My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 22 Mei 2019

Kenangan Ramadhan Saat Masih Kecil Yang Tak Terlupakan
Mei 22, 20190 Comments

Kenangan Ramadhan Yang Tak Terlupakan


Assalamualaikum Sahabat. Masih setia dengan #30HariKebaikanBPN yang udah masuk hari ke-17, saya ingin berbagi cerita masa kecil. Saya lahir dan besar di kawasan Pecinan Kota Semarang. Banyak sekali kenangan ramadhan saat masih kecil yang tak mampu saya lupakan.

Daerah kelurahan Jagalan, tepatnya randualas atau karanganyar selatan, rumah keluarga bapak saya merupakan kawasan terdekat dengan Pecinan. Dari rumah saya, menuju ke Pasar Gang Baru cukup berjalan kaki sekitar 15 menit. Dekat banget kan?!

Pasar Gang Baru adalah pasar yang sangat terkenal yang terletak di kawasan Pecinan. Pasar ini menjual berbagai barang kebutuhan masyarakat Tionghoa dengan kualitas super. Jaman belum tumbuh supermarket, pasar ini menjadi tujuan orang berduit untuk belanja kebutuhan dapur yang bermutu. 

Beli Takjil di Pasar Karang Kembang

Antara pasar Gang Baru dan rumah keluarga saya, ada satu pasar krempyeng (buka dari pagi sampai sore) yang bernama Pasar Karang Kembang. Di pasar ini lah tiap bulan ramadhan tiba, saya suka ikut ibu berbelanja.

Kalo ibu belanja bahan masakan untuk berbuka dan sahur. Saya belanja buah-buahan yang hanya ada pada masa bulan puasa.

Jaman saya masih usia sekolah dasar, buah semangka berukuran kecil berlimpah dengan harga murah. Nah, saya suka beli semangka ini untuk takjil.

Sebenarnya masa kecil saya, makanannya udah food combining ya. Buka puasa yang saya makan itu pertama kali adalah buah semangka. Dengan cara membuka sedikit bagian ujung semangka, kemudian mengambil daging buah dengan menggunakan sendok. Seger lah rasanya!

Trus ada lagi blewah, yang selalu muncul hanya pada bulan ramadhan. Meski bulan ramadhan itu selalu maju sekitar 10 hari tiap tahunnya. Blewah selalu ada saat bulan ramadhan. 

Di pasar Karang Kembang ini juga banyak kuliner lokal yang jarang ditemukan di kawasan kota yang lain. Saya suka kalo ibu nggak masak. Karena biasanya akan membeli lauk di pasar ini. Seperti sate dengan nangka muda, nasi ayam, pecel dan gudangan, nasi kuning, dan lainnya. 

Atau minuman seperti es gempol, es dawet, dan wedang jun. Kalo adik saya suka dengan jajanan apem, ketan salak, ketan biru dnegan serabi yang dinikmati bareng santan encer. 

Berikut Kuliner Lokal Yang ada di Pasar Karang Kembang :

1. Nasi Ayam

Kuliner yang sangat banyak ditemukan saat ini di berbagai tempat di Kota Semarang ini, jadi favorit saya dan keluarga. Sebenarnya tetangga keluarga saya juga sih.

Pasalnya nasi ayam ini memang mudah ditemukan di dekat rumah tinggal saya. Tempat tinggal saya merupakan kawasan yang dekat dengan pecinan. Dan ada banyak rumah yang disewakan untuk kamar kost. Penyewa kamar kost ini disebut 'BORO' dan pekerjaannya adalah berjualan makanan. 

Penjual nasi ayam yang nyewa kamar kost ada beberapa orang. Bahkan ada yang nyewa kamar kost di samping rumah orang tua saya. 

Nasi ayam mirip nasi liwet di Solo. Tapi kalo di Semarang, nasi ayam pakai kuah santan mirip opor encer. Isinya ada nasi liwet gurih, telur ayam masak pindang, suwiran ayam/ayam utuh, kuah opor, tahu, dan sambel goreng jipang. Yang suka kadang ditambahkan krecek.  


