2019 - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 16 September 2019

Kilauan Indah Pulau Misool, Bak Surga Dunia di Ujung Raja Ampat
September 16, 2019 3 Comments

Kilauan Indah Pulau Misool, Bak Surga Dunia di Ujung Raja Ampat


Assalamualaikum Sahabat. Berbicara tentang wisata di Raja Ampat yang teringat adalah gugusan pulau dan karang, dengan laut yang cantik dan eksotis. Tempat ini mengundang begitu banyak wisatawan yang ingin menyusuri pesisir pantainya yang bersih dan bening bak kaca.

Keindahan Raja Ampat seolah menyihir jutaan pasang mata yang pernah mengunjungi daerah di ujung Barat Papua tersebut. Salah satu kawasan wisata tersohor di Raja Ampat hingga ke berbagai penjuru dunia ialah Pulau Misool. Deretan batu karang dan pasir putih yang membentang sepanjang pulau serta air laut yang berwarna biru turquoise seolah menjadi magnet utama bagi pengunjung.
Satu dari 4 gugusan pulau yang ada di Raja Ampat ini menawarkan berbagai aktivitas seru seperti snorkeling dan diving untuk melihat aneka jenis ikan dan terumbu karang. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata untuk sekedar swafoto ataupun mencicipi makanan khas di Pulau Misool.

Beberapa Wisata Tersohor di Pulau Misool

1. Mendaki Puncak Harfat


Kalau kamu ingin melihat seluruh keindahan Pulau Misool, maka tempat wisata pertama yang harus kamu kunjungi adalah Harfat Peak alias puncak Harfat. Untuk menuju tempat ini, kamu bisa menaiki beberapa anak tangga yang telah disiapkan oleh penduduk setempat. Terdapat 3 puncak di Harfat Peak dengan pemandangan berbeda yang pastinya akan membuat kamu ingin mengabadikan momen tersebut.

2. Berenang di Danau Ubur-Ubur Lenmakana

Ingin melihat ubur-ubur seperti di Pulau Kakaban? Coba kunjungi saja danau Lenmakana. Danau air asin yang digambarkan serupa dengan ladang ubur-ubur di kartun Spongebob ini merupakan rumah bagi jutaan ubur-ubur berwarna kuning menyala.
Konon katanya, alasan utama ubur-ubur di danau Lenmakana kehilangan sengat karena berevolusi terhadap habitat sekitar yang kekurangan predator. Jadi, disini kamu bisa dengan bebas berenang tanpa taku tersengat.
3. Menginap di Misool Eco Resort
Layaknya Maldives versi Indonesia, Misool Eco Resort adalah salah satu penginapan yang menyuguhkan pemandangan laut lepas dengan mengusung konsep ramah lingkungan. Resort ini dinilai cocok untuk pengunjung yang ingin bersantai menikmati waktu sendiri maupun bersama orang terkasih. Disebut pula “No-Take Zone” lantaran zona disekitaran Miscool Era Resort tidak memperbolehkan pengunjung untuk mengambil atau menangkap hewan bawah laut yang masih sangat dijaga habitatnya.
Untuk mencapai kawasan Misool Eco Resort, kamu bisa menjadwalkan penerbangan dengan tujuan Bandara Domne Eduard Osok di Sorong. Setelah itu kamu bisa melanjutkan perjalanan via laut menuju Wajai. Sesampainya disana, kamu akan dijemput oleh staff hotel menuju Resort tersebut.
4. Berkunjung ke Yapap
Jika kamu berkunjung ke Pulau Misool, maka satu lokasi yang wajib kamu kunjungi adalah Yapap. Untuk mengunjungi tempat wisata ini, ada baiknya kamu tidak datang sendirian lantaran harga sewa perahu yang dipatok cukup mahal. Beningnya air di Yapap membuat kamu bisa melihat secara langsung berbagai jenis ikan dan terumbu karang. Selain itu pula, pihak pengelola Yapap juga menawarkan aktivitas snorkeling yang bisa kamu cobai asalkan membawa peralatan sendiri.
5. Mencicipi Papeda dan Sagu Forno

Hingga saat ini, masyarakat di sekitar kawasan Pulau Misool masih mengonsumsi sagu sebagai makanan pokok mereka. Pohon sagu yang tumbuh subur disana biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk membuat makanan khas berupa papeda dan sagu fono atau sagu bakar. Mencicipi papeda pun tak lengkap rasanya bila kamu tidak menambahkan lauk pauk seperti ikan bakar dan ikan kuah kuning.
Nah itulah beberapa tempat wisata di Pulau Misool yang memiliki keindahan dan tak kalah populer dengan wisata mancanegara. Apabila kamu memiliki rencana untuk berlibur di Raja Ampat akhir tahun nanti, maka cari tahu terlebih dahulu beberapa informasinya melalui laman situs https://www.cekaja.com/info/wisata-raja-ampat-papua-tujuan-liburan/.

Hmmm, menuliskan wisata di Pulau Misool jadi bikin saya envy berat. Berharap suatu hari nanti bisa liburan ke pulau eksotis yang tak kalah dengan di luar negeri. Kalo kamu gimana, mupeng liburan juga di pulau cantik ini? Wassalamualaikum.
Reading Time:

Minggu, 15 September 2019

Hindari Penyakit Jantung Koroner, Ubah Pola Hidup Dari Sekarang
September 15, 2019 11 Comments

Hindari Penyakit Jantung Koroner, Ubah Pola Hidup Dari Sekarang


Assalamualaikum Sahabat. Saya pernah cerita tentang serangan jantung yang dialami suami awal tahun kemarin. Hingga setahun kemudian, saya jadi aware dengan penyakit jantung dan menuliskannya di blog ini karena ingin berbagi. Saya nggak ingin ada keluarga yang bersedih karena kehilangan anggota keluarganya akibat penyakit jantung.

Paling tidak ketika ada anggota keluarga kalian yang mengalami serangan jantung seperti suami saya, ada tindakan yang segera bisa dilakukan untuk mencegah kematian.

Alhamdulillah suami saya selamat dari serangan jantung yang dialaminya. Pertolongan pertama yang saya lakukan dengan segera membawanya ke IGD rumah sakit, mampu menyelamatkan nyawa suami. Ada golden hour yang masih bisa dijadikan patokan agar korban serangan jantung bisa terselamatkan. Tentunya bukannya mengelak dari takdirNYA, namun ikhtiar itu wajib dilakukan.

Saya udah tulis ceritanya, silahkan baca :


Penyakit Jantung Muncul Karena Pola Hidup Kacau

Kali ini saya ingin berbagi seputar Penyakit Jantung Koroner. Penyakit ini mendadak menjadi pembunuh nomer 3 dari sekian penyakit tidak menular yang ada di Indonesia.


Terlebih tanggal 29 September ini dicanangkan sebagai World Heart Day yang juga diperingati di Indonesia. 


Jadi wajar kan ya alasan saya menuliskan lagi seputar penyakit yang satu ini. Alasan lain adalah masyarakat modern yang kelihatannya suka menelusuri berita di sosial media, kurang peduli dengan pencegahan sedari dini penyakit jantung.

Generasi milenial jarang aware dengan kesehatan tubuh masing-masing. Mereka berpikir kalo usia muda nggak bakal kena serangan jantung. Kalo diingatkan, jawabannya adalah masa muda itu makan apa aja boleh. Nanti deh kalo udah usia 50 tahun baru berhati-hati memilih makanan.

Itu pemahaman yang salah, Sob! 

FYI, suami saya waktu kena serangan jantung usianya 51 tahun. Selama nyaris 16 tahun udah menjalani pola makan yang benar. Meski sesekali makan gorengan, tapi nggak tiap hari. Udah nggak pernah lagi makan bebek goreng, nasi Padang, semua makanan bersantan udah bukan lagi pilihan utama.

Suami juga bukan perokok, tidak ada juga keturunan dari orang tua atau kakek dan neneknya yang pernah sakit jantung. Namun mengapa dia bisa kena serangan jantung?

Ternyata karena pilihan makan saat usianya 20 tahun hingga 30 tahunan itu seperti yang kalian makan saat ini. Dari bebek goreng, ayam goreng, jeroan, makanan bersantan, pokoknya semua makanan yang mengandung kolesterol. 

Belum lagi beban kerja saat suami mulai punya usaha sendiri, bisa tuh durasinya sampai lebih dari 10 jam. Pemicu seperti stress, makanan mengandung kolesterol yang menjadi penyebab suami akhirnya mengalami serangan jantung. Sumbatan di salah satu arteri pembuluh darah di jantung, terjadi saat usianya masih 20an tahun.

Apa yang kamu makan hari ini akan berbuntut panjang saat usiamu memasuki 40 atau 50 tahunan. Jadi, siapa bilang usia 20 tahun itu kalian boleh makan sesuka hati?

Coba deh lihat orang yang ada di sekitar kalian, sehari-hari kegiatannya bisa jadi duduk di depan laptop. Berangkat pagi kadang enggak sempat olah raga karena alasan takut telat masuk kerja. Pulang sampai rumah udah malam, kapan dong waktu untuk aktivitas fisik?

Di samping itu masih ada banyak alasan lain untuk melupakan gaya hidup sehat. Lingkaran pergaulan saat memilih makan siang, makan malam, ngafe, atau pun ngumpul di resto, menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Di balik acara ngumpul, ada laju angka dari kadar gula, kolesterol, tekanan darah, yang menanjak naik tanpa kalian sadari. Tahu sendiri dong, kalo masyarakt Indonesia itu penyuka makanan yang digoreng. Udah gitu makannya juga sehari bisa lebih dari sekali. 

Coba bayangkan, udah bener makan pecel sayur tapi ternyata teman makannya itu bakwan, mendoan, tahu isi sayur, tahu bakso, atau gorengan lainnya. Nah kan kagak jadi makan sehat, hahaha. Saya pun dulu suka banget makan pecel dengan irisan bakwan sayur. *tawamiris


Saya sempat konsultasi dengan dokter spesialis jantung yang merawat suami waktu itu. Karena saya penasaran, kok bisa suami kena serangan jantung? Sementara udah 10 tahun lebih dia sudah mengubah pola makannya. 

Jawaban dokter ketika itu karena adanya sumbatan yang diakibatkan makanan mengandung kolesterol jaman usianya masih 20 tahunan. Nah mengapa baru terdeteksi sekarang, ketika dia sudah mengubah pola makannya? Itu disebabkan oleh faktor resiko lainnya, seperti beban kerja yang tinggi atau pemicunya bisa saja karena stress.

Nah, yuk saya jelaskan secara detil beberapa faktor resiko penyebab penyakit jantung. Ada dua faktor resiko, yang pertama adalah yang bisa kalian kontrol, yaitu :
  • Hipertensi
  • Tinggi Kolesterol
  • Merokok
  • Obesitas
  • Tidak adanya aktivitas fisik
  • Diabetes
  • Stress
Resiko kedua adalah yang tidak bisa kalian kendalikan, yaitu :
  • Jenis Kelamin
  • Keturunan
  • Usia
Untuk resiko yang tidak bisa kalian kendalikan tentunya cuma bisa pasrah kan ya. Namun tetap bisa loh kalian lakukan langkah pencegahan, agar resiko yang pertama tidak menjadi penyebab kalian kena serangan jantung.

Dari perbincangan dengan dokter suami waktu rawat inap, ada lagi faktor resiko yang tertinggi kalian bisa mengalami serangan jantung. Yaitu perokok, dengan memiliki riwayat hipertensi, dan kolesterol tinggi. 

Jadi meski ada faktor resiko di luar kendali kalian, maupun yang bisa dikontrol, tetap usahakan ikhtiar menjalankan pola hidup sehat dari sekarang.

Ubah Perilaku Hidup Lebih Sehat Dari Sekarang

Kebetulan hari Kamis malam, tanggal 12 September 2019 kemarin, saya dan teman-teman blogger Semarang ngumpul di Nestcology. Ada founder Sembutopia yaitu Bapak Kafi Kurnia yang ingin ngajak kami bebincang tentang gaya hidup kaum milenial sekarang.

Oiya, pertemuan ini kali kedua setelah bulan Juni 2018 yang pernah kami ikuti dulu. Kalian boleh kok baca tentang kegiatan blogger Semarang dengan Sembutopia tahun lalu dalam artikel berikut.


Silahkan baca : Mewujudkan Kejayaan Indonesia Tahun 2020

Dalam kesempatan kemarin, Bapak Kafi mengingatkan tentang gaya hidup yang mestinya dimulai sejak dini. Bener sih, seperti yang dibilang dokter Aldriech Kurniawan, SpJ, bahwa konsumsi makanan sehat mesti dimulai sejak usia belasan tahun. Jangan tunggu usia senja baru memilih makanan sehat.


Picture by Isul
Nah acara ngumpul sehabis shalat Maghrib kemarin pun tak lepas juga dengan makan-makan dong. Katanya mau hidup sehat, kok pilihan makannya ada manis-manisnya dan gorengan juga?

Sesekali sebenarnya nggak apa kok, asal kalian ingat untuk menebusnya dengan melakukan aktivitas fisik pagi harinya. 

Seperti yang diuraikan oleh Bapak Kafi Kurnia, generasi milenial itu sebenarnya punya keinginan hidup lebih sehat. Mereka punya rencana untuk olah raga rutin, meski akhirnya... yaaa, tinggal wacana. 

Adaaa aja alasannya, mulai dari belum punya peralatannya, hujan, atau nggak ada teman yang bisa diajak olah raga.

Nah lo, padahal untuk olah raga, kalian bisa aja menggunakan aplikasi yang bisa didonlot di smartphone. Atau bagi ibu rumah tangga yang alasannya nggak ada teman untuk senam zumba atau yoga, bisa melakukan di rumah. 

Ada contoh exercise yang bisa dilakukan saat pagi dan sore hari, sambil menunggu cucian di mesin cuci selesai.
Picture by pexels 

Untuk urusan makanan, seharusnya juga mulai mengubah yang bener. Tinggalkan masakan protein hewan yang bersantan, karena bakal menambah angka kolesterol kalian. Tinggalkan juga makanan yang digoreng, yang memicu kolesterol kalian makin tinggi. Seperti masakan bebek goreng, saya bakal dijitak abis ini sama pecinta makanan ini.


Ini contoh perilaku hidup lebih sehat versi saya :


  • Mengonsumsi sayuran dan buah lebih banyak, sarapan buah dan sayur bisa dijadikan pilihan buat kamu yang ingin menurunkan kolesterol.
  • Mengganti protein dari daging merah dengan ikan 
  • Mengonsumsi air putih minimal 3 liter sehari, bisa latihan dengan memberi interval waktu setiap sejam minum 200 ml. Gunakan alarm di hape untuk mengingatkan waktu minum air putih.
  • Melakukan aktivitas fisik yang teratur dan terukur, misalnya gowes, jalan cepat, senam, renang, atau lari. Minimal lakukan kegiatan ini selama 30 menit setiap hari.
  • Tidak merokok dan hindari asap rokok kalo ada orang yang merokok di sekitar kalian.
  • Cek kesehatan secara berkala.
Saya pernah menuliskan perilaku hidup bersih dan sehat atau yang kerap disingkat GERMAS dalam beberapa artikel di blog ini. Bisa cari dengan menuliskan keyword GERMAS, pasti akan ketemu beberapa artikel.

Kenali Gejala Penyakit Jantung

Namun meski udah melakukan langkah antisipasi seperti suami saya, tetap aja kena serangan jantung. Beruntung juga sih saya mengenali tanda-tanda serangan jantung. Misal saya tidak peduli saat itu, bisa aja kan serangan jantung itu dianggap sebagai gejala masuk angin.

Dokter yang merawat suami membenarkan kalo serangan jantung koroner itu dulunya disebut sebagai Angin Duduk. Ya emang terjadinya itu karena pasien terduduk di sembarang tempat, dengan beberapa tanda yang bisa dikenali.

Namun seringkali tanda yang muncul dianggap penyakit yang lain. Seperti keringat dingin dianggap penderita masuk angin, sehingga ada yang memilih kerokan. Atau nyeri di sekitar dada bagian tengah hingga sisi kiri, yang dianggap pegal karena lelah habis bekerja berat. Sama juga, diobati dengan mengoleskan balsem.

Bila tanda yang muncul ini merupakan serangan jantung yang terjadi pertama kali, dan dibiarkan saja. Bisa jadi serangan berikutnya yang muncul bakal berakibat fatal. Bisa saja langsung tak sadarkan diri dan meninggal di tempat, di jalan saat dibawa ke rumah sakit, atau di ruang IGD. Sedih banget kalo gini kejadiannya.

Jadiii, kenali yuk tanda-tanda atau gejala serangan jantung. Di antaranya berikut ini :
  • Ada perasaan seperti tertekan benda berat, diremas, rasa penuh atau nyeri di dada lebih dari beberapa menit. Namun perasaan ini kadang hilang timbul gitu.
  • Nyeri atau perasaan tidak nyaman pada lengan, punggung, leher, atau perut.
  • Sesak napas
  • Keringat dingin, mual, atau rasa ringan / pusing pada kepala
Bila salah satu atau dua atau bahkan lebih dari tanda di atas muncul, sebaikan penderita segera dibawa ke rumah sakit di bagian IGD. Di sana akan dilakukan deteksi dini penyakit jantung dengan melakukan pemeriksaan EKG. Kemudian akan ada observasi atau tindak lanjut bila hasil EKG ditemukan adanya sumbatan.


Urutan muncul nya
Sumbatan di arteri jantung
Doc. Pribadi 

Jangan takut menjalani semua pemeriksaan ini bila terjadi serangan jantung. Lebih baik menerima takdir dan mulai menjalankan hidup yang lebih sehat untuk jantung sehat.

Bagi kalian yang masih berusia belasan tahun, sadari bahwa penyakit jantung bisa diderita siapa pun yang tidak menjaga pola hidupnya sejak dini. Pengalaman suami saya yang menjadi guru bagi keluarga besar kami. Tidak memiliki keluarga dengan penyakit jantung, bukan tidak mungkin mengalami sakit ini.

Yang bisa saya lakukan untuk anak-anak, teman, kerabat, dan kenalan saya hanya lah dengan mengajak hidup lebih baik. Melakukan hidup cerdik untuk jantung sehat. 

Hidup CERDIK adalah melakukan :

  • - Cek kesehatan secara berkala, seperti yang saya jelaskan di atas.
  • - Enyahkan asap rokok. Artinya jauhi orang yang merokok. Kalo perlu, beri larangan daerah bebas perokok di rumah. Jelaskan pada tamu yang berkunjung ke rumah, bahwa sebagai tuan rumah kalian berhak meminta tamu tidak merokok selama di rumah kalian. Berani coba? Saya udah melakukannya sejak suami kena serangan jantung.
  • Rajin aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari. Pilih aktivitas fisik sesuai kemampuan kalian, yang sederhana dan murah meriah adalah jalan kaki mengelilingi komplek perumahan.
  • - Diet seimbang, maksudnya adalah mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Ikuti porsi Isi Piringku yang dicontohkan oleh Kemenkes di website http://sehatnegeriku.kemkes.go.id

  • - Istirahat Cukup, artinya tidak lembur kerja sampai malam atau begadang nggak jelas. 
  • - Kelola stres dengan baik dan benar. Artinya bekerja lah yang seimbang, dan mengetahui batas kemampuan fisik dan mental.
Mulai lakukan sejak sekarang dengan menghindari penyakit jantung agar keluarga kalian bisa tersenyum bahagia. Keberadaan kalian sangat berarti saat di sisi keluarga dalam keadaan sehat. Sampai jumpa dalam literasi kesehatan berikutnya, sahabat. Wassalamualaikum.
Reading Time:

Sabtu, 14 September 2019

Buang-buang Waktu, Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Gagal Kurus
September 14, 2019 2 Comments

Buang-buang Waktu, Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Anda Gagal Kurus



Assalamualaikum Sahabat. Siapa nih yang masih dalam program diet? Trus kadang berhasil menurunkan berat badan, etapi ntar balik lagi. Mungkin ada yang salah tuh dengan kebiasaan makannya selama ini.

Menstabilkan berat badan memang bukan hal yang mudah, terlebih jika kamu sedang melakukan program diet. Mengonsumsi makanan berkalori tinggi hingga lemak, menjadi faktor utama penyebab gak kurus atau gagal diet. Mungkin bisa saja kamu telah melakukan berbagai macam program olahraga seperti gym.

Pasalnya, faktor penyebab gak kurus atau gagal menurunkan berat badan, yakni karena kamu kurang mengontrol diri dengan baik. Penyebabnya tanpa disadari beberapa kebiasaan kecil yang ternyata bisa menggagalkan diet. Apa saja kebiasaan kecil tersebut? Berikut ulasannya:

- Melewatkan Sarapan 


Hal pertama penyebab gak kurus atau gagal diet adalah melewatkan sarapan. Pasalnya sarapan merupakan makanan paling penting sepanjang hari. Karena ketika melewatkan sarapan, maka sirkulasi pencernaan kamu juga akan berjalan tidak baik. Banyak kasus orang yang melewatkan sarapan, akan merasa lemah, kurang fokus, hingga pingsan.

Jadi, sebaiknya jika ingin diet kamu berhasil, jangan lewatkan sarapan penuh gizi setiap hari. Hal tersebut juga akan membuat asupan gizi harian terpenuhi, dan tubuh kamu menjadi lebih bugar dan sehat.

- Makan Sambil Melakukan Aktivitas lain

Makan sambil baca
Pict. by Pexels

Makan sambil melakukan aktivitas lain juga disebut bisa mengagalkan niat kamu yang ingin menurunkan berat badan. Karena, jika makan sambil melakukan aktivitas lain, misalnya makan sambil nonton televisi atau bermain gawai, kegiatan tersebut akan membuat kamu menjadi kurang fokus terhadap makanan.

Sehingga, kamu tidak mengetahui dan mengontrol berapa suap makanan yang sudah masuk ke perut. Nah, ada baiknya kamu bisa sisihkan waktu sekitar 15-20 menit untuk makan dan menikmati santapan sehat sesuai kebutuhan. Tentunya agar diet yang kamu lakukan bisa berhasil.

- Kurang Tidur

Banyak sudut pandang yang mengatakan bahwa kebanyakan tidur akan membuat badanmu lebih cepat gemuk. Alasannya karena lemak yang mengendap dan tidak adanya pembakaran. Akan tetapi, jika kamu kurang tidur juga akan membuat produksi lemak meningkat.

Pasalnya, orang dewasa rata-rata membutuhkan waktu tidur yang berkualitas yaitu semalam 6 hingga 8 jam per hari. Hal ini dimaksudkan agar fungsi tubuh kembali maksimal. Karena, jika kamu tidak tidur sesuai porsi, tubuh akan mudah stres. Dari stres itulah yang membuat lemak dalam tubuh meningkat dan diet  pun mungkin akan gagal.

- Tidur di Ruangan Bersuhu Panas

Tidur di ruangan yang memiliki suhu tinggi ternyata bisa membuat pembakaran lemak tidak berhasil. Karena, ada suhu tertentu yang bisa mendukung proses pembakaran lemak, yakni di angka 17 derajat celsius. Sehingga, apabila kamu tidur dengan suhu dibawah 17 derajat, maka pembakaran lemak pun tidak akan berhasil.

 - Olahraga Sebelum Tidur


Banyak yang tidak paham, terkait waktu olahraga yang baik untuk tubuh. Bahkan banyak loh yang melakukan olahraga sebelum tidur. Padahal jika kamu sedang diet, akan lebih baik jika tidak melakukan olahraga menjelang tidur. Karena hal tersebut akan membuat tubuh kamu semakin stres. Ujung-ujungnya malah membuat kamu makan malam yang menjadi tumpukan lemak di dalam tubuh.

Nah, selain kebiasaan kecil di atas, hal apa saja sih yang bisa menggagalkan diet, sehingga menyebabkan gak kurus-kurus? 

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan, ternyata rata-rata orang yang lahir di era 90-an ke atas, memiliki bobot 10% lebih berat dibanding generasi 80-an. Mungkin hal ini juga berpengaruh dengan penyebab gak kurus, atau gagal diet.

Nah, penyebabnya akan hal tersebut bisa kamu baca di link artikel berikut ini ya: 


Gimana dengan kamu, udah sukses kah diet yang sedang kamu jalani saat ini? Yuk sharing dong, karena setiap orang memang memiliki pengalaman yang tak sama tentunya. Siapa tahu pengalaman kamu bisa cocok diterapkan oleh pembaca blog ini? Wassalamualaikum.
Reading Time:

Jumat, 13 September 2019

Kartu Kredit atau Kartu ATM BCA mu Hilang? Blokir Saja Melalui Ponsel
September 13, 2019 6 Comments

Kartu Kredit atau Kartu ATM BCA mu Hilang? Tak Perlu Khawatir! Blokir Saja Melalui Ponsel dengan Cara Mudah Berikut Ini 


Assalamualaikum Sahabat. Siapa yang pernah mengalami kehilangan kartu ATM atau kartu kredit? Pertama kali mengetahui hal ini, pasti kaget dong. Saya pernah sih ngalami kehilangan kartu ATM BCA. Dan sama sekali lupa hilangnya di mana. Seingat saya sih abis ngambil duit di mesin ATM BCA, kartu udah dimasukkan ke dompet. Tapi ketahuannya udah lebih dari lima hari, bikin parno aja nggak sih.

Di dalam kehidupan yang penuh dengan misteri ini pastinya sering kali kita mengalami hal-hal di luar ekspektasi atau hal-hal yang tidak kita inginkan, salah satunya seperti kehilangan kartu kredit atau kartu ATM. Padahal kehilangan kedua ‘kartu kramat’ seperti itu cukup berbahaya lho. Ditambah lagi apabila kartu tersebut justru berpindah tangan ke orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Nah, bagi kamu nasabah Bank Central Asia Tbk (BCA), sepertinya hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Karena khusus para nasabah BCA, pemblokiran kartu saat ini sudah dapat dilakukan dengan mudahnya melalui ponsel pintar yang ada digenggaman kamu. 


Sehingga ketika tragedi kehilangan kartu sewaktu-waktu terjadi, kamu tidak perlu khawatir apabila kartu tersebut berpindah ke tangan oknum tidak bertanggung jawab.

Cara blokir kartu kredit atau kartu ATM BCA juga cukup mudah kok. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengunduh aplikasi BCA Mobile di ponsel masing-masing. Kemudian aktivasikan dengan mengunjungi customer service yang terdapat di cabang bank BCA terdekat. Setelah itu, akun sudah dapat digunakan secara leluasa, termasuk untuk melakukan pemblokiran kartu. Nah bagi yang belum tahu, yuk ikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

Cara Registrasi BCA Mobile

Untuk melakukan registrasi BCA Mobile, kamu bisa melakukannya dengan dua cara, yaitu dibantu secara langsung melalui customer service yang tersedia di cabank bank BCA terdekat atau melalui mesin ATM. 


Untuk melakukan registrasi melalui mesin ATM, maka kamu bisa mengikuti cara berikut ini, yaitu:
1. Masukan kartu ATM ke dalam mesin ATM beserta PIN kamu miliki

2. Pilih menu ‘Daftar e-Banking / Autodebet’, dan klik tombol ‘Moblie Banking’ yang terlihat di layar.

3. Setelah berhasil masuk, di layar ATM akan tertampil klausula mobile banking BCA, pilih ‘YA’ yang kemudian diikuti dengan meng-input nomor handphone yang ingin kamu daftarkan di mobile banking tersebut, kemudian tekan ‘YA’.

4. Akan tertampil konfirmasi untuk memastikan bahwa nomor handphone yang kamu kamu daftarkan telah benar, kemudian kembali tekan ‘YA’.

5. Buatlah PIN m-BCA (6 digit angka) yang pada nantinya akan digunakan sebagai PIN rahasia sebelum masuk ke akun m-banking kamu, dan Input PIN sekali lagi untuk konfirmasinya.

6. Di dalam layar ATM akan muncul konfirmasi bahwa mobile banking kamu telah terdaftar yang kemudian mesin ATM akan mencetak struk bukti registrasi.

Setelah melakukan registrasi, kamu perlu datang ke kantor cabank BCA untuk mengaktivasi akun mobile banking agar kamu bisa menggunakan seluruh fasilitas yang disediakan secara maksimal. Setelah itu, akun mobile banking telah siap digunakan.

Ketika melakukan aktivasi, jangan lupa pula untuk membawa buku tabungan, kartu ATM BCA, KTP Asli, dan nomor handphone yang kamu gunakan untuk registrasi m-banking ketika di ATM. Setelah itu, petugas customer service akan siap membantumu hingga proses aktivasi selesai.

Koneksi Kartu ke BCA Mobile

Setelah memiliki m-banking yang telah aktif, kamu juga perlu menghubungkan antara BCA mobile dan kartu ATM agar bisa melakukan pemblokiran apabila sewaktu-waktu kartu BCA mu hilang. 

Nah, langkah yang perlu dilakukan adalah:

1. Buka aplikasi BCA mobile dan pilih m-BCA. Masukan kode akses yang telah dibuat dan pilihlah fitur m-Admin.
2. Pilih menu ‘koneksi kartu kredit’ dan klik ‘daftar’
3. Masukan nomor customer atau nomor kartu kredit mu dan klik ‘send’.

Hanya dengan melakukan 3 langkah mudah, mobile banking mu telah terhubung dengan kartu kredit sehingga pemblokiran pun dapat dilakukan.

Sangat mudah, bukan? Bagi seluruh nasabah bank BCA, berbagai transaksi sudah dapat dilakukan dengan mudahnya melalui mobile banking, termasuk untuk pemblokiran kartu, tanpa perlu datang ke kantor cabang secara langsung. 

Nah, jika ternyata kehilangan kartu tersebut benar-benar terjadi dan kamu tidak tahu bagaimana cara melakukan pemblokiran melalui mobile banking, yuk baca informasi lengkapnya di artikel berikut :


Tentunya pengalaman ini juga bakal bikin kamu lebih berhati-hati lagi ya sob. Meski udah ada cara mudah di aplikasi ponsel kamu, tetap aja waspada itu perlu. Perhatikan lagi usai transaksi di mesin ATM, udah kah kartu ATM aman di dalam dompet. See you, Sahabat. Wassalamualaikum.
Reading Time:

Kamis, 12 September 2019

Kolaborasi PSSI dengan Startup Logistik Paxel Jelang Persiapan Timnas Kualifikasi PIala Dunia 2022
September 12, 2019 27 Comments

Kolaborasi PSSI dengan Startup Logistik Paxel 


Assalamualaikum Sahabat. Udah dengar atau baca kabar tentang Piala Dunia 2022? Meski masih tiga tahun lagi, tentu gaungnya udah kalian ketahui dong. Paling tidak saat ini udah mendekati babak kualifikasi terlebih dahulu.

Ada yang perlu kalian tahu nih, Sob. Sebagai startup logistik berbasis teknologi pelopor same day delivery antarkota, Paxel menjadi partner kolaborasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menjelang babak Kualifikasi Piala Dunia 2022. 


Kolaborasi PSSI dengan Startup Logistik Paxel 

Dalam informasi yang disampaikan oleh CEO Paxel baru-baru ini. Paxel akan menangani seluruh kebutuhan logistik Timnas Indonesia. Tahu dong kalo logistik sebuah tim itu penting banget untuk mendukung lancarnya kegiatan. Apalagi kalo logistik untuk Timnas Sepakbola Indonesia.

Kebutuhan logistik Timnas Indonesia itu mulai dari keperluan sehari-hari saat latihan, sampai kebutuhan logistik saat pertandingan. Di sini lah Paxel menjamin bahwa kecepatan, ketepatan, dan keamanan pengiriman logistik menjadi hal yang penting untuk mendukung performa Timnas Indonesia. 

“Sebagai startup logistik nasional, Paxel mendukung sepak bola tanah air, lewat keahlian kami, layanan same day delivery antarkota antarprovinsi. Paxel akan memastikan logistik Timnas Indonesia pasti sampai dengan cepat, di manapun lokasi timnas berada. Harapannya Timnas Indonesia dapat fokus berlatih tanpa memusingkan distribusi logistik”, kata CEO Paxel Bryant Christanto, saat ditemui di Jakarta, Sabtu (31/08) lalu. 



Selama ini logistik menjadi faktor penting bagi timnas sepak bola Indonesia. Sebelumnya, PSSI menugaskan seorang kitman untuk mengurus seluruh kebutuhan logistik timnas. Misalnya adalah mengambil dan mengantarkan kembali perlengkapan dari tempat penyimpanan, lokasi latihan, hingga arena pertandingan. 

Nah gimana setelah adanya kolaborasi dengan Paxel? 

Setelah kolaborasi dengan Paxel, kitman cukup menjadwalkan pengiriman lewat kurir Paxel yang akan menjemput dan mengantar barang menggunakan mobil van. Hal ini tentunya dilakukan karena jaminan pelayanan Paxel yang tepat waktu. Serta tentunya faktor keamanan untuk memastikan distribusi logistik Timnas Indonesia berjalan lancar walau perlengkapan harus dikirim ke luar provinsi sekalipun. 


Smart Inventory Management Dari Paxel Untuk PSSI

Dalam kolaborasi tersebut, Paxel juga menghadirkan smart inventory management. Artinya adalah Paxel mendedikasikan satu gudang khusus untuk PSSI di Jakarta Barat. 

Deputi Sekretaris Jendral PSSI Marshal Masita mengungkapkan, “PSSI menyambut kerja sama ini dengan senang hati. Kami selalu berusaha memperbaiki setiap aspek dari timnas, salah satunya dari segi logistik. Proses belakang layar ini mungkin jarang diketahui publik, tetapi perannya sangat krusial.” 

Sebagai Sekjend, ada banyak harapan yang dilontarkan oleh Marshal Masita melihat proses persiapan yang lancar ini.

Marshal berharap Timnas Indonesia bisa fokus berlatih dan bertanding. Timnas nggak harus memikirkan masalah logistik yang kelihatannya sepele, tapi bisa mengganggu konsentrasi pemain. 


Kolaborasi logistik antara PSSI dan startup logistik Paxel ini merupakan bagian bagian dari kampanye Paxel #AntarkanKebaikan yang sudah berjalan sepanjang 2018. 

Seperti yang pernah saya tuliskan juga di blog ini, Paxel peduli dengan kegiatan CSR.

Silahkan baca : Paxel Antarkan Kebaikan Layanan Buka Puasa

Selama ini seperti yang kalian tahu bahwa selain mendukung Timnas Indonesia, Paxel juga berkolaborasi dengan Rumah Harapan Indonesia dan Yayasan Kanker Indonesia dalam bentuk penyaluran donasi dan distribusi bantuan.



Tentang PAXEL, Startup Logistik Same Day Delivery

Paxel (PT Paxel Algorita Unggul) adalah startup logistik berbasis teknologi pertama asal Indonesia yang mampu menghadirkan layanan same day delivery antarkota antarprovinsi dengan ongkos kirim flat. 

Hingga bulan Agustus 2019, pengguna aplikasi Paxel sudah melebihi 480.000 users dengan jumlah paket same day delivery yang berhasil dikirimkan lebih dari 860.000 paket. 

Paxel sudah menjangkau area Jabodetabek, Bandung, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Malang dan Bali. Proses pengiriman barang Paxel dari hulu ke hilir menggabungkan antara algoritma, teknologi dan manusia. Menggunakan sistem loker, aplikasi dan website. Nah udah tahu kan kalo Paxel diperkuat oleh ribuan happiness hero (kurir) yang siap melayani pelanggan di kota besar Jawa & Bali. 


Nggak sabar ya nungguin saat istimewa menjelang babak Kualifikasi Piala Dunia 2022. Saya berharap prestasi Timnas Piala Dunia mampu meraih prestasi yang mengagumkan. Yuk berharap yang terbaik ya. Wassalamualaikum.
Reading Time:

Selasa, 10 September 2019

Proses Memperbaiki Kecanduan Game Online di Pondok Pesantren Nurul Firdaus
September 10, 2019 39 Comments

Memperbaiki kecanduan game online
 


Assalamualaikum Sahabat. Pernah mengalami masalah saat buah hati kecanduan game online? Alhamdulillah anak-anak saya sejak awal kenal dengan game online itu aksesnya via PC. Jadi saya bisa mengawasi dengan ketat kapan jadwal mereka diijinkan main game online. Ada hari tertentu, biasanya Sabtu usai pulang sekolah sampai Minggu sebelum shalat Ashar.
Namun gak semua anak bisa loh diajarkan tentang penjadwalan main game online seperti ini. Ada ponakan yang kudu diminta paksa gadget nya karena suka lupa waktu ketika nge-game. Itu pun kadang masih pakai acara ngambek nggak mau makan atau mandi.

