Review Film : The HUSTLE, Takdir Penipu Yang Tertipu - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 07 Agustus 2019

Review Film : The HUSTLE, Takdir Penipu Yang Tertipu

Review Film : The HUSTLE, Takdir Penipu Yang Tertipu


Review Film The Hustle

Assalamualaikum Sahabat. Pertengahan Juli saya ditemani suami lagi pengen nonton film bioskop. Lagi nganggur banget, sampai milih film aja terserah sama keputusan saya. Sementara saya juga lagi nggak ngikutin film menarik apa yang tayang di bioskop. Akhirnya setelah nonton trailer film yang tengah tayang, saya memutuskan film The HUSTLE cocok dijadikan hiburan.

Eh tapi ada yang familiar nggak sih dengna judul di atas? Iyaaa, mirip ya dengan judul film Mandarin yang ngehits itu. 

Tapi tenang, saya bukan mau ngereview film kungfu tersebut. Jelas beda sih, meski sama-sama film komedi. 

The HUSTLE ini film dari negeri Paman Sam sono. Yang memerankan film ini adalah Anne Hathaway, si cantik yang beberapa kali bermain di film Disney seperti Princess Diaries. Juga film drama komedi Bride Wars, Valentine's Day,  juga komedi fantasi yang menarik. 

Eh ternyata saya cukup banyak nonton film Anne Hathaway lainnya, seperti Les Miserables, Interstellar, Brokeback Mountain, Devil's Wear Prada, dan lainnya.

Kemarin saya tertarik memilih The HUSTLE karena kangen dengan akting si cantik ini. Coba deh kalian nonton trailer nya dulu.


Dari trailer di atas, kalian bisa lihat bagaimana lihainya Hathaway sebagai penipu ulung yang menargetkan pria kaya sebagai korbannya. Kecantikannya menjadi pesona memukau yang terpancar dari Hathaway yang memerankan sosok Josephine Chesterfield.

The Hustle mengisahkan Josephine dan Penny Rust (Rebel Wilson) yang bertemu di dalam kereta. Kisah pertemuan yang menjadi awal dari sederetan kisah licik mereka sebagai hustler atau penipu.

Penny adalah hustler yang masih pemula dan hanya mampu menipu dengan hasil kecil. Ia tak sengaja bertemu di kereta dengan Josephine (Anne Hathaway), seorang hustler yang sudah sukses.

Keduanya berkolaborasi untuk membidik korbannya, pria kaya dengan berlagak sebagai keluarga. 

Selain Hathaway dan Wilson, The Hustle juga dibintangi oleh Tim Blake Nelson, Dean Norris, dan Ingrid Oliver. Film yang disutradarai oleh Chris Addison ini memang diniatkan sebagai media hiburan di tengah munculnya film fantasi maupun scientific.

Silahkan baca : Review Film Bumblebee, Robot Yang Humanis

Sinopsis The HUSTLE

Anne Hathaway memerankan Josephine Chesterfield, seorang penipu kelas wahid. Dengan bermodalkan kemolekan tubuh dan parasnya yang cantik, untuk menipu pria-pria kaya hidung belang. Penampilannya dengan balutan gaun-gaun yang sungguh indah dipandang dan make-up yang  flawless, josephine dengan mudah menipu lelaki-lelaki ini tanpa banyak usaha.

Dari jerat tipu dayanya, Josephine bisa tinggal di kawasan mahal French Riviera. Menempati sebuah rumah menghadap laut yang sangat Instagram-able. Dengan fasilitas keren di dalam rumah mewahnya itu. Dari job nya ini dia bahkan bisa belanja barang-barang mahal kapan pun ia mau.

Hidupnya berubah ketika ia tidak sengaja bertemu dengan Penny Rust (Rebel Wilson). Mereka secara tidak sengaja bertemu di dalam kereta. Chesterfield pada awalnya cukup kagum dengan kemampuan Penny Rust yang teknik menipunya sangat biasa. Namun tetap mampu menipu dan menghasilkan duit. Tentu saja teknik tipunya tidak secanggih dirinya. 


Takdir mempertemukan mereka kembali. Dan Penny ingin memperlajari teknik menipu Josephine, yang ternyata sangat susah. Namun akhirnya keduanya sepakat untuk menjadi rekanan.

Josephine pun menjadi mentor Penny agar bisa membidik pria kaya dan mendapatkan sesuatu yang lebih besar dan mewah. Josephine mengajarkan trik-trik tipuannya pada Penny. Tetapi sangat sulit dan butuh waktu bagi penipu tingkat rendah untuk berubah menjadi seorang profesional. Dari belajar melempar pisau, lari dengan ditarik sepeda, dan masih banyak lagi. 