Soal rasa gimana? Nasi ayam yang sekarang dijual di pasar Karang Kembang udah nggak seenak penjual lama. 

2. Nasi Kuning

Di pasar ini ada juga penjual nasi kuning khas Kota Semarang. Isinya adalah nasi kuning, dengan pelengkapnya. Yaitu srundeng, abon sapi, irisan telur dadar, pergedel, sambel goreng kentang, kering tempe, dan mie goreng.

Saya lupa jaman dulu harga seporsi nasi kuning. Kalo sekarang sih 5 ribu rupiah. Tapi nggak pakai pergedel. Jadi kalo mau nambah pergedel ya kudu nambah duit.

Penjual nasi kuning di sini juga jualan nasi langgi. Pelengkap nasi langgi sama dengan nasi kuning. Yang membedakan hanya nasinya adalah nasi biasa.

3. Es Gempol  

Siapa penyuka es gempol? Atau, adakah jajanan ini di kotamu? Es gempol ini isinya adalah kuah santan encer dengan pelengkapnya berupa gempol dan pleret.

Kuahnya itu terbuat dari perasan kelapa parut dengan air yang udah matang. Jadi santannya enggak dimasak ya. 


Nah kalo gempol itu terbuat dari tepung beras yang dibentuk bulatan dan gepeng. Sementara pleret terbuat dari tepung ketan yang digiling tipis dan diberi warna merah muda.

4. Ketan Biru dan serabi  

Kue ini disantap dengan kuah santan kental. Saya biasanya membungkus jajanan ini dan menikmatinya di rumah. Kemudian saya tambahkan air hangat dalam kuahnya, agar tidak terlalu kental. 


Satu bungkus kue CORO di Kampung Bustaman berisi tiga biji dengan harga cukup murah yaitu  Rp. 5.000,-. 

Ada juga ketan biru yang biasanya suka dibeli barengan dengan kue coro ini. Selain di pasar karang kembang, saya pernah juga membelinya di Kampung Bustman. Biasanya hanya dijual saat bulan ramadhan seperti ini.

Silahkan baca liputannya di sini : Kue Coro, Jajanan Legendari Kota Semarang

5. Gudeg

Di pasar ini juga ada penjual gudeg dengan lauk pilihan yang beragam. Ada tahu telor, koyor, atau ayam. Ayamnya tentu asli, ayam kampung. Tapi saya paling  suka sama koyor. 

Sayang saya nggak punya foto kuliner yang satu ini. Karena penampakannya buka seperti gudeg Jogja. Ada kuahnya, dan rasanya juga ngga semanis gudeh Jogja.

6. Sate dan gori (sayur nangka muda)

Saya hanya menjumpai kuliner sate ayam dengan pelengkap sayur nangka muda di kota Semarang.


Sate ayam seperti umumnya aja. Cuma kalo di pasar Karang Kembang ini, ada pelengkapnya yaitu sayur nangka muda. Orang Semarang menyebutnya sayur gori. Rasanya enak banget. Hmmm, jadi kangen kan kalo ngomongin kuliner kenangan saat masih kecil.

7. Lontong Cap Gomeh

Sebagai kota yang terletak di pesisir laut Utara, Semarang tentunya mengalami akulturasi budaya. Kedatangan orang dari berbagai negeri seberang, dari pedagang, penyebar agama, hingga mereka yang ingin menetap di kota ini.

Tentunya ada kuliner yang muncul dari akulturasi budaya ini. Seperti pedagang dari negeri Tiongkok yang membawa kebudayaannya di negeri yang baru. Dari agama, budaya, hingga kulinernya, membaur dan menyesuaikan dengan kekhasan kota.


Lontng Cap Gomeh tidak hanya ada saat perayaan hari ke-15 setelah Tahun Baru Imlek. Di kampung saya ada banyak yang menjajakan kuliner khas ini. Begitu pula di pasar yang ada di kawasan pecinan ini.

Nah, itu lah kuliner kenangan ramadhan saat masih kecil, yang sering saya beli karena kelezatan rasanya.

Sekarang saya masih suka kulineran di kawasan pecinan. Tentunya saya memilih kuliner yang halal dan udah jadi langganan keluarga kami. Dari ketujuh kuliner di atas, adakah yang pernah kalian nikmati saat berada di Kota Semarang? Cerita yuk di kolom komentar ya. Wassalamualaikum.
Reading Time:

Minggu, 19 Mei 2019

5 Pantai Eksotik di Pangandaran yang Tak Boleh Dilewatkan Para Pelancong
Mei 19, 2019 43 Comments

5 Pantai Eksotik di Pangandaran yang Tak Boleh Dilewatkan Para Pelancong

Pantai Eksotik di Pangandaran

Assalamualaikum Sahabat. Nggak terasa ya kalo puasa udah masuk hari ke-14. Dan sebentar lagi lebaran udah di depan mata. Saatnya kalian akan silaturahmi dengan keluarga dan sahabat. Dan biasanya hari lebaran identik dengan liburan. Saya punya lima pantai eksotik di Pangandaran yang bisa jadi destinasi liburan lebaran kalian.

Pantai eksotik di Pangandaran wajib dikunjungi para pelancong yang akan berlibur ke kawasan pantai. Pantai Pangandaran sendiri sudah lama dikenal sebagai Bali-nya Jawa Barat. Tentu karena keindahan pantainya, termasuk juga pasir putihnya yang tak boleh dilewatkan.

Sejumlah pantai yang ada di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menawarkan kekhasan dan keindahan tersendiri. Selain deburan ombak, tempat berenang yang asyik, ada juga pantai yang bisa dijajal dengan snorkeling atau pun ombaknya bisa ditunggangi lewat aktivitas surfing.

Berikut Pantai eksotik di Pangandaran yang tak boleh dilewatkan wisatawan:

1. Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran

Pantai Eksotik di Pangandaran

Mengutip dari media online lokal Pangandaran, Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran merupakan kawasan wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Makanya tak heran jika di momen liburan, pantai ini begitu padat pengunjung. Kini jika berkunjung ke pantai ini, kalian juga bisa menikmati taman-taman di pesisir pantai yang dibangun Pemkab Pangandaran untuk mempercantik Pantai Pangandaran.

Ada juga pusat oleh-oleh yang tak jauh dari kawasan Pantai Barat Pangandaran. Nah, di sini kalian bisa loh membeli berbagai macam produk khas Pangandaran.

Jika sudah bosan berenang kalian juga bisa menikmati kuliner khas Pangandaran. Karena sudah ada Kampung Kuliner Pangandaran yang menawarkan berbagai sajian khas Pangandaran. Selain itu, kalian juga bisa nongkrong di café-café yang ada di sana sambil menikmati semilir angin pinggir pantai. Wah jadi segera pengen berkunjung ke pantai-pantai di Pangandaran ini deh.

2. Pasir Putih Pangandaran

Pantai Eksotik di Pangandaran

Untuk menuju lokasi Pasir Putih Pangandaran ini, para wisatawan harus menaiki perahu pesiar dari Pantai Barat Pangandaran. Perjalanan selama 30 menit akan kalian lewati untuk sampai ke lokasi. Namun, hal tersebut sepadan dengan keindahan yang akan kalian temukan di Pasir Putih Pangandaran.

Aktivitas yang tak boleh kalian lewatkan di Pasir Putih Pangandaran adalah snorkeling. Kalian bisa menikmati keindahan biota laut dari karang-karang bawah laut Pasir Putih Pangandaran.

Selain itu, keberadaan bangkai kapal Viking Logos di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri. Kalian yang hobi post foto di media sosial, bisa berfoto sepuasnya dengan latar belakang bangkai kapal. Perlu kalian tahu, bangkai kapal ini merupakan sisa peledakan yang dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perairan.

3. Pantai Batukaras

Pantai Eksotik di Pangandaran

Pantai eksotik di Pangandaran lainnya adalah Pantai Batu Karas. Jaraknya kurang lebih 34 kilometer dari Pangandaran. Ombaknya cukup besar sehingga Pantai ini cocok bagi kalian yang hobi surfing.

Walau ombaknya besar, namun kalian masih bisa berenang di tepi pantainya. Karena cukup aman bahkan untuk anak-anak yang ingin berenang sekalipun. Karena itu, kalian bisa mengunjungi pantai ini bersama keluarga.

Pantai Batu Karas juga sudah dilengkapi dengan fasilitas umum, seperti hotel untuk menginap, termasuk juga pondok wisata lengkap dengan area bermain anak-anak, tempat ibadah, dan fasilitas lainnya yang dibutuhkan pengunjung.

4. Pantai Karapyak

Daya tarik dari pantai Karapyak adalah keberadaan batu karang yang cukup banyak menghiasi bibir pantai. Selain itu ada juga tebing yang curam dengan disertai ombak besar. Pasir putih sepanjang 5 km di sisi pantai juga salah satu kekhasan pantai ini. Puas-puasin deh bermain air di tepi pantai berpasir putih ini.


Pantai Eksotik di Pangandaran

Satu hal yang istimewa dari salah satu pantai eksotik di Pangandaran ini adalah warna air yang berbeda tergantung debit airnya. Fenomena alam yang istimewa terjadi saat debit air Sungai Citanduy meningkat dan bermuara ke laut, maka akan terlihat warna air laut yang amat kontras.

Air sungai yang berwarna coklat akan bercampur dengan air laut. Sehingga terlihat berbeda warnanya, bahkan dari kejauhan akan terlihat berwarna merah.
Keunikan lainnya dari Pantai Karapyak yaitu munculnya taman laut ketika ombak sedang surut. Taman laut tersebut ditempati oleh biota laut seperti  ikan hias kecil yang terdapat di sela-sela karang, kepiting maupun umang.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini adalah saat musim kemarau. Pasalnya, saat itu kalian bisa menyaksikan pesona terbaik dari pantai ini. Termasuk taman laut dan warnanya yang berbeda. Lokasi pantai ini ada sebelum masuk ke Pantai Barat Pangandaran, sekitar  20 km dari Pangandaran. Sudah banyak petunjuk jalan yang bisa diikuti pengunjung untuk sampai ke pantai ini.

5. Pantai Madasari

Pantai eksotik di Pangandaran ini dilengkapi dengan pulau-pulau yang penuh dangan batu karang yang keberadaannya ada di tengah-tengah laut. Selain itu, Pantai Madasari juga menawarkan keindahan pantai yang unik.

Pantai Eksotik di Pangandaran

Gulungan ombaknya juga cukup besar, sehingga banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk surfing. Wisatawan asing banyak yang berkunjung ke Pantai ini khusus untuk surfing.

Pantai yang ada di kawasan bulak benda ini juga menawarkan fasilitas untuk camping. Sudah ada jasa penyewaan tenda di Pantai Madasari. Sehingga jika repot membawa peralatan camping, kalian bisa menyewanya langsung di sini.

Selain itu, pantai yang masih dikelola oleh Bumdes Desa Mesawah ini juga sudah memiliki fasilitas lengkap. Seperti toilet, tempat parkir, juga mushola. Pantai ini juga cocok untuk acara gathering keluarga besar atau perusahaan.

Lokasi pantai ini ada di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Letaknya di peta ada di sebelah selatan Pantai Batukaras. Jaraknya pun hanya 18,5 km dari Pantai Batukaras.

Itulah pantai eksotik di Pangandaran. Pastikan kalian tidak melewatkannya jika berlibur di Kabupaten Pangandaran. Nah, kalian bisa berlibur bersama teman atau saudara untuk sama-sama menikmati kekhasan pantai yang ada di Pangandaran. Atau mungkin kalian udah pernah berkunjung kelima pantai ini? Yuk sharing dong di kolom komentar gimana asiknya bermain air di pantai eksotik di Pangandaran ini. Wassalamualaikum Sahabat.
Reading Time:

Kamis, 16 Mei 2019

Cara Masak Ketupat Dengan Panci Presto
Mei 16, 2019 20 Comments

Cara Masak Ketupat Dengan Panci Presto


Cara Masak Ketupat dengan panci presto

Assalamualaikum Sahabat. Ramadhan begitu cepat berjalan dari hari ke hari. Lebaran yang menjelang pun akan datang. Biasanya hari-hari menjelang lebaran buk-ibuk mulai mempersiapkan rumah untuk menyambut lebaran. Sajian kue kering dan yang tak pernah ketinggalan adalah ketupat serta pelengkapnya, opor dan sambel goreng. Nah, saya pengen sharing cara masak ketupat dengan panci presto.


Jaman Dulu Masak Ketupat Prosesnya Lama

Biasanya masak ketupat dengan menggunakan dandang atau panci besar. Butuh waktu selama 7 hingga 8 jam untuk mematangkan ketupat. Bahkan setelah di atas kompor selama dua jam, saya selalu ngecek apakah airnya susut banyak. 

Satu jam kemudian saya cek lagi, kalo airnya surut ya harus ditambahkan lagi dari air yang udah mendidih. Begitu terus hingga ketupat matang. Biasanya memang setelah 6 jam, saya baru yakin kalo ketupat matang setelah mengecek tingkat kematangannya. 


masak ketupat
Ketupatnya di bawah lepet
Ribet banget ya. Dulu pun saya suka protes sama ibu, mengapa lama sekali masak ketupat. 

"Kalo ketupat masaknya lama, agar awet dan tanek."

Tanek itu bahasa Jawa dari masakan yang dimasak hingga benar-benar matang. Dan biasanya memang jadi awet lebih lama. Menyimpan ketupat pun cukup digantung dan nggak perlu dimasukkan kulkas.

Dulu bapak suka bikin tali kayak jemuran yang dipasang di dapur. Di tali itulah, ketupat dan lepat digantungkan berderet-deret. Huwaaaa, kalo mengingat itu rasanya kangen suasana lebaran masa lalu. Sekarang ketupat hanya digantung di rak piring, hahahaaa.


Cara Masak Ketupat Dengan Panci Presto

Sejak ada panci presto, saya nyoba juga masak ketupat dengan panci presto. Ada dua kali saya masak ketupat menggunakan panci presto. Sayang sekali jaman dulu belum musim motret proses masak untuk dishare di media sosial. Lah iya, saya nyoba masak di panci presto udah tahun 2002. Jaman si bungsu masih bayi dan saya pengen masak ketupat yang praktis. 

Yang penting saya masih mengingat cara masak ketupat dengan panci presto ya. Jadi akan saya tuliskan di sini agar bisa bermanfaat untuk kalian yang ingin melakukan hal yang sama. Yaitu masak ketupat dengan cara praktis dan cepat.

Bahan :
600 gr beras kualitas bagus
10 buah selongsong ketupat siap pakai
Air secukupnya

Cara masak ketupat :

- Cuci beras hingga bersih dengan air mengalir, lalu tiriskan beras.

- Setelah tiris, masukkan beras ke dalam ketupat dengan ukuran 1/2 bagian ketupat. Kencangkan bagian ujung ketupat agar tertutup rapat. Lakukan hingga semua ketupat terisi.

- Siapkan panci presto, lalu masukkan ketupat ke dalam panci presto, lalu isi panci presto dengan air hingga ketupat terendam dalam air.

- Masak dengan api besar hingga katup berbunyi. Setelah katup berbunyi, baru kecilkan api dan tunggu selama 30 menit. Matikan apinya.


Cara Masak Ketupat Dengan Panci Presto

- Setelah itu angkat dan biarkan hingga uap habis atau panci dingin. Angkat ketupat lalu tiriskan dan dinginkan. Tunggu hingga ketupat dingin lalu ketupat siap untuk di hidangkan bersama pelengkapnya yaitu opor dan sambel goreng.


Cara Masak Ketupat Dengan Panci Presto

Masak ketupat dengan panci presto ini tidak butuh waktu berjam-jam seperti model jaman dulu dengan dandang. Kalo nggak salah sih cuma butuh waktu 1 jam lebih 30 menit.  Tergantung kapasitas panci presto dan ketupat yang dimasak ya.

Nah, itu tadi cara masak ketupat dengan panci presto ala saya. Mungkin teman-teman punya cara lain yang lebih praktis lagi. Yuk sharing aja jangan sungkan ya. Wassalamualaikum.
Reading Time:
Travel Blog Keluarga Doyan Plesir Menggunakan WordPress Hosting
Mei 16, 2019 30 Comments

Travel Blog Keluarga Doyan Plesir Dengan WordPress Hosting




Assalamualaikum Sahabat. Saya dan keluarga doyan jalan-jalan ke tempat baru yang belum pernah kami kunjungi. Namun namanya juga doyan plesir, bisa juga loh kami mengunjungi tempat yang sama sampai beberapa kali apabila telah terjerat dengan pesonanya. 

Dengan niat mengumpulkan cerita perjalanan keluarga saya, akhirnya tahun kemarin website dengan niche traveling saya buat. Dan platform yang saya pakai adalah “WordPress”. Sementara nama blog saya yang baru ini adalah doyanplesir.

Pemilihan platform wordpress ini adalah pilihan anak sulung saya. Rencananya memang saya dan dia akan berkolaborasi mengelola blog ini. Dan karena dia hanya menguasai platform wordpress, jadinya ya pilih ini. Saya sih cuma bisa ngisi kontennya. Urusan coding yang ngurus si sulung.

Jadi nanti jangan nanya saya tentang coding dan konco-konconya ya, hahahaa. Maklum lah saya gaptek kalo urusan coding gini. Serahkan aja pada ahlinya, minta bantuan kalo pengen ngurus wordpress hosting ini.

Nah, waktu saya nanya si sulung mengapa dia lebih memilih menggunakan wordpress dibanding blogspot. Ini nih jawabannya :


- Mudah Digunakan


Salah satu kelebihan WordPress adalah sangat mudah digunakan. Cukup dengan memperlajarinya dalam waktu singkat, pengguna bisa langsung menggunakannya. 


- Fleksibel


Pengguna bisa menggunakan WordPress untuk berbagai tipe website. Untuk profil perusahaan, pengguna personal (branding image tokoh), toko online, untuk komunitas, lembaga pendidikan, dan lainnya.


- SEO Friendly


WordPress itu merupakan CMS yang sudah SEO Friendly. Ini adalah kelebihan WordPress yang sangat disukai pengguna internet marketer. Terlebih bila ada pula tambahan berbagai plugin SEO, dijamin website akan gampang diindex Google. Karena satu website itu SEO Friendly bakal bikin pengunjung menyukainya.


- Plugin dan Theme Customizable


Asiknya WordPress itu kata si sulung, sangat mudah diterapkan sesuai dengan keinginan pengguna. Meski untuk website doyanplesir, si sulung hanya pasang plugin beberapa aja. Namun dengan beberapa klik aja, tampilan web udah langsung berubah. Dia pakai theme dan plugin yang udah disediakan. Kalo kalian ingin lebih, bisa juga membeli plugin dan theme sesuai yang kalian inginkan. 

- Aman dari Hacker

WordPress itu CMS yang paling populer dan ini yang bikin serangan hacher semakin banyak dilakukan. Namun WordPress cukup serius mengelola hostingnya. Jadi untuk menangkal resiko hacker, WordPress memberikan update rutin kepada para penggunanya. Misal ada yang kena hacker, biasanya disebabkan oleh pengguna yang menggunakan theme dan plugin dari download website yang kurang terpercaya. Jadi hati-hati ya, mending serahkan langsung aja pada website hosting terpercaya di Hosting Indonesia.

Saya punya testimoni dari teman-teman saya yang udah pakai layanan hosting dari QWORDS. Katanya kalo ada problem di website hosting, pihak Qwords cepet banget responnya. Trus ada juga panduan lengkap untuk memasang plugin dan theme. 

Di antaranya udah saya rangkum dalam gambar berikut ini :



Jadi kalo masih ragu dan bingung memilih website hosting, kalian bisa meluncur  ke website QWords. Ada banyak penjelasan yang bisa kalian pelajari di sana. Seperti apa aja keunggulan menggunakan WordPress Hosting.

Di antaranya berikut ini adalah keunggulan wordpress hosting yang udah dioptimalkan dengan CloudPOP :


- Cloud Based Hosting


WordPress Hosting untuk pengguna akan menggunakan Cloud Based Hosting. Sehingga dalam segi skalabilitas akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Shared Hosting biasa.


- Penyimpanan Menggunakan SSD Berkecepatan Tinggi


Data pengguna akan disimpan dalam SSD berkecapatan tinggi dan menggunakan system backup mingguan yang akan secara otomatis di-backup dalam server QWords.


- Optimasi WordPress Untuk Performa Hosting


Hosting pengguna akan didesain khusus untuk penggunaan wordpress dan mendapat ekstra CloudPOP untuk menghasilkan performa terbaik di website wordpress hosting kalian.


- Dukungan CloudFlare


Wordpress hosting akan didesain khusus untuk mendukung penggunaan CloudFlare


- Siap HTTP2 dan SSL


WordPress Hosting telah mendukung penggunaan HTTPS2 dan SSL yang dapat diperoleh secara gratis ataupun berbayar.


- cPanel Control Panel dengan Modul Litespeed Apache


Dengan penggunaan cPanel Control Panel disertai dukungan Ektra Litespeed Apache, akan membuat kinerja website makin cepat diakses.


Bebas Set Fungsi PHP, Versi, dan Limit 


Bebas Set Fungsi PHP, Versi, dan Limit yang bebas digunakan di WordPress Hosting.


- Gratis Percobaan Selama Satu Bulan Pertama 

Untuk WordPress Hosting dengan menemukan konfigurasi yang cocok untuk website kalian, ada gratis percobaan selama satu bulan pertama.



- GRATIS Migrasi dari Provider Manapun

Segera hubungi Customer Support kami untuk mendapatkan Gratis Migrasi WordPress Hosting dari provider manapun.



Gimana sahabat? Udah siapin website agar kalian bisa menuliskan cerita perjalanan seperti saya dan keluarga? Sayang kan udah punya banyak cerita traveling ke mancanegara, namun hanya disimpan aja di smartphone. 

Kalian bisa menyimpang foto kenangan saat traveling di website personal. Atau bagi kalian yang punya usaha, mending promokan di website sehingga bisa menjangkau konsumen yang lebih luas. Jangan ragu lagi ya, saya udah merasakan gimana website mampu membantu kita menjangkau lebih banyak orang. Wassalamualaikum sahabat.

Sumber materi :
- Cerita si sulung
- Website QWords
Reading Time:

Rabu, 15 Mei 2019

Tips Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa
Mei 15, 2019 20 Comments
Tips Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa


Assalamaualaikum Sahabat. Puasa memasuki hari ke 10, masih semangat kan ya. Kayaknya juga baru kemarin masuk hari pertama, eh nggak terasa udah hari ke 10. Gimana puasa selama sepuluh hari ini, adakah masalah dengan bau mulut? Saya punya tips menghilangkan bau mulut saat puasa.

Kadang saat bulan ramadhan seperti ini, saya tetap aja aktif dengan event blogger. Ada sih perasaan sungkan kalo berbicara dengan lawan bicara. Apakah bau mulut saya mengganggu komunikasi di antara kami?

Langsung deh megang mulut, meniup-niup dan hmmm... Semoga enggak bikin polusi udara saat sedang ngomong deh.

Nah, naaah ... saya pun ingat pernah ngobrol bareng adik ipar, seorang dokter gigi yang juga orthodentist, yaitu Drg. Ani Subekti, KGA. Dan di samping menjadi dosen di bidang keperawatan gigi, juga menjadi dokter praktek di salah satu rumah sakit swasta di Semarang.

Silahkan baca : Pasang Behel Gigi Yang Aman

Sebenarnya gampang kok menghilangkan bau mulut saat puasa. Meski puasa itu artinya tidak mengonsumsi makanan dan minuman. Yang efeknya menyebabkan rongga mulut tidak melakukan kegiatan mengunyah. Dan akibatnya produktivitas air liur jadi berkurang.

Nah, berikut ini tips menghilangkan bau mulut saat puasa :


- Perbanyak air putih

Menghilangkan Bau Mulut
Picture by Pexels
Salah satu caranya dengan memperbanyak konsumsi air putih. Di samping menyehatkan, air putih ternyata juga sanggup untuk meningkatkan produksi air liur di dalam mulut. Lancarnya produksi air liur pun bisa membantu mulut agar tetap bersih sepanjang hari.

Jadi saat berbuka dan sahur, perbanyak lah konsumsi air putih. Hindari minuman warna, seperti teh, kopi, minuman yang mengandung soda, dan lainnya. Cuma memang pembagian waktu mengonsumsi air putih sehingga kebutuhan tubuh tetap terpenuhi.


- Sikat Gigi Yang Rutin


Picture by pexels
Jangan pernah malas untuk sikat gigi secara rutin, minimal dua kali sehari. Saat puasa itu paling bagus adalah menjelang tidur sehabis shalat tarwih dan menjelang imsyak.

Karena puasa bukan berarti kalian tidak boleh sikat gigi. Yang penting kan diingat, airnya jangan ditelan, wkwkwk.


- Bersihkan Juga Lidah Kalian

Udah tahu kan kalo lidah itu bentuknya seperti ada serat atau rongga. Saat mengonsumsi makanan, selalu ada sisa-sisa bahan makanan yang tertinggal di lidah. Jadi saat sikat gigi, jangan lupa membersihkan lidah juga.

Drg. Ani Subekti KGA (Pedodonti) menjelaskan bahwa sisa kotoran dari makanan yang tertinggal di lidah, bikin mulut beraroma tak sedap. Bahkan dibandingkan dengan sisa kotoran yang menempel di gigi. 

Jadi ketika kalian sikat gigi, jangan lupa bersihkan juga lidah dengan menggunakan bagian belakang sikat gigi.


- Konsultasi ke Dokter Gigi


Nah, mungkin salah satu solusi yang terbaik adalah konsultasi ke dokter gigi. Karena kalian enggak tahu, penyebab bau mulut saat puasa ini sebenarnya memang udah terjadi sebelumnya atau bukan. 

Bisa saja karena ada karang gigi yang harus dibersihkan. Dan itu hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Perawatan rutin secara berkala tiap 6 bulan sekali memang penting ya. Karena jadi tahu juga penyebab ada kerusakan gigi atau penyebab lain dari bau mulut yang mengganggu.


- Hindari Makanan Penyebab Bau Mulut

Tahu dong ya makanan itu ada juga yang menyebabkan bau mulut jadi beraroma nggak sedap. Seperti jengkol, petai, buah duren, makanan yang mengandung gas, biasanya meninggalkan aroma khas. 

Selama bulan puasa bisa dong tinggalkan dulu makanan yang meninggalkan aroma khas ini. Kalo pun kalian sayang banget dengan makanan favorit ini, bisa sih melakukan pencegahan aroma mulut jadi tak sedap. Seperti cara di atas, rajin sikat gigi.

- Hindari Tidur Berlebihan Saat Puasa

Meski tidur adalah salah satu ibadah saat puasa dibanding ghibah gaje. Namun bukan berarti kalian bisa tidur seharian sob. 

Tahu nggak sih, ketika kalian tidur saat kondisi berpuasa, mulut menjadi kering dan kurang air. Saat mulut kering ini lah, bau tidak sedap akan mudah muncul. Jadi jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidur seharian ya bila nggak ingin muncul bau mulut tak sedap.

Jadi sederhana kan tips menghilangkan bau mulut saat puasa. Enggak susah juga melakukan semua hal di atas. Yang penting lakukan dengan niat ibadah, jadinya lancar deh.

Atau mungkin kalian punya tips lain menghilangkan bau mulut saat menjalani ibadah puasa? Sharing dong di kolom komentar. Berbagi hal positif itu merupakan ibadah yang akan menjadi tabungan amal di akhirat. Percaya deh! Wassalamualaikum.
Reading Time: