My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Selasa, 21 Januari 2020

Perbanyak Konsumsi Buah Sebagai Pilihan Cemilan Sehat
Januari 21, 2020 27 Comments

Perbanyak Konsumsi Buah Sebagai Pilihan Cemilan Sehat 


Assalamualaikum Sahabat. Memasuki musim penghujan sejak akhir Desember 2019 kemarin, saya mulai pilih-pilih soal makanan. Maklum deh usia udah lolita, harus memperhatikan asupan makanan kalo nggak pengen kena penyakit tidak menular.

Sebenarnya mencegah penyakit tidak menular itu susah-susah gampang. Susahnya adalah begitu banyak godaan yang datang ketika saya hadir dalam sebuah acara keluarga. Kalo undangan event blogger sih gampang, banyak teman blogger yang udah memilih makanan sehat dengan memperbanyak isi sayuran di piring.

Namun ketika arisan keluarga, dan tahu kalo saya memiliki kadar gula darah rendah, mereka selalu menyuruh saya mengambil nasi yang agak banyakan. Haduhhh, saya sendiri udah 15 tahun lebih membatasi asupan karbohidrat dari beras putih. Karena sejak memasuki usia 30 tahunan saya sadar bahwa konsumsi karbo harus dibatasi kalo tidak ingin menderita diabetes. Saya melihat kondisi tetangga waktu itu yang kena diabetes, sampai diamputasi kakinya. Duhhh saya nggak mau mengalami nasib seperti tetangga saya. 

Saya menyadari kalo kondisi tiap orang tidak lah sama. Namun tetap saja harus ada batasan untuk tiap orang yang tetap ingin sehat di usia tua. Meski punya asuransi kesehatan, uang deposito yang banyak, tapi kalo sakit-sakitan, apa asiknya?

Isi Piringku Sesuai Kapasitas Lambung

Sejak saya masih anak-anak, orang tua terutama bapak mengenalkan berbagai makanan yang sehat. Bahkan ibu saya selalu menyajikan sayur untuk teman makan nasi, di samping lauk sederhana tentunya.

Kebiasaan makanan yang sehat, sederhana, dan selalu menyajikan sayuran dari orang tua, yang membuat saya melakukan hal yang sama. Ada beberapa menu keluarga saya, diambil dari menu masakan ibu saya. Cuma ada beberapa yang saya tentukan dari hasil belajar dengan tetangga.

Menu Makanan 1 Minggu Keluarga saya adalah:
- Sayur bayam, pepes filet kakap, sambel tempe
- Tumis pokcoy, bandeng bakar
- Garang asem ayam, lalapan timun dan tomat
- Urap sayuran, bacem tahu dan tempe
- Sayur asem, pepes ikan blanak
- Bandeng masak pindang srani, lalapan timun, tomat
- Filet ikan kakap asam manis, tumis kacang panjang tauge dele

Intinya harus ada sayuran di setiap sajian masakan di dapur rumah saya. Kalo nggak masakan sayur, ya lalapan timun, tomat, slada, atau kecambah mentah.


Sesekali saya juga masak soto dengan lauk pergedel dan tempe goreng. Namun untuk gorengan memang sejak dua tahun ini sudah mulai dikurangi. Meski nggak tiap hari konsumsi makanan yang digoreng, tapi kami masih sesekali memasukkan tempe goreng atau tahu goreng dalam lauk. Tapi kami telah lama menggunakan minyak jagung atau minyak kanola untuk menggoreng tempe, tahu atau ayam. Penggunaan minyak juga cukup dua kali aja. Makanya minyak goreng 1 liter kadang habisnya sampai 1 bulan, bisa lebih atau kurang beberapa hari.

Mengapa saya masih bikin tempe atau tahu goreng, ayam goreng sesekali? Tahun 2017 awal saya pernah ikut program diet dengan tantangan tidak makan masakan yang digoreng sama sekali. Saya bisa mengikutinya hingga 7 bulan. Dan efeknya adalah kolesterol saya di bawah 30, low banget. Saya jadi lemes. Bahkan sampai masuk rumah sakit.

Akhirnya saya balik ke menu makan yang sesuai untuk diri saya sendiri, dengan anjuran dokter yang merawat di rumah sakit, juga ahli gizi yang menjadi konsultan menu makanan saya.

"Mengurangi makanan yang digoreng itu wajib, tapi jangan berlebihan. Boleh sesekali makan." ujar dokter.

Sementara ahli gizi bilang, apa-apa yang berlebihan itu tidak baik. Semua harus seimbang. Memperbanyak makan buah gak apa, justru bagus untuk kadar gula darah karena mendapatkan gula alami. 


Sebenarnya isi piring makan suami dan saya, sudah sesuai dengan anjuran Kemenkes. Cuma komposisinya aja yang beda, seperti karbo lebih sedikit. Untuk perempuan usia 40 - 50 tahun, lebih baik mengurangi asupan karbohidratnya. Yaitu makan tetap sehari tiga kali, tapi nasi cukup 3 sendok makan. Sayurannya diperbanyak, dan hindari makanan yang berkuah santan. 

Meski saya masih seringnya makan sehari dua kali, karena lebih banyak minum air putih dan ngemil buah. Apalagi kalo ngikut kerja suami, saya selalu bawa bekal buah potong. Bisa apel, pepaya, melon, atau buah apa aja yang sedang ada di rumah.


Untuk makan bisa menu garang asem ayam, saya nggak pernah menggunakan santan meski ada banyak resep yang dibagi di Google, pakai santan. Saya cukup menggunakan bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, tomat hijau, belimbing wuluh, cabe, daun salam, kunyit, jahe, sere, lengkuas, dan asem jawa. Kalo ingin agak kental, tinggal haluskan kemiri. 

