Antarkan Kebaikan Bersama Paxel Di Hari Yang Sama - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Tuesday, 27 November 2018

Antarkan Kebaikan Bersama Paxel Di Hari Yang Sama



Paxel


Assalamualaikum Sahabat. Pernah kah kalian bingung saat mendapat undangan, namun pas hari H nggak bisa datang? Teman dekat loh yang nikahan, gimana tuh? Alhamdulillah kemarin saya beruntung bisa kirim paket kado nikahan ke rumahnya. Meski udah telat empat hari setelah resepsi.

Sedih sih karena pas akad dan resepsi saya sedang berada di kota Banjarnegara. Jadi ya cuma kirim ucapan via insta stories pengantin perempuan.

Beruntung nih selang empat hari kemudian, saya dan si sulung bisa menyambangi rumah teman kami. Rencananya kan saya pengen kasih kado untuk dia. 

Pas hari H, ada kabar duka dari grup WA teman SMP. Salah seorang teman kami meninggal dunia. Duhhh, sedihnya.

Trus ingat dong tentang kado yang udah dibungkus rapi. Masa iya saya takziyah bawa kado segede itu? Nggak mungkin deh. 

Jangan Menunggu Mampu Untuk Tebarkan Kebaikan

Senangnya saat saya mendapatkan kesempatan hadir dalam perkenalan jasa pengiriman Paxel. Kamis, tanggal 22 Nopember 2018 di Han's Kopi Jalan Veteran Semarang, Bapak Djohari Zein hadir memberikan insight yang menonjok sanubari kami.

Namun sebelumnya, acara dibuka dengan sambutan oleh CoFounder Paxel yaitu Mr. Bryant Cristanto. Beliau menuturkan tentang Hero. Di Paxel sebutan untuk kurir adalah Hero. Yaitu pahlawan kebaikan.

Selanjutnya Founder Global Basket Mulia Investama/ Holding Paxel, Bapak Djohari menjelaskan tentang konsep kebaikan. Beliau yang telah berkecimpung di dunia pengiriman barang sejak puluhan tahun, memiliki konsep mulia.

Budaya di perusahaannya adalah tentang memberi kebaikan, membuat orang lain bahagia, dan menolong pada yang membutuhkan.



Semua itu diawali dari hijrahnya Bapak Djohari yang seorang mualaf. Paxel hadir setelah beliau menunaikan ibadah haji ke tanah suci. 

Dalam perjalanan ibadah haji tersebut, beliau menemukan banyak hal yang baik terjadi dalam kehidupannya. Semua itu karena kebaikan Tuhan.  Karena itu lah beliau ingin berbagi kebaikan. Nah menurut beliau, kalo mau berbuat baik, mulai lah dari sekarang.

Ini lah yang mendasari ide berdirinya Paxel. Tutur beliau lagi, Paxel itu tidak menyaingi siapapun. Tidak pula mengambil jatah pengiriman ekspedisi lain. Karena Paxel itu muncul di bagian last mile atau terakhir.

Antarkan Kebaikan dengan Happiness Hero

Siang itu hadir pula Alexander Zulkarnain, seorang Brand Happiness Hero. Ini lah keunikan dan keistimewaan Paxel. 

Paxel

Paxel memiliki nama tersendiri untuk kurir yang menjemput dan mengantarkan barang. Mereka disebut Happiness Hero. Mereka lah yang menjadi ujung tombak Paxel. 

Kak Alex pun menuturkan tentang Logo Paxel yang mirip dengan logo instagram. Tapi bukan loh. Karena arti dari logo Paxel adalah arah, mengarahkan kebaikan. Dan Kotak itu adalah simbol paket pengiriman.

"Teknologi bisa dicuri, tapi tidak dengan hati yang baik," tutur Kak Alex.

Quote dari Kak Alex :
Semua agama mengajarkan, bahwa pintu-pintu kebaikan akan kembali pada setiap orang yang berbagi kebaikan
Paxel adalah perusahaan logistik berbasis aplikasi dengan layanan sameday delivery servis dengan biaya flat. Pengiriman dilakukan dengan lebih hati-hati, di hari yang sama asalkan dalam satu kota, dan niatnya adalah mengantarkan kebaikan. 