Cari Rujukan dan Konsultasi pada Ahli

Saat buah hati memiliki masalah kecanduan game online, Anda sebagai orang tua tentu harus bertindak. Memperbaiki kecanduan game online memang bisa melalui bantuan para ahli, tapi sebetulnya ada banyak cara yang orang tua bisa gunakan untuk hal ini.
Penggunaan psikolog dan tempat rehabilitasi kecanduan game online bisa digunakan untuk keperluan perbaikan kecanduan ini. Pondok Pesantren Nurul Firdaus adalah fasilitas yang berada di Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Di sini Anda akan mendapatkan layanan yang berkualitas bagi anak Anda agar sembuh dari kecanduan game online.
Cara – cara yang digunakan oleh pondok pesantren ini untuk merawat para pecandu game online tentu sudah sesuai dengan prosedur kesehatan mental. Menurut salah satu pengasuh pesantren, yaitu Dr. Gumilar, S.Pd., MM., CH., CHt., pNNLP, seperti dikutip dari blog pribadinya gumilar.net, proses rehabilitasi di sini berbasis dari jurnal penanganan kecanduan dari China dan Amerika.
Nah, jika Anda ingin tahu lebih detail metode yang digunakan dalam memperbaiki kecanduan game online di sini, mari bahas bersama di bawah ini!

Cognitive Behavior Therapy (CBT)

Metode CBT merupakan perubahan cara untuk mengatur kembali pola pikir tertentu dalam seseorang. Dalam tempat rehabilitasi, metode ini akan difokuskan untuk memodifikasi ketergantungan pada game. Jadi pola pikir yang membuat seseorang terlalu tergantung pada game, berusaha di arahkan menjadi lebih positif.
Perubahan ini dilakukan dengan konsultasi dengan therapist yang nantinya berlangsung dalam beberapa sesi. Setiap sesi, anak akan diminta merefleksikan hal – hal negatif yang ia alami dan si therapist akan berusaha membantunya.  
Nah, membantu ini tentu tidak secara langsung tapi bertahap. Misal si anak sulit bersosialisasi karena games, si therapist bisa menentukan goal untuk diselesaikan pada minggu ini.
Goal ini bisa berupa berbicara pada 10 orang berbeda, memberi salam secara rutin dan mencoba mengobrol minimal 10 menit sehari. Hal ini tentu kecil, tapi nantinya setiap sesi akan dinaikan lagi kesulitannya. Perubahan perlahan ini dilakukan pada tiap masalah yang si anak alami, terutama yang berhubungan dengan kecanduan game.

Motivational Interview (MI)

Metode ini lebih dianggap cocok untuk pasien yang sudah menjelang remaja sampai muda dewasa. MI lebih mencoba menggali motivasi diri yang ada pada si pasien. Biasanya sesi yang diadakan dalam terapi ini melibatkan sharing dan membantu refleksi diri. Motivasi yang dicari dalam sesi ini lebih ditujukan pada pasien itu sendiri.
Jika ia ingin berubah, bagaimana ia harus melakukannya. Therapist yang mendampingi akan menuntun si pasien dalam penemuan motivasi ini dengan berbincang dan interview, tapi untuk menjadi sukses, si pasien harus berusaha merubah dirinya sendiri dengan keputusan dari dalam diri.

Terapi Perilaku

Terapi yang satu ini melibatkan proses modifikasi lingkungan tempat hidup si pasien. Hal ini penting dilakukan untuk membentuk perilaku baru yang lebih positif. Di tempat pesantren, hal ini tentu lebih mudah dilakukan karena tempat bisa dibuat lebih kondusif.
Di sisi lain, terapi ini juga bisa dipelajari para orang tua untuk melatih si anak. Memperbaiki kecanduan game online melalui metode ini bisa dengan menerapkan aturan yang sehat dalam penggunaan komputer dan alat game. 
Sebagai pembantu anak untuk lepas dari rasa candu game, orang tua diharapkan menggunakan cara yang benar dalam menerapkan disiplin ini.
Jika salah bertindak, efeknya malah akan menjadi negatif. Banyak orang tua beralih pada intimidasi dan tindakan fisik saat proses disiplin, tapi hal ini tentu tidak benar. Hal yang benar adalah dengan pendekatan dan pendampingan.

Picture taken by orami
Buat sesi kegiatan yang melibatkan orang tua dan anak. Contoh, buat janji dengan anak Anda bahwa mereka hanya bisa main game saat orang tua mendampingi. Hal ini Anda praktekan secara rutin. Jangan karena malas, Anda tidak mau menemani anak Anda saat sesi bermain. Coba komunikasikan selama anak bermain dan buat sesi lebih pada pendampingan. 
Jika waktu bermain habis, ingatkan mereka tentang hal ini. Beri mereka penjelasan dan juga janji yang sudah ditentukan sebelumnya. Hal seperti pengurangan uang jajan, penyitaan game dan sejenisnya bisa jadi alat yang baik untuk membentuk disiplin anak. 

picture taken by orami
Ajak juga anak dalam kegiatan yang menguras energi di luar ruangan. Seperti main sepeda bersama teman-temanya atau dengan anda. Main lompat tali, dan mainan lainnya yang membutuhkan interaksi dengan teman seusianya.
Jika merasa kesulitan melakukan terapi ini di rumah, Pondok Pesantren Nurul Firdaus siap membantu Anda. Ayo hubungi segera jika Anda ingin anak memperbaiki kecanduan game online yang dia miliki. Wassalamualaikum.
Reading Time: