15 Aplikasi di Smartphone Menemani Aktivitas Work From Home Saat Pandemi Covid-19 - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 29 April 2020

15 Aplikasi di Smartphone Menemani Aktivitas Work From Home Saat Pandemi Covid-19

15 Aplikasi di Smartphone Menemani Aktivitas Work From Home Saat Pandemi Covid-19





Assalamualaikum Sahabat. Di rumah aja tentu bakal membosankan kalo tak ada kegiatan yang produktif. Padahal di era digital harusnya kamu pintar-pintar mencari atau menemukan aktivitas yang seru. Work from home nggak bakal bikin bosan kalo kamu udah pasang aplikasi seperti saya. 

Coba yuk ikuti terus, apa aja sih aplikasi yang ada di smartphone saya. 

15 Aplikasi yang menemani saya saat work from home adalah :

- YouTube

Situs web untuk berbagi video bagi pemilik akun untuk mengunggah, menonton, dan berbagi video. Kamu nggak punya akun pun bisa menonton video yang diunggah di YouTube. Asik sebenarnya karena dari satu aplikasi ini saya bisa menggali info beragam. Dari nonton film, resep, DIY, kisah inspirasi, dan lainnya.

- Whatsapp Grup
Siapa yang belum pasang aplikasi Whatsapp? Nggak ada rasanya. Ibu mertua saya aja punya aplikasi ini di ponsel pintarnya. Padahal usia Ibu udah 80 tahun. Karena Ibu suka nelpon anaknya satu-satu. Kami kasihan dengan jumlah pulsa yang cepat habis. Jadi akhirnya kami tawarkan ibu untuk pasang aplikasi di ponselnya.

- NETFLIX
Bagi sebagian orang, waktu menanti buka puasa bisa dengan menonton film. Saat menghabiskan waktu dengan menonton film, tidak terasa waktu berbuka puasa tiba. Nah, ada aplikasi Netflix yang bisa kamu download di ponsel. Aplikasi ini menyediakan berbagai film dan series bahkan drama keren yang bisa kamu tonton satu demi satu lho.

- InShoot

Aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk edit foto atau video. Namun tidak seperti aplikasi edit video seperti filmora, viva video, kine master, Inshoot tidak bisa menggabungkan beberapa video atau foto. Saya baru coba edit video dari dua yang digabungkan menjadi satu video. 

- INSTAGRAM
Semua orang pasti punya aplikasi media sosial Instagram. Memantau isi timeline atau menonton Story orang lain rupanya bisa kamu lakukan selama ngabuburit agar tidak mati gaya. Selain menonton update Story atau timeline orang lain, kamu juga bisa lho merapikan feeds kamu atau mengunggah Story menjelang berbuka puasa.


- CANVA
Aplikasi desain grafis yang bisa dilakukan dengan mudah ini bisa dipelajari secara autodidak. Coba-coba aja, dan nikmati keseruan utak-atik gambar, tulisan, stiker, ilustrasi, dengan pilihan template yang sangat banyak. Saya masih menggunakan aplikasi Canva yang gratis.


Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografis, presentasi, atau undangan. Segera install aplikasi di smartphone kamu dan rasakan keseruan saat menggunakannya.

- SNAPSEED  
Bagi mereka yang menyukai posting foto di Instagram, bisa menggunakan aplikasi edit foto Snapseed. Aplikasi edit foto yang bisa digunakan di smartphone ini memiliki beberapa fitur serta filter yang menarik. 

Fitur Snapseed ada Details, tune image, crop, rotate, transform, brush, selective adjust, spot repair, dan vignette. Sementara filter yang ada seperti lensa blur, glamour glow, tonal contrast, HDR Scape, dan masih banyak lagi. Yuk, eksekusi aja aplikasi nya.

- TWITTER
Aplikasi Twitter masih setia di smartphone saya karena bisa dijadikan tempat curhat bebas. Saya juga bisa baca info berita yang sedang trending di linimasa. Kadang ngikutin juga thread twitt yang gaje, receh, horor, inspiratif. Pernah juga baca status nyinyir politi, tapi gak lama karena malas kena efek negatifnya.

- BELANJA ONLINE


Siapa sih yang saat ini enggak pasang aplikasi belanja online di ponsel pintarnya? Ada banyak pilihan toko online, dari Lazada, Tokopedia, Shopee, Blibli, dan banyak lagi lainnya. Di ponsel saya ada tiga toko online yang sering menjadi tempat belanja online. Sebelum pandemi covid, saya jarang belanja online. Karena saya lebih suka ke toko offline sembari jalan-jalan dan window shopping. Kecuali bila barang yang saya inginkan hanya tersedia di toko online. Baru deh saya pilih belanja online.

Sejak pandemi tentu saja pilihan belanja online lebih saya sukai. Di samping nggak ada resiko bertemu dengan banyak orang di toko online. Belanja online kadang lebih murah karena ada promo harga diskon. Udah belanja apa aja selama pandemi? Rahasia ahhhh...

- Belajar Online di Zoom
Anjuran pemerintah untuk bekerja atau belajar dari rumah harus diikuti. Namun aktivitas bekerja atau belajar di rumah tetap berjalan lancar. Bagaimana caranya? Ada aplikasi belajar online dengan menggunakan Zoom. Kebetulan saya mengikuti beberapa belajar online dengan tiga komunitas. Salah satunya pernah saya share ceritanya.



- OVO
Aplikasi satu ini sekarang udah wajib ada di ponsel pintar. Dompet digital satu ini memberikan fasilitas pelayanan untuk mempermudah transaksi belanja atau pembayaran online. Saya menggunakan OVO untuk membayar semua tagihan rumah tangga karena lebih praktis. Dan karena udah terbiasa, saya merasa terbantu saat pandemi. Saya tidak perlu keluar rumah seperti sebelumnya hanya untuk bayar tagihan listrik, paket internet Indihome, sampai bayar BPJS.
.
- GRAB

Ah ini dia aplikasi layanan transportasi awalnya. Yang kemudian berkembang melayani pemesanan makanan, juga pembayaran online. Untuk pembayarannya kerjasama dengan aplikasi OVO. Jadi memang harus pasang dua aplikasi ini untuk menikmati akses kemudahan hidup di jaman digital.

Grabfood ini telah membantu saya selama ini ketika sedang malas masak, sakit, atau sekedar kulineran tanpa perlu keluar rumah. Jadi tiap awal bulan biasanya saya isi saldo agar bisa menikmati layanan pesan antar makanan. 

- GOJEK
Ini sama dengan Grab, cuma beda pemiliknya aja yang berbasis di negeri sendiri. Aplikasi yang awalnya juga melayani angkutan melalui jasa ojek online. Sekarang udah melayani beragam jasa anter pesan makanan, pembayaran, juga lainnya.

- MyIndiHome
Aplikasi yang mestinya dimiliki oleh semua pelanggan layanan internet milik Telekom sih. Saya sendiri baru dua tahun memasang aplikasi ini di ponsel. Dengan aplikasi MyIndiHome kamu bisa berlangganan Indihome sendiri, juga aktivasi OTT Video Streaming, untuk registrasi bermacam fitur tambahan, melaporkan gangguan layanan Indihome, cek tagihan, reward, poin, info pemakaian, bahkan ada pula free music atau film. Sebenarnya ada banyak lagi fitur menarik lainnya.

- FilmoraGo
Aplikasi edit video yang digunakan untuk membuat video secara sederhana dan mudah. Saya udah nyoba edit video dengan aplikasi lain. Tapi kembali lagi saya memilih aplikasi edit video menggunakan Filmora. Bagi pemula aja gampang banget kok. Coba dulu deh.

Whuaaa, banyak juga ya aplikasi di hape yang sering saya gunakan. Aslinya sih masih ada lagi aplikasi lain di hape saya. Tapi sengaja enggak saya masukkan dalam daftar di sini. Kamu pasang aplikasi apa aja di hape? Wassalamu'alaikum.

12 komentar:

  1. Wkwkwkw.. dari ke 15 yang mbak sebutin semua apalikasi itu nongkrong di Hpku. Bersyukur Hpnya baru ganti jadi kuat menahan beban dari aplikasi-aplikasi tersebut.

    BalasHapus
  2. Wih HP Mbak Wati daya tampungnya besar juga ... ini banyak aplikasi buat video dan grafisnya hehe.

    BalasHapus
  3. Wah, ada beberapa aplikasi yang saya enggak punya mba. Hehehe. Inshot sama filmorago saya enggak punya dan belum pernah install. Sebagian yang lain pernah install tapi karena full memori jadilah uninstall seperti netflix 😑. Jadilah nonton drakor harus hunting website gratisan dulu 😅

    BalasHapus
  4. Meskipun di rumah aja, waktu yang tepat untuk upgrade skill ya mbak. Banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan.

    BalasHapus
  5. Banyak ya.saya cukup tweeter, ig, fb, wa, gojek and youtube aja,
    Tu aja dah buat sibuk 😅

    BalasHapus
  6. Aku tipe orang yang nggak bisa lama-lama lihat layar HP. Entah kenapa, bisa limbung gitu. Makanya, banyak aktivitas dunia maya yang lebih banyak kulakukan via laptop. Udah gitu, belakangan ini ponselku tuh berat banget. Sewaktu beberapa kuuninstall, eh loh malah nggak bisa dipasang lagi. *Nangis

    Pokoknya aplikasi medsos dan ojol wajib ada. Lainnya via laptop nggak papa, deh.

    BalasHapus
  7. iya juga ya mbak, ternyata lumayan banyak
    Walai khusus di bulan Ramadan ada yang jarang saya pakai, gojek misalnya, karena ngga kemana mana dan di saat pandemi ini ngga pernah belanja makanan

    BalasHapus
  8. Itulah racunnya belanja online ya, Mbak. Harga diskon plus masih sering dapat gratis ongkir..hihi. Alhasil nggak bisa move on, terutama di saat pandemi seperti sekarang. Semua kebutuhan bahkan hal paling remeh pun carinya di marketplace gitu. Semoga pandemi segera berlalu ya dan kita bisa beraktivitas normal lagi :)

    BalasHapus
  9. Lebih dari 10 aplikasi ituuu... :D Iseng banget aku ngitungin. :D
    Banyak yang sama dengan yang kupakai. Untuk edit video aku masih pakai Kinemaster. Pengen nyoba aplikasi lain tapi mesti bebersih memori hp dulu. Penuh :D

    BalasHapus
  10. Rata2 saya udah pernah coba semua aplikasinya kecuali canva. Kayaknya seru kalo edit bikin gambar jdi lucu dll.

    BalasHapus
  11. Kalau aku yang wajib banget sih netflix hehe, jadi suka movie marathon sejak WFH

    BalasHapus
  12. Sudah ada Filmora Go, harusnya ada YouTube Studio juga kak.
    Sudah punya channel YouTube juga kan?

    Kalau saya lebih suka pakai Kinemaster, sejauh ini efek2nya paling komplit.

    BalasHapus