Ngabuburit Asik Bareng Sahabat, Enaknya di Mana? - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 06 Mei 2019

Ngabuburit Asik Bareng Sahabat, Enaknya di Mana?

Ngabuburit Enaknya di Mana?

Tempat Ngabuburit Asik

Assalamualaikum Sahabat. Sejak ada aplikasi WhatsApp, hubungan silaturahmi serasa dimudahkan. Bahkan rapat reuni atau halal bihalal menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran pun jadi dipermudah. Namun biasanya suasana ramadhan juga dijadikan momen untuk bertemu muka, silaturahmi sambil ngabuburit.

Ada tujuh alasan yang menjadi pertimbangan pilihan tempat ngabuburit menurut saya dan sahabat-sahabat saya. Yup, saya kira lingkaran pergaulan itu isinya adalah teman kerja, teman masa kecil (kalo masih menjalin silaturahmi), teman sekolah yang sekarang berubah nama jadi teman alumni, dan kerabat.

Beberapa pertimbangan yang selama ini sudah kami lakukan, didasarkan pada situasi dan kondisi setiap tahunnya. Ketika anak-anak masih kecil, enaknya sih diajak ngabuburit. Dengan catatan kondisi lokasi ramah dengan anak. 

Atau bisa juga anak-anak dititipkan pada keluarga, karena saya tinggal satu kota dengan orang tua jadi ini solusinya. Misal nggak ada yang bisa dititipi anak, dan kondisi di lokasi nggak ramah anak, saya pilih nggak ikut ngabuburit deh.


Arti Kata Ngabuburit

Ajakan ngabuburit sambil buka puasa itu rasanya menjadi hal yang biasa. Terutama menjelang akhir ramadhan. Saya dan suami sering mendapat ajakan buka bersama. Namun saya dan suami sependapat, buka puasa itu asiknya dilakukan di rumah. 

Bisa juga di rumah salah seorang sahabat. Seperti saat ngabuburit sembari perpisahan teman blogger Novia Domi yang akan pindah ke Payakumbuh. Blogger Gandjel Rel ngumpul di rumahnya. Beberapa bawa makanan sementara nyonya rumah cantik menyediakan makanan utama. Seru dan bikin nagih ini. Yuk kapan kita ngumpul seperti ini?


Tempat Ngabuburit Asik
Pict. by Noorma Fitirana
Meski beberapa kali saya dan suami akhirnya luluh dengan ajakan sahabat atau kerabat untuk ngabuburit sambil buka puasa bersama.

Arti kata Ngabuburit sendiri di Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah :
Ngabuburit diartikan sebagai menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan. Pada KBBI, kata Ngabuburit diberi keterangan (sd) sebagai penanda bahwa kata tersebut berasal dari Bahasa Sunda.
Saat ini kata 'ngabuburit' sudah sering digunakan dalam percakapan di sebagian besar wilayah Indonesia.


Tujuh Alasan Pertimbangan Ngabuburit

Ngabuburit emang asik kalo sesekali dilakukan, apalagi bareng sahabat masa sekolah atau kuliah. Ada pertimbangan khusus juga ketika akhirnya memutuskan ngabuburit di luar rumah.

Seperti persiapan makanan untuk anak-anak sudah siap. Jadi ketika saya dan suami buka puasa di luar rumah, anak-anak tetap bisa berbuka dengan sajian masakan yang sudah disiapkan. Dan ada orang dewasa yang mendampingi mereka saat berbuka puasa. 

Biasanya waktu mereka masih berusia di bawah 15 tahun dan 10 tahun, ada orang tua saya yang mendampingi di rumah. Atau saya dan suami mengantar keduanya ke rumah orang tua untuk buka puasa. Tapi ketika usia si sulung udah lebih dari 15 tahun, saya udah yakin kalo dia sanggup buka puasa hanya berdua bareng adiknya.

Saya dan suami sesekali mau juga diajakin ngabuburit, dengan 7 alasan yang jadi pertimbangan. Yaitu :

1. Tempat Ngabuburit Dekat Masjid 

Alasannya adalah, biasanya usai ngabuburit itu jalan menuju ke rumah macet. Butuh waktu minimal 30 menit hingga lebih dari itu bila akan pulang. Dan tentunya saya dan suami bakal ketinggalan waktu shalat Isya dan tarawih berjamaah di masjid. Kalo pilihan tempat ngabuburit dekat masjid, kami bisa memilih shalat Isya dan tarawih di masjid terdekat.


2. Tempat Makan Yang Asik

Tempat Ngabuburit Asik
Tempat makan di daerah
Kampung Kali Semarang
Saya suka kalo tempat untuk ngabuburit itu lokasinya ramah dengan anak dan orang tua. Kadang saya dan suami ngabuburit sambil ngajakin orang tua kami yang udah sepuh. Kalo lokasi untuk ngabuburit mesti naik turun kayaknya enggak jadi pilihan deh. 


3. Harga Makanan Yang Ramah Isi Dompet

Kalo alasan yang satu ini pasti banyak yang setuju. Nggak perlu resto mewah untuk ngabuburit. Meski standar harga tiap orang berbeda ya. Kalo saya dan suami, juga sahabat saya sepakat dengan standar harga untuk ngabuburit itu sekitar 50 ribu - 80 ribu per orang.


4. Ada Tempat Parkir 

Ya iya lah, lokasi untuk ngabuburit mesti memiliki lahan parkir yang memadai. Saya pernah tuh setengah jam cuma muteri satu blok gara-gara lahan parkir resto tempat ngabuburit kehabisan tempat parkir. Nggak asik ini, bikin semangat luruh dan pengennya pulang aja ke rumah. Apalagi kalo masakan buka puasa di rumah juga istimewa, hahahaaa.


5. Makanan Harus Halal

Tempat Ngabuburit Asik
Hokben Majapahit 
Namanya juga mau buka puasa, masa iya panitia memilih resto yang menyajikan masakan tidak halal?

Bisa aja sih. Apalagi saat ini resto chinese food sering tidak terang-terangan menjelaskan bahan masakan nya apakah halal atau tidak. Mending memilih resto di mall atau yang udah memiliki logo halal dari MUI.  

Boleh dibaca di : Nongkrong Asik di Resto Hokben Halal 

Saya kalo memilih resto chinese food biasanya udah kenal sama yang punya. Paling tidak teman saya kenal dan merekomendasikan resto chinese food itu.


6. Pelayanan dan Fasilitas 

Satu yang bikin saya nyaman saat ngabuburit itu adalah sikap pelayan resto. Apalagi biasanya saya dan suami bisa dua jam lebih di resto untuk makan dan numpang shalat. Kalo ketemu pelayanan yang bagus, kami sering loh balik lagi ke resto tersebut. Bahkan bisa jadi 4L, lu lagi lu lagi. Ya suami emang gitu, kalo udah cocok dan menu masakan, pelayanan resto dan fasilitasnya resto bagus, pasti balik lagi.

Soal fasilitas, yang penting toiletnya bersih, ada mushola juga, dan tempat wudlu. 

7. Ngabuburit di Masjid

Sebenarnya ngabuburit nggak harus di resto atau tempat makan di mall. Bisa juga ngabuburit di masjid. Nostalgia gitu kayak jaman masih jadi mahasiswi, ngabuburitnya di masjid. Ngurusi anak-anak tiap sore, bercerita atau menemani tadarus. 

Wah banyak banget kenangan manis saat ngabuburit masa muda dulu. Kalo sahabat gimana? Punya kenangan indah ngabuburit masa muda seperti saya? Sharing yuk, bagaimana kalian mengisi ngabuburit saat ramadhan? Wassalamualaikum.

19 komentar:

  1. pengennya tahun ini ngabuburit bareng teman sekolah SMP dan SMA, tapi barangkali saya nggak ikut tahun ini huhu, eh kok malah curhat yah. Semoga lancar puasanya yah kak

    BalasHapus
  2. Jaman masih sekolah, biasanya nunjuk rumah temen buat dijadiin tempat ngabuburit sekalian bukber. Kalo udah gitu biasanya sekalian taraweh bareng juga. Deuh, jadi rindu.

    BalasHapus
  3. Kayaknya asik kalo bukber dari masjid ke masjid. Terutama masjid yang punya ke khasan, kaya yang di kauman itu yg nyediain bubur ya kalo ga salah tiap Ramadhan. Tapi aku belum pernah nih.

    BalasHapus
  4. ngabuburitku sejak jadi emak skr ini adalah anter anak beli jajanan buka puasa di lapangan deket mesjid komplek. seru aja bikin lapar mata hahaha

    BalasHapus
  5. Aku paling setuju point terakhir ngabuburit dimasjid perbanyak ibadah pastinya dibulan puasa ini

    BalasHapus
  6. Bener banget mbak. Saya kalo chinese food daripada waswas mending ke mall aja sekalian yang jelas ada logo halal mui nya apa engga. Biar tenang hati menyantapnya

    BalasHapus
  7. Dan saya baru tahu kalau 'Ngabuburit' itu berasal dari Bahasa Sunda. Ishhh ke mana saja diriku ini.

    Kalau saya ngabuburit di mana aja oke. Yang penting satu, deket sama makanan yang enak dan jelas halal.

    Kalau chinese food saya juga hanya berani masuk ke tempat yang udah saya kenal dan jelas masakannya halal. Tapi memang ngabuburit paling asyik itu di Mall, tapi aku jauh dari Mall :(

    Palingan ya, ke alun-alun atau langsung ke resto/cafe tempat bukbernya.

    BalasHapus
  8. Kalo saya ngabuburitnya jualan mbk, sambil nunggu buka sambil berjualan. heee

    BalasHapus
  9. Kalau aku lebih seneng ngabuburit jajan keliling komplek dekat rumah, soalnya semuanya ada. Dan yang bikin lucu jalanan di komplek jadi macet gara-gara banyak jajanan :))

    BalasHapus
  10. Ngabuburit kalau ada undangan BUkber Mbak, hehehehe.
    PEngen seskali merasakan ikutan ngabuburit di MAsjid, tapi belum kesampaian. Ngajakin Suami belum bisa. Semuga tahun ini bisa, pengen ke MAsjid Jogokariyan,

    BalasHapus
  11. Ngabuburit ke cari takjil sambil keliling kota,sambil bawa anak2

    BalasHapus
  12. Ngabuburit sambil nyari takjil tuh paling seneng, hehe inginnya banyak . Beli ini dan itu heheh

    BalasHapus
  13. Sepakat dengan poin satu mb... Ngabuburit harus dekat masjid atau kalau itu merupakan tempat makab, harus memiliki masjid atau mushola yang representatif... Tidak lucu kan kalau kita ngadain acara buka bersama malah untuk sholat magribnya kita kelewat...hihi...

    BalasHapus
  14. Aku suka mikir-mikir buka bersama soalnya macetnya Jakarta tuh nyebeliin banget hehehe. Mendingan di rumah sama anak-anak dan suami..

    BalasHapus
  15. Aku ga ikutan bukber blogger lagi sejak 3 tahunan ini mb Wati. Pengen fokus mendampingi dua anak yg lagi belajar puasa

    BalasHapus
  16. Penting banget tempat ngabuburit dekat dengan masjid. Soalnya saat bukber itu pasti rame sekali ya, musolahnya pasti penuh dan antri.

    BalasHapus
  17. Aku udah lama ga ngabuburit sama teman mba, paling kalau waktunya pas baru deh bisa bareng ngabuburit. Apalagi kalau ngabuburitnya deket mesjid bisa sambil solat bareng.

    BalasHapus
  18. Kebetulan banget tadi aku ngabuburitnya moto jalanan alias nyetrit sekalian mau moto blue hour di Jakarta. Kalau ngabuburit bareng sahabat tuh enak banget ya mbak.

    BalasHapus
  19. Kalo aku ngabuburitnya nggak sampai maghrib mbak, sebelum waktu buka udah sampai rumah lagi. Kalopun harus melewati waktu maghrib, carinya yang dekat masjid, sama dengan mbak Wati

    BalasHapus