Jasa Pengiriman

Siang hari itu ada Kak Wulan dari Rumah Harapan Indonesia yang bercerita tentang anak-anak penderita kanker. Rumah Harapan Indonesia tak sekedar menjadi rumah singgah bagi keluarga anak penderita kanker yang kurang mampu. Namun juga menjadi tempat belajar. Karena meski sakit, anak-anak berhak mendapat pendidikan wajib belajar 9 tahun.

Kak Wulan punya pengalaman yang mengharukan. Suatu hari Happiness Hero mengantarkan obat pada penderita Leukimia. Sementara saat itu tidak ada jasa pengiriman yang siap karena waktu udah larut, sekitar jam 11 malam lebih.

Namun Paxel mampu dan bersedia mengantarkan obat ini ke rumah pasien. Ibu penderita leukimia merasa sangat bersyukur karena ada Happiness Hero yang mau mengantarkan obat yang sangat dibutuhkan ini.

Kalian bisa juga #AntarkanKebaikan dengan berbagi buku cerita, makanan, baju pantas pakai, dengan menggunakan Paxel. Atau bisa juga memberikan donasi bentuk uang pakai aplikasi Paxel.

Atau bisa juga selalu memilih jasa pengiriman Paxel. Karena setiap 25 pengiriman paket ekspedisi, satu paketnya akan didonasikan untuk Rumah Harapan Indonesia. Bayangkan bila satu hari ada 1000 paket pengiriman, atau 10.000 paket. Bisa berkali lipat kan yang bisa didonasikan untuk anak-anak penderita kanker ini.

Rumah Harapan Indonesia ini merupakan satu dari 11 yayasan yang sudah dibantu oleh Paxel. 

Kenalan Lebih Dekat dengan Paxel

Chief Happiness Hero, Kak Intan Saraswati menjelaskan tentang awal berdirinya Paxel. Dulu jasa pengiriman yang ada model Reguler Delivery. Yaitu pengiriman barang ini yang tahu prosesnya barang ada di mana hanya ekspedisi dan perusahaan jasa pengiriman. Barang bisa aja diterima setelah 3 sampai 5 hari pengiriman dari awal.

Kemudian setelah itu muncul Next-Day Delivery, yang udah ngalahin Reguler Delivery. Di mana barang sampai setelah satu hari dikirim oleh jasa pengiriman.

Saat ini lah Paxel hadir dengan Same-Day Delivery. Yaitu kirim paket bisa diantarkan dalam satu hari yang sama di satu kota.

Dari sini lah Paxel bisa menjanjikan biaya yang murah pada pelanggannya dan lebih cepat sampai. Kok bisa sih?

Ternyata ada sistem door to door, Happiness Hero datang mengambil barang dari rumah atau tempat pengirim. Selain itu juga ada sistem door to locker yang cuma ada di Paxel. 

Inovasi dari Paxel ini adalah barang dijemput oleh Hero dan didrop di Paxel Home atau di titik locker yang udah disiapkan. Nantinya ada Hero lain yang akan mengantar barang tersebut ke rumah penerima. 

Kabarnya ada rencana setiap kota akan memiliki beberapa loker di satu wilayah tertentu. Maksudnya agar pengiriman paket makin dipermudah dan cepat diantarkan ke tangan penerima.


Kelebihan Paxel dibanding Jasa Pengiriman lainnya adalah :

Sameday

- No Cancel 

Maksudnya adalah pesanan jemput barang untuk pengiriman paket yang kita inginkan, tidak akan ditolak oleh Happiness Hero. Mereka selalu melayani pelanggan dengan sepenuh hati.

- Preferred Time Slot for Pick Up

Ini lah pelayanan yang hanya ada di Paxel. Pengirim bisa menentukan waktu penjemputan, juga kapan barang akan diantarkan. Karena konsep kirim paket di Paxel ini adalah Urban Shipment. Yaitu seseorang bisa aja berada di satu tempat dan mobile ke tempat lain karena kesibukan kerja yang padat.

- Flat Price

Nah, tidak seperti jasa pengiriman yang selama ini ada. Paxel menawarkan kirim paket dengan sistem flat price.

Paxel

Yaitu harga pengiriman ditentukan oleh dimensi barang. Nantinya akan diukur sesuai panjang, lebar, dan tinggi paket barang yang akan dikirim.

Kirim Paket

- No Distance Limit

Nggak ada batasan kirim paket kemana aja, pasti diantarkan hingga ke tempat penerima. Saat ini masih terbatas di Jabodetabek, Bandung, Jogja, Solo, dan Semarang.

Target selanjutnya akan menyusul di 20 kota di seluruh Indonesia hingga pertengahan tahun 2019. Semoga Kabupaten Sleman udah masuk juga dalam area pengiriman maupun pengantaran. Karena saya pengen mengirimkan makanan untuk si sulung yang kost di kawasan Kaliurang ini.

- Money Back Guarantee

Nah bila penerima barang tidak menerima paket sesuai yang dijanjikan, ada jaminan uang kembali. Pengembaliannya berupa saldo di akun aplikasi Paxel.

- Free Insurance up to 10 Million IDR

Terdapat fasilitas asuransi paket sampai 10 juta apabila paket yang dikirimkan hilang atau rusak. Nah, apalagi kalo barang berharga, mending kirim pakai Paxel agar aman ya.

Kerja Sama Paket Pengiriman untuk Makanan

Selama ini Paxel sudah mengiriman berbagai jenis barang. Kerja samanya antara lain dengan Omiyago. 

Kalo Omiyago bergerak di bidang food & beverage. Dengan mengusung tagline #OlehOlehOnTheGo yang menggambarkan bisnis membranding ulang makanan khas Indonesia. 

Dengan kemasan yang spesial dan memiliki standar mutu tertentu, oleh-oleh ini menjadi naik kelas dan pantas dijadikan buah tangan. Tentunya diharapkan, dengan adanya Omiyago, oleh-oleh ini bisa naik kasta dalam kemasan baru.


Selama ini Omiyago telah dihantarkan menggunakan Paxel ke seluruh kota yang udah ada layanannya. Terutama untuk frozen food, ada pengemasan cara khusus. 


Sementara itu Kolase adalah crowdfunding untuk mendukung kolaborasi musik di Indonesia. 

Nah, Kolase, Paxel, dan Omiyago ini berada di bawah bendera Global Basket Mulia Investama. Wah keren banget yak, bisnis Bapak Djohari ini melebar di bidang lain. 

Kalian Udah Nyoba kirim Paket dengan Paxel?

Kembali pada cerita kado nikahan teman saya nih. Karena nggak mau membawa barang seukuran kardus mi instant ke rumah duka. Saya pun minta bantuan pada Happines Hero.

Jadi, sebelum saya berangkat takziyah, kado sudah rapi dibungkus kertas kado. Kemudian saya pasrahkan pada si sulung untuk menyerahkannya pada Happiness Hero.

Prosesnya seperti ini :

- Install Aplikasi Paxel di Playstore


Kode Referal watiartanto

Senangnya waktu mengetahui saya mendapat saldo gratis 100 ribu setelah install aplikasi Paxel. Oiya, isi data diri dulu ya Sahabat.



Kemudian pilih create kiriman. Tuliskan alamat penjemputan barang. Dan agar kurirnya tidak kesulitan cari alamat, tambahkan catatan di bawahnya. Kemudian untuk destinasi diisi dengan alamat dan penunjuk jalan yang detil.



- Pilih ukuran paket 

Isi dengan memilih ukuran barang yang dikirim. Kalo kado yang saya kirim udah diukur oleh Happiness Hero. Ukurannya Large, yaitu 35x30x20 cm. Jadi shiping cost nya  sejumlah 25 ribu rupiah.


Dijelaskan juga saat saya order, bahwa Happines Hero akan pick up barang kiriman sekitar pukul 12.00 - 14.00. Dan barang akan diantarkan ke penerima di daerah Tandang Selatan sekitar pukul 18.00 - 20.00 wib.

- Notifikasi Pengiriman

Ternyata usai takziyah dan saya menuju rumah teman saya Septi, Happiness Hero ngabari kalo barang on going. 

Lah saya tiba di rumah Septi sekitar pukul 13.20 wib. Eh Happiness Hero mengantarkan kado saya sekitar pukul 13.44 wib. Jauuuh lebih cepat dari estimasi awal yaitu pukul 18.00 wib.



Saya nggak perlu nanya teman saya. Karena aplikasi Paxel sudah komplit kasih penjelasan barang sampai mana aja. Udah diterima oleh penerima atau belum. 

Dan penerima pun membubuhkan tanda tangan secara digital melalui handphone Happiness Hero. Ada foto penerima yang bersanding di sebelah tanda tangan penerima. Canggih banget yak.


Saya puas dong dengan pelayanan Paxel ini. Makanya saya nyoba kirim lagi. Kali ini dari Han's Kopi, Happiness Hero mengambil barang untuk diantarkan menuju rumah saya. Saya memilih yang menerima suami. 


Namun karena suami tidak ada di rumah, Hero pun menjanjikan akan mengantarkan esok harinya. Eh lagi-lagi suami sedang keluar rumah. Akhirnya barang diterima oleh adik saya. Laporannya ada dalam Outgoing Shipment History.

Kalian bisa juga mengirim paket pada sahabat atau keluarga via Paxel. Atau bisa loh Antarkan Kebaikan pada anak-anak penderita kanker, yang membutuhkan bantuan di Rumah Harapan Indonesia. Cari deh di Instagram, komplit kok ada alamat di setiap kota. Gunakan kode referral saya watiartanto agar mendapatkan saldo sebesar 100 ribu di akun Paxel kalian. Cobain ya, Sahabat.

Paxel.Co
https://www.instagram.com/paxel.co/

41 comments:

  1. segera ditunggu ya, Paxel hadir di bengkulu ya Bude

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga secepatnya Paxel ada di Bengkulu ya mba

      Delete
  2. Setuju, jangan tunggu mampu untuk berbuat baik :D

    ReplyDelete
  3. Aku suka filosofi dan cerita di balik pendirian Paxel, mbak Wati. Ngena di hati *eak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inspiratif ya Lu, butuh banyak orang seperti bp Djohari

      Delete
  4. Dari blogger gathering Paxel kmrn,aku belajar banyak ttg Antarkan kebaikan yg sejatinya. Mmg keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget, dan cuma denger kisahnya aja udah merasa bangga

      Delete
  5. Naaah...kalau pengen masakan mba Wati bisa nih sekarang..pakai Paxel saja kirim ke aku ya mba..hehe..

    ReplyDelete
  6. Kehadiran Paxel, membantu banget ya mbak Wati hehe

    ReplyDelete
  7. Mantap deh 1 jam sampe. Ngikuti mba wati kali ya heronya hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak dong mba, aku kan berangkat dulu mau takziyah. Baru ke rumah Septi

      Delete
  8. Sejam doang paket langsung nyampe ajiiib hihihi

    ReplyDelete
  9. Asyik ya kalau ada paket dikirim bs dalam sehari sampai tujuan. Kirim makanan/masakan bisa nyaman dan aman, masih fresh sampai di penerimanya.

    ReplyDelete
  10. bu wati pengen jadi iron man juga nggak?

    ReplyDelete
  11. Paxel bikin ketagihan pengen kirim barang lagi aku, huhuhu tapi saat ini harus kota dan kota. Beruntunglah kalian yang tinggal di kota besar, eaaaaaa

    ReplyDelete
  12. Saya berharap Paxel juga bekerjasama dengan e-commerce. Abisnya ini saya lagi gregetan nungguin barang gak sampe-sampe. Coba ada Paxel

    ReplyDelete
  13. Terupdate dengan sendirinya ini Paxel, nggak perlu penasaran nanya dahsampe mana, udah sampe belum. hhehehee

    ReplyDelete
  14. Jam kerjanya ini 24 jam kah? Ikut terharu baca cerita tentang Kak Wulan, syukurlah ya ada paxel yg mau mengantarkan obat jam 11 malam.
    Semoga Paxel makin meluas, berkembang ke kota-kota lain termasuk di kotaku *ngarep :D

    ReplyDelete
  15. banyak review tentang paxel jadi penasaran dan ignin coba, kebeutlan saya memang suka belanja online dan juga berjualan online

    ReplyDelete
  16. Adyik juga ya, tugas kita cuman bungkus yang rapih, the rest is tinggal bilang aja ke Paxel maunya gana, paket diambil di rmh jaM berapa. Dampenya maunya kapan. Kelebihannya dr jasa paket pavorit bunfs, di paxel paket bisa sampe on the same day. Merennya

    ReplyDelete
  17. Semua paket yang akan dijemput oleh paxel untuk dikirimkan, tidak ada yang ditolak, dan mereka melayani dengan sepenuh hati. Mantap banget ini.. jadi apa yang kita kirimkan enggak akan terlambat datang ke penerima.

    Terus itu, nama ujung tombak dari paxel sendiri keren ya sebutannya... Happiness Hero..

    ReplyDelete
  18. Ih bener banget, sudah ounya anak terkadang susah untuk datang ke acara nikahan teman yang luar kota. Wah bisa dicoba nih pke paxel yaa sangat membantu 😍

    ReplyDelete
  19. Aku syuka pengiriman berbasis ukuran kaya gini. Soalnya bisnis online Lettering itu barangnya kecil tapi berat hihihi. Kalau pakai Paxel jatuhnya lebih murah dan bisa sampai sameday pula yaaa

    ReplyDelete
  20. Wow, keren banget sistem pengiriman barang semacam ini. Fleksible banget dan sangat memudahkan dengan kebaikan..

    ReplyDelete
  21. sayang banget di Cimahi belum bisa waktu aku cobain install paxel mba huhuhu kusedih

    ReplyDelete
  22. Aku udah nyoba dong. Keren emang paxel

    ReplyDelete
  23. Wah senangnya paxel sudah masuk ke joglosemar, kemarin2 kayaknya baru di jabodetabek aja ya mbak. Jadi makin banyak pilihan jasa logistik nih.

    ReplyDelete
  24. Ini baru keren jasa pengirimannya...ditunggu di bengkulu ya mbk...he

    ReplyDelete
  25. Yang pas cerita dari Rumah Harapan Indonesia itu aku sempat terharu lho mba. Itu, pas di rumah sakit kehabisan obat dan nanya2 akhirnya ketemu RHI yang salah satu anak asuhnya mengonsumsi obat tersebut. Meskipun malam tetap barang diantarkan oleh Paxel. Benar2 #antarkankebaikan ya.

    ReplyDelete
  26. Lihat review Paxel bertebaran, aku jadi penasaran banget pengen cobain jasa pengiriman yg satu ini, mbak. Apalagi banyak kelebihannya ya. Bisa antar di hari yg sama, tarifnya flat dll, duhh semoga si Paxel lekas masuk ke Bengkulu. Aamiin :)

    ReplyDelete
  27. Masya Allah, sungguh mulia ya niatnya Pak Djohari. Semoga bisnis beliau bertambah berkah berkat doa-doa para customer Paxel yang sangat dimudahkan dengan layanan ini.

    ReplyDelete
  28. Wahh niat foundernya mulia banget ya mbak.. Terus kalo pengiriman cepat dan diantar dengan baik kita jadi tenang dan puas jg

    ReplyDelete
  29. "Teknologi bisa dicuri, tapi tidak dengan hati yang baik," tutur Kak Alex.

    Nah, ini nih. Waktu dengar presentasi Paxel saya juga dapat banyak value positif yang dipegang kuat perusahaan ini.

    ReplyDelete
  30. Ooo jd happiness hero bener2 mirip driver ojol yg bertugas kirim pesanan itu ya mbak? Bisa sampai malam gtu? Keren2.

    Aku jg pernah kirim paket pakai Pacel mbak, cuma 6 jam sesama Jkt.

    ReplyDelete
  31. Whaaa....Happiness Hero yang beneran bikin Happy yaa..
    Aku berdoa, semoga PAXEL makin jaya dan besar, hingga daerah coverage nya seluruh Indonesia.
    Aamiin.

    ReplyDelete
  32. Paxel ini mmg keren,sameday... Aku udah nyobain Mbak...

    ReplyDelete
  33. Perjalanan Paxel dan niat tebar kebaikannya luar biasa ya Mbak, mengingspirasi sekali. Terima kasih sudah mau berbagi cerita ini Mbak.

    ReplyDelete