Mengenal Covid-19, Jangan Lupa Jaga Jarak - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 20 April 2020

Mengenal Covid-19, Jangan Lupa Jaga Jarak

Mengenal Covid-19, Jangan Lupa Jaga Jarak 


Assalamualaikum Sahabat. Dunia mendadak terguncang ketika bulan Desember 2019 kabar tentang virus Covid-19 muncul di Wuhan, China. Namun ternyata saat ini diketahui bahwa virus ini pertama kali muncul pada tanggal 17 Nopember 2019 di Hubei, China.

Covid-19 atau Corona Virus Disease 2019 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 yang juga disebut salah satu jenis koronavirus. Tanda penderita kena Covid-19 seperti mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernafas.

Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Seputar Covid-19 :

Cara Penyebaran Virus Covid-19 :

Awalnya banyak orang menyepelekan covid-19 karena jumlah kematian yang disebabkan memiliki prosentasi lebih rendah dibandingkan Mers ataupun SARS. 

Namun ternyata penyebaran virus ini lebih cepat dan lebih banyak, serta sukar untuk dideteksi. 

Infeksi yang terjadi adalah menyebar dari satu orang ke orang lain melalui percikan (droplet) dari saluran pernapasan yang sering dihasilkan ketika batuk atau bersin. Jarak jangkauan droplet ini sekitar 1 meter. Ngeri juga ya begitu tahu begitu mudah dan masifnya penyebaran virus ini.

Nah droplet ini bisa menempel di permukaan benda, seperti meja, pintu, handle pintu, angkutan umum, dan lainnya di tempat umum. Namun droplet juga tidak bertahan lama di udara. 

- Menggunakan Masker

Penggunaan masker sekarang sangat dianjurkan bahkan diwajibkan untuk mencegah penularan. Sesuai rekomendasi WHO, semua orang baik yang sehat maupun yang sakit, saat keluar rumah perlu menggunakan masker.


Masyarakat umum dapat menggunakan masker berbahan dasar kain. Masker lebh baik digunakan tidak lebih dari 4 jam, setelah itu harus dicuci menggunakan sabun dan air. 

Masker bedah atau masker N95 hanya untuk tenaga kesehatan karena jumlahnya terbatas.

- Jaga Jarak Saat Bicara

Saat ini setiap orang disarankan untuk melakukan physical distancing yaitu jaga jarak dengan diam di rumah. Atau kalo keluar rumah, lakukan prosedur keamanan agar terhindar dari penularan virus.


Definisi Penderita Covid-19

Ada tiga jenis definisi operasional terkait covid-19 ini, yaitu :

1. Orang Dalam Pemantauan (ODP)

- Mereka yang mengalami demam atau gejala gangguan sistem pernapasan Seperti pilek atau sakit tenggorokan, dan batuk.
- Mereka yang 14 hari terakhir memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yang terpapar covid.
- Mereka yang selama 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi Covid-19.

2. Pasien Dalam Pengawasan (PDP)

- Mereka yang mengalami infeksi Pernapasan Akut (ISPA) yaitu demam disertai salah satu gejala/tanda penyakit pernapasan. Seperti batuk, sesak napas, sakit tenggorokan, pilek, pneumonia yang ringan hingga berat.
- Selama 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yang terapapar covid-19.
- Orang dengan ISPA/pneumonia berat yang butuh perawatan di RS dan tidak ada penyebab berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.

3. Orang Tanpa Gejala (OTG)

- Seseorang yang tidak muncul gejala dan memiliki resiko tertular dari orang konfirmasi covid-19. Orang tanpa gejala ini merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi covid-19.

4. Kasus Konfirmasi 

Yaitu pasien yang terinfeksi covid-19 dengan hasil pemeriksaan tes positif melalui pemeriksaan PCR.


Kuy, jaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan air dan sabun agar terhindar dari penularan covid-19. Juga menjaga imunitas tubuh dengan melakukan gaya hidup sehat. Wassalamualaikum.

Materi ;
- lifestyle.okezone.com 
- https://corona.jatengprov.go.id/index.php/infografis

16 komentar:

  1. Selain jaga jarak, jaga perasaan juga mba. Mau batuk karena pilek harus liat2 sikon :D

    BalasHapus
  2. Yang ditakutkan tuh orang tanpa gejala, sehat bugar ternyata kena covid :( dan berpotensi besar untuk menularkan orang sekitarnya 😭

    BalasHapus
  3. Wah terimakasih banget mba udah dijelasin secara lengkap tentang sabun dan hand sanitizer karena aku dan suami masih suka berdebat soal ini

    BalasHapus
  4. AKu selalu takjub buka postinganmu Mbak, kreatif dan ide-idenya mantul. Memang covid 19 ini bikin kita lebih care dengan kesehatan ya. Semoga cepat berlalu

    BalasHapus
  5. Covid19 menganjarkan banyak hal yang paling dasar dalam adab sosialisasi selama ini.

    BalasHapus
  6. Kita memang harus kenali gejala2nya dan juga cara2 penyebarannya agar dapat mengupayakan terhindari dari Covid19 ini ya mba..

    BalasHapus
  7. Wabah covid yang telah menjadi pendemi ini memang begitu meresahkan. Untuk mengantisipasinya memang tak lepas untuk menjaga kebersihan, kesehatan dengan imunitas tubuh yang mumpuni dan gaya hidup sehat
    semoga permasalahan inj lekas berlalu

    BalasHapus
  8. Iya ka byk banget yg meremehkan terkadang egois ga mikirin oranglain ya

    BalasHapus
  9. Perlu banget memang untuk rajin cuci tangan agar penyebaran Covid tak berkembang.

    Btw, #SemangatCiee menulisnya selama 30 hari yak 😊

    BalasHapus
  10. Kalau kita patuh pada anjuran pemerintah dan menerapkan pola hidup sehat, aku yakin virus ini pasti segera pergi. Kita bisa kembali hidup normal seperti dulu lagi ya mbaa

    BalasHapus
  11. Jaga jarak untuk mencegah penularan virus. Iya nih aku juga selalu pake masker kalau keluar rumah. Keluar untuk belanja aja sih. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan aamiin

    BalasHapus
  12. Yang aga serem ini OTG ya...
    Mendadak bisa menularkan ke orang lain. Sama dengan carier maksudnya kan yaa..?

    BalasHapus
  13. Pandemi COVID-19 ini benar-benar berikan dampak besar ya kak, terutama ekonomi yg menurun drastis. Semoga pandemi ini segera berakhir ya

    BalasHapus
  14. Pandemi ini bener2 memberikan dampak besar keseluruh warga baik yang diluar negeri maupun Indonesia. Hiks

    BalasHapus