10 Permainan Masa Kecil yang Menjadi Kenangan. - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Friday, 14 December 2018

10 Permainan Masa Kecil yang Menjadi Kenangan.


hidayah-art.com

Assalamualaikum Sahabat.  10 Permainan Masa Kecil yang Menjadi Kenangan. Bagaimana dengan masa kecil kalian, punya kenangan permaianan yang menyenangkan, seru, bikin kangen juga?

Saat ini anak-anak kita sudah tak lagi memainkan permainan yang seru seperti masa kecil kita ya. Padahal permainan masa kecil itu lah yang bisa menjadi salah satu pembentuk kepribadian. Yang kelak bisa menjadi pengingat ketika kita mengalami peristiwa yang menyedihkan. Menjadi penguat ketika kita sedang putus asa. 

Apa saja sih permainan masa kecil yang sekarang bikin saya kangen?


10 Permainan Masa Kecil yang Menjadi Kenangan :

1. Bekel

Permainan menggunalan bola dan bekal oleh dua sampai empat orang anak. Cara mainnya adalah dengan memainkan bola bekal hingga pemain tidak bisa menangkap bolanya.

2. Dakon

masa kecil

Permainan ini masih suka dimainkan hingga sekarang. Dakonnya malah sekarang udah menggunakan bahan dasar plastik. Kalo jaman masa kecil saya dulu, dakon terbuat dari kayu yang dilubangi.

3. Jamuran

Permainan jamuran ini dilakukan oleh lebih dari tujuh anak. Makin banyak yang main makin seru. Misalnya ada 10 anak yang bermain jamuran. Mereka bisa bergandengan tangan dengan bernyanyi jamuran sambil menari. 

4. Lompat Tali

Nah ini bisa dimainkan juga oleh lebih dari empat anak. Karena bisa bergantian dan yang gagal melompat dari tali, dia yang akan bertugas memegang tali.

5. Cublak-Cublak Suweng

Permainan ini juga bikin seru dan kadang suka tertawa geli kalo yang sedang dihukum tidak bisa menyebutkan siapa pemegang batu. Mainnya dengan cara, yang kalah dihukum dengan tidur tengkurap. 

Teman-temannya berkerumun dan menyanyikan lagu cublak-cublak suweng dan mengedarkan satu batu bergantian. Begitu nyanyian berhenti, salah seorang akan menyimpan batu sambil bertanya, batunya dibawa siapa?

6. Gobak Sodor

Nah yang ini sampai sekarang masih dimainkan oleh beberapa anak kecil. Sebuah permainan yang bikin tubuh bergerak bebas dalam satu lokasi yang sudah dikasih tanda garis.

Permainan ini butuh dua kelompok bermain. Masing-masing anggota kelompok berjumlah sama, misal empat hingga lima orang.

7. Engklek

Di beberapa daerah bisa juga disebut sunda manda, lempeng, dende, ingkling, dan lainnya. Bisa kalian temukan di id.m.wikipedia.org.

Permainan yang dimainkan oleh beberapa anak, dengan satu kaki berjalan di satu petak yang sudah digambar. Dulu waktu saya main, bentuk petaknya bisa berupa gunung dengan kaki tiga petak. Atau bulatan, yang mesti dilewati dengan saling berganti kaki tapi tetap menggunakan salah satu kaki bergantian.

Setiap pemain harus punya gacuk dan bisanya menggunakan potongan genting bekas. Duh jadi pengen main lagi, hihii.

8. Main Kelereng

Masa kecil saya nggak ada bedanya antara anak perempuan dan laki-laki dalam hal permainan. Saya pun jago bermain kelereng. 

Asik banget lah kalo udah main kelereng, terutama kalo bisa menjentikkan kelereng dan mengenai kelereng milik lawan main.

9. Petak Umpet

Ini pemainan yang mengasikkan dan seru. Kadang ada juga bocah yang jahil. Bermain petak umpet, sembunyi di rumah. Mana tahan nyari nggak ketemu juga.

10. Kasti

Permainan yang mengolah tubuh hingga berkeringat ini juga seru. Setiap anak menjadi pemain dan penjaga gawag.

Cara bermain adalah satu orang menjadi pemegang bola kasti dan melemparkannya pada pemukul. Satu orang menjadi pemukul, dan dia akan berlari begitu selesai memukul bola kasti. Nantinya pelempar akan lari mencapai garis finish. Bila belum sampai sudah kena lemparan bola, maka dia kalah. Tempatnya digantikan pemain lain dan begitu seterusnya hingga dia bisa main lagi.

Itu lah kesepuluh permainan masa kecil yang bikin saya selalu tersenyum sendiri mana kala mengingatnya. Permainan yang bikin setiap anak memiliki kenangan indah bermain dengan teman sebaya di luar rumah maupun di dalam rumah. Masa kecil yang menyenangkan ya Sahabat. Kalo kalian punya kenangan permainan masa kecil nggak sih? Share yuk di kolom komentar. Wasaslamualaikum.

8 comments:

  1. Kasti! Suka bgt dulu jaman SD hampir tiap jam olahraga mainnya itu. Seru banget. Nanti kalo ada yg curang mutung2an haha

    ReplyDelete
  2. Mbsk Wati daku pernah main, jenis permainan itu semua...trus ada permainan yang sering ku main gaprak, trus rok rokan bongkar pasang hehe, jadi pingin balik ke masa kecil. Mainan itu seru bange. Alhamdulillah di sekolah Dirga , setiap hari Senin ada kelas outbound, jadi ada permainan permainan itu...seru ya...menyenangkan

    ReplyDelete
  3. Hohoho permainanku semua kecuali jamuran. Aku tak tau ��

    ReplyDelete
  4. Semua juga jadi permainanku, Buk. Terus aku juga ngenalin petak umpet ke Kak Ghifa. Yaaa walauoun ngumpetnya di dalam rumah. Kalo dulu aku kan bisa main di tanah lapang.

    Terus di sekolahku, anak2 jelas 4,5,6 lagi hobi banget gerobak sodor noh. Setiap kali istirahat mesti lapangan jadi riuh.

    ReplyDelete
  5. Aku juga ngalamin semua permainan itu. Seruuuu! Pagi siang sore bahkan kadang sampe malam anak2 main rame2.
    Aku punya pengalaman buruk main kasti. Jadi pas giliran aku mukul bola, malah bolanya kena hidungku. Kebayang sakitnya kan bola kasti sekeras itu. Habis itu aku takut2 main apapapun yang pake bola. Ya kasti, voli, basket, hehe

    ReplyDelete
  6. Aku gabisa lompat tinggi, main lompat tali paling pol sampai perut haha

    ReplyDelete
  7. Seru banget mainan anak jadul, ada tanah luas dikit langsung dimanfaatkan, paling suka lompat tali dan kasti..

    ReplyDelete
  8. Mbak Wati, dulu ada juga permainan kalo ga salah namanya ik ok. Sederhana banget, hanya pakai bunga kamboja diikat. Mainnya "jugling"

    ReplyDelete