Beragam Kegiatan Agar Betah di Rumah, Nomer 2 Yang Paling Asik! - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 27 April 2020

Beragam Kegiatan Agar Betah di Rumah, Nomer 2 Yang Paling Asik!

Beragam Kegiatan Agar Betah di Rumah

Assalamualaikum Sahabat. Menjadi orang yang aktif di luar rumah ketika sesekali harus di rumah aja, bukan hal yang susah. Beda ketika harus di rumah terus dan nggak boleh keluar rumah dengan kondisi pandemi seperti saat ini. 

Coba sejenak berpikir, di rumah aja memang menyenangkan kalo sesekali. Terutama bagi kalian yang aktif bekerja atau punya kegiatan di luar rumah. Namun saat larangan keluar rumah agar tidak terjadi penyebaran virus Covid-19, membuat kalian tidak bebas bergerak, gimana rasanya?

Sebagai orang yang krasan di rumah aja, saya belum mengalami jenuh saat dipaksa di rumah aja. Seperti yang pernah saya ceritakan dalam artikel sebelumnya di blo ini, nikmatnya di rumah aja baru saya alami mulai tahun 2015 hingga sekarang. Karena bulan September 2015 itu saya baru aja resign dari tempat kerja. Setelah sibuk kerja dari jam 9 sampai 5 sore, tentu resign ini sangat saya nantikan. Hingga hari ini, bahkan saat harus di rumah aja seperti sekarang, saya belum merasakan bosan.

Saya aslinya orang introvert yang menyukai keheningan. Kalo tidak mengingat sebagai makhluk yang harus bersosialisasi, saya lebih nyaman tinggal di rumah. Reuni alumni yang saya ikuti cuma dua, yaitu dengan teman SMP dan kampus. Di luar dua alumni itu saya belum tertarik. 

Saya ikut reuni dengan teman SMP juga awalnya karena suami (teman satu kelas) yang memiliki pembawaan ramah, mengajak saya hadir saat pembentukan panitia. Otomatis saya pun ikut didapuk jadi panitia inti. Sementara kalo reuni kampus, karena hanya satu angkatan dan satu jurusan. Dan saya memang kangen mereka setelah lama terpisah.

Namun saya menyadari betapa membosankan saat harus di rumah aja bagi mereka yang aktif dan menyukai kegiatan di luar rumah. Saya nggak perlu menunjuk orang lain, cukup lah anak-anak di rumah. Mereka beberapa kali ngajak jalan-jalan. Cukup lah ke Ungaran aja, di mobil aja, yang penting melihat suasana lain di luar rumah. Oh no haluuuu!

"Heiiii, kalian diminta di rumah aja, sabaaar... nggak usah keluar rumah kecuali Ibu minta tolong beli sesuatu. Please stay at you bedroom, Nang," seru saya suatu hari.

Saya nggak perlu ngomong panjang lebar tentang bahayanya virus covid-19. Mereka sudah masuk usia dewasa jadi bisa nyari info sendiri di sosial media.

Tapi usia tidak menjadi mereka mudah beradaptasi. Setahu saya kalo usia masih di bawah 17 tahun itu butuh diajakin bicara tentang pentingnya mencegah penyebaran covid dengan di rumah aja. Anak-anak saya yang udah berusia di atas 20 tahun pun juga butuh diingatkan meski bukan dengan nasehat panjang lebar. Paling saya ajak mereka mengingat korban covid yang sudah meninggal, mereka yang dirawat di ruang isolasi, tenaga medis yang bertaruh nyawa demi merawat pasien ini. 

Saya akan bercerita tips agar anak remaja betah di rumah. Berikut ini tips betah di rumah :


1. Sedia Buku Bacaan


Kebetulan saya lumayan sukses mengajak anak-anak suka baca buku. Bahagia banget bisa membiasakan mereka baca buku karena suami saya itu nggak suka baca buku. Namun bersyukur banget dia support dengan menyiapkan rak buku dan saldo tabungan untuk belanja buku.

Bahkan pernah suami yang pagi jam 03.00 WIB baru datang dari Cibitung, khusus mengantar ke BBW di Jogja demi anak istrinya bisa borong buku. Gimana saya nggak makin cinta pada suami, hihiii. Sukses deh saya dan anak-anak belanja buku sepuasnya sementara suami tertidur di mobil di parkiran gedung JEC tempat BBW ngadain pameran.

Silahkan baca : Tips Berburu Buku Murah di Big Bad Wolf di Jogja


2. Akses Internet

Awal tahun 2020 ini atas permintaan si sulung, kami upgrade internet di rumah. Semula kami menggunakan internet dengan kapasitas 10 Mbps dan TV channel plus telpon rumah. Mulai bulan Maret 2020, kami memilih layanan internet dari Indihome dengan kapasitas 20 Mbps tanpa TV channel.

Seneng dooong, akses internet tanpa batas mulus tanpa lemot. Serumah ada 4 orang yang semuanya suka nonton YouTube. Saya suka streaming film hollywood, sementara suami suka nonton channel Berburu Mobil Impian, Rifato  milik pembalap Rifat Sungkar, dan channel seputar mobil di Youtube. Anak-anak memiliki channel favorit sendiri yang berbeda. Jadi kami masing-masing nonton channel yang berbeda. Hanya channel Big Living Tiny House, National Geography, atau Waku-Waku aja yang jadi tontonan sekeluarga.


Sungguh akses internet tanpa lemot ini mampu membantu keluarga saya mengusir jenuh di rumah aja. Jadi ketika anak-anak muter rumah kecil kami, saya meminta mereka nonton streaming di YouTube. Pokoknya berusaha duduk tenang dulu deh di rumah aja.


3. Melakukan Hobi

Di rumah aja memang kadang bikin bosan ya. Terutama kalo kamu suka jalan-jalan atau ngemall. Sabar dulu deh, kalo kalian menurut dengan anjuran pemerintah, dengan di rumah aja udah bantuin mencegah penyebaran virus covid-19.

Saya memiliki hobi beragam. Dari baca buku, berkebun, merajut bikin bros sederhana, nonton film hollywood, atau acara menarik lainnya. 



Kalian juga bisa melakukan hobi yang akan bikin betah di rumah aja. Beneran deh, ketika asik melakukan hobi itu bisa bikin lupa waktu. Seperti saya saat berkebun, mendadak waktu berjalan sangat cepat. 


Tak terasa memindahakan tanaman yang tumbuh makin besar dari pot semula ke pot yang lebih besar bisa menghabiskan waktu. Ya tentunya karena nggak hanya satu atau dua pot aja. Biasanya bisa sampai 7 pot kalo melihat ada stok pot tanaman yang lebih besar ada di rumah.


4. Olah Raga

Saat pandemi covid-19, hal penting yang harus dilakukan adalah olah raga. Karena nggak mungkin lagi jalan-jalan ke taman Virgin dekat rumah, saya memilih olah raga ringan di dalam rumah. 

Cukup dengan memilih salah satu channel work out di YouTube, saya bisa menirukan gerakan instruktur selama 30 menit. Itu aja udah bikin tshirt yang saya gunakan basah karena keringat. Tubuh pun jadi segar dengan olah raga ini. So simple, Sob!


5. Work From Home & Learn From Home

Yup sejak tanggal 17 Maret 2020 di Semarang mulai diterapkan social distancing. Tidak ada lagi pembelajaran di sekolah maupun di kampus. Si bungsu pun udah kuliah online, melanjutkan pembelajaran semester 4 dari rumah aja.

Beberapa kali dia ikut Google Classroom, mengumpulkan tugas, mendengarkan, dan diskusi dengan dosen dan teman-temannya di sana. Jadi meski diminta di rumah aja, belajar pun tetap berjalan lancar.

Saya sendiri sudah lama bekerja di rumah sebagai content writer dan blogger. Sebuah profesi yang 10 tahun lalu gak pernah terlintas di pikiran. Meski saat itu hingga saya resign tahun 2015, selalu meminta pada Allah azza wa jalla agar memberikan saya pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah. Ahhh manisnya sebuah doa ketika terwujud. 



Jadi ketika harus work from home, saya enjoy karena udah terbiasa melakukannya. Memang sih dengan adanya pandemi, kegiatan blogger di satu event, kodar, jadi terhambat karena di-cancel semua. Namun di rumah aja saya bisa ikut kopdar daring. 



Asik kan bisa bertemu dengan teman-teman di dunai maya.


6. Berjemur 

Nah, ini salah satu kegiatan yang dianjurkan oleh semua kalangan, agar berjemur saat pukul 10.00 WIB. Kalo saya lebih suka sebelum jam 10 udah mulai mengulur slang air. Jadi sambil berjemur, saya nyiram tanaman. Lumayan kan dalam satu waktu ada dua kegiatan yang sudah saya lakukan. 
  
Anak-anak saya juga melakukan ini gantian agar semua menikmati sinar matahari pagi yang menyehatkan. Tubuh bekeringat, tulang nambah kuat, kulit pun senang karena tetap kena cahaya matahari. Cukup berjemur 10 menit aja ya Sahabat. Ntar kulit muka gosyong kalo lebih dari setengah jam. Bhuahahaaa.

__________________

Tuh kan dengan enam kegiatan tetap seru dan asik kok. Semua itu agar saya dan anak-anak betah di rumah aja. Sudah deh tahan diri agar tidak keluar rumah. Di rumah aja lebih aman, nyaman, hemat BBM, tidak perlu mandi dandan pakai lipstik. Eh beneran saya sampai lupa kapan terakhir pakai lipstik. 

Nah, itu enam tips betah di rumah versi saya. Sebenarnya masih ada lagi, tapi saya simpan dulu untuk tema @BPN30DayRamadhan berikutnya. Yaitu Kegiatan Seru Bersama Keluarga di rumah. Wassalamualaikum.

Tidak ada komentar: