7 Hal Yang Bikin Bahagia Itu Sederhana - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Sunday, 16 December 2018

7 Hal Yang Bikin Bahagia Itu Sederhana


hidayah-art.com

Assalamualaikum Sahabat. 7 Hal Yang Bikin Bahagia Itu Sederhana aja. Nggak percaya dengan judul di atas? Coba yuk buktikan dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Sebelum bercerita tentang tujuh hal sederhana yang bikin saya bahagia, cerita yuk makna kata bahagia. 

Bahagia itu bisa berarti memiliki harta berlimpah, bisa jalan-jalan ke belahan bumi mana saja. Namun bahagia bagi seorang ibu, bisa saja saat mendengarkan kata pertama yang diucapkan anaknya. 

Jadi makna bahagia tiap orang bisa saja berbeda. Kalo makna bahagia saya itu sederhana. Saya gampang banget dibikin bahagia. Saya juga bisa menciptakan bahagia untuk diri sendiri.

7 hal yang bikin bahagia itu sederhana ala saya adalah :

1. Fisik Yang Sehat

Bayangkan kalo kamu mudah sakit flu, bikin males kan mau ngapain aja. Bawaannya pengen bobok terus. Makan nggak enak, tidur pun hidung tersumbat. Paling enak cuma ngemil mendoan sambil nyeplus lombok. *eh

Intinya kalo fisik saya sehat, bisa mengerjakan semua yang udah direncanakan. Saya bisa jalan-jalan bersama keluarga ke satu destinasi wisata. Saya bisa aktif mengikuti gathering blogger karena nggak sakit-sakitan.

2. Berkumpul Bersama Keluarga

Saya suka banget acara berkumpul bersama keluarga. Baik keluarga saya maupun keluarga suami. Kami adalah dua orang yang kebetulan memiliki keluarga besar yang rukun dan saling menyayangi.

Bersama keluarga suami, kami bahkan sering mengagendakan jalan-jalan bareng ke tempat wisata. Kadang pergi sehari aja ke salah satu wisata air terjun di Kabupaten Semarang. Atau menginap di homestay di kawasan Selo, Boyolali.

Rencananya minggu besok tanggal 23 Desember 2018 besok, kami akan nginap lagi di Selo Boyolali. Saking berkesannya pengalaman menginap tahun lalu di lokasi yang sama. Nanti ya saya ceritakan di blog sepulang dari menginap di homestay. 

3. Me Time Baca Buku

Sejak sibuk menjadi blogger dan sering mendapat undangan event, saya jadi melupakan kesenangan yang satu ini.

Iyes, baca buku!


Bagi saya, baca buku itu me time yang bikin bahagia. Saya masih ingat waktu anak-anak masih balita dan suami dinas luar kota. Iya sih ada mba ART, namun ketika di rumah saya selalu meluangkan waktu untuk anak-anak. Buku saya singkirkan dari pandangan mata. Disembunyikan dulu lah di satu tempat. Karena saya sungguh-sungguh nggak ada waktu untuk membaca.

Nah ketika suami pulang ke Semarang, baru lah saya memiliki me time sederhana ini. Baca buku di ruang tengah sambil sesekali menyaksikan dua bocah ngganduli si babe, hihiii. Ngganduli tuh bahasa Indonesianya apa sih?

Saat ini saya berjuang menyelesaikan satu persatu koleksi buku yang ada di lemari. 

4. Piknik Yang Dekat dari Rumah

hidayah-art.com
Jalan-jalan di kawasan Kopeng Treetop
Saya suka piknik, saya suka traveling. Yaaah hari gini mana ada orang nggak suka traveling?! Yang penting punya duit, nggak perlu banyak. Traveling dekat rumah aja. Misal ke salah satu taman yang ada di kota kamu, bawa bekal dari rumah. Asik kan dan bikin hati bahagia.

Sejak kecil saya sudah menyukai perjalanan wisata. Dahulu diajak bapak jalan-jalan ke Kota Solo demi melihat prosesi Sekaten aja udah senang. 

Alhamdulillah dapat suami yang doyan dolan. Bahkan sekarang nyaris tiap bulan ngajakin dolan. Dolan yang dekat aja dari rumah, nonton bioskop atau beli susu kedelai di Bandungan. Udah bikin saya bahagia. Apalagi kalo diajakin dolan sampai Kota Malang. Seneng doong pastinya.

Silahkan baca artikel ini : 

Wisata di Malang, Dari Museum Angkut Hingga Candi Singosari

5. Ngerumpi Bareng Sahabat

Bahagia itu sederhana

Perempuan itu makhluk sosial yang butuh support dari orang terdekat. Nggak cukup suami dan keluarga. Perempuan butuh support dari sesama perempuan.

Sesekali bertemu dan ngobrol bareng sahabat perempuan itu serasa mendapat tambahan energi. Merasa punya satu kesamaan, yaitu sama-sama sedang berjuang ngurus rumah dan keluarga. Keluarga tentunya nggak harus suami dan anak-anak. Bisa juga keluarga kita yaitu orang tua dan saudara kandung.

Ngerumpi tentunya bukan ngomongin keburukan seseorang. Tapi ngerumpi yang positif dong. Seperti, cerita tentang seorang sahabat yang menang lomba. Atau ngerumpi toko buku yang sedang ngasih diskon gede, hihiii.

6. Pengalaman Yang Menjadi Pengingat Kebaikan

Tak selamanya pengalaman buruk aja yang bisa diambil hikmahnya. Pengalaman baik yang bikin hati bahagia justru menjadi pengingat agar menjadi manusia yang lebih bermanfaat.

Pengalaman yang baik juga menjadi support ketika diri sedang lemah semangat. Jadi simpan pengalaman yang baik agar suatu hari bisa menjadi pemantik semangat.

7. Rejeki Yang Berkah

Rejeki nggak harus berwujud materi. Rejeki bisa berupa mendapat senyum dari seseorang yang pernah membenci kita.

Atau mendapatkan job sebagai influencer dengan bayaran rendah. Rejeki duit nggak harus ratusan juta. Ketika bisa bersyukur dengan seberapapun duit yang kalian terima, itu bakal bikin hati bahagia.

Saya nggak pernah mau diperbudak duit. Ketika ada tawaran job yang sekiranya bikin saya nggak nyaman, nggak bakal saya ambil meski duitnya lumayan. Namun saya pernah menerima job dengan bayaran kecil karena suka dengan produk yang dipromosikan. 

Duit sedikit tak akan mampu menghambat kebahagiaan saya. Sedikit atau banyak, bagi saya yang penting berkah. Itu aja udah bikin hati bahagia, sesederhana itu.

Ketujuh hal yang bikin bahagia itu sederhana, bisa kan diciptakan?! Nggak perlu melihat rumput di rumah tetangga. Siapa yang tahu kalo itu rumput sintetis, bukan rumput Jepang yang lembut saat diinjak. 

Sahabat udah menemukan kebahagiaan yang sederhana? Yuk tulis untuk memenuhi tantangan #BPN30DayChallenge hari ke 27. Atau bisa juga sharing di kolom komentar? Silahkan ya, wassalamualaikum.

10 comments:

  1. Setuju mbak. Kadang masih sering orang menyamakan rejeki = pasti uang. Padahal banyak banget yang bisa termasuk rejeki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapat senyum aja sama aja dapat rejeki, bikin hati bahagia yaa

      Delete
  2. Bahagia itu sederhana : dapet balesan emoji love dari gebetan saja sudah bikin bahagia #eaakkk

    ReplyDelete
  3. Rejeki itu luas kesehatan, keselamatan, tetangga dan teman yang baik, doa dari ortu, teman dan saudara, punya pasangan yang baik, uang tak bisa membeli kebahagian, tapi kita tetap butuh uang untuk beli kebutuhan sehari2, sedekah, zakat infak dan ibadah haji juga umroh, beli rumah dan kendaraan, tapi apapun itu kita harus banyak bersyukur biar bahagia :)

    ReplyDelete
  4. Ada yg bilang antara aku sama suami yg terlihat dlm foto itu tidak bahagia.padahal sbnrnya kami bahagia dengan apa yg kita miliki meskipun hal sederhana. Rejeki itu luas ya mbak dan aku memang berusaha merubah mindsetku bahwa rejeki itu tidak hanya sebatas uang.

    ReplyDelete
  5. Bahagia buatku juga sederhana mba. Bisa makan bereng keluarga dan liburan liburan kecil juga udah bahagia. Bahkan kena serangan ciuman dari anak2 aja udah bahagia banget. Memang banyak hal yang bisa bikin bahagia, semua tergantung masing2 kita mengartikannya.. miss you mba wati

    ReplyDelete
  6. Betul bisa me time baca buku aja udah bahagia..hal yang lagi jarang aku dapetin akhir-akhir ini hehehe

    ReplyDelete
  7. Iya betul mbak Wati, sehat itu bener bener bikin bahagia, kalsu sehat mau ngapa ngapain enak dan asik. Semoga keluarga kita sehat terus ya Mbak Wati

    ReplyDelete
  8. Masyaallah. Ketujuhnya emang bikin bahagia ya

    ReplyDelete
  9. Wah..bahagianya sama indikatornya tuh mbak sama aku.
    Btw ngganduli itu bhs indonesianya bergelantungan kali yak..*eh..kok jd mirip nguk nguk ya..hihi

    ReplyDelete