Dari Yang Remeh Sampai Hal Penting Bisa Dilakukan Saat Hari Libur - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 10 Desember 2018

Dari Yang Remeh Sampai Hal Penting Bisa Dilakukan Saat Hari Libur


Hari Libur
Pict by pexel

Assalamualaikum. Dari Yang Remeh Sampai Hal Penting Bisa Dilakukan Saat Hari Libur ya Sahabat. Karena hari libur itu hari suka-suka sih. Itu menurut saya pribadi, hahaha.

Dari jaman masih gadis, sampai udah nikah dan beranak dua. Hingga anak-anak udah beranjak dewasa, hari libur atau hari Minggu bagi kami itu suka-suka aja. Mau menikmati libur di rumah sambil gegoleran di kasur atau lantai, boleh aja. 

Atau mau ke pantai yang dekat rumah, meski airnya kotor juga gak apa. Di pantai kan nggak harus main air, bisa aja jajan atau sekedar nonton orang yang sedang memancing ikan.

Saya tulis artikel ini untuk memenuhi tantangan #BPN30DayChallenge hari ke-20. Masih semangat menulis di blog, kan sahabat?

Yuk saya sharing ketika hari libur mesti ngapain :

1. Nonton Film di Rumah

Dari jaman punya anak baby, saya mulai suka nonton film di rumah. Dengan nyewa DVD karena jaman dulu itu belum ada internet. Kalo sekarang pengen nonton film di rumah, saya download dulu baru nanti kami nontonnya pas jam 11 siang sambil leyeh-leyeh di kasur.

Jaman anak-anak kecil, kasur sampai kotor dengan jajanan popcorn buatan rumahan. Yup, saya ciptakan suasana seperti di bioskop meski TV kami ukurannya cuma 32'. Yang penting bisa nonton asik sambil ngemil popcorn. Lebih asik lagi kalo nonton film di rumah adalah bisa selonjoran.

Mengapa nggak ke bioskop aja nontonnya? Cause, nonton bioskop di hari Minggu itu nggak asik karena mesti antri demi beli tiket. Justru saya dan suami itu lebih suka nonton di bioskop kalo weekdays. 

2. Baca Buku Sampai Tamat

Menghabiskan buku dalam satu hari itu saat ini seperti wacana. Namun kalo hari Minggu, ketika nggak ada kegiatan lain yang lebih penting, saya pilih baca buku. Tempat ngabisin buku yang paling asik tuh di kasur. Atau depan TV, jadi baca bukunya sambil ditemani suara TV. Tapi sambil ditemani pula cemilan dan teh panas.

Hari Libur

Kalo misal hari Minggu dihabiskan di luar rumah, saya tetep usahakan baca buku. Dalam perjalanan di dalam mobil, saya bisa loh baca isi buku. Mungkin orang lain ada yang pusing ya baca di dalam kendaraan yang sedang berjalan. Tapi saya udah terbiasa dari jaman masih pelajar, sambil nunggu nyampe rumah, bisa baca novel di dalam bus. Asik loh baca buku saat di perjalanan, tahu-tahu udah nyampe lokasi.

Ketika udah berkeluarga, kadang ada sih yang nyempil di sebelah saya saat sedang asik baca buku. Ya udah ditaruh dulu bukunya, perhatian sejenak dialihkan agar yang nyempil ini nggak terabaikan.

Baca artikel tentang pilihan buku favorit saya saat ini : Buku Favorit 

3. Silaturahmi

Saya dan suami suka silaturahmi. Sejak nikah, ada anak-anak pun kami suka menyambangi rumah famili. Kalo nggak ke rumah orang tua kami, kerabat dari keluarga saya. Atau berkunjung ke rumah teman suami.

Kata suami, silaturahmi itu nggak sekedar menyenangkan yang dikunjungi. Tapi juga menambah rejeki. Iya sih saya setuju. Karena dari silaturahmi ini, kadang suami dapat kerjaan. Bisa dari yang rumahnya dikunjungi, bisa juga dari kenalan atau kerabat yang punya rumah. Bekah dari silaturahmi itu rejeki, hihii

4. Masak Masakan Istimewa

Sejak sebelum menikah, saya paling suka melihat kegiatan bude bikin sesuatu di dapur. Kebetulan rumah orang tua kami berdekatan dengan rumah keluarga bude dan bulik dari Ibu saya.

Sementara ibu saya nggak suka masak kala itu karena kesibukan kerja, kebalikannya dengan bude. Dari bude pula saya jadi suka bikin masakan. Belajar bikin kue atau jajan pasar yang mudah seperti nagasari.

Sejak punya baby, kesenangan saya ngoprek dapur jadi ada alasan. Si sulung yang susah makan saat berusia 20 bulan, bikin saya belajar masak. Kreativitas bikin makanan agar si sulung doyan makan entah muncul dari mana. Mungkin karena saya pengen si sulung bisa menikmati segala makanan dari berbagai bahan masakan. Jadi lah kue, kroket, arem-arem, dan jajanan lainnya lahir dari tangan saya. 

Hari libur
Bikin Tahu Aci saat Hari Libur
Hari ini saya masih sesekali bikin jajanan untuk anak-anak. Tapi nggak sesering dulu karena kegiatan mereka di luar rumah juga udah banyak. Namun namanya anak-anak tetap lah anak, yang masih suka minta dibuatkan sesuatu ketika hari Minggu sedang berkumpul di rumah.

5. Jalan-Jalan ke Tempat Wisata

Nah kebetulan hari Minggu ini suami mendadak ngajakin saya dan anak-anak jalan-jalan. Biasa sih suami sering kayak gitu, mendadak ngajak dolan. Biasanya kalo liburnya cuma sehari, misal hari Minggu aja gitu, ya mainnya yang dekat rumah.

Kami tinggal di kota Semarang, yang bersebelahan dengan Kabupaten Semarang. Pemilik alam mempesona yang selalu menjadi destinasi wisata bagi warga Semarang dan sekitarnya. Jadi ketika kami sedang jenuh, sekedar ingin menyicipi susu kedelai, tinggal datang aja ke Bandungan.

Apalagi sudah beberapa tahun ini kawasan Bandungan tengah berbenah dan mengembangkan wisata kekinian. Beberapa tempat wisata dimunculkan dan digarap agar lebih mempesona. Wisata alam dipadukan dengan kebun binaang mini. Seperti di Taman Bermain Celosia. Lokasinya satu arah dengan Candi Gedong Songo.

Hari Libur

Dengan tiket masuk 15 ribu rupiah, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam serta fasilitas lain di sana. Teman Bermain Celosia ini merupakan tempat wisata kedua setelah yang pertama hadir. Terletak berhadapan dengan Taman Celosia yang sudah terlebih dulu hadir tahun lalu.

Di sini pengunjung bisa menikmati waktu dengan berjalan memutari taman, naik sepeda bagi anai-anak, high rope, memberi makan domba dan kelinci, dan lainnya.

Bagi saya, liburan dadakan seperti hari Minggu ini menyenangkan. Si sulung bisa mengambil foto sebanyak-banyaknya menggunakan kamera Sonny A 6000 yang baru dibelinya. 

Saya senang aja waktu diminta jadi model dadakan. Berganti gaya di beberapa sudut Taman Celosia yang sejuk. 

Hari Libur di Celosia Bandungan
Aihhh...jadi model dadakan untuk
si sulung latihan motret

Liburan murah meriah ke kawasan Bandungan ini cuma menghabiskan duit sekitar 302 ribu rupiah. Itu semua untuk pengeluaran membeli BBM, Makan di resto seafood, beli air mineral, jajan leker, dan tiket masuk Taman Bermain celosia.

Nah, hari Minggu tak perlu sedih kalo nggak bisa kemana-mana. Ada lima hal yang bisa kalian lakukan seperti yang udah saya kasih contekannya di atas. 

Atau kalo pun ke tempat wisata juga nggak harus yang bayar tiket masuk. Ada banyak taman di kota kalian pastinya kan? Pilih aja salah satu untuk kalian kunjungi. Bawa cemilan dan air mineral agar tidak pelu jajan di lokasi. Liburan hemat tetap bisa kalian lakukan. Sampai jumpa dalam artikel berikutnya ya Sahabat. Wassalamualaikum.

31 komentar:

  1. Nomer 4 saya banget mba, lantaran adik saya makannya pilih-pilih, saya jadi tertantang masak masakan baru dari bahan yang tidak dia suka. :D

    BalasHapus
  2. Aku kok jadi kangen Bandungan sih setelah baca postingan ini. Pengen mampir ke taman bunga Celosia tapi belum sempat soalnya waktu itu.

    BalasHapus
  3. Mbak, sofanya enak banget. Kalo gitu saya akan pilih leyeh-leyeh seharian di atas sofa, ditemani buku dan cemilan. Makanan tinggal order online, biar gak perlu ke dapur. Hehehehe

    BalasHapus
  4. Hari Minggu kami lebih banyak dihabiskan di toko, jaga lilin. Hmmm.. Ngeliat hari liburnya Mbak Wati rasanya pewe ya

    BalasHapus
  5. Hari libur? Byat binda atuh gak hari libur udah pensiunan atuh. Jadi ya aktivitas yg sama bunda lakukan a.l. ya leyeh2 di sofa sambil ngemil kacang bawang. Pdhl hrs mantang lho.

    BalasHapus
  6. aku terakhir baca buku sampai tamat itu pas hamil. rasanya sejak punya anak me time membaca buku jadi hal mewah banget huhu

    BalasHapus
  7. Kalau aku cuma 1, nge mall mba hehehe.. mol again mol again.. tapi ku juga pernah baca harpot tamat dalam 1 hari hehehe

    BalasHapus
  8. Wa alaikum salam. Saya kalau di wiken di rumah aja paling tetap mengerjakan aktivitas rumahan. Tetapi, memang lebih snatai daripada biasanya :)

    BalasHapus
  9. Baca buku dan jalan-jalan ke tempat wisata ini fav ku banget mba kalau hari libur tiba 😍

    BalasHapus
  10. Sungguh tiap hariku sama saja libuuuuur semuanya, dan tiap hari kerjaannya momong bocah ma tidur... :D
    Blogging itu me time hehehe...

    BalasHapus
  11. kayaknya nonton film itu juga kalau suami donlod hahaha...klo silaturahmi kalau lagi ada event aja :p

    BalasHapus
  12. Nah, aku sudah lama banget gak baca buku nih mba..jadi kangen juga..haha..

    BalasHapus
  13. aku sendiri kalua hari libur ya paling enak leyeh2 wekekek.. baca buku juga oke apalagi jalan-jalan!

    BalasHapus
  14. Aku kalau lagi gak pergi2 ya nonton drama atau film. Eh itu mah keseharian ya, hahaha. Duh aku udah lama gak baca buku. Kesian bukuku pada berdebu

    BalasHapus
  15. wah itu bisa mba nyelesein baca 1 buku seharian? hehehehehe

    BalasHapus
  16. Wah ini nih sebentar lagi libur panjang dan aku belum tau mau ngapain sama anak2 huhuhu. Makasih Mbak masukannya ya, kayaknya aku mau bikin list sama anak2 untuk masak dan baca buku, selain nonton film juga tentunya. :)

    BalasHapus
  17. aku udah jarang banget baca buku sekarang, gaweane dah ngetik wae

    BalasHapus
  18. Yaah aku hari ini libur dan beneran pengen baca buku sampai tamat. Doain bisa yaaaa :)

    BalasHapus
  19. Nomor 4 iyaaaa banget Mbaaak, tapi kalau buat saya tepatnya belajar masak sama suami hihihi.... Mumpung suami libur, dan dia juga lebih jago masak daripada saya, wkwkwk

    BalasHapus
  20. leyeh-leyeh di rumah bebas mau ngapain aja ya mbak, aku justru suka males masak kl hari libur :)

    BalasHapus
  21. Baca buku sampai tamat dalam 1hari. Impian banget haha sejak punya balita itu terhempaskan dulu. Smg nanti anak2 sdh agak gede bisa lagi

    BalasHapus
  22. Aktivitasmu sama yang kulakukan juga Mba Hiday. Seru kalo nonton film, baca buku, traveling, masak ah ... menyenangkan dilakukan tanpa memikirkan DL tulisan wakaakka

    BalasHapus
  23. Nomor 1, 2, 5 itu yg biasa aku jadikan pilihan kalo lagi libur. Tapi sekarang udah jarang ke tempat wisata. Paling kalo mau jalan, ke mall bareng temen hehehe

    BalasHapus
  24. Kalau hari libur banyak hal yang bisa dilakukan termasuk nonton drakor sepuasnya dan bermalas-malasan seharian hehe.

    BalasHapus
  25. Aku kalau libur penginnya ngemall malah mbak, trus ppulang ngemall leyeh-leyeh di rumah duh bahagia banget :)

    BalasHapus
  26. Libuurrr...
    Aku paling betah shantay-shantay di rumah.

    Gak mandi seharian.
    Hhahaha~

    BalasHapus
  27. liburan juga tetep produktif ya mba.. aku kalau libur udah mager banget, kruntelan aja sama anak-anak & suami. kecuali kalau lagi punya rencana piknik.

    BalasHapus
  28. Aku sekarang susah nonton film kesukaanku soalnya pasti anak2 nimbrung jadi terpaksa nonton nya selera anak2 yg ga jauh2 dari Tayo dan Nusa Rara

    BalasHapus
  29. Maunya nomor lima ajaaa hahaha.
    Eh tapi sebenarnya kalau buiat freelaner hari libur or gak sama aja gak kerasa hehe.
    Kalau gak pergi ke mana2 hmm menyelesaikan baca buku jg kyknya :D

    BalasHapus
  30. akhir-akhir ini kalua aku ada waktu weekend di rumah kerjaannya main sama anaak-anak, pijit dan bebereees. Nikmati bangeet deh pokoknya

    BalasHapus
  31. Waah, kameranya kereen a6000. Samaan kitaa

    BalasHapus