Tidak Hanya Menjawab Pertanyaan, Ini Etiket Baik yang Harus Kamu Perhatikan Selama Interview Kerja - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 20 September 2019

Tidak Hanya Menjawab Pertanyaan, Ini Etiket Baik yang Harus Kamu Perhatikan Selama Interview Kerja

Etiket Baik yang Harus Kamu Perhatikan Selama Interview Kerja


Assalamualaikum Sahabat. Sebagai fresh graduate, mencari pekerjaan pertama memang merupakan momen yang sangat penting. Inilah yang menyebabkan panggilan interview di sebuah perusahaan juga menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu. Tidak hanya bagi perusahaan saja, bagi para pencari kerja pun, tahap interview bisa dikatakan sebagai tahap penentu, apakah kita akan diterima bekerja di perusahaan tersebut atau tidak.

Sesi interview tidak hanya sesi dimana pencari kerja akan bertatap muka langsung dengan pihak perusahaan dengan menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan saja, melainkan juga sekaligus waktu untuk penilaian pihak perusahaan terhadap personality, sikap dan sifat sang pencari kerja tersebut. Dikarenakan hal inilah, setiap calon karyawan dirasa perlu untuk menunjukan kesan pertama yang baik dan positif.

Maka dari itu, sebagai pencari kerja, khususnya fresh graduate yang baru akan mendapatkan pekerjaan pertama mereka, selain perlu untuk mempelajari pertanyaan interview seperti apa yang diperkirakan akan ditanyakan oleh pihak HRD, mempelajari etiket baik interview kerja sepertinya juga menjadi salah satu hal yang penting.

Bagi kamu para pencari kerja di luar sana, yuk kita pelajari bersama mengenai etiket baik selama interview kerja yang perlu diperhatikan, agar bisa mendapatkan nilai positif dari pihak perusahaan.

Etiket Baik Interview Kerja

1. Gunakan Pakaian yang Sesuai

Ketika berkenalan ataupun bertemu dengan orang baru untuk pertama kalinya, first impression menjadi salah satu hal yang sangat penting. Ketika seseorang belum terlalu mengenal pribadi diri kita, maka penilaian akan terarah kepada pakaian yang kita kenakan. Sama halnya dengan ketika interview kerja, mengenakan pakaian yang sesuai akan menjadi senjatamu untuk mendapatkan kesan baik dari pewawancara.


Hanya sekadar tips, bagi pria usahakan untuk tidak mengenakan celana jeans ketika interviews, melainkan menggunakan celana bahan dengan warna-warna gelap yang dipadukan dengan jas dan kemeja dengan warna senada. Bila tidak ingin terlihat terlalu formal, kamu tidak perlu mengenakan jas dan hanya kemeja saja.

Sedangkan untuk wanita, rok bahan selutut ataupun celana panjang bahan berwarna gelap bisa dijadikan sebagai pilihan untuk interview kerja. Padukan pula dengan blous atau kemeja polos dengan corak sederhana. Tidak perlu mengenakan sepatu yang terlalu tinggi, asalkan nyaman dikenakan.

2. Tersenyum

Meskipun kamu merasa tegang, usahakan untuk jangan terlalu menunjukan perasaab nervous dan kaku. Cobalah untuk tersenyum secara alami dan berkenalan dengan orang-orang yang pada nantinya akan bekerja denganmu. 

Tunjukan bahwa kamu percaya diri dan terbuka. Tersenyum ramah akan memberikan kesan bahwa kamu merupakan pribadi yang mudah beradaptasi dengan suasana baru dan orang-orang baru.

3. Berjabat Tangan

Berjabat tangan adalah momen pertama ketika kamu berkenalan dengan orang lain. Pastikan bahwa kamu terlihat profesional, tegas, namun juga ramah dalam interview kerja dengan melakukan jabatan tangan dengan pewawancara. 

Jabatlah tangan dengan tegas namun juga jangan terlalu erat. Perlu diketahui bahwa sebagian besar HRD merupakan lulusan psikologi yang bisa langsung menilai dari bagaimana mereka berjabat tangan.

4. Bahasa Tubuh


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa HRD merupakan lulusan dari psikologi yang selain dapat menilai cara kita berjabat tangan, mereka pun juga bisa membaca bahasa tubuh kita. Banyak sekali bahasa tubuh yang bisa dibaca selama durasi interview, seperti memainkan atau memutar rambut, lengan menyilang di depan dada, serta kontak mata ketika pewawancara tengah berbicara denganmu.

5. Terima Kasih

Sederhana, namun dapat meninggalkan kesan yang mendalam. Ucapan terima kasih akan membuat pewawancara merasa dihargai setelah melakukan interview sepanjang hari kepada banyak orang. Perlu diingat, hal ini bisa saja menjadi kesempatan kamu untuk menjadi satu-satunya pelamar yang akan masuk ke dalam perusahaan tersebut.

Karena itu lah, setelah sesi interview selesai, ucapkanlah terima kasih dan berikanlah senyuman ramahmu yang akan diingat oleh pewawancara.

Mempelajari etiket baik selama interview memang sangat penting, namun jangan lupa bahwa kamu juga perlu mempelajari kisi-kisi atau contoh-contoh pertanyaan yang kemungkinan besar sering ditanyakan oleh HRD. Hal tersebut akan sangat berguna untuk tidak membuatmu panik dan bisa mempersiapkan jawaban yang tepat ketika hari interview tiba.

Ingin tahu pertanyaan interview apa saja yang sering kali ditanyakan oleh HRD? Yuk pelajari bersama dengan membaca artikel berikut ini :

https://www.cekaja.com/info/jangan-gugup-ini-10-pertanyaan-yang-sering-muncul-di-sesi-interview-kerja/

Gimana sob, semoga kamu udah siap lahir dan batin mengikuti interview kerja. Dan sukses menjadi karyawan baru di perusahaan yang kamu inginkan. Wassalamualaikum.

20 komentar:

  1. Butuh persiapan matang kala wawancara kerja karena berkaitan dengan perolehan peluang kerja yang kita butuhkan.
    Saya suka paparan di atas. Wajib dibaca para pencari kerja, bahwa tahap wawancara memang menjadi penentu akhir. Sekaligus penyemangat.

    BalasHapus
  2. Perlu persiapan mental juga kayaknya ya, kak. Inget zaman masa-masa masih cari kerja dulu, tiap mau interview pasti gak bisa tidur semaleman hahaha deg-degan

    BalasHapus
  3. Ah iyaaa bener banget Mba
    Karena impresi yg baik berawal dari etiket yg baik juga yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. Dengan kesan pertama begitu menggoda. Eits dah kaya iklan . tapi itulah yang harus di perhatikan, etiket yang memberi pengaruh pada diri sendiri dan insya allah lancar interview kerja.

    BalasHapus
  5. Kesemua hal ini, akan lebih mudah kalau sudah menjadi bagian dari karakter ya, Mbak. Artinya mau dalam keadaan bagaimana pun, otomatis bisa keluar etiketnya tapi bukan berarti gak bisa dipelajari untuk diterapkan oleh mereka yang belum terbiasa. Yang penting menyadari dulu ada yangperlu diperbaiki :)

    BalasHapus
  6. Hadir tepat waktu juga penting untuk kesan pertama ya mba..

    BalasHapus
  7. Interview kerja pertama itu memang harus dipersiapkan dengan benar ya, mba.
    Tips yg sangat membantu banget. Kesan pertama menentukan tahap berikutnya.

    BalasHapus
  8. Jd ingat waktu pertama kali interview, bener2 gak merhstiin hal2 di atas, mungkin karena grogi banget kali yah

    BalasHapus
  9. Yups bahasa tubuh kadang yang susah ya soale kadang tegang dan jawabnya juga agak ngelantur juga sih,, kira-kira begini yang baru interview kerja hehe.

    BalasHapus
  10. Pas interview memang butuh etika ya g sangat bagus. Dan hal hal itu termasuk di mba tulis.Termasuk uvapkan terima kasih :)

    BalasHapus
  11. Wah perlu dibaca nih artikelnya oleh para pencari kerja. Kalo aku belum minat cari kerja lagi hehe. Udah enak di rumah.

    BalasHapus
  12. Nambahin satu lagi mbak, berhubung dl sering interview org hehehehe, yaitu cara menjawab pertanyaan usahakan jangan berputar2... alias gunakan bahasa yg baik, jelas, dan terstruktur

    BalasHapus
  13. Bagus nih artikelnya mb Wati. Banyak yang nyari nih. Aku juga kadang speechless kalo mewawancara pelamar kerja. Kadang jawabannya ga nyambung

    BalasHapus
  14. Betul MBa Wati, kadang orang gagal waktu interview karena attitute-nya yang bikin interviewer menilainya kurang baik.

    BalasHapus
  15. masuk ke ruangan interview aja itu udah berasa serem bgt dulu Mba. Keringat dingin pas interview berlangsung berasa bgt pas awal2 ngelamar kerja. kalo udah tau tip2 diatas, bisa sgt membantu saat interview

    BalasHapus
  16. Wah jadi ingat jaman saya merekrut dulu... Bahasa tubuh penting banget untuk menilai, melihat sesuai atau tdk dg yg diungkapkan:)

    BalasHapus
  17. Interview untuk melamar kerja deg degannya melebihi mau menikah dan berumah tangga ya. Hahaha...
    Terimakasih ini tips nya. Pasti bermanfaat buat para fresh graduated

    BalasHapus
  18. Yup salah hal yang harus dilakukan adalah tersenyum. Dengan tersenyum maka aura positif akan keluar dan bisa menambah percaya diri mbak.

    BalasHapus
  19. Saya beberapa kali interview karyawan yang akan masuk ke tempat kerja kami. Kalau dari penampilan rambut saja acak-acakan, bau badan, bau kaki (sumpah ini kecium juga loh sama kami) langsung aku coret.

    BalasHapus
  20. Jadi ingat jaman pas interview. Rasanya tegang mba, wkwkwk senyum juga berusaha diulas agar ga kagok. Penting banget nih dibaca buat yang baru lulus

    BalasHapus