#DiRumahAja, Ini 9 Kegiatan Seru Bersama Keluarga Agar Terhindar Dari Covid-19 - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Selasa, 28 April 2020

#DiRumahAja, Ini 9 Kegiatan Seru Bersama Keluarga Agar Terhindar Dari Covid-19

9 Kegiatan Seru Bersama Keluarga Agar Terhindar Dari Covid-19


Assalamualaikum Sahabat. Bosan atau nggak bosan, kalian harus tetap di rumah aja ya. Seruan ini aja mungkin ada yang udah bosan mendengar maupun membacanya. Saya sendiri meski sebelum ada himbauan stay at home, sudah terbiasa beraktivitas di rumah aja. Dan sampai sekarang belum bosan karena udah punya agenda melakukan sederet kegiatan selama di rumah.


Himbauan di rumah saja memang didengungkan banyak pihak. Penyebaran virus Covid-19 ini sangat cepat sekali. Satu orang positif Covid, ketika berinteraksi dengan tiga orang dalam jarak dekat, bisa menularkan virus itu. 

Tiga orang ini yang bisa saja tertular bila memiliki imunitas tubuh yang bagus, bisa menjadi carrier atau pembawa virus. Dan dia juga bisa menularkan virus ini pada orang yang bakal diajak berinteraksi.

Itu lah sebabnya himbauan untuk physical distancing wajib dipatuhi. Tetap bertahan di rumah saja dan gali kreatif diri dan keluarga dengan melakukan kegiatan yang bikin hepi, seru, dan menyenangkan. Agar anggota keluarga tidak bosan meski di rumah aja seharian dan selama entah sampai kapan waktu pandemi ini berakhir.

Ada 7 Kegiatan Seru Bareng Anak Yang Bisa Dilakukan di Rumah Aja :

1. Membaca

Ajak anak-anak membaca bersama dengan memilih buku berkualitas. Saat ini orang tua bisa mudah mendapatkan buku-buku yang sesuai dengan usia anak mereka. 

Buku dengan tema karakter mudah dijumpai bahkan di toko online. Karena saat ini mall, toko buku pun udah banyak yang menutup store nya. Ya sedih juga mendengar retail buku dan penerbit terbesar pun sudah menutup store di berbagai kota. 

Kegiatan membaca buku bisa jadi aktivitas menyenangkan dengan memilih buku favorit anak-anak. Bukan buku baru juga nggak masalah. Ajak anak-anak untuk menerka akhir cerita di buku bila sudah pernah membacanya. 

2. Ajak Anak Berkebun

Bagaimana kegiatan berkebun di rumah, Moms? Bila di rumah ada lahan kosong yang selama ini terabaikan, bisa juga memulai kegiatan berkebun. Tidak ada lahan kosong pun jangan jadikan alasan gagal berkebun.

Saya pun tak memiliki lahan kosong karena teras depan udah jadi lahan parkir mobil dan motor. Namun itu tak menghambat saya untuk merawat tanaman di  sisa teras yang sempit. Kesukaan saya menanam segala macam tanaman membuat otak jadi kreatif. Ada pagar yang bisa dijadikan meletakkan pot-pot tanaman. Ada area di atas selokan yang bisa ditutup dengan cor beton dan di atasnya diletakkan pula pot tanaman buah. Fasad depan rumah terlihat hijau dan tidak membosankan. 

3. Melakukan Pekerjaan Domestik

Mengajak anak membantu pekerjaan domestik bukan hal rumit. Ketika anak saya masih balita, mereka senang sekali membantu saya membersihkan rumah. Memang sih hasil pekerjaan mereka tidak lah sempurna. Namanya juga anak-anak, ukuran tubuhnya yang mungil dan memegang gagang sapu atau pel juga belum kokoh.

Picture by Gustavo Fring 
Namun itu bukan alasan untuk tak mengajak anak memiliki peran mengerjakan pekerjaan domestik. Anak saya yang bungsu saat berusia 9 tahun sudah trampil mencuci piring dan gelas. Dan itu tidak saya perintahkan. Gara-garanya adalah melihat saya tetidur karena lelah setelah membersihkan rumah. Dia punya inisiatif sendiri membantu untuk mencuci alat makan.  

4. Belajar Dengan Cara Menyenangkan

Orang tua mengajak anak belajar matematika dengan cara mengenalkan belanja di pasar. Ciptakan ada pembeli dan penjual, dan barang dagangan. Pilih barang dagangan berupa jajanan, piring, mangkok, atau buah yang ada di rumah. 

Ajak anak untuk belajar membeli dengan menggunakan uang kertas buatan sendiri. Misalnya untuk membeli satu buah jeruk butuh duit kertas pecahan lima ribu sebanyak satu lembar. Dengan kegiatan seperti ini, anak menjadi hepi dan tak merasa sedang belajar berhitung. 

5. Olah Raga

Yuk Moms, ajak anak-anak bergerak sebentar. Cukup lah 30 menit, atau 20 menit juga boleh. Dengan berjemur di depan rumah, jangan jauh-jauh juga dong. Bisa melakukan gerakan warming up, loncat tali, memutari teras rumah, atau sepedaan. Tapi tetap di dalam pagar aja.

Olah raga akan meningkatkan kadar imun tubuh. Kalo imun tubuh bagus, akan memunculkan hati yang gembira. Jangan sampai di masa pandemi ini anak-anak menjadi sedih karena mendengar pemberitaan negatif.

6. Bermain Peran

Nah bermain peran menjadi seseorang juga bisa menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan. Bebaskan anak untuk memilih peran sebagai tokoh khayalannya. 

Kegiatan ini akan menjadi seru bila dibuatkan skenario naskah yang sederhana. Nggak perlu yang detil, cukup lah peran pembeli dan penjual, atau raja dan rakyatnya, juga tetep menarik untuk dilakukan.

7. Aktivitas Seru di Dapur

Mumpung ada banyak waktu selama di rumah aja, yuk ajak anak-anak berkreasi di dapur. Mengerjakan sesuatu di dapur bersama anak-anak tentu bisa menjadi pilihan menghabiskan waktu.

Di Rumah Aja
Picture by Pexels - Cotton Bro
Moms bisa mengajak anak-anak baking, membuat puding, atau jajanan kekinian yang sedang hits di masa pandemi. Biarkan anak yang menentukan akan membuat kue atau nasi goreng. Dampingi dan tunjukkan bila anak meminta bantuan. 

8. Bermain Games

Ada banyak pilihan games yang bagus untuk dimainkan anak-anak. Bisa cari di Google, dan pilihan games ini gratis loh. Bahkan ada beberapa yang bisa dimainkan secara offline.

Macam games bagus untuk anak-anak adalah Huruf Hijaiyah, Sponge Bob Moves, Toca Kitchen, Kotak Bekal Hello Kitty, dan lainnya. Tetap dampingi saat anak bermain games ya, Moms.

9. Membuat Karya

Picture by Frau Malerai
Anak balita bisa juga diajak membuat karya yang sederhana. Bisa menggambar  dan mewarnai, bikin boneka dari kertas lipat, atau mainan dari playdoh. Kegiatan ini akan bisa mengusir jenuh di rumah. Tidak itu saja, tapi juga melatih motorik halus anak-anak.
______________

Apabila anak mulai bosan, ajak bermain petak umpet dengan hadiah cemilan kesukaan. Seperti yang dilakukan oleh seorang teman blogger yang mengajak anaknya bermain menemukan cemilan favorit di tempat tersembunyi di dalam rumah. Seru banget kan. 

Moms bisa menciptkan bentuk kegiatan lainnya. Seperti berjemur sambil menebak kata. Semua anggota keluarga bergantian menebak kata dari gerakan salah seorang pemain.

Nah, cerita dong kegiatan seru kalian bersama anak-anak saat harus di rumah aja. Nggak ada alasan bosan lagi ya meski kepastian kapan pandemi berakhir belum diketahui. Ikhtiar dengan menciptakan suasana rumah yang menyenangkan, agar anggota keluarga tetap krasan di rumah. Ini bentuk bantuan kita pada pemerintah dan mereka yang tugas di garda depan. Wassalamualaikum.

13 komentar:

  1. Semuanya ini aku lakukan di rumah bareng anak-anak dan suami juga mbak. Eh, tambah ngurusin binatang peliharaan. Anak-anak kurang suka berkebun, tapi suka piara ikan sama kucing. hehe

    BalasHapus
  2. Wah iya nih mba.. Ortu harus pintar2 bikin keg menyenangkan dan beragam di rumah agar anak2 tak bosen ya.. Siip. TFS jenis2 keg menyenangkan ini ya..

    BalasHapus
  3. Byk bgt ya sebenarnya kegiatan di rmh itu..kdg aku suka kehabisan ide mau apa lg nih...alhasil nt anak2 pegang hp..wah asyik juga y mb bermain peran

    BalasHapus
  4. Loh kok gak ada nonton drakor atau nonton Youtube yap. Kalau saya betah di rumah dengan nonton film, sama main game :D

    BalasHapus
  5. Aku juga nih memberdayakan anakku untuk bantuin ngecat pintu dan jendela rumah yang sudah mulai kusam dan enjoy

    BalasHapus
  6. Aku juga nih memberdayakan anakku untuk membantu pekerjaan domestik seperti buang sampah, berkebun dan bahkan mengecat pintu dan jendela yang sudah mulai kusam

    BalasHapus
  7. Semua sudah kami lakukan alhamdhulilah. Nadia lagi seneng2nya eksperimen di dapur jadi ada aja resep baru yg dicoba seru sih

    BalasHapus
  8. Kelamaan di rumah juga bikin jenuh juga ya mbak. . Aku juga bikin kegiatan biar anak2 nggak bosan. Hampir sama nih. Sampai dibelain beli printer biar bisa ngeprint worksheet dan mewarnai

    BalasHapus
  9. Yang belum berkebun, karena di teras nggak memungkinkan buat dikasih pot dll, masih nyari cara nih gimana bisa berkebun di sini. Kalo naruh pot masih rawan dimainin Salsabila. Kalo taruh di jalan rawan kena banjir ��

    BalasHapus
  10. So far belum bosen sih mba di rumah. Malah kayaknya adaaa aja kegiatan yang harus dilakukan bareng keluarga. Kadang-kadang me time dengan gadget, lebih banyak jadi pengawasnya anak-anak sekarang nih hehehe... Biasanya sih masak bareng anak wedok saat kumpul di rumah gini.

    BalasHapus
  11. bermain games nih yang belum diterapkan sama abang selama dirumah aja ini hihi, *langsung mikirin games yg bagus

    BalasHapus
  12. Berkebunnya itu yang susah, lha kalau aku nggak suka je dari dulu hahaha ... Tapi aku udah kepikiran gimana manfaatin lahan di belakang rumah yang masih cukup luas

    BalasHapus
  13. Nah yg bermain peran tuh harus sadar main peran sama anak lanang yg kecil Mba.. .Dia sukanya main peran klo main, jd dokter chef yg paling capek klo jadi kamen ridrideraku suruh jd musuhnya

    BalasHapus