Sebenarnya banyak sekali pilihan masakan tradisional Jawa dari leluhur kita yang memiliki resep sederhana dan menggunakan rempah. Masakan jadi lebih enak, sehat, dan tetap murah.

Memilih Cemilan Buah di Sela Waktu Makan


Sebenarnya yang bikin tubuh jadi melebar ke kanan dan kiri adalah, cemilan yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik, dan banyak rebahan, hahahahaa.

Terutama kalo musim hujan, di rumah aja, menatap keluar rumah rasanya seperti mendapat hiburan yang menyenangkan. Karena saya suka menatap turunnya air hujan ke permukaan bumi. Nah, paling asik kan sambil rebahan gitu. 

Padahal mestinya musim hujan tak menghalangi kegiatan work out di rumah. Apalagi saya memang lebih nyaman work out di rumah, lebih privat, sendiri juga nggak apa-apa karena intinya adalah ada keringat yang mengalir. Tubuh jadi berasa bugar. Biasanya saya buka channel Youtube yang sharing tentang work out 20 - 30 menit untuk gerakan sederhana. Namun hasilnya keringat sampai membasahi tubuh.

Nah, kalo suami saya penyuka cemilan. Dan sebagai ibu dan istri yang menyayangi keluarga, saya suka menyiapkan segala jenis cemilan untuk suami dan anak-anak. 

Bahayanya adalah karena anak-anak udah banyak kegiatan dan nggak sempat ngemil jajanan yang saya sediakan di toples-toples. Orang pertama yang bakal menghabiskan cemilan adalah suami. Saya sendiri kalo udah asik ngedraft artikel, atau baca buku, jadi lupa ngemil. Sementara suami sepulang ngurus kerjaannya, biasanya siang hari akan mampir ke rumah untuk makan siang. Nah, begitu udah selesai makan siang, dia akan nyari cemilan gitu. Hahahaa.

Bayangkan dong, perut udah penuh dengan menu makan siang. Eh masih juga diisi dengan cemilan, bisa apa aja deh cemilannya. 

Eh tapi itu dahulu, ketika dia belum kena serangan jantung. Alhamdulillah Allah masih memberikan usia panjang, jadi suami selamat namun dengan catatan harus mengubah pola makannya.

Sebenarnya sejak tahun 2005 saya udah mengikuti pola makan food combining. Setiap bangun tidur, minum jeruk nipis peras dipadukan dengan air hangat. Kemudian setelah shalat Shubuh dan menyiapkan sarapan pagi, saya memilih sarapan buah. Kemudian selang dua jam saya makan salad sayuran tanpa toping mayonese. Saya kurang suka sih toping mayonese karena lebih menyukai toping dari cincangan strawberry atau nanas. Lebih menyegarkan.

Namun ketika tahun 2010 saya pindah rumah, mendekati rumah orang tua saya di kawasan Tlogosari, saya meninggalkan pola makan food combining. 

Alasan mengurus rumah baru, merenovasi, menata barang-barang, bikin kesibukan saya bertambah. Ibu yang memasakkan menu makan untuk keluarga. Belum lagi ada omongan dari beberapa orang yang mengatakan saya terlihat kurus sejak ikut pola makan FC. Huehuee, bikin nyesek. Dan saya terhasut. Otomatis lah saya pun ikut mengonsumsi makanan seperti sebelum kenal food combining. Meski begitu saya tetap sarapan buah. 

Eh kok ngelantur nulisnya mengenang jaman dahulu. Kembali ya ke masalah kesehatan suami pada tahun 2018. 

Suami memang agak susah mengikuti gaya hidup saya, yaitu makan buah saat sarapan. Dia harus jam 8 pagi ke lokasi proyek, kudu makan yang kenyang, katanya. Kalo makan buah aja, mana bisa kenyang. Padahal asal jumlah buah yang dijadikan sarapan udah cukup, tetap kenyang kok sampai jadwal makan siang nanti.

Akhirnya saya mengikuti minat suami, keinginannya, agar dia mau makan buah. Sarapan pagi biasanya saya sediakan potongan buah bervariasi setiap harinya. Kalo hari ini melon dan pepaya. Bisa aja besok ganti alpukat dengan ditaburi kismis.



Saya juga menyesuaikan jam makan dan cemilan setelah konsultasi dengan ahli gizi. Jadi setiap pagi, suami udah makan buah terlebih dulu, sekitar jam setengah tujuh. Nanti sejam kemudian, dia akan makan nasi dan sayuran. Nasinya juga cuma 4 sendok makan. Karena bagaimana pun dia butuh karbo untuk kegiatannya kerja di lapangan.

Nah di antara makan pagi dan makan siang, saya siapkan bekal buah untuk suami. Seringnya sih apel atau pir sesuai anjuran ahli gizi. Kedua buah ini memang bagus dijadikan cemilan bagi yang ingin menjaga tubuhnya tetap sehat. 

Silahkan baca : Resolusi Sehat 2020

Mengapa saya fokus dengan cemilan sehat untuk suami, bukan anak-anak juga?
Karena sejak anak-anak masih balita, saya udah mengenalkan mereka dengan beragam buah untuk cemilan antara makan pagi dan makan siang.

Biasanya saya menyediakan waktu khusus untuk mengupas, memotong, dan menyajikan buah agar anak-anak mau mengonsumsinya. Saya yakin, bila sehari itu anak-anak nggak mau makan sayuran, asal tetap mengonsumsi buah, mereka tetap mendapat vitamin yang cukup.

Saya bersyukur anak-anak suka makan buah dan tidak memilih-milih. Buah apa aja suka, kecuali si bungsu yang tidak suka buah durian. Tapi nggak masalah karena buah itu juga nggak bagus kan kalo dimakan setiap hari. Nggak bagus untuk isi dompet, hahahaa.

Buah kesukaan anak-anak beragam karena saya mengenalkan berbagai jenis buah. Setiap pagi saya selalu menyiapkan pepaya, semangka, melon, pisang, apel, pir, bergantian sesuai yang ada di tempat tukang jual sayuran.

Sekali dalam seminggu, saya juga ke supermarket dekat rumah untuk belanja buah dengan kualitas yang bagus. Seperti Apel Washinton, atau Apel royal gala, pisang cavendish, anggur, atau pir, dan jeruk sunkist.





Nah, kalo menyajikan apel, setelah dipotong-potong, saya akan kucuri dengan jeruk nipis hasil memetik di kebun sendiri. Rasanya jadi lebih segar dan anak-anak menyukainya. 

Beberapa ibu-ibu ada yang mengeluh karena anak-anak mereka tidak menyukai buah apel. Padahal kandungan gizinya cukup penting loh. Memang kesukaan akan makanan harus dikenalkan sejak kecil agar anak-anak tidak pilih-pilih. Terutama buah ya, karena apel memang buah dengan tekstur keras dan tidak semua anak kecil menyukainya.

Dahulu saya memotong apel dengan ukuran kecil, sekali makan langsung masuk mulut. Disesuaikan lah dengan ukuran mulut anak kecil.  Memang butuh waktu lama untuk menghabiskan separo apel bagi anak usia tiga tahun. Tapi dengan kesabaran kalian mengenalkan buah apel pada anak-anak, tentu berefek dengan kesukaan di kemudian hari.

Saya bersyukur anak-anak masih menyukai buah apapun yang saya siapkan untuk sarapan. Cuma kalo mereka terburu-buru berangkat ke kampus, saya bawakah sebutir apel. Terutama si bungsu yang suka makan langsung tanpa dikupas. Tentunya harus dicuci dulu sebelum saya kasih pada si bungsu untuk dibawa ke kampus.

Harapan saya adalah menginginkan keluarga tetap sehat dengan berusaha memilih makanan sehat. Salah satunya adalah memperbanyak ngemil buah dan minum air putih minimal 2,5 liter per hari. Ikhtiar ini tentu butuh niat dan komitmen yang kuat untuk melakukannya dari seluruh anggota keluarga. Semoga ya. Wassalamualaikum.
Reading Time:

Selasa, 14 Januari 2020

Bijak Memilih Investasi Bitcoin di Jaman Digital
Januari 14, 2020 24 Comments

Bijak Memilih Investasi Bitcoin di Era Digital


Assalamualaikum Sahabat. Sebagai warga yang hidup di jaman digital, tentunya harus pintar juga mengelola keuangan. Yang saya maksud tentunya buka sekedar menyimpan uang di bank. Namun juga memiliki investasi dalam berbagai pilihan. Bisa emas, reksadana, saham, dan lainnya.


Dunia digital telah mengenalkan beragam investasi yang menggiurkan. Perkembangan tren era digital makin memberi banyak pilihan untuk kaum milenial berinvestasi. Dan udah lama juga loh adanya investasi dalam bentuk kripto (cryptocurrency), dan fintech.


Perlu kamu ketahui, keberadaan aset kripto seperti Bitcoin dinilai makin diminati oleh generasi milenial, terutama di Indonesia.

Milenial itu kan identik dengan usia produktif serta penghasilan yang cukup besar. Mereka perlu mendapat dorongan untuk berinvestasi. Dengan memperkenalkan mereka investasi sejak muda, tentunya juga menjadi langkah nyata mengelola keuangan untuk masa depan. 


Berkenalan Dengan Bitcoin


Apa yang kamu ketahui dengan bitcoin? Sebelum saya cerita lebih jauh, yuk kenalan dulu tentang bitcoin. Terutama bila kamu sama sekali belum pernah mendengar tentang bitcoin.




Bitcoin adalah mata uang digital yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Aset digital ini seperti halnya emas, namun hanya tersedia di dunia digital. 


Saat ini tampaknya julukan mata uang digital sudah tidak cocok lagi disematkan pada Bitcoin. Lebih tepatnya merupakan emas digital.


Tentu saja alasannya adalah karena tidak mungkin menjadikan Bitcoin sebagai alat pembayaran sehari-hari. Nah bila tidak mungkin dijadikan alat pembayaran untuk transaksi harian, bitcoin tidak mungkin disebut uang.


Eh tapi kalian tentu masih ingat, 20 tahun yang lalu apa ada yang familiar dengan email? Ada sih yang mengenal email dan menggunakannya, tapi masih sebatas karyawan perusahaan untuk mengirim data. Jarang banget kan personal yang merasa butuh memiliki email.


Coba bandingkan saat ini, ketika hampir setiap orang memiliki email untuk verifikasi akun sosial media miliknya. Atau untuk melakukan berbagai transaksi keuangan baik dengan dompet digital maupun internet banking.


Nah bitcoin memang merupakan jenis mata uang digital yang masih baru, boleh dikatakan jarang yang memilikinya. Bitcoin juga merupakan sebuah alat transaksi langsung, karena itulah disebut menggunakan sistem Peer-to-Peer.


Sistem peer-to-peer adalah sistem pembayaran tanpa perantara secara elektronik. Topologinya merupakan jaringan dan tanpa entitas manajemen pusat. Ini yang dulu sempat menjadi larangan pemerintah terhadap mata uang digital satu ini. Alasannya adalah pemerintah atau lembaga mana pun tidak memiliki otoritas untuk mengontrol distribusi dan penerbitan mata uang tersebut.


Apakah Bitcoin Sudah Legal di Indonesia?


Meski sebelumnya masih belum jelas dasar hukumnya, beberapa startup sudah menggunakan bitcoin untuk alat pembayaran. Sebagai alat pembayaran alternatif yang lebih efisien saat melakukan transfer uang lintas batas, juga lebih murah.


