Good LIfe, Pelajaran Hidup Dari Pensiunan dalam Film The Intern - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 17 April 2020

Good LIfe, Pelajaran Hidup Dari Pensiunan dalam Film The Intern

Good Life, Pelajaran Hidup Dari Pensiunan dalam Film The Intern




Assalamualaikum Sahabat.  Stay at Home tidak lantas bikin saya bosan setengah mati. Meski nggak bisa nonton film di bioskop, namun di rumah ada smart TV yang memiliki beragam channel dengan pilihan drakor, film hollywood, FYI, dan lainnya. Bisa juga buat nonton YouTube, asik kaaan. 

Trus selama di rumah aja nyaris sebulan lebih udah nonton drakor berapa bijik? Oh tidaaak, saya bukan pecinta drakor. Saya lebih menyukai film Hollywood, atau film lepas dari negara pun. Namun saya tak menolak untuk nonton film serial sepanjang jalan ceritanya bagus.

Film produksi dari Eropa juga suka, biasanya alurnya lambat. Eh ini yang saya tonton sih. Suka dengan plot twist ceritanya dan setting lokasi yang khas di dataran Eropa.     

Kali ini saya akan tuliskan review film yang disutradarai Nancy Meyers. Dibilang film dengan mengusung feminisme, bisa jadi ya. Tapi ada tokoh laki-laki baik yang di sini menjadi panutan semua orang. Film ini udah tayang tahun 2015, dan saya nonton di HBO. Sayang banget kalo nggak saya tuliskan di sini. 

Sinopsis Film The Intern :

Film ini mengisahkan cerita  duda berusia 70 tahun, bernama Ben Whittaker (Robert De Niro). Istri yang sudah 42 tahun mendampinginya telah meninggal. Sementara anak dan cucunya tinggal di tempat terpisah. Ben juga pensiunan wakil direktur sebuah percetakan. Usai pensiun dia mengisi kegiatan dengan olah raga untuk lansia, ke gereja, bertemu dengan teman sebayanya. Seperti lansia umumnya lah.

Suatu hari dia mengajukan aplikasi sebagai pekerja magang di perusahaan belanja online. Perusahaan fashion yang merupakan startup ini didirikan oleh Jules Ostin (Anne Hathaway) yang juga selaku SEO di About The Fit. 



Situs belanja online ini mempekerjakan anak muda yang dinamis, tampil dengan dandanan casual, dan energik. Kehadiran Ben yang tampil dengan gaya necis dari setelan jas dan sapu tangan yang terselip di kantong jas, memberikan warna baru di perusahaan milik Jules.

Saya suka aktris Anne Hathaway karena aktingnya yang bisa serius, jenaka, romantis. Dan saya udah banyak nonton film-filmnya, seperti Armageddon, The Princess Diaries, Ella Enchanted, The Princess Diaries 2, Brides Wars, The Devil Wears Prada,  Brokeback Mountain, Passengers, Ocean's Eight, Interstellar, yang lainnya lupa, hihii. Terakhir nonton film Anne di bioskop itu judulnya HUSTLE. 

Silahkan baca review nya : film Hustle, Penipu Yang Tertipu


Review film The Intern ala saya :

"Experience Never Gets Old" adalah tagline yang diusung oleh film The Intern.  Tagline yang pas banget dengan film yang mengisahkan Ben, seorang pensiuanan yang bekerja selama puluhan tahun di perusahaan percetakan buku telepon. 

Suatu hari ia mengikuti seleksi program magang warga senior di AboutTheFit, milik Jules Ostin. Bisnis startup online shop fashion yang meroket dalam waktu singkat. Jules seperti baterai yang masih gres dengan kekuatan energinya sebagai pengusaha perempuan sukses. Ia mengelola 200 karyawan dengan bidang kerja yang kontemporer.

Seorang pekerjanya mengabari bahwa lusa akan ada pegawai senior magang memulai pekerjaan di AboutTheFit. Semula Jules menolak karena merasa tak butuh asisten. Namun ia terpaksa menerima saran dari salah seorang koleganya.

Ternyata Ben bisa beradaptasi dengan lingkup anak muda tanpa kehilangan kebanggaannya sebagai pria dengan tampilan klasik. Ben juga memiliki disiplin tinggi yang telah membentuknya menjadi dirinya sekarang. Ben bahkan mau belajar teknologi, termasuk bikin akun yang pertama kali di Facebook. 



Ben hadir beda dengan jas dan selipan sapu tangan di antara karyawan yang mengenakan kaos dan celana jins. Namun ia handal dengan gayanya yang tak pernah mengomentari tingkah karyawan lainnya. Tak pernah pula memberikan ceramah layaknya orang tua.

Film ini menyentuh hati saat asisten Jules menangis dan teman kerjanya yang sudah lama jatuh hati, memberikan sapu tangan. Iyess, sapu tangan milik Ben yang dipinjamankan pada anak muda itu untuk mendekati 


Ketika melihat beberapa adegan dalam film ini, kamu akan merasa sulit mendefinisikan hubungan yang terjalin antara Ben dan Jules. Satu sisi mereka tampak seperti bos dan karyawan, sisi lainnya sebagai sahabat, namun dalam adegan yang lain tampak seperti ayah dan anak. Terlihat ada sisi romansa hubungan laki-laki tua dengan perempuan dewasa yang tengah bingung dalam perannya sebagai pengusaha sukses.

Kepiawaian Nancy Mayers dalam menyusun cerita dengan menggabungkan budaya kerja orang tua dengan anak muda, terlihat sangat mengesankan. Anak muda yang tidak peduli termasuk senang menaruh sampah di tempat tertentu. Hal ini ditunjukkan melalui sikap peduli Ben yang senang membantu untuk membersihkan meja kerja yang telihat semrawut dan tidak bersih. 



Sutradara perempuan ini ingin menunjukkan pula sisi lain Jules sebagai pengusaha. Seorang ibu yang jarang bisa mengantar putrinya ke sekolah dan mendapat nyinyiran dari sesama ibu. Sebuah kisah klasik perseteruan atau pro kontra ibu pekerja dan Stay at Home.

Jules pun memperkenalkan Ben kepada suaminya, Matt (Anders Holm) dan putrinya, Paige (JoJo Kushner). Suami dan anak Jules menyukai Ben yang ramah dan baik hati. Bahkan Paige terlihat makin akrab tiap kali Ben mampir ke rumah. Oiya posisinya saat itu Ben sudah menjadi driver pengganti karena yang sebelumnya sakit flu parah.

Jules akhirnya bisa merasakan ketulusan Ben setelah beberapa hari menerima bantuan pada saat kritis. Seperti menemani putrinya datang ke pesat ulang tahun teman sekolahnya. Namun Ben sendiri juga merasa sedih menjumpai suami Jules yang selingkuh. Oh spoiler banget!

Lika-liku masalah perempuan bekerja, suami yang bertahan di rumah meski dulu nya ia seorang CEO yang sukses. Juga keinginan Jules yang mengurangi kesibukannya di AboutTheFit agar bisa meluangkan waktu untuk keluarganya. Semua itu menjadi bumbu yang menarik dalam film The Intern.

Juga dituturkan bagaimana Ben bertemu dan terpikat pada Fiona (Rene Russo), tukang pijat atau terapis di About the Fit. Perusahaan ini memanjakan karyawannya dengan relaksasi di tengah kesibukan jam kerja yang super padat.

Walaupun berteman baik dan menyukai Fiona, Ben tetap memuja istrinya yang telah meninggal, yaitu Molly. Kehadiran Rene Russo dalam The Intern menyeimbangkan tokoh lansia di antara banyaknya anak muda. Apalagi orang tua dalam film ini tetap menarik dari segi penampilan dan kecerdasannya.

The Intern merupakan film tentang startup dengan pekerja yang loyal pada perusahaan dan pimpinannya. film ini tak hanya mengisahkan tentang dinamika pekerja magang, tapi juga bagaimana sosok Jules sebagai bos yang ditakuti namun juga disayangi.

Ada beberapa adegan yang lucu, seperti saat empat pekerja laki-laki termasuk Ben membantu Jules untuk menghapus pesan elektronik dengan nge-hack laptop mama Jules. Film yang lucu, seru, dan sangat bisa dinikmati tanpa perlu banyak berpikir, di saat pandemi sekarang ini.



Apakah Jules akan tetap mencari seorang CEO untuk menjadi pengganti dirinya mengelola startup nya? Juga bagaimana sikap Jules tentang perselingkuhan suaminya? 

Uhhh seru banget film ini, meski telat nonton lama tapi tetap menarik dan tidak ketinggalan banget lah. Suasana film masih terasa karena saat ini bisnis startup tengah digandrungi. 

Jika kalian pernah nonton film ini, cerita dong mana adegan yang paling favorit dalam The Intern? Cerita yus Sahabat. Wassalamualaikum.

22 komentar:

  1. kemaren sempat liat di TV gak tuntas nontonnya karena rebutan remote ma anak hehe.

