Lifegoals Menjadi Sehat Menuju Pra Lansia - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Saturday, 1 December 2018

Lifegoals Menjadi Sehat Menuju Pra Lansia



Assalamualaikum Sahabat. Lifegoals : Menjadi Sehat Menuju Pra Lansia bagi saya perlu diperjuangkan. Usia pra lansia makin mendekati bilangan muda di mata saya. Artikel ini saya tulis memenuhi tantangan #BPN30DayChallenge hari ke-12.

Seperti yang pernah dilansir oleh fpok.ikippgribali.ac.id/ yang menjelaskan bahwa  usia 46 - 55 tahunn adalah Massa Lansia Awal. Berikutnya usia 56 - 65 tahun merupakan Massa Lansia Akhir. Dan usia 66 tahun ke atas merupakan Manula.

Jadi usia saya masuk dalam kisaran Massa Lansia Awal. Usia ini merupakan rawan dengan munculnya berbagai macam penyakit. Terutama bila kalian tidak peduli dengan asupan makanan dan jarang olah raga.

Sudah dua tahun ini saya menikmati bebas menstruasi. Menopause saya datang lebih cepat dibanding ibu saat meno di usia 59 tahun. Sementara saya menopause lebih awal, yaitu usia 48 tahun.

Saya bersyukur tidak mengalami masa sulit saat menjelang menopause. Beberapa perempuan mengalamai pendarahan hebat hingga butuh kuretasi. Ada juga yang mengalami berkurangnya kelembaban kulit.

Yang saya alami hanya siklus menstruasi tidak teratur. Saya mengalami menstruasi tidak teratur ketika masuk usia 43 tahun. Dan ini rupanya wajar karena ada 80 % perempuan yang mengalami ketidakteraturan menstruasi. Ini wajar karena merupakan masa transisi pra-menopause dan biasanya berlangsung antara dua hingga delapan tahun.

Ketika akhirnya mengalami menopause, saya tidak lagi kaget. Karena sebelumnya saya sudah mengantisipasi dengan mengubah gaya hidup lebih sehat.

Ada beberapa alasan saya mengubah gaya hidup dan ingin lebih sehat. Yaitu :

- Perempuan Menopause Rentan Kena Serangan Jantung


Perempuan mengalami penurunan hormon estrogen. Perempuan yang belum menopause mestinya merasa beruntung karena hormon estrogen ini melindungi dari serangan jantung.

Menurunnya hormon estrogen ini yang menyebabkan tubuh seorang perempuan sulit menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah. Efeknya kadar kolesterol jahat atau LDL meningkat. Tingginya kadar kolesterol dalam darah ini menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Dan tentu saja meningkatkan resiko serangan jantung.

- Penyakit Tidak Menular Mudah Muncul Tanpa Disadari

Bagi perempuan yang memasuki usia kepala empat, metabolisme tubuhnya makin melambat. Apabila kita tidak memperhatikan asupan makanan, dan olah raga, berat tubuh bisa makin bertambah.

Menjaga pola makan yang benar, olah raga secara teratur, akan meminimalisir over obesitas.

Usia 40 tahun juga perempuan lebih rawan dengan tulang yang rapuh. Kepadatan tulang yang berkurang, membuat mereka gampang patah tulang. Kalsium yang tersedot selama usia kehamilan dan menyusui turut menyumbang tingkat keparahan tulang rapuh.

Mengingat alasan tersebut, ini kelima tips agar tubuh lebih sehat di usia menjelang menopause :

1. Mengatur Pola Makan

saya mulai mengatur pola makan. Sudah 10 tahun lebih saya mengurangi asupan karbohidrat berupa nasi. Sehari saya hanya makan 5 Sdm untuk dua kali makan, yaitu makan siang dan makan malam. Sementara makan pagi saya adalah pilihan dari ketiga hal berikut : buah, snack pisang, atau salad dengan dressing strawbery atau nanas cincang.

2. Olag Raga Yang Konsisten

Selain itu saya mulai melakukan olah tubuh selama minimal 10 menit dengan konsisten seminggu tiga kali.


3. Konsumsi Air Putih

Konsumsi air putih pun sudah lama saya lakukan dengan ukuran minimal 3 liter sehari. Seharusnya dengan berat tubuh saya, aturannya adalah minimal 4 liter sehari.


4. Memperbanyak Konsumsi Ikan 

Dokter yang pernah merawat saat kolesterol saya drop juga menyarankan agar lebih banyak mengonsumsi protein ikan. Pilihan ikannya bebas, hanya perlu diperbanyak.

5. Mencegah Stres dengan Memiliki Hobi

Nah ini nih pencegah stres nomer satu, yaitu mengerjakan sesuatu yang merupakan kesenangan kita. Kalo kalian hobi baca, ya udah belanja buku atau sewa buku. Nikmati me time dengan membaca buku favorit.

Saya memiliki hobi beragam. Mulai dari membaca buku, berkebun, bikin kue, dan tidur. Salah satu dari keempat hobi ini rutin saya lakukan agar hati bahagia. Hahahaa. 

Itu sih yang mesti saya lakukan dengan komitmen dan ketekunan agar lifegoals menjadi sehat bisa terwujud. Saya ingin berusia panjang dan menikmati usia tua tanpa sakit menahun. Nah, bagaimana dengan kalian? Wassalamualaikum.

10 comments:

  1. Sehat2 ya mbak Wati. Aku kaget sehari bisa minum 3 liter itu banyak banget. Malah harusnya 4 liter? Waduh belum kebayang gimana bolak balik ke toilet apa enggak tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, minimal kan 2 liter, tapi tergantung kebutuhan tiap orang. Makin gemuk, tubuh butuh lebih banyak air

      Delete
  2. Ulasannya menjadi penyemangat saya menuju sehat pra Lansia mba :) semoga kita selalu sehat ya mba

    ReplyDelete
  3. Wah... Asupan air putihku kurang donk ini yaa....

    ReplyDelete
  4. Wah, ternyata konsumsi ikan bagus ya untuk usia pra lansia..sip bisa kuinfokan buat bapak ibuku juga nih...

    ReplyDelete
  5. Selalu bertekad olah raga teratur dan banyak makan sayur. Trus keluar deh penyakit "tapi"nya hihi. Semoga sehat terus Mbak Wati dan keluargaaa

    ReplyDelete
  6. Gak nyangka buwati sdh masuk awal lansia, pdhl kliatanya msh muda gt.

    ReplyDelete
  7. wah bener ya bumer,. jaman sekarang kalo mau sehat itu mahal,
    air putihku perasaan ya udah banyak, tp kalo dicek selalu aja masalahnya kurang minum air, padahal mah banyak2 aja lho, bingung akutu

    ReplyDelete
  8. Semoga mbak wati sehat selalu ya mbak..

    ReplyDelete