Membangun Toko Online Menggunakan Wordpress Hosting - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 18 September 2019

Membangun Toko Online Menggunakan Wordpress Hosting

Membangun Toko Online Menggunakan Wordpress Hosting


Assalamualaikum Sahabat. Bagi pemilik usaha online shop, memiliki website jadi hal penting. Perilaku konsumen di dunia digital sekarang lebih menyukai belanja barang di toko online. Baik itu di website, marketplace maupun toko online di media sosial. Alasan mereka rata-rata sama, ingin lebih praktis dan hemat waktu.

Melihat animo berubahnya minat konsumen ini, tentunya membuat para pemilik usaha mengalihkan cara promosinya juga. Pelaku usaha pun mulai melirik penggunaan website sebagai tempat berjualan dan mempromosikan usahanya. Dengan mempromosikan usahanya di website, banyak keuntungan yang bisa diperoleh.

Yang pertama adalah tingkat kepercayaan konsumen pada toko dan produk usaha meningkat. Keuntungan kedua adalah sebagai pelaku usaha, anda bisa mengembangkan website dengan karakteristik sesuai produk usaha.

Membuat website tentu juga butuh keahlian khusus, karena tidak semua pelaku usaha mampu mengurusnya. Dari membuat platform website yang dipilih, mengelolanya, hingga memasang coding ataupun plugin yang dibutuhkan dari sebuah website. Begitu pun untuk pilihan platform yang akan digunakan.

Pasti ada yang nanya kan, apa itu Coding?
Adalah bahasa inggris yang kalo di Indonesiakan artinya adalah pemograman. Coding bertujuan untuk membuat sebuah program komputer. 
Untuk selanjutnya, pelaku bisnis bisa menyiapkan tiga hal penting sebelum membuat toko online. Yaitu :

- Domain
Pilih nama domain yang sesuai dengan toko online anda. Ingat lah bahwa nama toko online yang anda pilih akan menjadi branding usaha.

- Cloud Hosting atau Virtual Private Server (untuk yang trafiknya tinggi)
WordPress Hosting Anda sebaiknya menggunakan Cloud Based Hosting. Maksudnya adalah dalam segi skalabilitas akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Shared Hosting biasa.

- CMS
Nah, berikutnya adalah tentang CMS. Kebanyakan saat ini untuk membangun website, toko online menggunakan CMS (Content Management System) seperti Wordpress.

Apa itu WordPress?

Wordpress adalah sebuah CMS (Content Management System) yang bersifat free dan open source. Digunakan untuk mempermudah user mengatur isi dan tampilan sebuah website. Dan merupakan salah satu platform media paling populer untuk membuat website baik itu blog pribadi, situs berita, situs edukasi bahkan situs penjualan (ecommerce/online shop), dan situs berita.


Para pelaku bisnis biasanya lebih memilih Wordpress karena untuk mengelolanya lebih mudah dan profesional. Meski begitu tidak semua pelaku usaha ini memiliki waktu atau keahlian mengurus tiga hal penting di atas, yaitu Domain, Cloud Hosting atau Virtual Private Server, dan CMS.

Jadi akan lebih baik kalo pelaku bisnis ini menyerahkan pengurusan ketiga hal penting di atas pada ahlinya. QWords menyediakan paket Domain, Hosting Indonesia, dan CMS yang akan langsung disetting di halaman administrator hosting. Biasanya disebut juga WP-Admin. Dengan begini memudahkan pelaku bisnis membuat website untuk toko online-nya.

Saatnya Membuat Website

Untuk langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan membuat rancangan website terlebih dulu. Isinya adalah seputar toko online anda, misal bila rencananya menjual pakaian. Tentu ada kategori pakaian wanita, pria, anak-anak, atau aksesoris.

- Membeli Hosting dan Menentukan Nama Domain

Menentukan nama domain ini sudah harus dilakukan sejak awal sebelum membuat website. Nama domain ini akan menjadi nama toko online anda yang juga sebagai brand image.

Jadi pilih nama domain yang mudah diingat dan anda bisa memilih di webhosting yang sama agar mudah disinkronisasi antara domain dan wordpress hosting nya. Baru deh install wordpress dengan mengunduh dari versi terbaru. 


Atau anda bisa juga install dari fitur yang ada dari hosting Indonesia di QWords. Saran saya adalah sesuaikan custom website anda dengan branding yang rencananya akan dibangun untuk toko online.

- Menginstall Plugin Pendukung

Plugin digunakan untuk menambahkan fungsi-fungsi yang tidak tersedia di sistem standar Wordpress. Membantu performa toko online yang dibangun dibutuhkan beberapa plugin. Terlalu banyak plugin pun tidak dibenarkan karena akan memperlambat loading sebuah website. Ntar yang ada konsumen akan lari dan keluar dari website toko online anda.

- Pasang Plugin WooCommerce

Adalah sebuah plugin WordPress yang digunakan untuk membuat toko online berbasis wordpress (Wp). Dengan ini maka setiap user Wp bisa dengan mudahnya melakukan set up dan mengatur toko onlinenya. Namun penggunaan plugin WooCommerce ini bebas kok, anda bisa memasangnya atau pun tidak.

Langkah pemasangan plugin WooCommerce ini sebenarnya sebagai perantara. Yaitu untuk memudahkan pelaku bisnis mengupload foto barang dagangan di toko online.

- Belajar Marketing dan SEO Toko Online

Setelah toko online siap launching, masih ada lagi langkah berikutnya. Sebagai pelaku usaha, anda tentu ingin toko online selalu di halaman page one pencarian situs Google. Nah, untuk mencapainya tentu bukan hal mudah. Anda harus belajar menerapkan SEO di website toko online secara rutin.

Okay, semua langkah sudah dilakukan, saatnya anda mengelola toko online dengan lebih serius. Tetap semangat dong promosi demi omzet meroket. Wassalamuaalaikum Sahabat.

Sumber Materi :
- Wawancara dg Milzam R
- Website QWords

24 komentar:

  1. Jadi ingat yg disampaikan mba Shintaries waktu workshop Fun Blogging sekian purnama lalu.
    Doi juga rekomen WP persis kayak alasan yg mba sampaikan di artikel ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Nah perlu banget nih buat toko online ya. Kalo blogku cuma blog pribadi sih bukan untuk toko online, tapi pake wordpress. Ini masih bingung juga enaknya pakai worpress hosting kah? :D

    BalasHapus
  3. Wah memang sekarang zamannya sudah serba mudah nih ya Mbak, serba online hihi

    BalasHapus
  4. Memang dengan adanya wordpress ini sangat membantu untuk jualan online nih

    BalasHapus
  5. Ternyata tidak terlalu susah nih ya untuk membangun toko online seperti di atas itu

    BalasHapus
  6. Nah, wordpress emang cocok ya membangun website toko online. banyak themes dan plugins yang mendukung, salah satunya woocommerce

    BalasHapus
  7. Sebagai pengguna wordpress saya setuju banget..Karena banyak kemudahan untuk pengguna wordpress termasuk untuk toko online...Tinggal pasang aja..gak perlu otak atik koding pun bisa.

    BalasHapus
  8. Kalau menurutku sih memang penting banget toko online memiliki website, karena disini bisa menjadi tempat orang melihat produk dan informasi yang lebih jelas. Nah, ternyata kalau web gitu emang paling ok dengan menggunakan wordpress ya mbak. Catat dulu deh nih.

    BalasHapus
  9. Zaman now memang pas kalo toko punya website. Jadi pelanggan lebih terbantu untuk cek produk bahkan pembeli bisa datang dr mana aja.dan wordpress jd pilihan tepat klo mw buat website

    BalasHapus
  10. Wordpress emang cocok banget buat bikin toko online ya, Mba Wati. Plugin-plugin yang ada di wordpress juga sangat mendukung, tinggal pas memilih hosting itu mesti yang tepat, karena ada hosting yang suka ngadat. Jalankan SEO dan teknik marketingnya, lancar deh berjualan online.

    BalasHapus
  11. Kalau untuk toko online memang kayaknya bagusan pakai WP. Paling hitung-hitungan hostingnya nih. Harus sesuai dengan kebutuhan

    BalasHapus
  12. membranding blog saja lebih bagus pakai wordpress sih katanya, apalagi webstore, dari theme, plugins sampai pasang coding juga lebih baik.

    BalasHapus
  13. WordPress emang memiliki plugin yang bisa memaksimalkan kinerja web toko online. Soal sewa hosting yang mahal sebanding sih dg perfomanya.

    BalasHapus
  14. Kalau untuk toko online memang enakan pakai wordpress ya. Fasilitasnya lebih bagus dan mempermudah pelanggan.

    BalasHapus
  15. Wah praktis ya bikin toko online dengan wordpress..jadi kangen toko buku online ku deh mba, sayang udah ngga kepegang urusnya..

    BalasHapus
  16. dengan hosting yang tepat, bisnis online bisa berjalan lancar, karena setiap product yang dipajang di website loadingnya cepat, user experience journeynya juga matang dan mudah hingga proses checkout dan pembayaran

    BalasHapus
  17. Kemajuan teknologi sekarang membuat semuanya lebih mudah. Misalnya saja saat berjualan, sekarang tidak lagi harus memiliki toko secara nyata, namun bisa melalui website saja.

    BalasHapus
  18. Aku termasuk kaum yang belum paham pakai wordpress. Ternyata untuk membuat website toko online Tak sesulit yang saya bayangkan selama ini. Ada hosting dari QWords pula.

    BalasHapus
  19. WP hosting memang terbaik katanya ya. Banyak widget dan pluginnya pula. jangankan buat toko online, bahkan blog pun katanya lebih bagus. Bikin aku kepengen migrasi deh :D

    BalasHapus
  20. Aku mau pasang blogku yang satunya ke WP nih mbak Wati. Tapi belum mulai aja nih

    BalasHapus
  21. Emang praktis, nyaman dan bikin nagih kalau belanja online mbak hehee. Kalau nyinggung soal WordPress aku salahsatunya tim yg ga mudeng wkkwkkw
    Padahal pengen belajar hehhee
    TFs Mbak

    BalasHapus
  22. WordPress memang lbih cepat terindex Google y mba kpingin dih pindah to takut dah kbaysng ribetnya next punyaa blog online ku Aja lagi

    BalasHapus
  23. Plugin di wp ini yang istimewa yaa...
    Banyak dan membantu si pemilik website banget...

    BalasHapus
  24. Jadi inget punya akun di WordPress yang terlantar. Padahal di sana bnayak kenangan. Hikz hikz.

    BalasHapus