Apalagi kaum milenial Amerika sebagai negara dengan tingkat perekonomian terbesar, banyak yang juga menggunakan bitcoin.


Mereka merasa lebih nyaman menggunakan sebagian kekayaan untuk diinvestasikan dalam bitcoin yang disimpan dengan aman. 




Transaksi menggunakan bitcoin disebut-sebut aman. Pasalnya setiap transaksi yang menggunakan bitcoin akan tercatat dan terverifikasi melalui sebuah jaringan. Kemudian melalui teknik-teknik kriptografi akan tercatat dalam sebuah brankas data milik publik. Teknologi penyimpanan ini disebut dengan blockchain.


Sejak tahun 2018, tepatnya tanggal 2 Oktober sudah terbit Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 99 tahun 2018 tentang Kebijakan Umum Penyelenggaraan Perdagangan Berjangka Aset Kripto.


Crypptocurrency, seperti juga Bitcoin secara resmi dinyatakan sebagai Aset Kripto yang sudah terdaftar sebagai barang legal dan dapat diperdagangkan sebagai komoditas di Indonesia.


Maksudnya adalah Menteri Perdagangan Republik Indonesia telah melihat bahwa crypto merupakan aset yang telah berkembang luas di masyarakat saat ini. Sehingga layak dijadikan komoditi yang diperdagangkan di Bursa Berjangka.


Secara hukum Islam pula, sejak Januari 2017, Ketua Komisi Dakwah MUI telah menyatakan soal hukum bitcoin. KH. Cholil Menuturkan bahwa hukum Bitcoin sebagai alat tukar adalah mubah (boleh).


Sebenarnya masih banyak yang mesti dipelajari terkait bitcoin. Misalkan kalian tertarik investasi bitcoin atau mata uang digital lainnya, sebaiknya perhatikan dan pelajari dengan seksama.


Tidak seperti pasar saham ataupun komoditi, bitcoin tidak memiliki dasar penjualan yang jelas. Hal ini berarti kalian harus mempertaruhkan harta untuk sesuatu yang bisa bernilai nol. Bila dianalogikan, apabila sudah tidak ada lagi orang di dunia ini yang menerima transaksi melalui bitcoin, maka bitcoin kalian tidak akan ada harganya sama sekali.




Dengan kata lain, fluktuasi dari nilai bitcoin ini benar-benar bergantung pada penawaran dan permintaan dari para pengguna. Bedanya dengan saham atau komoditi, jika permintaannya turun, kalian tetap memiliki barang nyata berupa komoditas ataupun hak kepemilikan perusahaan dari saham yang dibeli. 


Bitcoin adalah uji coba mata uang baru yang terus aktif dikembangkan. Meskipun seiring waktu dan bertambahnya penggunaan Bitcoin menjadi semakin matang. Namun kalian perlu mengingat bahwa Bitcoin adalah penemuan baru dengan menjelajahi ide yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dengan demikian, masa depan Bitcoin tidak bisa diprediksi oleh siapapun.


Bagaimana Cara Membeli Bitcoin?



Sebelum kalian membeli bitcoin, alangkah baiknya mengunduh aplikasinya terlebih dulu. Saat ini terdapat beragam aplikasi untuk memantau harga bitcoin di Play Store.




Aplikasi ini berguna untuk menganalisa naik dan turunnya harga bitcoin tersebut. Pelajari fitur yang ada dalam aplikasi tentang pergerakan harga bitcoin, proses jual beli, menambang bitcoin, atau lainnya.


Selain dari aplikasi, ada juga cara belajar bitcoin dengan menggunakan limit. Metode ini membantu kalian yang masih pemula tapi ingin investasi di bidang bitcoin. Dengan cara memberi batasan nilai bitcoin yang sesuai keinginan kalian. Jadi kalian bisa menetapkan batasan nilai pembelian bitcoin. Begitu juga saatnya nanti akan melakukan penjualan, ada nilai limit yang sudah ditentukan.


Karena pasar bitcoin memang cenderung naik turun, jadi kalian mesti cerdas membaca harga terendah saat memutuskan untuk membeli.


Banyak jalan menuju Roma, banyak cara belajar bitcoin. Jangan bingung ya, cari informasi yang benar tentang bitcoin dan pelajari mulai sekarang. Terima kasih. Wassalamualaikum.

Gambar diambil dari :
- Tradingindo.com
- Cryptocurrency

Reading Time:

Jumat, 03 Januari 2020

Kontribusi PT. Freeport Indonesia Membuka Peluang Kerja Bagi Warga Asli Papua
Januari 03, 2020 41 Comments
Kontribusi PT. Freeport Indonesia Membuka Peluang Kerja Bagi Warga Asli Papua



Assalamualaikum Sahabat. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia, khususnya Papua memiliki harta berharga. Harta tersebut dikelola oleh PT. Freeport Indonesia. Harta berupa tambang tembaga dan emas di bawah tanah terbesar di dunia.

Pernah kalian membayangkan menjadi bagian sebagai pekerja di PT. Freeport Indonesia? 

Mata berbinar membayangkan berapa gaji yang akan menjadi hak pekerja tambang di PT. Freeport Indonesia. Saya memiliki beberapa teman yang bekerja di sana. Mendengar kesejahteraan keluarga yang tetap memilih tinggal di Jawa, tentu merupakan kabar bahagia bagi kami, teman-temannya.

Sudah sewajarnya kalo kesejahteraan pekerja tambang menjadi prioritas perusahaan. Sesuai misi PT. Freeport Indonesia yang berkomitmen untuk secara kreatif mentransformasikan sumber daya alam menjadi kesejahteraan dan pembangunan yang berkelanjutan.




Kesejahteraan ini pula yang menjadi impian banyak anak muda ingin ikut menikmatinya, seperti mereka yang sudah bekerja di tambang.

PT. Freeport Indonesia dan Papua

Papua merupakan provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia. Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini. Provinsi Papua sebelumnya bernama Irian Jaya yang mencakup seluruh wilayah Papua Bagian barat. 

Sejak tahun 2003, Papua terbagi menjadi dua provinsi dengan bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya memakai nama Papua Barat. Papua memiliki luas 808.105 km persegi. Dan apakah kalian sudah mengetahui, kalo Papua merupakan pulau terbesar kedua di dunia dan terbesar pertama di Indonesia.

Freeport-McMoRan (FCX) merupakan suatu perusahaan tambang internasional terkemuka dengan kantor pusat di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. FCX mengoperasikan aset yang besar, berumur panjang yang tersebar secara geografis, dengan cadangan tembaga, emas dan molybdenum yang signifikan. 

Portofolio aset FCX meliputi kawasan mineral Grasberg di Papua, Indonesia. Hingga gurun-gurun di Barat Daya Amerika Serikat, dan operasi penambangan yang signifikan di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Termasuk uga kawasan mineral Morenci yang berskala besar di Arizona dan operasi Cerro Verde di Peru. FCX merupakan perusahaan publik penghasil tembaga terbesar di dunia. Bahkan saham FCX diperdagangkan di New York Stock Exchange dengan symbol “FCX” yang sangat terkenal luas.

Tambang di kawasan mineral Grasberg, Papua - Indonesia merupakan salah satu deposit tembaga dan emas terbesar di dunia. Saat ini tengah mengerjakan beberapa proyek pada kawasan mineral Grasberg, sehubungan dengan pengembangan beberapa tambang bawah tanah berkadar tinggi yang berskala besar dan berumur panjang. 

Harapannya memang secara keseluruhan, semua tambang bawah tanah ini dapat menghasilkan tembaga dan emas skala besar sehubungan dengan peralihan dari tambang terbuka Grasberg.

Keberadaan tambang Freeport Indonesia diharapkan bisa meningkatkan kemampuan masyarakat-masyarakat di Papua, khususnya wilayah Mimika. Sebab 94% pendapatan asli di wilayah Mimika berasal dari tambang emas tersebut.

Wilayah Operasi PT. Freeport Indonesia
Dan tambang emas Freeport merupakan salah satu aset terbaik yang dimiliki bangsa Indonesia. Aset yang dimiliki Indonesia bukan hanya dilihat dari keuntungan dan nilai material. Tetapi juga dilihat dari cara BUMN atau negara mengelola tambang emas Freeport. Untuk itu, para pekerja Indonesia harus bisa menguasai ilmu-ilmu dalam pengelolaan tambang emas secara modern.

Pengelolaan tambang juga harus mampu meningkatkan dan mendorong ekonomi nasional, khususnya Provinsi Papua. Ini tanggung jawab bersama Freeport dan Inalum. Sehingga masyarakat Mimika dan sekitar tambang bisa menjadi mandiri jika sudah tidak ada Freeport lagi.


Kontribusi Freeport Untuk Masyarakat

Dari prestasi yang dihasilkan secara materi oleh PT. Freeport Indonesia, terselip juga sumbangsih bagi negeri ini.  Adalah Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN) di Kuala Kencana, Timika, Papua yang menjadi kebanggan karena hadir tepat di lokasi pertambangan.

IPN merupakan bentuk pendidikan yang aplikatif karena bersentuhan langsung dengan kebutuhan di lokasi tersebut. Kontribusi yang diberikan dengan mendidik sumber daya manusia ini sangat penting.

Institut Pertambangan Nemangkawi memiliki program dengan keunggulan yang dapat diaplikasikan langsung di dunia kerja. Dengan dukungan fasilitas yang memadai, bukan tak mungkin pengelolaan pertambangan di Indonesia secara luas bisa dilakukan oleh putera-putera daerah terbaik lulusan Institut Pertambangan Nemangkawi.


Picture taken by Goodnewsfromindonesia
Institut Pertambangan Nemangkawi merupakan bentuk lembaga pendidikan yang menjadi kontribusi Freeport untuk Masyarakat Papua. Jadi memang tujuan Institut Pertambangan Nemangkawi ini untuk menyediakan pendidikan dan pelatihan bagi siswa pramagang dan magang, dan memberikan pengembangan, terutama bagi orang Papua.

Institut Pertambangan Nemangkawi didirikan dan dikelola oleh sebuah departemen PT. Freeport Indonesia. Institut Pertambangan Nemangkawi terletak di area seluas 8 hektar di dalam area industri PT. Freeport Indonesia di Kuala Kencana. 

Institut Pertambangan Nemangkawi terdapat banyak sekali program yang menarik. Misalnya program pendidikan orang dewasa, program pra-magang, program magang, program master administrasi niaga (MBA), program administrasi niaga (D3), pelatihan dan pengembangan karyawan PT Freeport Indonesia, dan Papuan Bridge Program.

Salah satu programnya adalah Program Pendidikan Orang Dewasa. Program ini dilakukan untuk kelompok suku asli di Mimika, masyarakat Amungne dan Kamoro, yang membutuhkan peningkatan melek huruf dan berhitung. Program ini dilakukan dengan orang lain untuk mengembangkan kompetensi pekerjaan teknis. Ini adalah program tiga tahun, terdiri dari kedua off-pekerjaan dan pengembangan on-job. 


Picture taken by. Tribunnews
Sementara program magang dirancang untuk memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan yang meliputi kejuruan dan posisi operator di PT. Freeport Indonesia dan kontraktor. Apprenticeship merupakan program tiga tahun dengan tiga sampai empat bulan off job class setiap tahun dan sekitar delapan bulan pelatihan on job training. 

Institut Pertambangan Nemangkawi mengelola dan memantau perkembangan on job training dan off job training setiap siswa melalui modul program magang. Program magang ini mengikuti Pertambangan Indonesia dan peraturan Departemen Tenaga Kerja.