    Sempat liat gmn yang bapak tua diwawancara kemudian bos cwe yang nyentrik hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah coba ntar nonton ulang kalo pas tayang lagi di HBO yaa

      Hapus
  2. waa, dapat referensi film bagus ini, cocok untuk pelajaran diriku sebagai guru ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, coba aja cari film nya. Di Youtube juga ada, bagus dek

      Hapus
  3. Aku suka film-filmnya Anne Hathway mbak, nah intern ini aku belum nonton nih, langsung cari ah besok pingin cari hiburan lain selain drakor :-D

    BalasHapus
  4. duh bisa jadi motivasi ya bekerja dan sukses semuda mungkin lalu bisa tenang di usia pensiun.

    BalasHapus
  5. Hiiiii aku belom pernah nonton Mbaa, tapi keknya seru juga ya, jadi kepo hubungan kisah Ben n Jules yang kek anak dan ayah, apa bos karyawan, ato temen. Ahh udah jadiin aja padahal ya, apa seeh... hihii..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huwaaa, enggak dong mbak, kan si Jules punya suamik, hahahaa

      Hapus
  6. waa sepertinya aku belum pernah nonton film ini nih, kayanya rame yaaa, ku jadi kepo nih pengen nyobain nonton juga hihihihi,

    BalasHapus
  7. Setelah blogwalking dan selalu bertemu dengan review film korea, akhirnya ada film barat juga hehehe. Menarik buatku karena ada Anna Hathawaynya, idola sejak kecil �� mau nonton juga aaah

    BalasHapus
  8. Experience Never Gets Old ... kusuka sama tagline-nya, Mbak Wati. Keren euuy.

    Robert De Niro ini aktor yang top banget pada jaman mudanya dulu kan ya?

    BalasHapus
  9. Aku udah pernah nonton film ini juga, mbak.
    Aku pun sukaaa bgt sama film ini karena ngasih life lesson yg bagus bgt tapi ttp ringan utk dinikmati.

    BalasHapus
  10. Wah teman yg menarik. Biasanya kan intern muda yg kesulitan menyesuaikan diri di kantor yg isinya orang2 matang. Sekarang dibalik, pensiunan magang di startup. Ini memnunjukkan sisi lain kalau orang2 tua tidak sebebal yg selalu disangkakan netijen, bahkan bisa dilihat anak2 muda pun banyak yg ignorance. Film yg seimbang untuk berbagai generasi.

    BalasHapus
  11. Wah pensiunan diantara anak2 muda,keliatannya menarik nih filmnya. Jadi gimana juga tuh akhirnya suami Jules yang selingkuh? Bisikiiiin mbak. Ntar cari ah filmnya, selama ini yang banyak kutonton di youtube cuma masak2 aja hahaha.

    BalasHapus
  12. Saya seperti Mbak, tidak suka nonton drakor, tapi kalau nonton film lepas oke saja.
    Sayangnya film ini pun saya belum pernah nonton. Ulasannya bikin saya menikmati seolah nonton sendiri.

    Penasaran sama suaminya yg selingkuh, akhirnya bagaimana yaaa...

    BalasHapus
  13. saya kebalikannya mba :) suka sekali drakor hahaha tapi saya juga suka Anne Hathaway karena dia bukan cuma modal cantik, aktingnya bagus, jadi apa saja selalu sukses di perankan dengan baik

    BalasHapus
  14. Belum pernah nonton film ini mbak, tapi sepertinya saya tertarik. Suka dengan film drama barat, lebih dramatis apalagi jika ada bumbu komedinya.

    BalasHapus
  15. Aku belum pernah nonton film ini wkwk maklum yes lebih banyak nonton drakor. Btw tapi bisa dibayangin ya agak sulit usia boomers dikelilingi rekan kerja yang masih muda2 hehe.

    BalasHapus
  16. Konfliknya menarik nih kayak nguras emosi gitu, apalagi menyinggung soal pekerjaan, duh aku mau nonton ah

    BalasHapus
  17. Aku nonton ini berkali-kali loh. Suka banget sama akting Robert de Niro dan byk juga insight yg bs dipetik

    BalasHapus
  18. The Intern menyajikan kisah yang unik yaa, kak..
    Dari sudut pandang seorang pria berusia 70 tahun dengan segala aktivitasnya.
    Sungguh mengingatkanku pada Bapak rahimahullah pasca-pensiun yang menyibukkan diri dengan berkegiatan sosial.

    Pak Ben sukses membawakan diri dimanapun ia berada.

    BalasHapus