Namanya juga hustler, mereka saling menipu karena tidak ada yang mau kalah menjadi nomer satu. Mereka akhirnya memutuskan untuk berkompetisi. Siapa yang bisa menipu Thomas Westerbug (Aelx Sharp) duluan dan sukses akan menjadi pemenangnya. Dengan teknik menipu yang sangat berbeda, kedua penipu ini mulai berkompetisi.

Review ala hidayah-art.com :


Film ini dimulai dengan pertemuan Penny Rust (Rebel Wilson) dengan Jeremy (Timothy Simons) di sebuah bar. Jeremy hendak bertemu Madison yang dikenalnya lewat aplikasi kencan. Madison ternyata tokoh fiktif yang diciptakan Penny untuk mengelabui Jeremy

Penny memberi tahu Madison tak bisa bertemu karena tak percaya diri dengan ukuran payudaranya yang kecil. Nggak seperti foto yang dikirimkan sebelumnya. Madison bahkan bekerja keras menabung untuk pasang implan. Kadung jatuh hati, Jeremy rela mentransfer uang untuk membantu Madison operasi.

Terlihat banget kan betapa naifnya Jeremy yang terlalu percaya meski baru pertama kali bertemu. Ceritanya memang terlalu banyak adegan yang terjadi begitu saja. Tak ada alasan munculnya satu kejadian.

Seperti baru mau dikirim uangnya, aksi Penny digagalkan aparat kepolisian. Beruntung, Penny berhasil lolos meski harus mengalami kejar-kerjaran di jalan raya. 

Di sini mulai terlihat film ini terlalu memaksakan diri sebagai film komedi yang lebih banyak adegan slapstick. 

Dalam perjalanan menggunakan kereta, Penny bertemu Josephine (Anne Hathaway). Cewek ini diam-diam mendengar bualan Penny pada calon korbannya di kereta.

Bersama dua asistennya, Brigitte (Ingrid Oliver) dan Albert (Nicholas Woodeson), Josephine mengajari Penny menipu dengan elegan. Dari sini saya mulai ngakak melihat aksi Penny yang belajar segala hal dari mentornya Josephine.


Mereka pun mulai menjalankan aksi tipuan dengan berperan sebagai kakak adik. Dari beberapa kali penipuan ini, terkumpul sejumlah uang dan berlian yang tak ternilai harganya. Josephine pun membagi hasil kerja mereka, dan kedua asistennya juga mendapatkan gaji. Hanya Penny yang tidak mendapat bagian. 

Dari sini juga mulai lah mereka saling menjegal. Sebuah ironi tentunya, teman jadi lawan. Hingga di tengah jalan, Penny dan Josephine malah berlomba menipu miliarder muda, Thomas (Alex Sharp) penemu aplikasi YoBurnt.

Tipuan mereka mulai bergulir dengan antiklimaks di akhir cerita. Bagaimana Thomas mulai tertarik pada Penny yang secara fisik kalah dari Josephine. Namun parasnya tak kalah cantik dan menarik.

Gimana ending nya? Saya simpan aja agar kalian penasaran. Seperti apa sih akhir cerita The HUSTLE ini. Yang pasti sih bikin saya gemes, hahahaa.

Silahkan baca : 

Review Film American Made - Pengusaha Sukses Fenomenal

Film Komedi Yang Cukup Menghibur


Kesan pertama menonton film ini, lucu. Kelucuan muncul berkat performa Anne dan Rebel yang sukses menampilkan dua penipu beda kasta.

Dalam film ini, Anne mewakili perempuan berkelas, memiliki fisik ideal, kaya raya, dan serba bisa. Di sisi lain, ada Penny yang berbeda 180 derajat. Secara fisik meski sama-sama cantik, namun Penny lebih banyak sial karena kecerobohannya.

Sepintas interaksi keduanya mengingatkan saya pada aksi Sandra Bullock dan Mellisa McCharthy di film The Heat (Paul Feig, 2013). Bedanya, film ini menyorot dunia penjahat yang serius. Sementara The Hustle murni sebagai komedi kriminal. 

Sayangnya, The Hustle terjebak pada gaya melawak karikatural dan komedi slapstick. Adegan terpeleset atau jatuh di lantai masih saja muncul. Meski masih ada nilai lebih pada trik menyembunyikan diri di antara tumpukan sampah atau berdiri di antara patung.

Ada juga adegan yang tak masuk akal di film ini. Sepertinya luput dari bagian editor. Yaitu saat Penny melempar tas ranselnya ke laut lepas yang ada di depan halaman rumah Josephine. Seharusnya saat tas ransel itu diserahkan pada Penny oleh asisten rumah tangga dalam keadaan basah. Ini sih ranselnya kering dan bersih. Masa iya dibersihkan dalam waktu nggak ada sehari. Beneran nggak masuk logika deh.

Begitu pula adegan latihan melompat malah melipir, membuka tutup botol sampai berguling di lantai, atau melempar pisau. Kalo kalian yang terbiasa menonton komedi tak akan tertawa di adegan ini. 

Meski ada juga adegan yang mengundang tawa penonton. Seperti persaingan keduanya dengan saling mencuri metode penipuan yang kemudian menjadi adu gila.

Di sisi lain, baik Anne maupun Rebel tampak luwes dalam menghidupkan karakter. Hanya, di beberapa momen keduanya tampak berjarak. Khususnya di adegan Penny pura-pura pingsan lalu ditendang atau adegan di meja judi.

Persaingan dan kebencian yang harusnya bagaikan sengatan listrik di antara keduanya kurang greget. Faktor reading sebelum pembuatan film atau memang chemistry yang belum muncul dari keduanya? 

Ada juga kejanggalan yang menampakkan film ini seperti diburu deadline. Yaitu adegan baju yang nampak tidak sempurna jahitannya. Kayak dipaksa harus dipakai meski belum jadi. Problem kecil tapi rasanya mengganggu banget kalo kalian nonton film ini.

Aslinya Anne bermain cukup memikat di film ini. Meski di mata suami saya, katanya aktingnya tertolong oleh wajah cantiknya. Iya sih, beda dengan akting dia di film Bride Wars yang heboh namun mengundang tawa.

Meski begitu ada sisi humanisme juga dalam film ini. Dalam adegan antara Penny yang memerankan sosok difabel di hadapan penemu aplikasi YoBurnt.


Nah, ternyata film ini merupakan remake dari film klasik 'Dirty Rotten Scoundrels'. Twist nya adalah dengan menukar  dua karakter utamanya menjadi perempuan agar film ini kelihatan beda. Maksudnya mengusung gender biar kekinian atau beda aja sih. Saya belum nonton Dirty Rotten Scoundrels, jadi nggak bisa membandingkan mana di antara dua film ini yang menarik.

Namun film ini cukup menghibur karena ada banyak tawa di dalam gedung bioskop. Kayaknya penonton memang tak berharap banyak dari akting kedua pemerannya, yaitu Anne Hathaway dan Rebel Wilson. Saya justru lebih menyukai akting Rebel Wilson di Pitch Perfect yang energik namun tampak manusiawi.

Dokpri 

Saya nggak tahu film ini masih tayang atau tidak di gedung bioskop. Waktu saya nonton film ini sih di Studio XXI DP Mall. Dan cuma di sana aja yang nayangin film ini. Namun sepuluh hari kemudian, The HUSTLE justru tayang di Studio XXI Ciputra Mall di Semarang. Bedanya jauh banget ya. 

So far film ini menghibur karena keluar dari studio, penonton banyak yang masih menyimpan tawanya. Nilainya berapa untuk film ini? Dari rating 5, saya kasih 3 aja deh untuk The Hustle. Kalian berminat nonton film ini? Lumayan deh untuk hiburan bagi yang lagi gabut. Wassalamualaikum.

Semua foto dari imdb.com

30 komentar:

  1. Wah sepertinya bagus juga nih Mbak filmnya. Bisa menjadi salah satu list nonton ya hihi

    BalasHapus
  2. Hmm nggantung banget nih Mbak ceritanya. Jadi, penasaran nih sama endingnya :D

    BalasHapus
  3. Saya suka banget nih Mbak sama film dengan genre komedi hehe. Menghibur banget hehe

    BalasHapus
  4. Sudah lihat trailer nya. Jadi gimana nih endingnya? Dari judul postingan ini, takdir penipu yang tertipu, bisa nebak2 dikit lah endingnya gimana. Cuma siapa yang menipu si penipu? hahaha.

    BalasHapus
  5. iya pas baca judulnya malah keingetn kungfu hustle, eia kdang di film suka ada adegan janggal ya kalo kitanya teliti pas nontonnya

    BalasHapus
  6. Hahahahaha, Anne Hathawayy juaraaakk ya Mba
    Cakep cakep tapi penipuuu
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  7. Anne Hathaway pernah berperan jadi penipu juga di Ocean 8. Jadi penasaran nih akting dia sebagai penipu bagusan di film yang mana

    BalasHapus
  8. Seneng ya bisa nonton bioskop, aku susahhh,,, terakhir nonton pas hamil adek 3 tahun lalu hahaha.

    BalasHapus
  9. aku selalu suka dengan peran dia seleb holywood ini, terutama si rebel wilson ini, bisa banget acting apapun, komedia, jahat sampe yang aneh-aneh gitu.

    BalasHapus
  10. Aku suka sama film komedi begini, ringan, menghibur dan bikin lelah cape kita kabur tuh, ahaha.
    Penasaran nih mba, pengin nontn kayanya

    BalasHapus
  11. Aduh mbak teliti banget sih loh. Aku suka keduanya. Yg blonde itu selalu dapat peran gila2an. Cocoklah sama Anne.

    BalasHapus
  12. wah, kayaknya filmnya seru nih mbak.
    Entah mengapa Anne Hathaway di mata aku tuh kesannya anggun, cantik dan polos. Penasaran juga pengen lihat dia berperan jadi penipu ulung yang ngincer cowok tajir nih hehehe

    BalasHapus
  13. wiih wajib nonton iniiihh... thanks spoilernya mbaa. penggemar berat Anne hihihi

    BalasHapus
  14. Ibarat pepatah sepintar-pintarnya tupai melompat bakal jatuh juga, film ini juga gitu ya hihi sepintar-pintarnya penipu akhirnya tertipu juga, aku jadi penasaran pengen nonton :)

    BalasHapus
  15. film ini masuk kategori untuk semua umur kah kak…? aku pengen nonton juga tapi khawatir ga bias ninggal si kecil

    BalasHapus
  16. Wah, baca sinopsisnya jadi penasaran pingin langsung nonton, manatau teknik mereka bisa dipelajari. Hahahaha

    BalasHapus
  17. Wah cantik cantik penipu. Begini NIH kecerdasan otak tidak dilengkapi Iman. Untung nya Ada di bioskop jadi terhibur deh nonton hustle

    BalasHapus
  18. Iya bener mbak aku pikir ini Kung FI Hustle teryata beda ya filmnya. Wih aku penggemar filnya Anne Hathaway, kita aja yang perempuan biang cantik ya gimana cowo-cowo :)AKu jadi penasaran belum nonton nih mbak pingin lihat aksinya Anne jadi penipu. Aku kemana aja ya waktu itu gak nonton di biskop :)

    BalasHapus
  19. Bhahahhha...lihat trailernya bikin ngakak.
    Itu diajari trik nipu malah nusuk mentornya sendir tu...gimana yaa..?

    gak sabar pengin nonton jugaa..
    **nunggu di bioskop gratisan, wkkwkw...

    BalasHapus
  20. Oo.. Jadi kayak gt ya cerita film hustle. Sempat liat trailernya di youtube, tapi entah kenapa saya rada nggak sreg sama Anna dan pemain satunya lagi: chemistry-nya kayak kurang dan saya nggak begitu suka sama film komedi dr US sih, hehehe

    Makasih reviewnya, mbak. Saya jadi gak penasaran lagi.

    BalasHapus
  21. kok saya jadi kepikiran yang kung fu hustle stephen chow hehehe.

    Saya suka nih yang genre komedi kayak gini

    BalasHapus
  22. udah lama banget saya enggak nonton film mbak, jadi terhibur baca review film mbak Wati. makasih ya mbakk ...

    BalasHapus
  23. Wah kisahnya asyiik nih jd penasaran saya tu ga suka nonton tp kalau udah baca review an jg kepo sama endingnya hehe

    BalasHapus
  24. aku belum nonton nih mba..kayaknya oke bangeet buat nonton bareng suami ya hehe

    BalasHapus
  25. kayaknya bisa buat next movie nie untuk ditonton ,,, sayangnya aku gak bisa nonton di bioskop huhuhu jadi nunggu dulu sampai downloadtannya keluar hehehehe

    BalasHapus
  26. Aku belum pernah nontin gilm ini , kayaknya seru ya dan kalau baca sinopsisnya sih ya memang karma itu ada haha.

    BalasHapus
  27. Tadinya aku pikri film yang pernah aku tonton, ternyata pemain utamanya dua cewek, jd kyknya blm pernah hehe. Penasaran jalan ceritanya. Tapi saling menjegal kyknya udah biasa ya di dunia para penjahat dan penipu, krn terbiasa nipu jd gak percayaan hehe (seringnya gtu dr pilem2 yg aku tonton :D)

    BalasHapus
  28. Takdir penipu yang tertipu seperti ujar-ujar bahwa karma akan terjadi hanya tinggal menunggu waktunya, seru juga ya kalau baca reviewnya

    BalasHapus
  29. Aku malah bayangin tasnya yang kering dan bersih itu. Disulap atau gimana itu. Pas nonton bagian ini pasti sambil berkerut kering, ya, Buk? Iki maksud e piyeeeee. Hahahaha. Ternyata film darii Paman Sam kok ya ada yang begituuu

    BalasHapus
  30. Aku belum nonton mba Hiday, lucu dan keren pasti jalan ceritanya ya
    Udah jarang banget nonton film barat, keranjingannya drakor. PR banget buat nonton ini

    BalasHapus