Membangun Rumah Sendiri atau Membeli Rumah Perumahan? Ini Bedanya - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 20 Desember 2018

Membangun Rumah Sendiri atau Membeli Rumah Perumahan? Ini Bedanya


hidayah-art.com

Assalamualaikum Sahabat. Membangun Rumah Sendiri atau Membeli Rumah Perumahan? Perbedaan keduanya bisa Sahabat ketahui kalo baca artikel ini hingga paragraf terakhir.

Saya udah dua kali punya rumah, dan dua-duanya terletak di perumahan. Namun saya juga membangun ruang tambahan, begitu membeli rumah di perumahan. Alasannya tentu saja karena kami butuh beberapa ruang tambahan yang fungsional. 

Kebetulan adik saya baru aja mencari rumah tinggal. Dia udah keliling kota Semarang, mencari rumah atau tanah yang cocok untuk tempat tinggal keluarga kecilnya. Adik saya ini pengennya tinggal di perkampungan yang bukan merupakan perumahan. Sampai sekarang dia belum ketemu yang cocok dengan keinginannya. 

Sebenarnya udah sempat menemukan satu rumah yang sesuai dengan selera dan keuangannya. Namun ternyata rumah itu bermasalah karena lokasinya dekat dengan bantaran sungai. Takut dong kalo ada banjir mendadak.


Apakah kalian sedang butuh rumah tinggal? Rumah memang merupakan salah satu kebutuhan yang vital bagi setiap keluarga. Tinggal di sebuah rumah yang nyaman dan aman akan membuat kehidupan keluarga menjadi lebih harmonis. 

Problematika yang sering muncul adalah dana yang kurang untuk membeli rumah. Membangun rumah sendiri dan membeli rumah merupakan dua buah keputusan yang harus  kalian pertimbangkan matang-matang. Pasalnya, harga rumah memang sangat mahal. Sahabat tentunya harus mempersiapkan tabungan yang cukup banyak untuk bisa memiliki sebuah rumah impian.


Dana yang dibutuhkan untuk membeli perumahan dan membangun rumah sendiri cukup berbeda. Membeli perumahan akan jauh lebih murah dibandingkan dengan membangun rumah pribadi. Namun, membeli rumah perumahan juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pertimbangan Membeli Perumahan dan Membangun Rumah Sendiri

Terdapat beberapa pertimbangan yang harus kalian lakukan sebelum memutuskan untuk membeli rumah atau membangun rumah. Jika ingin membangun rumah sendiri, maka kalian harus mencari info dan membeli lahan tanah seperti yang ada disini yang cukup luas. Pastikan juga kalian bisa leluasa untuk membangun rumah dengan lahan tersebut.

Pertimbangan yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut :

hidayah-art

Membangun Rumah Sendiri 

Agar bisa membangun rumah dengan praktis dan efisien, maka sahabat harus memperhatikan beberapa tips penting. Jika persiapan berikut sudah kalian lakukan jauh-jauh hari, maka membangun rumah akan menjadi lebih mudah. 

Persiapan yang matang 

Ada banyak persiapan penting yang harus kalian pertimbangkan sebelum mulai membangun rumah. Tidak hanya lahan tanah saja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah. Namun, kalian juga perlu mempersiapkan hal lain seperti anggaran yang harus dipersiapkan serta target pembangunan waktu rumah impian.

Semua itu harus ditata dengan sebaik-baiknya agar kalian bisa membangun rumah idaman dengan lancar. Dan juga tanpa terkendala oleh biaya ataupun waktu pembangunan rumah. Jangan salah, tanpa merencanakan hal tersebut matang-matang, rencana pembangunan rumah akan menjadi kacau.

Dengan mempertimbangkan anggaran dan waktu pembangunan rumah, maka kalian tidak akan mengalami kerepotan untuk membayar biaya bahan bangunan untuk pembangunan rumah. 

Menentukan tukang bangunan yang berkualitas 

Setelah memiliki tanah, rencana anggaran yang matang, serta menargetkan waktu pembangunan rumah, kini saatnya bagi sahabat untuk memilih tukang.

Untuk mendapatkan hasil rumah yang mengesankan, kalian bisa mencari tukang bangunan yang berkualitas dan berpengalaman. Jika perlu, kalian bisa mempersiapkan desainer yang berpengalaman agar pembangunan rumah impian berjalan lancar.

Untuk mendapatkan tukang yang baik, kalian bisa mencari dari pemborong yang telah berpengalaman. Kalian bisa mencari informasi terkait dengan pemborong yang telah berpengalaman agar rancangan rumah sesuai dengan impian kalian.

Manfaatkan barang bekas 

Barang bekas bukan berarti barang tersebut jelek. Meskipun barang bekas, namun kalau barang tersebut masih berguna dan bisa dimanfaatkan untuk pembangunan rumah, apa salahnya untuk menggunakannya.

Banyak barang bekas yang bisa digunakan untuk membuat rumah sahabat menjadi lebih cantik. Dengan memanfaatkan barang-barang bekas untuk mendekorasi rumah, maka sahabat akan mengeluarkan biaya yang lebih hemat. 

Membeli Perumahan 

Berbeda dengan membangun rumah sendiri, membeli perumahan secara langsung juga akan memudahkan kalian untuk punya tempat untuk ditinggali. Membeli perumahan tentu lebih simpel. Namun, kalian juga harus menentukan perumahan mana yang tepat dan sesuai dengan selera kalian.

Membeli perumahan harus kalian lakukan dengan penuh pertimbangan. Kalian bisa memilih perumahan biasa ataupun perumahan cluster yang sudah banyak dibangun di era sekarang. Kalian bisa membeli perumahan dengan sistem Kredit Pemilikan Rumah. Dengan sistem KPR ini akan membuat kalian mengeluarkan biaya yang tidak terlalu mahal.

Membangun rumah sendiri ataupun membeli perumahan secara langsung keduanya sama-sama menarik untuk dilakukan. Namun, kalian bisa mempertimbangkan cara mana yang akan dipilih sesuai dengan kemampuan finansial sahabat.

Kelebihan dan Kelemahan Membangun Rumah Sendiri dan Membeli Perumahan

properti

Membangun Rumah Sendiri 

* Kelebihannya yaitu: 

- Desain sesuai keinginan 

Jika sudah menentukan untuk membangun rumah sendiri, kalian bisa menentukan desain rumah sesuai dengan keinginan. Kalian bahkan bisa mendesain rumah dengan sesuka hati sesuai dengan dana yang dimiliki. Asiknya lagi, kalian bisa mendesain berbagai macam ruang yang ada di dalam rumah sesuai dengan keinginan. 

- Jangka waktu sesuai budget 

Jika memiliki budget yang kurang, ya udah bisa berhenti sebentar. Dan nantinya bisa melakukan proses pembangunan rumah hingga kalian mendapatkan kembali dana yang diperlukan. Dengan cara ini, kalian tidak akan dikejar oleh target penyelesaian rumah. 

- Biaya yang lebih hemat 

Membangun rumah sendiri bisa dikatakan lebih hemat dibandingkan dengan membeli rumah jadi. Kalian bisa menentukan luas lahan sesuai dengan dana yang ada.

* Kekurangannya yaitu:

- Proses rumit

Membangun rumah sendiri ternyata lebih rumit dibandingkan dengan membeli rumah jadi. Kalian harus melakukan perencanaan yang matang baik dari segi biaya, dari segi desain rumah, memilih kontraktor yang profesional, sampai melakukan perizinan rumah.

Terutama mengurus IMB yang bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan bila tidak mengetahui prosedurnya. Bikin pusing jadinya, hahaha.

- Pembangunan lama 

Nah, kalian yang sedang berencana untuk buru-buru tempat tinggal di rumah baru, maka membangun rumah sendiri sepertinya bukan merupakan hal yang cocok.

Pasalnya, membangun rumah sendiri memerlukan waktu yang cukup lama. Kalian harus menunggu beberapa waktu hingga pembangunan rumah selesai dilakukan.

- Legalitas lebih beresiko 

Membangun rumah sendiri juga akan beresiko legalitas atau keabsahan yang tidak sah. Apalagi jika tidak diurus oleh orang yang profesional atau benar-benar ahli dalam bidangnya.

- Dana menguras kocek 

Ketika memutuskan untuk membangun rumah sendiri, maka kalian harus bersiap-siap untuk kehabisan duit. Mengapa demikian? Bisa jadi bahan bangunan yang dipilih kurang berkualitas. Efeknya kalian harus bongkar pasang rumah lagi, kan?! 

Hal tersebut tentu memerlukan biaya yang besar. Belum lagi kalian bakal membutuhkan biaya tambahan untuk membayar tukang . 

Membeli Rumah Perumahan 

hidayah-art.com

Kelebihannya yaitu: 

-Praktis 

Membeli perumahan yang langsung jadi merupakan hal yang praktis bagi kalian yang tidak ingin dipusingkan dengan perencanaan pembangunan rumah.

Pencarian rumah bahkan kini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Kalian bisa mencarinya di internet. Sahabat hanya tinggal duduk manis di depan gadget atau komputer. 

- Lingkungan terjamin 

Membeli rumah jadi sudah terjamin dari segi lingkungannya. Keamanan dan kenyamanan sudah bisa dilihat dengan jelas. Apalagi jika sebelumnya sahabat telah melakukan survei. 

- Legalitas rumah terjamin 

Ketika kalian memutuskan untuk membeli rumah jadi, legalitas akan menjadi lebih terjamin. Pengurusannya pun sudah dilakukan oleh orang yang sudah memiliki izin sehingga ini akan memperkecil resiko di kemudian hari.

Kelemahan: 

- Desain tidak sesuai keinginan 

Membeli perumahan jadi berarti kalian harus memilih rumah yang mungkin kadang tidak sesuai dengan desain yang diinginkan. Desain ruang bahkan dekorasi mungkin tidak bisa kalian ubah. Karena bisa jadi hal itu merupakan aturan dari perumahan tersebut. 

- Harga mahal 

Membeli rumah yang udah jadi akan membuat kalian mengeluarkan harga yang lebih mahal dibandingkan jika membangunnya sendiri. 

- Resiko biaya renovasi 

Dengan membeli rumah di perumahan, akan menimbulkan resiko bakal mengeluarkan biaya tambahan jika melakukan renovasi. Biaya khusus yang digunakan untuk merenovasi rumah itu tidaklah murah. Apalagi jika biaya yang harus kalian keluarkan adalah untuk memperbaiki instalasi atau pun struktur bangunan. Kalian harus mempersiapkan dana yang cukup besar untuk melakukan hal tersebut.

Hal ini persis dengan yang saya alami ketika membeli rumah di perumahan. Karena memang bangunan dari perumahan biasanya standar. Sementara kami butuh ruang tambahan juga untuk mengakomodasi kebutuhan ruangan bagi anggota keluarga.

_________________

Pertimbangan-pertimbangan di atas harus itu lah yang harus kalian lakukan dengan sebaik mungkin. Sahabat harus memikirkan baik-baik kebutuhan rumah, apakah mendadak atau tidak. Pasalnya, rumah adalah kebutuhan jangka panjang dan merupakan sebuah properti yang mahal.

Jangan sampai sahabat menyesal di kemudian hari. Jika memang memiliki dana yang besar, kalian bisa memutuskan untuk membeli rumah yang langsung. Namun jika dana yang ada minimal, kalian bisa memilih fleksibilitas waktu yang cukup panjang untuk membangun rumah sendiri. Tapi, sediakan lahan tanah nya dulu ya.

Semoga sahabat berhasil mewujudkan rumah impian, baik membangun sendiri maupun membeli rumah di perumahan. Wassalamualaikum.

32 komentar:

  1. Wah setuju dengan mbak wati bener banget ini mah, soalnya mending beli perumahan karena biaya bangun rumah yang sekarang dijual aja lebih dari dpnya dulu, sekarang makanya beli rumah 2 tingkat, karena kalau udah beli jadi ada waktu untuk nabung uang lagi buat bangun belakangnya :)

    BalasHapus
  2. Bagus nih Bu Wati artikelnya buat prepare beli rumah. Masih bingung beli tanah terus bikin sendiri, atau langsung beli di perumahan.

    BalasHapus
  3. Kalau aku dan suami seneng bangun sendiri sekaligus menikmati setiap prosesnya, alhamdulillah beli tanah pas di perumahan yang sudah jadi. Jadi ya lingkungan sudah terjamin juga tetangga ramah dan guyub

    BalasHapus
  4. Kalo punya bajet besar enak bangun dewe. Tapi kalo minim kadang terasa lebih murah beli rumah jadi sih. Terus ya itu, bener, lelah banget ngurusi proses bangun rumah ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  5. Good article.
    Pengennya beli tanah sendiri,desain sendiri,ngawasin sendiri,lokasi strategis,harga jual tinggi,budget ada...
    *enaknyyyaaaa ngayal ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  6. Bener banget mba, kalo bangun rumah sendiri memang harus sabar. Dulu aku sampe 3 tahunan soalnya nyicil nyicil sesuai adanya uang ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  7. Kalau saya lbh suka beli kavling di dlm perumahan, Mbak :) Jadi bs bangun dgn desain sesuai selera kita. Soalnya di perumahan jg keamanan dan kebersihan lingkungannya lbh terjaga :)

    BalasHapus
  8. Harus dipikir mateng2 ya mbak tentang rumah. Soalnya menyangkut lama tinggal juga dan kenyamanan orang didalamnya.

    BalasHapus
  9. emm, kalau saya, beli di perumahaan yang memeiliki sudah terpercaya. mau bikin. bingung takut ditipu :(

    BalasHapus
  10. Tergantung budget ya kalo punya budget lebih dan udh punya gambaran pengen rumah kek gimana enakan bangun sendiri ya. Tp klo mau yg cepet cadi perumahan yg lokasinya bagus yg punya nama sambil jalan bisa renovasi sesuai keinginan

    BalasHapus
  11. Kalau saya lebih suka beli rumah saja, gak ribet. Tapi suami maunya bangun rumah sendiri sekalipun banyak hal yang harus diurus dan menemukan lokasi yg cocok. Akhirnya sampai sekarang belum punya rumah sendiri, masih ikut rumah ortu...

    BalasHapus
  12. Home sweet home, apapun caranya, buat senyaman mungkin....

    BalasHapus
  13. TFS mbak, cocok lagi cari informasi soal memilih rumah :)

    BalasHapus
  14. Kalau aku lbh suka beli rumah second karena biasanya udah siap ditinggali hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw, bagus bgt nih artikelnya sbg bahan pertimbangan yg mau punya rumah ya

      Hapus
  15. Mimpiku pengen renovasi rumah ni 2019 semoga lancar rezekinya aamiin

    BalasHapus
  16. Dua2nya punya kelebihan dan kekurangan masing2 ya. Beli rumah yg sudah jadi jelas lebih praktis, cuma memang nggak bisa desain sendiri.

    BalasHapus
  17. lebih enak bangun rumah sdr ya sebenarnnya y mbak..

    BalasHapus
  18. Aku tim bangun rumah sendiri untuk masalah tukang emang harus yang berkualitas dan juga terpercaya mba karena kejujuran mereka juga penting kayak misalnya butuh semen kalau yang ga jujur bisa nilep mba alhamdulilah tukang bangunan aku udah terpercaya pisan jadi kalau dia minta apa2 juga aku percya dan hasilnya bagus meski memang suka lama mba kerjaannya hehehe

    BalasHapus
  19. Mau beli di perumahan ataupun bikin sendiri emang ada plus minusnya, tergantung kebutuhan.

    Rumah yang saya tempati sekarang adalah rumah yang dibeli dan direnovasi sedikit sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  20. Kalau menurut ku membangun rumah sendiri lebih mahal dibandingkan beli rumah perumahan mba, barang barang yang diperlukan pasti over budget, pasti. Ku pengalamannya begitu heheh

    BalasHapus
  21. Kalo saya pinginnya bangun sendiri Mak. Bisa design sendiri. Semoga Allah kabulkan.

    BalasHapus
  22. Saya ngerasain dua duanya Mbak, karena tugas yang pindah-pindah. Yang satu beli perumahan trus renov di kota A, yang satu mbangun sendiri di kota B. Plus minus memang. Eh sekarang, dua duanya gak ditempati, rumahnya dikontrakin, trus yang punya rumah malah ngontrak karena sedang ditugaskan negara buat melanjutkan pendidikan. ��

    BalasHapus
  23. Aku lebih suka bangun rumah sendiri Sih, soalnya kalo perumahan terkadang kualitas bangunannya kurang bagus.

    BalasHapus
  24. Masing-masing ada kekurangan dan kelebihannya yah mba, kalau di kampung saya lebih baik membangun rumah sendiri, karena suasananya pedesaan, harga lebih terjangkau. Tapi kalau di kota saya lebih memilih membeli rumah perumahan, selain gak ribet legalitasnya juga sudah aman

    BalasHapus
  25. Aih...hepi banget ketemu artikel mba Wati ini. Kalau mau bikin rumah dengan halaman luas, sebaiknya bikin sendiri karena biasanya di perumahan memang lahan cukup terbatas dan biasanya sebagian besar dalam bentuk bangunan. Cuma kalau desain kayanya perumahan lebih lucu lucu ya, karena kalau nggak bener bener ke arsitek dan pemborong yang oke, hasil bikin rumah sendiri tidak sesuai ekspektasi. Jadi makin bingung kan sekarang hehehe

    BalasHapus
  26. Ngebayangin harga rumah masa sekarang ini aku suka ngelus dada, mahaaaallllll... Tapi membangun rumah lama dengan desain yang kita sukai ini baru saja saya lakukan bersama suami. Alhamdulillah budgetnya sesuai dengan kantong kami.

    BalasHapus
  27. Rumah tiap tahun naik ya harganya, kami dulu bangun rumah juga ngos-ngosan untuk ada teman yang mau bantu deh. Sekarang emang lebih praktis beli ya/

    BalasHapus
  28. Aku tinggal di kampung mbak Wati. Kalau ditanya aku milih bangun sendiri. Bisa milih desain sendiri.

    BalasHapus
  29. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, ya. Kayaknya bagi yang gak mau repot urus-urus IMB, sertifikat dan legalitas lainnya lebih baik beli rumah jadi di perumahan deh. Udah gitu lebih cepat dan gak usah pusing mikirin desain rumahnya ya kaaan. Tapi kalau saya sih lebih suka rumah desain sendiri, pasti lebih nyaman.

    BalasHapus
  30. Pengen renovasi rumah bikin satu kamar lagi semoga terwujud tahun ini aamiin

    BalasHapus
  31. Good Day, kami menawarkan pinjaman kepada individu dan perusahaan yang mencari pinjaman mendesak untuk memulai bisnis, untuk ekspansi bisnis, pinjaman mobil, pinjaman mahasiswa dan banyak lagi. kami juga menawarkan pinjaman jangka pendek dan jangka panjang untuk perusahaan dan investor individu, dll. balas kami melalui email untuk informasi lebih lanjut: (WhatsApp) +12032932571 (Email) williamsrobert47788@gmail.com

    BalasHapus