Masih banyak program-program lainnya yang menarik misalnya Papuan Bridge Program yang merupakan bagian dari program kepedulian kepada masyarakat setempat yang disediakan oleh Institut Pertambangan Nemangkawi.

Institut Pertambangan Nemangkawi memiliki ruang workshop yang sesuai dengan keadaan aslinya. Fasilitas pendidikan yang memadai tersedia begitu lengkap. Alat-alat berat yang ada di pertambangan semuanya ada di lokasi tersebut. Meski alat berat yang digunakan merupakan barang bekas, namun masih bisa dipergunakan dan tidak nampak seperti barang bekas.

Tentunya bila anak muda Papua mendapatkan pendidikan seperti di Institut Pertambangan Nemangkawi ini, kelak bisa mengaplikasikannya langsung di dunia kerja. Mereka tentu akan lolos seleksi penerimaan karyawan di PT. Freeport Indonesia. 

Bagi anak muda Papua yang memiliki keahlian bekerja di tambang, tentu ada kebanggaan dari diri mereka. Yaitu bisa memberikan sumbangsih dengan bekerja di tanah kelahirannya. Saya berharap makin banyak anak muda Papua yang memiliki kualitas kerja tak kalah bagusnya dengan pekerja lain. Wassalamualaikum sahabat.


Sumber Materi :
-https://id.wikipedia.org/wiki/Papua

-Website PT. Freeport Indonesia

-https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/01/10/lebih-dekat-melihat-institut-pertambangan-nemangkawi

-https://ekbis.sindonews.com/read/1424605/34/kontribusi-freeport-ke-ekonomi-papua-dan-indonesia-harus-lebih-besar-1564314174

-https://finance.detik.com/energi/d-4643384/di-sini-warga-papua-ditempa-menjadi-petambang-freeport
Reading Time:

Rabu, 01 Januari 2020

Review Film Jumanji: The Next Level, Dari Kegelisahan Yang Berujung Petualangan Seru
Januari 01, 2020 23 Comments

Review Film Jumanji: The Next Level


Assalamualaikum Sahabat. Akhir tahun 2019 disemarakkan dengan kehadiran film-film yang menarik, seru, mendebarkan, hingga yang romantis. Desember jadi bulan yang semarak dan penuh warna. Saya dan suami sampai kewalahan memilih judul film, karena tidak semua kami sukai. 

Meski aslinya selera suami dan saya tidak sama. Tetep nggak jauh juga bedanya, yaitu film import dari Hollywood. Bukan itu saja sih, tapi juga menyesuaikan waktu longgar suami. Pernah loh saya udah siap sesuai janji suami mau nonton jam segini misalnya. Eh suami kelupaan dan bikin janji dengan klien, wkwkwkkk.

Sebenarnya ada beberapa film yang udah saya tonton pada bulan Desember ini. Di antaranya ada Knives Out, yang review nya sudah saya tulis di blog ini.

Silahkan baca : 


Kisah petualangan empat sahabat yang kembali hadir dalam film aksi petualangan yang mendebarkan. Dari kejar-kejaran dengan burung unta, menghindari pertarungan sengit dengan kawanan monyet, hingga menemukan kembali sebuah warisan milik suku tertua di Jumanji.

Bagian dari sekuel Jumanji: Welcome To The Jungle ini, hadir dengan bumbu komedi yang pas banget. Bahkan dari awal pun cukup sukses membuat penonton tertawa tanpa henti. Namun tidak hanya menghadirkan komedi yang memunculkan tawa penonton. Jumanji The Next Level juga menghadirkan adegan yang menyentuh hati.

Komplit deh cerita dalam film ini, dengan hadirnya adegan yang menyentuh hingga mengobrak-abrik emosi penonton. Huehuee, saya teringat pada mata yang terasa panas karena menahan isak tangis.

Sungguh film ini mampu mengaduk-aduk emosi saya. 

Sinopsis Film Jumanji, The Next Level:

Petualangan Spencer (Alex Wolff), Fridge (Ser’Darius Blain), Martha (Morgan Turner) dan Bethany (Madison Iseman) dimulai dengan hal yang konyol. Rasa insekuriti spencer-lah yang mengantarkannya kembali ke dalam permainan gila bin ajaib itu. 

Mereka adalah empat sahabat yang memiliki perasaan kuat terhadap satu sama lain. Martha, Fridge, dan Bethany kembali ikut mempertaruhkan nyawa mereka demi menyelamatkan Spencer.


Mau tidak mau, suka atau tidak suka, mereka harus kembali ke permainan itu. Avatar utama dalam permainan ini seperti Dr. Smolder Bravestone (Dwayne Johnson), Ruby Roundhouse (Karen Gillan), Moose Finbar (Kevin Hart), dan Professor Shelly Oberon (Jack Black) adalah karakter yang tentu saja familiar kalo kalian adalah penyuka film petualangan ini sebelumnya.

Namun kali ini ada karakter tambahan yang membantu empat karakter utama tadi untuk menyelesaikan permainan. Yang paling konyol antara penentuan avatar kali ini tidak semulus biasanya. Permainan gila itu justru memunculkan tambahan avatar dan melakukan perubahan avatar secara acak.

Akankah Spencer kembali menjadi Dr. Smolder Bravestone di dalam permainan tersebut? Ataukah ada orang lain yang tak terduga memasuki permainan gila tersebut? 


Review Film Jumanji, The Next Level

Saya dan suami nonton film ini untuk menemani adik ipar dan ponakan. Kami sengaja memilih nonton film pukul 21.10 malam itu karena pas dengan waktu pilihan kami semua.


Oiya film ini sebenarnya bukan pilihan tontonan kesukaan saya dan suami. Kami nonton film ini karena ajakan adik ipar aja, hahahaa. Tapi so far, saya suka sih. Alasannya adalah Jumanji, The Next Level cukup untuk dijadikan film yang menghibur. Saya dan hampir semua penonton selalu tertawa ngakak sepanjang nonton film ini.

Kali ini Jumanji yang mereka mainkan lebih sulit dan berbahaya dari sebelumnya. Mereka harus menjelajah ke daerah-daerah baru yang belum mereka taklukkan sebelumnya. Dahulu mereka hanya bermain di hutan belantara. Namun di film ini, komplit deh lokasinya. Mulai dari gunung es, gurun pasir, hingga ke hutan belantara. Nah tentunya rintangan yang dihadapi bakal berbeda dengan film sebelumnya.



Yang lebih menarik lagi, kakek Spencer, Eddie dan sahabatnya, Milo, juga ikut-ikutan terjebak dalam permainan ini. Keberadaan 2 kakek ini bikin permainan jadi makin sulit.

Okay berikut saya tuliskan review ala saya untuk film Jumanji, The Next Level.

Film ini dibuka dengan kisah empat anak muda di empat tempat yang berbeda. Mereka adalah Spencer (Alex Wolff), Fridge (Ser’Darius Blain), Martha (Morgan Turner) dan Bethany (Madison Iseman). 



Spencer dan Martha dulunya sepasang kekasih, sebelum akhirnya putus. Saya kok lupa alasan mereka putus karena apa, hahahaa.

Yang jelas mereka terhubung dengan semacam alat komunikasi. Mereka berjanji untuk bertemu dan berkumpul di kafe yang sekarang dimiliki oleh Nora. Kafe ini dulunya milik kakek Spencer yang bernama Eddie dan temannya, Milo Walker.

Rupanya Spencer khawatir mengenai pertemuan dengan semua orang terutama Martha. Mereka sudah memutuskan hubungan, dan Spencer berpikir mereka mempunyai kehidupan lebih baik.  Spencer galau dengan keputusannya untuk kembali ke rumahnya dan bertemu tiga sahabatnya. Ia memutuskan turun ke ruang bawah tanah rumahnya, dan mencari permainan Jumanji yang sudah disimpannya.

Martha, Bethany dan Fridge menjadi khawatir sebab Spencer tak juga muncul malam itu. Pagi harinya, mereka pun ke rumah Spencer. Di sana mereka hanya bertemu dengan kakek Spencer, yaitu Eddie yang tinggal di rumah itu untuk memulihkan diri dari operasi pinggul. 

Kebetulan pula ada Milo Walker, temannya yang membuka kafe, namun sudah dijual dengan alasan ingin pensiun. 

Di ruang bawah tanah, Bethany udah curiga bahwa Spencer sengaja masuk ke permainan Jumanji. Ketiganya berniat menjemput Spencer karena beranggapan hanya mereka yang mampu menyelesaikan permainan bersama-sama.

Namun permainan Jumanji itu rusak. Dan hanya mengisap Martha dan Fridge, bersama Milo dan Eddie. Bethany tak tinggal diam. Ia pun memaksa sesama Player Jumanji, yaitu Alec Vreeke agar bersedia membantu masuk ke dalam permainan.


Sementara di dalam permainan Jumanji, Martha kembali dalam avatar Ruby. Namun Fridge berakhir dengan perannya sebagai profesor Oberon sementara Eddie dan Milo mendapati karakter Bravestone dan Mouse. 

Aturan dalam permainan Jumanji The Next Level ini  adalah, setiap kejadian mereka gagal dan mati. Nyawa mereka berkurang satu dari tiga yang dimiliki. Jadi seru kan karena mereka mesti mempertahankan diri agar mereka tidak kehilangan tiga nyawa yang dimiliki. Pertama kali nyawa yang hilang adalah milik Fridge karena dimakan ular. 



Pada saat yang sama, mereka pun mengetahui bahwa panglima perang Jurgen the Brutal, telah mencuri kalung ajaib the Falcon's Heart.

Dalam kesempatan itu, mereka juga diberitahu bahwa Jurgen bertanggung jawab terhadap kematian orang tua Bravestone.

Mereka harus menemukan kalung ajaib The Falcon's Heart karena memberikan kesuburan pada lahan milik daerah Jumanji. Selama kalung ajaib itu tetap dibawah sinar matahari, lahan akan tetap subur.

Kekeringan melanda negeri tersebut saat Jurgen mencuri permata tersebut. Mereka harus mengambilnya sebelum dia menjualnya menuju sindikat kejahatan.

Beberapa kali mereka menjumpai masalah, dari penyerangan burung unta, bertemu kelompok penjahat pimpinan Jurgen, hingga masalah pribadi. 

Masalah pribadi itu adalah kisah masa lalu antara Eddie dan Milo. Eddie menyalahkakn Milo sebab menjual restoran mereka, memaksanya pensiun. Pertengkaran keduanya mengakibatkan Milo dihancurkan sebuah batu besar yang mengakibatkannya kehilangan nyawanya yang ke-2. 

Fridge, Spencer, dan Bethanya mendapati avatar asli mereka kembali, sementara itu Milo dan Eddie masing-masing berakhir pada Ming dan Cyclone, namun mereka ditangkap pasukan Jurgen tidak lama kemudian. Di benteng Jurgen, Bethany dan Fridge menghentikan tentara bayaran, Sementara itu Martha, Spencer dan Alex menyelamatkan mereka.



Bagaimana dengan kejadian berikutnya? Tentunya ada banyak aksi yang mendebarkan saat adegan bertemu sekawanan monyet ganas. Saya ngak akan kasih kisah petualangan Spencer dengan kawan-kawannya, kakek Eddie, dan Milo secara komplit. Kalian mesti nonton langsung aja deh. 

Kisah Jumanji, The Next Level ditutup dengan kembalinya kakek Eddie memasuki kafe yang dulu dimilikinya. Kemana kah Milo, sahabatnya? Hmm, spoiler again dong kalo saya tulis di sini, hahahaa.

Udah deh mumpung masih tayang kalian bisa nonton aja ke bioskop. Apakah anak-anak boleh nonton film ini? Saya tetap menyarankan temani mereka sepanjang nonton film dan ajak diskusi setelah usai. Nggak ada adegan serem sih, misal kekerasan atau tak senonoh. Semua dalam batas kewajaran. So, kuy nobar. Wassalamualaikum.

Gambar dari : vox.com
Reading Time:

Jumat, 27 Desember 2019

6 Ide Style Outfit Pria Korea yang Bikin Kamu Terlihat Stylish dan Menawan Saat Hangout
Desember 27, 2019 41 Comments

6 Ide Style Outfit Pria Korea yang Bikin Kamu Terlihat Stylish dan Menawan Saat Hangout



Assalamualaikum Sahabat. Dunia fashion memang semakin berkembang pesat saat ini. Bahkan hanya untuk pergi hangout saja para pria dan wanita sibuk memilih outfit terbaik mereka. Tentunya bertujuan agar penampilan mereka tetap terlihat memukau saat hangout. 

Style outfit yang digunakannya pun bermacam-macam mulai dari kasual, klasik hingga formal. Wanita memang terlihat lebih detail dalam memilih pakaian ketimbang para pria. Tapi tak ada salahnya bukan kalau para pria mencoba tampil beda dan lebih kekinian untuk hangout bareng teman-teman?

Nah, kamu bisa nih mencoba trend fashion ala pria Korea. Belakangan tahun terakhir ini Korea Selatan memang benar-benar menjadi andalan dalam banyak hal, mulai dari skincare, makeup, musik, hingga fashion. 

Tak heran kalau remaja pria saat ini suka tampil kekinian dengan gaya Korean fashion. Style pria Korea juga memiliki tampilan yang lebih fresh dan stylish, lho. Berikut ini ada enam ide style outfit pria Korea yang bisa kamu tiru buat hangout nanti.

1. Pakai Kaos Polos Putih dengan Kemeja Flanel Sebagai Outer ini Bikin Kamu Terlihat Cool Abis!

Sumber: pinterest.com
Kemeja flanel memang selalu jadi andalan untuk dikenakan acara apa saja. Kamu bisa gunakan kemeja flanel sebagai outer yang dibalut dengan kaos putih polos. Celana jeans hitam dan sneakers juga jangan sampai lupa, ya! 

Penampilan seperti ini tentunya akan memberikan kesan cool dan menawan buat kamu. Dan ada berbagai macam motif dan warna kemeja flanel yang bisa kamu temui.

2. Tampil Kekinian dengan Kaos Stripe Hitam Putih dan Sneakers Kesayangan

       Sumber: pinterest.com

Padukan kaos stripe hitam putih, celana jeans slim fit dan sneakers yang akan membuat penampilan kamu terlihat stylish dengan gaya basic. Biar penampilan kamu makin fashionable, tambahkan juga aksesoris pria untuk menunjang penampilan kamu. Seperti jam tangan dan topi.

Silahkan baca : 5 Jam Tangan Model Casual dan Sporty

3. Pakai Kaos Hip Hop Kaya Gini juga Bisa Kamu Coba, Lho, Guys!

                Sumber: pinterest.com
Simple tapi tetap ingin terlihat stylish? Kenakan saja kaos hip hop yang dipadukan dengan celana jeans dan sneakers kesayangan kamu. Agar penampilan kamu tidak terlalu terkesan sederhana, kamu bisa gunakan aksesoris seperti jam tangan. Dengan begitu, penampilan kamu pun akan terlihat stylish saat hangout.

4. Mengenakan Kemeja dan Celana Slim Fit Ini Terkesan Lebih Rapi

                  Sumber: pinterest.com

Mau tampil kasual? Coba saja look satu ini. Balutan kemeja dan celana slim fit yang akan memberikan kesan smart casual buat kamu. Pakai juga aksesoris pria untuk menunjang penampilan kamu. Untuk alasnya, kamu bisa menggunakan sneakers atau slip on. Mudah dan stylish, kan?

5. Kaos Polos Putih yang Dipadupadankan dengan Cardigan Rajut yang Stylish


                                    Sumber: pinterest.com

Memadukan fashion item dengan kaos polos putih, cardigan rajut, celana jeans dan sneakers akan membuat kamu terlihat kalem saat hangout. Fashion pria satu ini juga cocok banget buat kamu yang gak mau ribet dalam memilih pakaian. Tentunya bakal bikin penampilan kamu tetap terlihat stylish, deh.

6. Gunakan Kemeja Putih Sebagai Outer untuk Menunjang Penampilan Kamu Makin Stylish

Sumber : Pinterest
Style outfit pria satu ini akan memberikan kamu kesan yang lebih menawan dan stylish. Kamu hanya tinggal memadukan kaos polos putih dan kemeja dengan warna yang senada seperti ini. Setelah itu, kamu lengkapi dengan celana jeans robek kekinian. Sneakers juga jangan sampai ketinggalan lho, ya! Dengan begitu, penampilan kamu pun akan tetap terlihat stylish saat hangout.

Itu dia enam ide style outfit pria Korea yang bisa kamu coba buat hangout dengan teman kamu. Dari enam outfit di atas, mana nih yang jadi favorit kamu dan akan dikenakan nanti? Atau bagi kaum wanita, keenam outfit di atas bisa jadi pilihan untuk pasangan kamu? Jadi kado akhir tahun gitu, tentunya pilih sesuai selera pasangan kamu ya. Wassalamualaikum.
Reading Time: