Jika Pandemi Covid-19 Berakhir, Apa Yang Ingin Kalian Lakukan? - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Minggu, 26 April 2020

Jika Pandemi Covid-19 Berakhir, Apa Yang Ingin Kalian Lakukan?

Jika Pandemi Covid-19 Berakhir, Apa Yang Ingin Kalian Lakukan?

Assalamualaikum Sahabat. Saat ini virus Covid-19 masih bercokol di bumi pertiwi. Tiap hari laporan dari Gugus Tugas Covid-19 terus menyampaikan kenaikan warga yang terpapar virus. Setiap hari selalu ada kenaikan yang menyebabkan pemerintah mengambil sikap baru.

Ketua Gugus tugas Covid terus mengingatkan warga agar tidak keluar rumah dan kumpul-kumpul yang tidak penting. Masyarakat harus memutus rantai penyebaran virus corona dengan di rumah saja.


Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir?

Dari penelitian yang dilakukan ilmuwan Singapore University of Technology and Design (SUTD) memberikan prediksi  virus corona di Indonesia berakhir. Prediksi diunggah dalam laman resmi SUTD dengan judul When Will COVID-19 End.

Prediksi kapan virus corona di Indonesia berakhir dilakukan SUTD Data-Driven Innovation Lab menggunakan model susceptible-infected-recovered (SIR). Model ini mengumpulkan data dari seluruh dunia untuk memperkirakan kurva siklus hidup dan berakhirnya pandemik di suatu negara dan dunia.

Namun namanya prediksi tentu keakuratannya masih diragukan. Masyarakat tidak boleh terlalu optimis berdasarkan prediksi. Karena efeknya dapat melonggarkan kontrol dan disiplin yang sudah terbangun selama ini. Sikap melonggarkan kontrol kebersihan dan keamanan bisa berakibat buruk. 

Masyarakat bisa saja langsung keluar rumah dan melonggarkan physical distancing. Bahayanya adalah kasus infeksi bakal menyebar makin luas.

Pemerintah perlu tetap memberlakukan physical distancing meski kasus covid nantinya mulai melandai. Aturan untuk tidak keluar rumah harus tetap dilakukan. Agar penyebaran virus benar-benar terhenti. 


Jika Pandemi Covid-19 Berakhir

Tulisan ini juga harapan dan doa yang saya haturkan, ketika pandemi berakhir, saya akan tetap :

- Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan


Kebiasaan baik selama pandemi dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, harus terus dijalankan. Seperti mencuci kaki dan tangan begitu datang dari luar rumah. Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, juga BAK/BAB.


- Menjaga Pola Hidup Sehat


Selama pandemi covid-19, warga menerapkan hidup sehat. Ketakutan dan antisipasi menghindar dari penularan virus covid, menyebabkan seluruh warga melakukan aktivitas fisik, berjemur, mengonsumsi makanan sehat, mengelola stres, dan istirahat yang cukup.


- Belajar Ketrampilan Baru

Saat pandemi ini, saya sudah belajar menjahit masker. Rencananya sambil work from home, saya juga ingin belajar bikin tunik atau gamis. Rasanya menyenangkan kalo bisa bikin sesuatu yang bisa dipakai sendiri. Atau kalo udah mahir nantinya pengen bikin untuk calon cucu?! Hihiihii.



Silahkan baca : Belajar Jahit Masker Saat Pandemi


- Work From Home

Karena sebelum pandemi, saya sudah bekerja dari rumah. Namun selama di rumah aja, saya jadi berpikir akan mengurangi kegiatan di luar rumah yang berhubungan dengan pekerjaan sebagai blogger. Saat memilih kerja dari rumah, bukan karena alasan usia. Namun karena ingin lebih banyak beribadah dan menyiapkan kepulangan nantinya.


- Stay At Home

Iyaa, saya akan tetap stay at home sampai yakin pandemi beneran berakhir. Karena prediksi tiap penelitian tidak sama. Ada yang bilang akhir Juli, September, Desember. Siapa yang bisa menjamin virus itu udah beneran menghilang di bumi?!

Karena saya yakin ketika pemerintah mengumumkan pandemi berakhir, masyarakat banyak yang langsung jalan-jalan. Baik ke mall, tempat wisata, dan tempat hangout lainnya demi membunuh rindu yang selama ini cuma bisa ditahan-tahan.

Tetap jaga kesehatan, keselamatan, meski di rumah aja, karena saat sedang pandemi juga ada banyak orang jahat yang merongrong suasana. Yang sedang susah banyak, tapi yang menyalahgunakan keadaan hanya orang jahat. Semoga kita semua dalam perlindungan Allah SWT. Wassalamualaikum.  

Tidak ada komentar: