Lima Kota Ini Masuk List Destinasi Wisata Impian, Kapan Kesini? - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Sunday, 2 December 2018

Lima Kota Ini Masuk List Destinasi Wisata Impian, Kapan Kesini?



Assalamualaikum Sahabat. Kota impian yang ingin saya kunjungi tersebar dari Sabang sampai Merauke. Pengen banget kelima kota impian ini bisa saya kunjungi sepanjang tahun 2019 nanti. 

Seharusnya saya menuliskan 11 kota impian yang ingin saya kunjungi. Karena lima kota itu tidak bisa mewakili kota impian yang saya angankan. Meski nggak boleh menuliskan selain lima kota, boleh dong saya sebut satu persatu ke-11 kota impian.

Ada kota Padang, Medan, Lampung, Sumbawa, Palu, yang masuk destinasi kota impian. Oiya Bukit Tinggi menggenapinya menjadi 11 kota impian. Meski saya udah pernah berkunjung ke Bukit Tinggi tahun kemarin. Namun saya masih ingin mengunjunginya lagi.

Masih setia kan dengan tantangan #BPN30DayChallenge dan ini memasuki hari ke-13 dengan tema Negara/Kota yang kamu impikan.

Kota impian yang ingin saya tuliskan dalam artikel kali ini lokasinya di bumi ibu pertiwi. Karena banyak pesona yang ditawarkan negeri ini. Meski kata orang, wisata di negeri sendiri jatuhnya lebih mahal dibanding ke negeri orang.

Namun saya memang sejak lama sudah memimpikan bisa berkunjung ke kota-kota cantik di bumi ibu pertiwi. Impian keluar negeri waktu saya masih berusia muda hanya lah berkunjung ke tanah suci. Dan alhamdulillah   impian itu sudah terwujud.

Baca kisah perjalanan ibadah haji saya dan suami dalam artikel ini : Ibadah Haji

Ada lima kota impian yang ingin saya kunjungi. List ini nggak berubah, meski impiannya sudah tumbuh sejak saya masih single.

Lima kota impian yang ingin saya kunjungi ini, masih worth it kah?

1. Makassar

Makassar identik dengan Pantai Losari. Namun ada banyak destinasi wisata yang bisa dieksplor di kota ini, mulai dari pantai hingga dataran tinggi. Dari Tanjung Bira, Taman Nasional Bantimurung, Benteng Rotterdam, dan wisata kuliner seperti Coto dan Pisang Epe.

Eh tapi kalo ke Benteng Rotterdam nggak komplit kalo nggak mampir di Pantai Losari. Apalagi lokasi keduanya katanya berdekatan.

2. Banjarmasin

Kota yang terkenal dengan julukan seribu sungai ini memiliki magnet di hati saya. Ada seorang teman saya yang menikah dengan orang Banjar. Dia kalo mudik dan balik lagi ke Semarang, selalu menceritakan tentang Sungai Barito. 

Cerita yang mengalir dari mulut teman saya, bikin kepincut. Duhh, pengen naik perahu sambil belanja di pasar terapung. 

Saya ingin berkunjung saat ada Festival Sungai yang digelar tiap tahun. Asik ya kalo kulineran di atas perahu yang diayun ombak. Sambil mencicipi Soto Banjar, Ketupat Kandangan, atau kue khas Banjar.

3. Banda Aceh

Sebelum tsunami menerjang Banda Aceh, saya sudah pengen berkunjung kesana. Bahkan jiwa gotong royong yang ditanamkan saat menjadi suka relawan PMI sempat menggedor hati menyaksikan kota ini luluh lantak oleh bencana.

Banda Aceh mulai bangkit kembali, dengan menawarkan wisata yang makin eksotik. Ada wisata alam, museum, rohani, dan kuliner yang siap menyambut saya bila berkunjung kesana.

Tempat-tempat yang ingin saya kunjungi adalah pantai-pantainya yang berpasir putih, Masjid Baiturrahman, Museum Tsunami,  Air Terjun Kuta Malaka, dan wisata kuliner.

4. Palembang

Kalian boleh menertawakan nasib saya saat tahun lalu mampir ke Palembang. Namun cuma tiduran aja di rumah sepupu dan menolak ajakan untuk hangout ke Jembatan Ampera.

Ceritanya kami tiba di Palembang sekitar pukul 2 siang. Perjalanan panjang dari Kota Bogor menggunakan mobil lewat jalur timur Lampung. Kebayang kan capeknya jadi nyampe Palembang kami milih bobok cantik.

Mbak sepupu kami yang tahu profesi saya sebagai blogger, menawarkan untuk jalan-jalan sendiri. Mereka akan mengantar kulineran di kawasan Sungai Musi. 

Picture by Rizal

"Masa jauh-jauh ke Palembang nggak jalan-jalan dan kulineran? Udah dek Watik aja yang ikut, yuk,"

Antara kepengen tapi juga nggak enak dengan teman seperjalanan, ada adik dan mbak ipar, serta suami yang terlihat ngantuk. 

"Mbak Wati capek gak?" tanya Yuli, adik ipar saya.
"Tadi sih capek, sekarang udah nggak,"
"Ya udah berangkat aja sana,"

Saya menimbang-nimbang. Akhirnya saya putuskan untuk menolak ajakan mbak sepupu. 

"Mbak, di meja aja udah ada Pempek, Tekwan, Rendang, komplit. Masa masih mau kulineran di luar, di sini aja lah kulineran kami."

Mereka akhirnya berhenti menawarkan ajakan menggiurkan bagi saya. Karena saya udah janji bakal datang lagi ke Palembang. Kunjungan yang nantinya akan jadi jalan-jalan wisata dan kulineran. Dan janji kami, akan menginap di hotel keluarga, rumah mbak sepupu, hihiii.

Menyesal kah saya menolak ajakan mbak Atiek saat itu? Enggak. Karena saya harus menyadari tenaga yang mesti kami simpan. Malamnya kami melanjutkan perjalanan menuju kota Jambi. Sebelum menuju kota Pekanbaru, tempat tinggal adik kami.

Palembang, tunggu saya dan keluarga berkunjung kesana yaaa.

5. Bandung 


Pertama kali ke Bandung saat masih menjadi pelajar SMA. Dan sukses bikin saya terpikat pada kotanya yang tenang dan sejuk.

Bandung juga menorehkan kenangan manis saat bersama teman segenk jalan-jalan mencari jajanan untuk mengisi perut. Makan malam di hotel seakan tidak memuaskan rasa penasaran kami pengen kulineran. Jadi lah combro, pisang goreng, dan jajanan gorengan lain menyamankan perut kami malam itu.

Selain itu, saya ingin berkunjung ke Bandung karena ingin menyelesaikan penjelajahan masa lalu. Ada tempat-tempat wisata yang belum saya kunjungi. Belum lagi wisata baru yang terus bermunculan, seperti taman-taman nan cantik di seluruh pelosok kota Bandung.

Kelima kota di atas masuk list destinasi wisata saya. Dan saya jadi pengen ngajakin Cristanty Putri dan Ade Hermawati, nulis tentang lima kota impian versi kalian. Gimana, udah nulis juga tantangan nulis 30 hari dari BP Network.

Sahabat juga punya kota impian yang ingin dikunjungi? Sama nggak dengan kota pilihan saya di atas? Saya udah nanya suami, kapan ke kota-kota itu. Dan jawaban suami semoga kami mendapat rejeki berupa materi dan waktu agar bisa mewujudkan mimpi saya, aamiin. Wassalamualaikum.

43 comments:

  1. Wuaah, aku belum pernahpergi ke 5 kota di atas. Pengin ke Bandung dulu deh, banyak tempat wisatanya ya, kulinernya juga banyak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kangen ke Bandung, banyak kuliner baru yang belum pernah aku cicipi mba

      Delete
  2. Empat kota pertama aku juga belum pernah ke sana, pingin banget berkunjung kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru nih kalo blogger bisa ngetrip bareng ya mba Lia

      Delete
  3. Pengen banget aku ke Banjarmasin karena ada salah satu temanku yang dapat tugas kerja di Banjarmasin. Baru tahu kalau Banjarmasin dapat julukan seribu sungai.

    ReplyDelete
  4. Aku juga pengen ke palembang...menikmati pempek asli sana fan makan diatas kapal..syahdu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pempek, kemarin udah dibuatkan mbakku, Dan. Rasanya nggak kalah dg pempek yang dijual itu

      Delete
  5. Aku juga pengen ke bandung lagi, kota yang adem dan banyak tempat kulinerannya

    ReplyDelete
  6. Aku pengen ke Bandung 😭 Selain suasananya yang adem, banyak yang cakep. wkwk

    ReplyDelete
  7. Nah, Banda Aceh dan Makassar nih mba yang aku pengin banget bisa berkunjung ke sana. Hyuuk Mb Wati, semoga kapan2 kita bisa trip bareng ke sana ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaap mba, bikin itin yuk bareng teman blogger lainnya

      Delete
  8. Aku udah pernah ke Banjarmasin! Hehehe. Asyik mba maen2 ke luar pulau Jawa tuh. Kerasa banget culture nya di Indonesia banyak.

    ReplyDelete
  9. Mba aku juga rindu Makassar lalu lanjut ke Toraja banyak banget wisata di sana :)

    ReplyDelete
  10. dulu aku pernah tinggal di sumsel, tapi bukan palembangnya. setiap liburan, pasti main ke palembang. baca ini jadi kangen pengan ke palembang lagi. hihihi

    ReplyDelete
  11. Bandung yg paling ingin saya datangi dr dulu

    ReplyDelete
  12. Yang pengin bgt Bandung, terakhir 2012
    Palembang, terakhir 2010
    Btw moga2 kesampaian y, Mb

    ReplyDelete
  13. Semoga ada famtrip Palembang lagi ya kayak kemarin. Pengen banget tapi waktu dan dananya mepeet..

    ReplyDelete
  14. Aku juga pengen ke Bandung, Mbak. Pengen menyesuri kenangan pas masa kecil.

    ReplyDelete
  15. Banjarmasin sama Palembang aku belum pernah niih, Makassar buatku paling berkesan krn dari perjalanan itu bisa mengantarku jd penulis buku, Aceh buatku jadi semacam lifetime journey krn aku kesana bnr2 sekeluarga lengkap dan bisa sampe titik 0 kilometer Sabang, lalu Bandung... Kota yg selalu pingin kudatangi lagi dan lagi

    ReplyDelete
  16. Kota impian yang ingin banget dikunjungi yaitu daerah Indonesia timur kak, papua, Lombok dan Ambon.

    ReplyDelete
  17. Karena saya orang Makassar maka keempat daerah lainnyalah yang ingin saya kunjungi. Mau ke palembang, mau ke bandung, Mau ke Banda Aceh, mau juga ke Banjarmasing. Eh banyak maunya saya mah hahaha

    ReplyDelete
  18. Cakep-cakep mbaaa destinasi impiannya..suka deh! Aku pengen ke Makassar jugaaaa..plus Banda Aceh

    ReplyDelete
  19. hayu mba ke Bandung ntar main ke Joeragan Ice Cream tetep yak promo wkwkwk..kalau aku pengen ke Banda Aceh mba :p

    ReplyDelete
  20. Ayo ke Bandung mba Wati, banyak tempat wisata asyik di Bandung, alhamdulillah saya pernah berkesmepatan ke Palembang dua kali, dan pengen juga sih kayakmba Wati eksplore ke kota-kota di Sumatera lainnya

    ReplyDelete
  21. Selain Bandung, empat kota yang lain belum pernah saya kunjungi untuk berwisata. Pengen juga sih, bisa lihat tempat-tempat wisata di Makasar dan Aceh. Pasti ada keunikan tersendiri ya..

    ReplyDelete
  22. Baru ke Bandung.. 4 lainnya belum pernah... Mbak..ajak2 kalo mo jln2 ke kota impiannya ya .hehe..

    ReplyDelete
  23. Yee ada kota Makassar, maen ke sini aja kak kalau ketemu aku ajak makan coto Makassar ��

    ReplyDelete
  24. Kalau kota impian yang ingin saya kunjungi. Apalagi di Indonesia karena banyak banget yang pemandangannya bagus

    ReplyDelete
  25. Mbak Hidayah, kutunggu dikau di Makassar yaa!!
    Trus dari Makassar, kita bareng ke Bandung. Saya juga suka sekali kota Bandung.

    ReplyDelete
  26. Semoga sesegera mungkin bisa ke Makassar ya Mbak :)

    ReplyDelete
  27. Padang, Bukittinggi, Medan, Lampung, Makassar, dan Bandung aku udah pernah Mba. Sekarang kepengennya ke daerah-daerah di timur Indonesia, seperti Lombok dan Papua hehe

    ReplyDelete
  28. Baru pernah ke Palembang dan Bandung aja. Terakhir ke Bandung u liburan akhir tahun dan bersyukur banget meski macet tapi kami ga kena macetnya

    ReplyDelete
  29. aku juga pingin ke makasar, aceh dan banjarmasin... ya ampun.. anak dan menantuku sudah datang ke 3 tempat itu bahkan sedangkan aku belum

    ReplyDelete
  30. suamiku yang rekom kota makaksar karena disana ikan bakar dan berbagai menu ikannya enak2 banget katanya

    ReplyDelete
  31. adoh adoh banget impiane mbak. hahha...

    aku Jawa timur wae durung kesmapaian :(((

    ReplyDelete
  32. Banda Aceh..udah setahun ini ngerencanain sama suami mau ke Banda Aceh jalur darat. Jadi ntar pas mudik ke Medan mau lanjut ke Banda :)

    ReplyDelete
  33. Kota luar Jawa semua nih ya. aku malah kepikirannya ke luar negeri aja wkwkwk. .

    ReplyDelete
  34. Assa~
    Bandung masuk list.

    Hhaha~
    Bahagia akunya.

    Berasa enaknya kalau di kota impian mainnya lama.
    Minimal semingguan gitu kali yaa....

    ReplyDelete
  35. Cek cek, Bandung udah, Banjarmasin udah. Itupun gak sempet yang jalan2 ke banyak lokasi gtu :)
    3 lainnya belum hehe.
    Masih banyak lagi yg kyknya kudu dieksplor. Pengennya sih dalam waktu dekat Palembang, pengen ngrasain empek2 aslinya :D

    ReplyDelete
  36. Aceh cakep mba. Ke pulau weh lebih keren lagi. Kudu diagendain sih ini. Hehe

    ReplyDelete