Mengenal ASUS ZenBook Pro 15 UX580, Laptop Dengan ScreenPad Yang Mendukung Kerja Kreatif Generasi Milenial - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Saturday, 22 December 2018

Mengenal ASUS ZenBook Pro 15 UX580, Laptop Dengan ScreenPad Yang Mendukung Kerja Kreatif Generasi Milenial




Assalamualaikum Sahabat. Mengenal ASUS ZenBook Pro 15 UX580, Laptop Dengan ScreenPad Yang Mendukung Kerja Kreatif Generasi Milenial. Laptop inovatif dengan dua layar ini baru pertama kali ada di dunia. 

Waktu si bungsu cerita tentang rencana program studi kuliah di jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di Udinus Semarang, saya sempat menganggap santai.

Karena setahu saya, kuliah di DKV itu paling juga menggambar animasi, atau bikin stiker doang. Cukup lah menggunakan Notebook ASUS X200MA milik saya. Toh selama ini juga si bungsu selalu pakai Notebook ASUS X200MA. Dia bikin gambar 3D Art menggunakan software Blender3D menggunakan notebook saya.



Jadi ketika saya sedang nganggur, abis posting artikel di blog, saatnya ganti si bungsu yang menggunakan Notebook X200MA.

Cumaaa, si bungsu suka ngomong sendiri kalo sedang nge-blender gambar di notebook. Mungkin karena terlalu banyak data yang tersimpan, jadi kadang suka lemot. 

Ya siiih, sudah saatnya si bungsu punya laptop sendiri. Nggak perlu nanya, ibunya masih lama nggak ngetiknya.

Kadang saya yang nanya kalo laptop lagi dipakai si bungsu, udah selesai ngerjain tugasnya apa belum. Ya gitu deh kalo laptop dipakai bersama. Bukannya saya nggak sayang anak karena nggak membelikan laptop. Tapi barusan bulan sebelumnya kami  membelikan si kakak laptop juga.  Trus bayar semesteran dua anak yang kuliah, ditambah uang masuk kuliah si bungsu di univesitas swasta bonafit yang butuh dana lumayan.

"Sabar ya Dek, insyaa Allah sebelum semester 3 kami udah bisa membelikan laptop,"

Alhamdulillah si bungsu bisa menerima penjelasan kami.

"Santai aja, Bu. Sementara tugas mata kuliah juga masih pakai peralatan manual," tutur si bungsu tersenyum.

Ah leganya mendengar jawaban Naufal yang tak terlihat gurat kecewa. Tapi benar sih, keterangan Naufal itu. Kalo masih semester awal seperti sekarang, si bungsu masih bikin nirmana dengan menggunakan pensil. Ya masih menggunakan teknik manual seperti cat, kertas, pensil, dan lainnya. 

Namun ketika semester 3 nanti, dia butuh perangkat untuk mendukung mata kuliahnya.  Tugasnya mulai disuruh membuat infografis, poster ilustrasi, membuat beberapa aplikasi slideshow, game berbasis flash, bahkan  teknik mencetak seperti buku katalog.

Dan untuk mengerjakan semua tugas kuliahnya, Naufal butuh laptop yang mumpuni. 

Tiba-tiba suatu hari babe bertanya pada saya, kapan Naufal butuh laptop. 

"Tahun depan sih, Be."
"Oh, semester 3 itu jangan-jangan adek udah mulai dapat job nih?" balas babe bertanya pada si bungsu.

Si bungsu senyum-senyum menggemaskan. Saya pun mengalihkan perhatiannya saat teringat sesuatu.

"Ingat loh Dek, boleh terima job tapi sebiji aja. Harus konsen kuliah dulu. Ibu udah diingatkan sama dosen agar anak-anak nggak terlena dengan job yang mulai berdatangan,"

"Siaaap," si bungsu sekali lagi tersenyum menggemaskan. Halaaah, opo tho iki.

Kenalan Lebih Dekat Dengan ASUS ZenBook Pro 15 UX580

Saya beruntung bisa mengenal lebih dekat ASUS ZenBook Pro 15 UX580 ini saat event gathering di Kota Semarang. Bertempat di Gets Hotel Semarang, ASUS Indonesia mengundang sekitar 50 blogger dalam acara ASUS Year End Microsoft Bloger Gathering.

Saya foto dulu di stage dengan banner :


Acara dipandu oleh Mba Uniek, blogger Semarang yang aktif dan sering menjadi host lomba blog bersama brand ASUS Indonesia. Yup, founder komunitas blogger peremuan Semarang Gandjel Rel ini udah kesohor sebagai blogger yang sering hadir tiap ASUS launching produk terbarunya. Kalian bisa ya baca tulisannya di www.uniekkaswarganti.com. 

Saat itu hadir juga Om Yahya Kurniawan, blogger dan penulis buku yang tinggal di Kota Jogja. Ceritanya Om Yahya yang nanti akan mengenalkan kami dengan  ASUS ZenBook Pro 15 UX580.

Bisa dibilang Om Yahya ini adalah mastah di bidang hardware dan software. Kalian bisa kok kepoin blog nya Om Yahya, yang punya tagline keren :Oom Yahya's Ditigal Lifestyle". Jangan lupa O nya ada dua ya.

Mengapa saya sebut mastah? Ya, karena beliau itu udah nulis 41 buku tentang software dan hardware. Keren banget deh ini. Kepoin yuk di sini : https://yahyakurniawan.net/  yaaa.


Om Yahya ngaku kalo dia juga baruuu aja kenalan dengan ASUS ZenBook Pro 15 UX580. Jadi kami siang itu kenalan lebih dekatnya bareng-bareng, hahahaaa.

Dari laman resmi yang diluncurkan oleh ASUS, ada berita yang bikin hati konsumen setia bakal hepi.

Pada tanggal 15 Desember 2018, ASUS Indonesia telah menghadirkan ZenBook Pro 15 UX580. Laptop ini seri tertinggi dari lini ZenBook yang berkelas premium. 


Bahkan yang bikin saya takjub adalah, ZenBook Pro 15 UX580 ini merupakan laptop pertama yang hadir dengan ScreenPad. 

Eh tahu kan ScreenPad, ituu touchpad yang bisa kalian fungsikan sebagai layar kedua. Nah, ScreenPad ini tuh inovasi terbaru dari ASUS. Ceritanya kan Asus cinta banget sama pelanggan setianya  Jadi dibuat lah inovasi itu agar konsumen bisa lebih produktif serta punya pengalaman yang lebih meningkat. Ahhhh ASUS keren banget laahhh.

Mau tahu spesifikasi  serta kelebihan fasilitas dari ASUS ZenBook Pro 15 UX580? Yuk lanjut bacanya ya.



Fasilitas yang dimiliki ASUS ZenBook Pro 15 UX580 :


- Pilihan Performa Yang Mudah

ASUS ZenBook Pro 15 UX580 ini dibikin untuk membantu pekerjaan penggunanya, tanpa menimbulkan kesulitan. Dengan prosesor berkinerja tinggi, penyimpanan ultracepat, dengan grafis kelas game, bakal memungkinkan penggunanya menyelesaikan tugas dengan deadline super ketat yang lebih cepat dari pada sebelumnya. 

Yang pasti sih kalo Naufal menggunakan ZenBook Pro 15 UX580 ini, dia nggak perlu nunggu proses blender 3D nya selesai. 

- CPU Yang Melampaui Imajinasi

Dengan ZenBook Pro 15 UX580 yang menggunakan prosesor Intel@ Core i7-8750H dan chip grafis Nvidia GeForce GTX 1050. Kedua panel ini hadir untuk memenuhi semua kebutuhan profesional, mulai dari video editing, photo editing, hingga 3D rendering.

Ini pastinya bisa digunakan Naufal saat mulai menerima job atau magang di studio, saat mengerjakan tugas mata kuliahnya.

- Elegan dan Tangguh

Ah saya kok jadi ingat dengan notebook ASUS yang bisa diinjak-injak dulu ya kalo membaca kata tangguh. Ehehee, yang ini sih beda ya. Sayang dong kalo mau diinjak-injak.

Yup, ASUS ZenBook Pro UX580 ini penampilannya gagah. Dengan berbahan metal yang solid serta dibalut warna Deep Dive Blue yang elegan. Bentuknya juga sangat ringkat dengan ketebalan hanya 18,9mm. 

Ngomongin bobot nih, cuma 1,88 kg aja, ringan lah yaa. Kalian bisa loh memasukkan laptop ini ke dalam backpack dan tidak merepotkan kalo dibawa traveling.

- Layar yang Lebih Lebar

hidayah-art.com


ZenBook Pro 15 UX580 memiliki ukuran layar yang lebih lebar, dengan resolusi ultra tinggi yaitu 4K. Dengan bentangan 15,6 inci namun bodinya seukuran laptop yang umum yaitu layar 14 inci. 

Mau tahu rahasianya? Semua itu terjadi karena teknologi NanoEdge yang membuat bezel layar di laptop ini bisa tampil dengan bezel hanya 7,3 mm dan screen-to-body ratio sebesar 83%.

- Standar Militer

Dari Om Yahya kami dikasih tahu kalo ZenBook Pro 15 UX580 ini mengantongi standar militer MIL STD-810G. Yaitu sertifikasi yang membuktikan laptop ini telah lolos dalam berbagai pengujian ekstrem. 

Pengujiannya tuh seperti tes ketinggian dan tes suhu tentunya. Jadi mungkin bisa digunakan untuk perangkat militer yang fungsinya untuk menyimpan data di lokasi militer ya.

- Speaker Yang Bening

Oiya saat Om Yahya memutar musik, terdengar suara yang bening dari speaker. semua itu karena ASUS sudah melengkapi ZenBook Pro 15 UX580 dengan speaker khusus. Yaitu speaker yang sudah mengantongi sertifikasi dari Harman Kardon.

Speaker ini dikonfigurasi oleh ASUS Golden Ear Team yang melengkapinya dengan teknologi ASUS SonicMaster.

Hasilnya tentu frekuensi suara 1,6 kali lebih lebar dengan output 1,4 kali lebih keras. Dan suara yang dihasilkannya setara kelas premium yang lebih baik dari laptop di kelasnya.


- Inovasi Yang Pertama di Dunia


ASUS Blog Competition

ZenBook Pro 15 UX580 memiliki fitur paling unik yang tiada duanya, yaitu ScreenPad. Fitur yang inovatif ini memiliki beragam fungsi yang bisa digunakan untuk menunjang produktivitas penggunanya. 

ScreenPad juga memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan touchpad dengan menambahkan wallpaper.

Untuk mendukung kinerja ScreenPad ini, ASUS sudah menyiapkan beragam aplikasi khusus yang diintegrasikan dengan berbagai aplikasi. Misalnya dengan Microsoft Office. 

Melalui fitur Adaptive Design, ScreenPad secara otomatis akan menyesuaikan tampilan sesuai dengan aplikasi yang sedang dijalankan dnegan menampilkan antarmuka tambahan.

Fitur lainnya adalh untuk layar kedua, dengan mode Screen Extender. Pengguna bisa membuat ScreenPad seperti layar tambahan.


- Warna Yang Sangat Akurat

ZenBook Pro UX580 memiliki tingkat kecerahan hingga 400nits. Yang menghasilkan warna akurat, dengan tingkat reproduksi warna Adobe RGB hingga 100 % dan Delta E < 2. Artinya warna yang dihasilkan mendekati aslinya. Kaena layarnya merupakan factory-calibrated dan telah divalidasi oleh PANTONE.


- Ram dan Memori Internal Yang Gede

Namanya juga laptop kelas profesional, tentunya performa ASUS ZenBook Pro ini dilengkapi dengan memori yang terbaik.

Dengan RAM DDR4 sebesar 16GB serta penyimpanan internal menggunakan M.2 NVMe PCle SSD sebesar 1TB. Kereeenyaaa, jadi kombinasi keduanya memastikan sistem berjalan cepat tanpap kompromi. 


- Sensor Sidik Jari


ZenBook ini sudah tentu dilengkapi dengan sensor sidik jari yang ada di touchpad dan Windows hello. Jadi aman ya dan nggak perlu lah mengetikkan kata sandi setiap kali mau masuk. Cukup dengan satu kali sentuhan, langsung deh kalian bisa mengoperasikannya.

- Baterai Tahan Lama

Yup baterai Lithium Ion 8-cell bisa memasok daya hingga 9,5 jam kerja. Teknologi fast charging nya juga sudah ditanamkan. Sehingga hanya butuh pengisian 60 persen aja selama 49  menit. Ekstra ngebut nih pengisiannya. 

Fasilitas komplitnya bisa dilihat di tabel ini ya :




Kenalan juga dengan ASUS ya :

Selama tahun 2018 ini ASUS mencatat tonggak sejarah baru dengan meningkatnya pangsa pasar di Indonesia. Peningkatan pangsa pasar laptop para pengguna ASUS naik menjadi 42,6 persen. 

Dengan meningkatnya pangsa pasar ini menunjukkan ASUS telah meraih perhatian pengguna di seluruh Indonesia.

Oh iya saya punya bocoran, kalo mahasiswa DKV itu seringnya mencari brand ASUS tiap kali butuh laptop baru. Bocoran info ini tentunya dari pemilik studio tempat magang mahasiswa jurusan DKV.

ASUS juga merupakan salah satu perusahaan yang masuk dalam daftar World's Most Admired Companies dari majalah Fortune. 

Nah, saat ini ASUS memiliki lebih dari 16.000 karyawan di seluruh dunia. 5.000 di antaranya adalah insinyur di tim R&D (riset dan pengembangan) berkelas dunia. 

Materi Jurnalistik oleh Gus Wahid

Saya ngga tahu sebelumnya kalo ada mistery guest untuk acara ASUS ini. Dan ternyata mistery guest nya tuh Gus Wahid. Hahahhaa.

Gus Wahid adalah jurnalis yang mulai pengen dikenal sebagai blogger. Duh dobel identitas ini ya. 

Sharing materi kedua adalah tentang kaidah jurnalistik dalam kontes blog. Yuk simak ya di bawah ini :


1. Accuracy (Akurasi)

Dapatkan berita yang benar. Lakukan cek ricek terhadap data yang diperoleh. Jangan mudah berspekulasi dengan isu atau desas-desus. Pastikan semua informasi dan data yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan kewenangan dan keabsahannya.

2. Balance (Keseimbangan)  

Tidak berat sebelah, menguntungkan satu pihak Atau merugikan pihak lain. Keseimbangan dimungkinkan dengan mengakomodasi kedua golongan (misalnya dalam penulisan berita tentang konflik). Hal demikian dalam jurnalistik disebut dengan “Both Side Covered”.

3. Clarity (Kejelasan) 

Faktor kejelasan bisa diukur dari mengerti tidaknya pembaca pada isi dan maksud berita yang disampaikan baik topik, alur pemikiran, kejelasan kalimat, pemahaman bahasa, dan pernyaratan penulisan lainnya.

Penulisan Berita itu ada tiga kriteria, dengan satu hal penting yang terletak paling tinggi tingkatannya, yaitu Judul dan Lead. Bagian ini kalo untuk jurnalistik harus ada.

Sementara bagian ending dan alur penulisan bisa dipotong oleh editor bila dirasakan artikel terlalu panjang.

Bahasa Jurnalistik
Bahasa jurnalistik dibatasi ruang dan waktu dengan kemampuan komunikasi yang cepat, hemat dan jelas sehingga efisien dari unsur kata dan kalimat. 
Nilai-nilai Berita : 
1. Kedekatan (Proximity), peristiwa dekat dengan khalayak secara geografis/ psikis.
2. Bencana (Emergency), kebutuhan rasa aman, menggugah perhatian pembaca
3. Konflik (Conflict), ancaman terhadap rasa aman, baik individu, kelompok/Negara
4. Kemashuran (Prominence),rasa ingin tahu terhadap Public figure
5. Dampak (Impact), berdampak langsung dalam kehidupan masyarakat Unik, ingin tahu yang unik, aneh, lucu, dan menarik perhatian
6. Baru (Actual), peristiwa yang baru terjadi memancing minat orang untuk mengetahui.
7. Kontroversial, menarik untuk diketahui karena mengandung kejanggalan. Human Interest, derita dari sesama masyarakat atau warga yang dekat, cenderung menarik minat untuk diketahui
8. Ketegangan (Suspense), keingintahuan hingga akhir cenderung menarik minat.


Catatan bagi Penulis Jurnalis/Bloger:
1. Menulis lah dengan jujur dan dari hati
2. Tanda baca, koma, dan pola piramida terbalik. Perhatikan juga PUEBI, kalo dulu kan KBBI ya.
3. Catat dengan detail dan cermat. Rekam juga dan tanya narasumber lebih banyak dengan sudut pandang tertentu, jangan andalkan ingatan.
4. Tulis dalam kalimat yang jelas, lengkap, dan jernih.
5. Fokus pada topik berita, jangan melebar ke sana-sini yang bikin pembaca bosan.
6. Tulis dengan proporsional, jangan berlebihan.
7. Periksa kalimat kutipan, pernyataan off the record, konfirmasi dengan sumber berita, dan “ucapan di kedai kopi”.
8. Patuhilah kode etik jurnalistik yang melarang penulis melakukan plagiat atau menjiplak.
9. Sepertinya lebih asyik menggunakan Bahasa Indonesia untuk penggunaan kata serapan dari bahasa asing.


10. SEO? Ini disebut oleh Gus Wahid belum sepenuhnya dimengerti, dan masih belajar juga bareng blogger lainnya.


Setelah pembagian doorprize, pengumuman pemenang kuis dan foto bersama, acara dilanjutkan dengan makan siang dan ngobrol.


Nah, komplit ya artikel tentang Blogger Gathering bareng ASUS di Kota Semarang. Di kota kalian udah ada gathering juga kah dengan brand ASUS Indonesia? Sharing yaa, Sahabat. Wassalamualaikum.

36 comments:

  1. Zenbook UX580 ini cocok sekali bagi Nauval nanti kalau dia jadi pekerja kreatif di bidang desain komunikasi visual ya mba. Semoga bisa berjodoh dengan si kece yang satu ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah disampaikan ke Nauval mba spec dari UX580 ini sesuai dengan kebutuhannya? Kuyakin pasti ngiler berat nih anak lanang klo liat laptop yg satu ini.

      Delete
  2. ASUS nih emng keren
    Suamiku pakai ini dan meski belinya barengan sm punyaku tp punya dia lebih awet pdhl pemakaianny sama

    ReplyDelete
  3. 4 jempol buat inovasi Asus, bikin makin bangga pakai Asus.
    Inovasinya berkembang tanpa batas.
    Dan note banget tuh buat kode etik blogger.
    Sebisa mungkin perhatikan tanda baca, baik penulisan maupun saat komen ya hihihi

    Daann masalah plagiat, ini banyak banget di zaman now :)

    ReplyDelete
  4. Laptop idaman banget ya mbk,aku naksir berat. Semoga rezekinya Nauval, bisa dapet zenbook ini

    ReplyDelete
  5. Dengan spesifikasi produk secanggih Asus Zenbook ini, kita sebagai content creator serasa dimanjakan ya!

    ReplyDelete
  6. Oke banget ZenbooZ, speknya aduhai,pas buat kerja tanpa masalah.
    Asus memang produksinya layak diandalkan

    ReplyDelete
  7. Aku masih menggunakan kata serapan dalam bentuk mentah di blogku. Belum sepenuhnya berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Hihi. Noted.

    ReplyDelete
  8. Sungguh aku pengen banget punya laptop yag ringan dan bisa di bawa saat melakukan perjalanan. Doain ya mba aku bisa punya laptop Asus ini

    ReplyDelete
  9. Wah si bungsu saja sudah kuliah ya. Si bungsuku masih playgrup. Anyway gambar 3D memang enak pakai laptop yang ga lemot dan besar storagenya. Thanks Mbak tips untuk jurnalis atau blogger nya

    ReplyDelete
  10. Suka banget sama laptop Asus bentuknya elegan, tipis dan dapur pacu nya juga oke.

    ReplyDelete
  11. Punya ASUS ZenBook Pro ini si adek bakal makin semangat kuliah ya. Semoga segera kebeli. Kuliah jurusan DKV tuh kudu nyeni. Sekarang lapangan kerja bidang ini juga banyak

    ReplyDelete
  12. Mbak Wati kami serumah laptopnya ASUS semua dan pengen banget pake Zenbook ini. Mudah2-an rejeki tahun depan suamiku ngajuin laptop ini ke kantornya tadinya ditawarin mqcbook tapi dari dulu kesemsem ASUS

    ReplyDelete
  13. Seru banget ya gatheringnya dihadiri 50 blogger. Ada mbak Uniek dan Om Yahya. Pasti acaranya nggak membosankan sama sekali.

    ReplyDelete
  14. Laptopnya canggih abiiisss yaah Mbak. Huaaa, jadi kepengen juga inii.
    Moga rejekinya Mas Naufal yah tahun depan bisa punya laptop keren ini juga, kan Emaknya jg nanti bisa ikutan merasakannya kan ya Mbak ;)

    ReplyDelete
  15. Alhamdulilah ya mba, punya anak pengertian. Mupeng banget deh sama laptopnya. Speknya canggih bener dah. Coba kalau ada diskon sampai 90 % pasti langsung beli dah #ngayal hahahaha.....

    ReplyDelete
  16. Kayaknya saya harus punya niatan dan tekad kuat supaya tahun 2019 bisa punya ZenBook. Abisnya laptopnya kece banget :)

    ReplyDelete
  17. mba Asus seri ini aku mau bngt brharap punyapunta nih mudah2an y apalagi menang lomba

    ReplyDelete
  18. Ya ampun pengen banget laptopnya keren banget sumpah. mahal tapi sesuai dengan spesifikasinya

    ReplyDelete
  19. Asus memang gak pernah main2 kalau bikin produk yaa, yg ini pun Speknya keren banget, bikin mupeng siapa aja.

    ReplyDelete
  20. Komplit banget penjelasannya mba, sekomplit spesifikasi Asus ini. Btw, itu screen bisa dilepas juga gak sih?

    ReplyDelete
  21. Ngiler kalau ada orang ngomongin ASUS wkwkwk kece, keren, terdepan juara dan masih banyak lagi keunggulannya. Apalagi yang kemarin dipromosikan 35 jutaan itu lho hahaha sama biaya nikahku mahalan laptopnya. Tapi seimbang untuk orang yang handal dan profesional cocok.

    ReplyDelete
  22. Senyum menggemaskan anak anak mba wati emang sungguh menggemaskan ya. Haha.. kangen pengen nyubit pipit, ini po tho ahahaha..

    ReplyDelete
  23. Waah si bungsunya mba Wati udah kuliah, kayaknya laptop Asus Zenbook seri ini memang mendukung banget bagi desain grafis ya, dari spesifikasi dan kecanggihannya

    ReplyDelete
  24. Mantaaap bangeet bisa belajar langsung dRi mastaaah mba! Ayo diadopsi laptopnya.. cakep banget soalnya. Aku juga suka touch screen!

    ReplyDelete
  25. Lengkap banget yaa....speknya ciamik.
    Semoga makin produktif punya ASUS Zenbook pro-15 UX580.

    ReplyDelete
  26. Aku pengguna setia asus...jadi tergoda nih sama Asus Zenbook

    ReplyDelete
  27. Duuuuh, ngileeeer dengan laptop ASUS yang baru ini. Keren banget! Jadi kepengen cepet2 ngelembiru laptop lama. Padahal sama2 ASUS juga. :)))

    ReplyDelete
  28. Suka banget baca2 reviewnya produk asus. Cuma aku belum punya sih. Semoga nanti ada rezekinya

    ReplyDelete
  29. Wahhh laptop Asus yang satu ini mumpuni banget. Udah lengkap banget. Sekarang emg lagi pake laptop asus. Belum setahun sih. Tp mudah2an bisa awet

    ReplyDelete
  30. Udah ngincer laptop inii, siap siap nabung biar kebeli heheh

    ReplyDelete
  31. Waah laptopnya bikin terkesima, tapi harganyaa bikin nganga yaa.. nabungnya lama nih.

    ReplyDelete
  32. Baru kali ini aku tau ada leptop yg ada screenpad-nya, keren :D
    Ini kyknya bakal jd laptop impian di tahun 2019 ya :D

    ReplyDelete
  33. meski aku bukan designer, tapi kok pengen banget ya punya laptop kayak gini

    ReplyDelete
  34. Saya sudah kepikir utk beli Laptop Baru, sebab laptop lama sudah Rusak, mungkin ASUS ZenBook Pro 15 UX580 cocok buat saya. :)

    ReplyDelete
  35. Idola banget laptop asus, tapi brand asus selalu menggoda ya mba Hiday
    Aku belum punya blas, brand asus wkwkwk aku pengne punya bismillah

    ReplyDelete