalasHapus
  21. Aku abis sahur setelah buka dan kadang mau bobok
    hehehe, yang penting harus hati2 jangan sampai air ke telen atau rasa pastanya lolos ke tenggorokan.

    BalasHapus
  22. aku juga habis sahur dan mau tidur.kadang kelewatan pas subuh, hehheeheh...
    semoga pasta dan airnya ga ketelen ya.

    BalasHapus