Sharing Bareng YOUVIT : Makanan Sehat Yang Simpel dan Mudah Tapi Enak? - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Selasa, 30 April 2019

Sharing Bareng YOUVIT : Makanan Sehat Yang Simpel dan Mudah Tapi Enak?

Makanan Sehat Yang Simpel dan Mudah Tapi Enak?


Assalamualaikum sahabat. Kalo ngomongin makanan sehat, pikiran saya selalu tertuju ke buah dan sayuran mentah. Dinikmati ala rawfood gitu, dicampur ala salad dengan toping dari buah itu sendiri. Misal strawberry dan nanas yang dicincang kasar. 

Jadi saat hari Kamis, 25 April 2019 saya mendapat kesempatan gabung dalam YouVit Gathering bersama blogger Gandjel Rel, hepi banget.

Dari bisikan seorang teman sih bakal ada sharing tentang makanan sehat yang simpel. Bikinnya juga gampang dan rasanya pun udah pasti tak kalah dengan jajanan kekinian.

Bertempat di HA-KA Hotel Semarang, hadir Rachel Olsen, Ahli Gizi YOUVIT multivitamin gummy. Gadis berdarah campuran Indonesia dan Denmark ini akan sharing seputar makanan sehat.

Bagi penggemar kuliner di Semarang tentunya kenal dong dengan lunpia, tahu gimbal, soto atau babat gongso? Sebagai warga asli yang sejak lahir tinggal di Kota Semarang, keempat jenis kuliner itu sudah saya kenal sedari kecil. Semua kuliner itu jelas terkenal sebagai makanan yang enak pakai banget. 



Tapi seperti yang banyak orang tahu, namanya jajanan beli matang, apalagi prosesnya membutuhkan minyak goreng, kwalitasnya bisa dong kalian tahu.

Yuk saya kupas salah satu kuliner Semarang yang legendaris, yaitu Lunpia.
Proses pembuatannya yang paling saya kenal (semua orang juga pastinya), adalah lunpia goreng. Namanya juga gorengan bukan wajan tentunya butuh pemanasan tinggi. Proses pemanasan ini pasti akan menghilangkan vitamin dan mineral yang terkandung dalam bahannya. Dan yang pasti hasil gorengan lunpia ini tinggi kalori
Sebenarnya banyak dari saya dan kalian yang udah tahu, kalo makanan yang digoreng itu bukan makanan sehat. Apalagi kalo kalian beli jadi, minyak untuk menggoreng biasanya udah berubah warna jadi kecoklatan. Ngeri dong buk!

Nah, berikut ini yang akan muncul dalam tubuh, bila mengonsumi makanan tidak sehat :
  • Meningkatkan bakteri jahat dalam lambung
  • Kurangnya penyerapan vitamin dan mineral
  • Meningkatkan resko obesitas
  • Meningkatkan resiko penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, gagal ginjal, dan alzheimer
Seperti yang dituturkan oleh Rachel Olsen, Nutrition Expert YOUVIT multivitamin gummy berikut ini :
“Makanan yang digoreng cenderung memiliki kadar lemak jenuh lebih tinggi. Lemak jenuh ini bisa mengakibatkan naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. Nah, yang lebih mengkhawatirkan lagi bisa menyebabkan penyakit jantung koroner, stroke dan masih banyak lagi nantinya,”

Lebih lanjut Rachel menjelaskan tentang bahaya lemak jenuh yang dapat memicu naikya bakteri jahat yang ada di dalam pencernaan. Bakteri  jahat ini lah yang nantinya akan menghambat penyerapan vitamin maupun mineral dari makanan yang kita konsumsi.

Defisiensi vitamin dan mineral dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh lebih rentan dengan paparan bakteri dan kuman yang berasal dari luar. Rutin mengonsumi makanan yang digoreng bisa memperburuk kondisi ini.

Trus masa sih enggak boleh menikmati kuliner Semarang yang endes mantap surantap macam lunpia goreng? 

Boleh sih sebenarnya, asal kalian bikin aja sendiri di rumah. Pilih bahan yang sehat, kemudian saat menggoreng juga menggunakan minyak yang cukup dua atau tiga kali pemakaian. 

Pola Makan Sehat itu Seperti Apa?

Banyak sekali orang yang mengaitkan pola makan sehat dengan diet. Tentu saja bukan seperti itu. Pola makan yang sehat itu sebenarnya simpel. Namun banyak yang bikin makanan simpel menjadi tidak sederhana lagi. 

Pola makanan sehat itu bisa diterjemahkan seperti berikut ini:

Makanan yang mengandung serat tinggi, metode masak rendah lemak, memperbanyak sayur dan buah, dan mengganti sumber protein jadi ubi, singkong, kacang, tahu, dan tempe.

Saya pernah juga menulis tentang pola makan sehat seperti yang dicontohkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Yaitu adanya pedoman gizi seimbang yang dirilis sejak tahun 2014.

Pola makan yang sehat bukan lagi 4 sehat 5 sempurna. Namun ada contoh yang paling terbaik, yaitu sesuai ISI PIRINGKU.




Jadi, ada protein 17,5 %, buah 17,5 %, sayur 35 %, dan karbohidrat 35 %. Dan untuk melengkapi isi piringku, jangan sampai lupa aktivitas fisik 3 kali per minggu dan penuhi konsumsi minum air 8 gelas per hari.


Ini isi piringku saat acara

Silahkan jadikan reminder ya pedoman ISI PIRINGKU serta pelengkapnya di atas. Yang tahu tentu hanya diri saya sendiri, atau kalian sendiri dan TUHAN. Hehehee.

Bukan hanya mengonsumsi sayur dan buah, namun juga cara pengolahannya seperti apa?

Misalnya tidak merebus sayur terlalu lama agar vitamin tidak larut dalam air. Bahkan makan sayur dan buah yang banyak juga tidak menjamin tubuh bisa menyerap vitamin dan mineral secara maksimal. Karena tiap individu memiliki kemampuan mencerna yang berbeda.


Konsumsi YOUVIT #SatuGummySetiapHari


Rachel juga berbagi tentang solusi mudah untuk memaksimalkan kebutuhan vitamin dan mineral harian. 

Selain buah dan sayuran, sebaiknya kita juga mengonsumsi tambahan multivitamin dengan kandungan seimbang. YOUVIT hadir untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian kita.



Nah, yang asik tuh YOUVIT bisa dikunyah karena bentuknya gummy dengan rasa mixberry. Multivitamin YOUVIT ini juga praktis, bisa dibawa dan dikonsumsi saat dalam perjalanan. Karena enggak butuh air untuk teman minumnya. Namanya juga bentuknya gummy, tinggal kunyah aja.

YOUVIT ini memiliki kandungan 10 macam vitamin dan 2 mineral penting untuk membantu melengkapi kebutuhan bagi kesehatan tubuh setiap hari.

Kalian bisa mendapatkan YOUVIT di lebih dari 7 ribu toko di Indonesia. Seperti di Watsons, Guardian, Gramedia, Carrefour, Century, Kimia Farma, Indomaret Point, Alfamart, dan beberapa toko lainnya. 





Setiap gummy YOUVIT mengandung 10 vitamin dan 2 mineral penting bagi tubuh. Dosisnya mengikuti secara ketat standar AKG (Angka Kecukupan Gizi) manusia dewasa di Indonesia. Berikut adalah manfaat dari masing-masing kandungannya:
  • Vitamin A        : membantu menjaga kesehatan mata
  • Vitamin B Kompleks :
    • Vitamin B3    : bagus untuk produksi energi
    • Vitamin B5    : membantu metabolisme tubuh
    • Vitamin B6    : membantu reproduksi jaringan tubuh
    • Vitamin B7  :membantu menjaga kesehatan rambut, kulit dan kuku
    • Vitamin B9    : bagus untuk reproduksi dan pertumbuhan sel
    • Vitamin B12    : membantu produksi sel darah merah
  • Vitamin C        : penting untuk imunitas tubuh
  • Vitamin D        : bagus untuk kekuatan tulang
  • Vitamin E        : bagus sebagai antioksidan
  • Selenium        : membantu aktifitas antioksidan
  • Iodium            : penting untuk pertumbuhan dan metabolisme

YOUVIT tersedia dalam paket sachet yang berisi tujuh gummy. Multivitamin ini dianjurkan diminum saat pagi hari, untuk usia 16 tahun ke atas. 



Sekarang YOUVIT juga udah tersedia untuk konsumsi anak-anak usia 3- 12 tahun. Produk yang baru ini tersedia dalam 3 rasa, yaitu jeruk, strawberry, dan nanas. YOUVIT untuk anak ini mengandung 10 vitamin dan 2 mineral penting untuk tumbuh kembang anak.

Masak Lunpia Sehat Yang Praktis

Kemarin kami juga diajari bikin lunpia yang sehat dengan isian sayuran dan tanpa digoreng.

Mana asiknya lunpia basah? Iyup, selama ini saya lebih menyukai lunpia goreng dibanding lunpia basah. Tapi kemarin oleh chef dari HA-KA Hotel, mengajarkan bikin lunpia basah. 

Bahan isian lunpia : Rebung, kecambah, tahu, wortel dan buncis. Untuk tahu, wortel dan buncis dipotong bentuk segiempat tipis.

Masukkan sedikit minyak jagung untuk menumis bawang putih cincang. Setelah harum, masukkan rebung, aduk sebentar. Kemudian tambahkan wortel, buncis, dan tahu. Terakhir masukkan kecambah, garam, lada halus, dan kecap manis secukupnya. Masak sampai mengeluarkan aroma sedap, matikan apinya.

Letakkan isian di atas selembar kulit lunpia. Gulung dan rapikan. Kemudian potong jadi dua, dan lunpia basah bisa dinikmati bersama saus atau mayones sesuai selera. 



Wah meyenangkan sekali. Saya dan mba Archa serta mba Ika yang terpilih untuk mengeksekusi resep lunpia sehat ini, mendapat rejeki. Sekarang kalo di rumah mau bikin lunpia, tampaknya saya nggak perlu lagi membuat lunpia goreng. 

Senang juga kegiatan hari Kamis yang seru itu. Pulang pun masih membawa YOUVIT untuk dikonsumsi si bungsu yang kegiatannya dari pagi hingga sore di kampus.  

Saya memang jarang masak karena di rumah cuma berdua dengan si bungsu. Kalo masak juga memilih yang praktis, yaitu menumis atau bikin ayam bakar sekali masak untuk dua hari. Seringnya memang beli lauk jadi.

Sekarang saya nggak galau lagi kalo beli makanan jadi, karena ada YOUVIT yang melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral untuk si bungsu. 



Sekian ya sharing saya tentang makanan sehat. Yuk bikin lunpia sehat tanpa digoreng, sahabat. Wassalamualaikum.


Dokumentasi :
- Pribadi
- WA Grup Gandjel Rel
- Materi sharing YOUVIT

37 komentar:

  1. Makanan sehat memang sangat penting dengan tingkat polusi yang sangat tinggi ya Mbak. Hem, kandungan youvit mantul amat. Btw, aku mupeng sama acaranya Mbak Wati. Ingin ikutan kemarin tuh, hiksss...

    BalasHapus
  2. Youvit yang anak-anak di rumahku langsung ludess dooong. Anak-anak suka sama rasa dan seneng sama bentuknya yang lucuu.

    BalasHapus
  3. Yang penting diingat dari 'Isi Piringku' adalah proporsi karbohidrat & sayur SAMA, yang merupakan 2x lipat proporsi buah & protein. Begitu ya mba.. Tidak lupa minum air 8 gelas dan juga 3x keg fisik/mgu.TFS mba...

    BalasHapus
  4. Selain pola hidup sehat, minum Youvit juga bikin sehat yaaa. Eh ada ya buat yang anak-anak mau coba kasih juga ah ke anak

    BalasHapus
  5. Wah ada yang untuk anak-anak yaa, mau ah belikan bocah-bocah ku, pasti senang karena mirip permen tapi bervitamin ya..pencerahan banget acaranya ni..

    BalasHapus
  6. selamat ya, mbak watiii.. ntar vouchernya bisa dipake buat belanjat youvit, nyetok berbulan-bulan hihi

    BalasHapus
  7. Seru ya mbak acaranya...apalagi yang bagian masak-memasak..fun banget..dari acara ini jadi dapat pengetahuan tentang pemenuhan gizi yang baik dan seimbang

    BalasHapus
  8. Aku sekarang jarang masak lama. Masakan praktis semua buat ngurangi goreng2 & santan. Baking segala juga enggak buat ngurangi tepung. Lumpia basah enak loh. Suka. Kalau pulang ke Magelang ada tuh yg laris dekat pasar.

    BalasHapus
  9. Gorengan itu enak tapi membahayakan... Harus secara bertahap dikurangi dan diganti camilan sehat semacam lunpia basah seperti contoh di atas ya, ok.. Noted. Btw saya sudah nyobain youvit. Rasanya enak, kenyil-kenyil..jadi seperti berasa makan jelly, hihi... Tfs mb...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba. Ini yang dinamakan jerat pesona gorengan. Enaknya bikin lidah terjerat, tapi akibatnya ga bagus untuk tubuh. Huhuuu... semoga aku ntar ga banyak2 makan gorengan lagi ya.

      Hapus
  10. Jadi pengen biki lunpia lagi nih... :D
    Nerapin hidup sehat tuh gampang, yang susah konsistennya :D aku banget itu, niatnya mau mulai hidup sehat, jadinya alik lagi makan sembarangan

    BalasHapus
  11. Saya sudah mengurangi membeli gorengan di luar rumah, kalau pingin gorengan yo bikin sendiri Mbak. Asal muasalnya karena sudah lama tidak mengkonsumsi makanan yang digoreng, lalu pas kepingin bukannya enak malah ndak bisa masuk ke tenggorokan. Eh youvit itu kek permen gitu to Mbak? asyik juga ya, jadi enggak masalah dong ya, mau makan gorengan yang bikin sendiri, habis itu ngunyah youvit, eeeem wenak banget dech

    BalasHapus
  12. Ciyeee...yang ikutan bikin lunpia sehat nih. Seru ya pas masak2 itu.
    Jadi tercerahkan soal bahayanya lemak jenuh bagi tubuh. Kuat ndak ya melawan godaan makan gorengan ini :))

    BalasHapus
  13. Asik dapat youvit 1 box full bisa buat persediaan beberapa minggu

    BalasHapus
  14. Youvit macem-macem banget bentuknya yo mba, ada yang kayak permen, minuman huwaa
    aku jadi kepo rasanya, pasti enak.
    Seru acaranya ya, ada beljar masak juga. Alhamdulillah bisa seru-seruan bareng sahabat

    BalasHapus
  15. Menarik taah makan praktis bergizi pula. Youfit bs dibeli dmna mba? Sudah ad di supermarket kh?

    BalasHapus
  16. Ini jujur aku bener2 pake youvit ini.. Makan sehari2 buat bisa lebih vit lagi

    BalasHapus
  17. Wah ada yang untuk anak-anak ya? Bisa banget jadi pilihan sebagai pengganti permen nih. Dengan kandungan banyak vitamin dan mineral penting, bisa buat kita merasa tenang ngasih ke anak-anak. Segera cari ahhh, tfs mbak

    BalasHapus
  18. Jadi makin semangat minum vitamin nih anak2. Biasanya kan rasanya asem bgt atau hrs digelontor pake air. Ada Youvit.. tinggal emut .beresss..sehat!

    BalasHapus
  19. Beli permen yang berfaedah jadinya. Bisa untuk anak-anak juga, jadi menjaga kesehatan bisa lebih baik di musim pancaroba begini

    BalasHapus
  20. Makanan lengkap memang sebenarnya simple ya mba.. namun memang jarang sekali makan makanan lengkap dalam 1 piring maka butuh asupan vitamin agar seimbang ya.. youvit cocok nih

    BalasHapus
  21. wah seru nih vitaminnya dikunyah kayak permen, anak2 juga pasti mau deh kalau makan youvit

    BalasHapus
  22. Aku pun lagi berusaha untuk melakukan gaya hidup sehat nih mba. Dan harus simpan youvit di rumah nih :)

    BalasHapus
  23. Dan akupun tergoda dengan lunpia dan isi piringnya..hahaha

    Sehat bener Mbak itu
    Dan, Youvit memang bagus, kapan hari ankaku sakit sama dokter anak diresepin vitamin ini.

    BalasHapus
  24. Gaya hidup sehat skrg emang penting banget ya mba. Skrg miris kalo liat usia masih muda tp udah penyakit macem2. Hiks. Youvit boleh jg nih. Bs jd rekomendasi vitamin buat di rumah jg.

    BalasHapus
  25. Udah sering liat youvit sih tp kok masih maju mundur mau beli. Masih mikir, kira2 badanku butuh ga ya multivitamin tambahan. Tp abis baca ini kayaknya aq bakal beli deh

    BalasHapus
  26. Untuk mendapatkan makanan yang sehat, tidak hanya dari bahannya yang sehat aja ya...cara mengolahnya pun harus dengan cara sehat. Hindari menggoreng berkali-kali dengan minyak yang sama, salah satunya.

    BalasHapus
  27. Kemarin coba beli di Gramedia buat anak-anak ternyata enak ya, ada promo dua bungkus hanya cepek..murah..

    BalasHapus
  28. Youvitnya banyaaakkk... Menang lomba ya, Mbak Wati? Selamat dan moga sehat selalu.

    BalasHapus
  29. PR banget nih untuk mengurangi kebiasaan makanan gorengan agar kolesterol bisa ditekan jadi pengen mencoba mengkonsumsi Youvit deh.

    BalasHapus
  30. Wah seru ketemu Mbak rachel. Mbak ini kalau menjelaskan ttg makanan sehat tuh gampang dimengerti oleh emak2 hihihi :D Mungkin jg krn orgnya manis ya jd seneng ndengerinnya #apaansih.
    Btw aku juga konsumsi YouVit sampai skrng :D

    BalasHapus
  31. Aku nih sudah beberapa kali lihat si Youvit ini tapi yang buat anak-anak. Pernah ditawarin soalnya sama si mbak kasir, trus nyobain buat anakku dan dia suka banget. Sekarang baca ulasan ini jadi pengem yang buat dewasa.

    BalasHapus
  32. Aku seneng liat isi piringnya mbak Wati hahahaha. Kayak aku berarti kalo makan. Ga ditahan2

    BalasHapus
  33. Praktis banget ya mau memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Apalagi bentuknya gummy begini. Pasti enak dikunyah-kunyahnya

    BalasHapus
  34. Youvit kalau mau cari dimanakah mba? Aku jadi pengen beli.

    BalasHapus
  35. Makin enak kalo dicocol ke saos sambel ataupun abun cabe... Yummy!

    BalasHapus
  36. Pas pwrtama kali ada aku heran. Ini apa ya kok promo didepan kasir. Kayak permen yupi tapi banyak manfaatnya dengan youvit ini

    BalasHapus