Kartu Kredit atau Kartu ATM BCA mu Hilang? Blokir Saja Melalui Ponsel - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 13 September 2019

Kartu Kredit atau Kartu ATM BCA mu Hilang? Blokir Saja Melalui Ponsel

Kartu Kredit atau Kartu ATM BCA mu Hilang? Tak Perlu Khawatir! Blokir Saja Melalui Ponsel dengan Cara Mudah Berikut Ini 


Assalamualaikum Sahabat. Siapa yang pernah mengalami kehilangan kartu ATM atau kartu kredit? Pertama kali mengetahui hal ini, pasti kaget dong. Saya pernah sih ngalami kehilangan kartu ATM BCA. Dan sama sekali lupa hilangnya di mana. Seingat saya sih abis ngambil duit di mesin ATM BCA, kartu udah dimasukkan ke dompet. Tapi ketahuannya udah lebih dari lima hari, bikin parno aja nggak sih.

Di dalam kehidupan yang penuh dengan misteri ini pastinya sering kali kita mengalami hal-hal di luar ekspektasi atau hal-hal yang tidak kita inginkan, salah satunya seperti kehilangan kartu kredit atau kartu ATM. Padahal kehilangan kedua ‘kartu kramat’ seperti itu cukup berbahaya lho. Ditambah lagi apabila kartu tersebut justru berpindah tangan ke orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Nah, bagi kamu nasabah Bank Central Asia Tbk (BCA), sepertinya hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Karena khusus para nasabah BCA, pemblokiran kartu saat ini sudah dapat dilakukan dengan mudahnya melalui ponsel pintar yang ada digenggaman kamu. 


Sehingga ketika tragedi kehilangan kartu sewaktu-waktu terjadi, kamu tidak perlu khawatir apabila kartu tersebut berpindah ke tangan oknum tidak bertanggung jawab.

Cara blokir kartu kredit atau kartu ATM BCA juga cukup mudah kok. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengunduh aplikasi BCA Mobile di ponsel masing-masing. Kemudian aktivasikan dengan mengunjungi customer service yang terdapat di cabang bank BCA terdekat. Setelah itu, akun sudah dapat digunakan secara leluasa, termasuk untuk melakukan pemblokiran kartu. Nah bagi yang belum tahu, yuk ikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

Cara Registrasi BCA Mobile

Untuk melakukan registrasi BCA Mobile, kamu bisa melakukannya dengan dua cara, yaitu dibantu secara langsung melalui customer service yang tersedia di cabank bank BCA terdekat atau melalui mesin ATM. 


Untuk melakukan registrasi melalui mesin ATM, maka kamu bisa mengikuti cara berikut ini, yaitu:
1. Masukan kartu ATM ke dalam mesin ATM beserta PIN kamu miliki

2. Pilih menu ‘Daftar e-Banking / Autodebet’, dan klik tombol ‘Moblie Banking’ yang terlihat di layar.

3. Setelah berhasil masuk, di layar ATM akan tertampil klausula mobile banking BCA, pilih ‘YA’ yang kemudian diikuti dengan meng-input nomor handphone yang ingin kamu daftarkan di mobile banking tersebut, kemudian tekan ‘YA’.

4. Akan tertampil konfirmasi untuk memastikan bahwa nomor handphone yang kamu kamu daftarkan telah benar, kemudian kembali tekan ‘YA’.

5. Buatlah PIN m-BCA (6 digit angka) yang pada nantinya akan digunakan sebagai PIN rahasia sebelum masuk ke akun m-banking kamu, dan Input PIN sekali lagi untuk konfirmasinya.

6. Di dalam layar ATM akan muncul konfirmasi bahwa mobile banking kamu telah terdaftar yang kemudian mesin ATM akan mencetak struk bukti registrasi.

Setelah melakukan registrasi, kamu perlu datang ke kantor cabank BCA untuk mengaktivasi akun mobile banking agar kamu bisa menggunakan seluruh fasilitas yang disediakan secara maksimal. Setelah itu, akun mobile banking telah siap digunakan.

Ketika melakukan aktivasi, jangan lupa pula untuk membawa buku tabungan, kartu ATM BCA, KTP Asli, dan nomor handphone yang kamu gunakan untuk registrasi m-banking ketika di ATM. Setelah itu, petugas customer service akan siap membantumu hingga proses aktivasi selesai.

Koneksi Kartu ke BCA Mobile

Setelah memiliki m-banking yang telah aktif, kamu juga perlu menghubungkan antara BCA mobile dan kartu ATM agar bisa melakukan pemblokiran apabila sewaktu-waktu kartu BCA mu hilang. 

Nah, langkah yang perlu dilakukan adalah:

1. Buka aplikasi BCA mobile dan pilih m-BCA. Masukan kode akses yang telah dibuat dan pilihlah fitur m-Admin.
2. Pilih menu ‘koneksi kartu kredit’ dan klik ‘daftar’
3. Masukan nomor customer atau nomor kartu kredit mu dan klik ‘send’.

Hanya dengan melakukan 3 langkah mudah, mobile banking mu telah terhubung dengan kartu kredit sehingga pemblokiran pun dapat dilakukan.

Sangat mudah, bukan? Bagi seluruh nasabah bank BCA, berbagai transaksi sudah dapat dilakukan dengan mudahnya melalui mobile banking, termasuk untuk pemblokiran kartu, tanpa perlu datang ke kantor cabang secara langsung. 

Nah, jika ternyata kehilangan kartu tersebut benar-benar terjadi dan kamu tidak tahu bagaimana cara melakukan pemblokiran melalui mobile banking, yuk baca informasi lengkapnya di artikel berikut :


Tentunya pengalaman ini juga bakal bikin kamu lebih berhati-hati lagi ya sob. Meski udah ada cara mudah di aplikasi ponsel kamu, tetap aja waspada itu perlu. Perhatikan lagi usai transaksi di mesin ATM, udah kah kartu ATM aman di dalam dompet. See you, Sahabat. Wassalamualaikum.

28 komentar:

  1. Aku nasabah BCA, dan belum pernah blokir.. semoga ngga akan pernah kejadian deh.. tapi informasi ini berguna banget bagi yang mengalami kehilangan kartu kredit atau debit BCA ya.. tidak perlu datang ke Bank langsung tapi bisa melalui aplikasi BCA mobile ya

    BalasHapus
  2. Ouw... bisa gitu ya mbaaa
    Tips ini berfaedah buat yg lagi apes ya Mbaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Meski saya beda bank tetapi informasi ini sangat penting untuk dibaca, sebagai gambaran cara sekaligus pengingat agar selalu antisipasi karena saya takut bisa lupa masukkan kartyu ATM ke dalam ponsel.
    Ternyata langkahnya mudah, ya, asal kita harus bikin registrasi dulu untuk jaga-jaga, saya belum karena ponsel kerap dipakai anak jadi rentan untuk dijadikan sarana transaksi keuangan kecuali nanti jika ada rezeki untuk beli gawai baru.
    BCA keren juga, memudahkan nasabahnya.

    BalasHapus
  4. Hahhaaa..numpang ngakak dulu mbaaaa.
    Akutu paling sering ngeblokir kartu wkakakakka, alasan lupa naro aja, ampe tellernya udah hafal ibu sering banget ilang hampir sebulan sekali, ngakaak. UDah gitu terakhir report dari hp aja kaya diatas, maluuuu..

    SAmpe akutu sekarang cardless aja, belom brani menampakan batang hidung ke cs bca hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak suamiku dong, seminggu
      Sekali ke CS, sampai dihapali mbak e 😄

      Hapus
  5. Terimakasih tips dan langkah-langkah nya. Kebetulan saya juga nasabahnya BCA. Senang ya sekarang bank beri banyak kemudahan dan solusi ketika harus jaga Lukman....
    Hehehe

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah jangan pernah deh, blokirnya mudah, ngurusnya rempong hahahaha.
    Makanya saya agak was-was nih, makin hari saya semacam pikun dah, sering lupa.
    Jadi saya biasanya jarang ke ATM, lebih sering pakai debit atau cashless.
    Kalau pakai debit kan, kalau ketinggalan masih diingatin sama kasirnya hahaha

    BalasHapus
  7. Aku sudah ada mobile bca tapi kayaknya belum terkoneksi dengan kartu kredit. Ntar mau coba ah, ternyata caranya nggak ribet. Makasih sharingnya ya mbak Wati.

    BalasHapus
  8. Aku pernah ngalamin kartu hilang dan semua terbantu dengan hanya tlpon untuk memblokir kartu :)

    BalasHapus
  9. Aku juga nasabah BCA.
    Baru tahu kalau mau blokir bisa melalui ponsel
    Terobosan inovatif ini
    Syukak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya udah beberapa tahun ini mba, tapi aku juga baru tahu

      Hapus
  10. Oh ternyata pemblokiran ATM bisa dilakukan tanpa.harus datang langsung ke bank ya mba? TFS mba..kuberitahu adiku kalau2 dia perlu lakukan hal itu..

    BalasHapus
  11. Sedih rasanya kalau kartu ATM keblokir disaat uang di dompet habis. Udah gitu kejadiannya malam hari atau pas tanggal merah. Hiks bener2 sengsara mbak. Pernah juga merasakan kartu ATM lupa naruh, trus hilang...pasti mikirnya takut uang di ATM dikuras yg nemu kartu itu. Kalau ada cara blokir kartu ATM lewat hp pasti bahagia bgt mbak, tidak was2 meski kejadiannya tengah malam. BCA memang selalu berinovasi ya mbak

    BalasHapus
  12. nasahab BCA merasa terpanggil hehe. Belum pernah hilang jangan sampai hilang heheh. Tapi kalau kartu atm hilang khawatirnya minta ampun yah. Apalagi harus mengantri duhh. Tapi untungnya tinggal langsung blokir di smartphone.

    BalasHapus
  13. Pernah banget kak kartu ATM BC ku ilang dan langsung minta blokir lewat telpon . Terus ke BCA yang ada di Mall itu langsung bikin yang expresi aja.

    BalasHapus
  14. bentuk antisipasi yang palng cepat ya mba, setelah blokir by apps baru deh bisa tlp call center atau ke CS nya untuk diurus. Apalagi sekarang BCA makin banyak fitur barunya juga ya.

    BalasHapus
  15. Wah makasih banyak mba ilmunya.. Akbanget tuhh kalo suka teledor dan sekarang makin praktis ya bisa blokir kita yg lakukan sendiri lewst ho, mau k atm utk daftarkan atm ku

    BalasHapus
  16. Iya ya, ternyata bisa juga blokir kartu BCA dari aplikasi Mbanking. Kemaren iseng2 aku eksplor fitur aplikasi itu. Padahal biasanya, aku blokir via CS. Praktis deh ya.

    BalasHapus
  17. Jangan sampe hilang deh ya kartu ATM. Kebayang paniknya. Tapi mudah banget nih layanan BCA untuk memblokir kartu yang hilang.

    BalasHapus
  18. Aku dulu sering banget ketinggalan kartu di ATM, main keluar aja tiap abis ambil duit. Akhirnya sekarang lebih sering cashless hahaah. Tapi dari sekian mobile banking, punya BCA memang paling stabil dan lengkap banget fiturnya :)

    BalasHapus
  19. Waah mudahnya ya 😂 Ujame pernah kehilangan kartu dan blokirnya mesti ke bank dulu. Ternyata ada acara mudahnya yaaa wkwkwk

    BalasHapus
  20. Wah makasih infonya nih..tapi mudah2 an jgn sampai hilang deh...ngeri ah..hihi...

    BalasHapus
  21. wah semudah itu ya mbak untuk memblokir atm atau kartu kredit yang hilang. tapi berharap sih gak sampai hilang deh. Kudu disimpan baik-baik ya mbak.

    BalasHapus
  22. Wahh makasih infonya, Mba. Saya nih udah bulat banget tekadku pengen buka tabungan di BCA tapi sampe sekarang belum jadi-jadi juga, padahal untuk fee ngeblog kayaknya lebih nyaman pake BCA karena biasanya gak ada potongan :)

    BalasHapus
  23. Enak sekarang semua gampang dan praktis ya mba.. tinggal lewat HP or ponsel

    BalasHapus
  24. Jadi ingat pengalaman kartu BCA hilang ngurusnya repot banget dan sebagainya. Sekarang tinggal buka aplikasi langsung bisa ke blokir. Semua jadi mudah.

    BalasHapus
  25. Jadi nasabah BCA itu menyenangkan dan makin mudah ya karena banyak banget fasilitasnya yang bisa dilakukan secara mobile. Jadi tak perlu lagi datang ke banknya. Prosesnya juga jadi lebih praktis

    BalasHapus
  26. Aku pakai mbanking juga tp belum tau cara blokirnya.
    Tp semoga jangan sampai hilang, karena pasti repot bgt urusnya kalo bawa bayik

    BalasHapus