Ijinkan Saya Terus Menulis, Harapan di Hari Blogger Nasional - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 25 Oktober 2023

Ijinkan Saya Terus Menulis, Harapan di Hari Blogger Nasional

Assalamualaikum Sahabat. Hari Blogger Nasional tanggal 27 Oktober 2023 tinggal menghitung hari. Sebagai blogger yang hingga hari ini masih aktif menulis, saya memiliki harapan yang sudah selayaknya dibagikan di blog ini. 

Hari Blogger Nasional


Mau tahu apa aja harapan saya, sekaligus juga untuk komunitas blogger pertama yang saya ikuti? Simak ya di artikel ini.

Nggak terasa ini adalah tahun ke-11 saya memiliki blog ini. Namun baru tahun 2015 blog ini menjadi dotcom a.k.a Top Level Domain. Nah TLD adalah alamat situs yang memiliki domain sendiri atau tidak numpang di blogspot. Itu lah sebabnya ada akhiran sebuah link, misal .co.id, .com, .org, .edu, dan lainnya.

Agar memiliki link dengan akhiran seperti di atas atau misalnya blog ini www.hidayah-art.com, saya harus bayar sewa domain pada perusahaan hosting. Untuk biaya sewa banyak macamnya, tergantung dengan patokan harga masing-masing perusahaan tersebut.   

Wah kok bayar? Ya iya lah kalo ingin blog kita terlihat bagus saat dilihat di penelusuran Google, tentu harus bayar sewa domain. Beda kan kalo blog gratisan, nama belakangnya bakal seperti ini : www.hidayah-art.blogspot. Wahhh gak asik banget. 

Eh tapi kalo kalian udah bayar sewa domain, pasti akan terpicu keinginan posting artikel setiap hari. Saya dulu menjadi rajin karena suka banget tampilan link setiap membagikan nya ke media sosial. Hahahaha, mengapa saya dulu norak banget sih. 

Sampai sekarang pun saya akan merasa hepi setiap kali menekan fitur publikasi di dashboard blog saya. Ada perasaan bangga bisa update artikel terbaru di blog.

- Saya Adalah Blogger, Karena itu Saya Menulis

Banyak yang nulis status, mengaku blogger tapi jarang nulis atau bahkan lama nggak update blog? 

Bangga ikut acara 
Virtual Intimate 10 Tahun 
Komunitas Emak Blogger


Saya nggak akan menyindir seperti itu yagesyaa. Setiap orang punya pilihan atau kondisi yang saya tidak ketahui mengapa tidak aktif menulis di blognya? Sebagai manusia yang belajar untuk bersikap baik pada sesama, saya percaya mereka punya alasan masing-masing. Jangan pernah menilai orang dari kacamata kita. Dan, siapa kita hingga punya hak untuk menilai kegiatan orang lain, terlebih itu teman sendiri?

Kalo saya tetap ingin menulis aktif di blog ini karena juga punya alasan sendiri. Selain ingin blog ini selalu update setiap bulannya, bisa curhat bebas tapi terbatas demi kesehatan mental tetap terjaga, hingga dapatin cuan, hahahaa. Wajar namanya manusia juga butuh duit untuk jajan gituu.


Menulis rutin di blog ini bikin saya bahagia. Apalagi kalo tulisan saya dibaca dan memberikan tanggapan di kolom komentar atau melalui email. Duhh makin bahagia deh jadinya.

Apakah menjadi blogger tidak ingin mendapatkan cuan? Hohooo, mengingat awal jadi blogger dulu tak pernah terbersit bakal dapat cuan. Saya hanya tahu kalo pengen nulis dan dapat duit ya mesti kirim ke media cetak. Namun ternyata setelah terjun menjadi blogger selama 2 tahun, saya kaget saat ditawari job nulis meski saat itu masih blogspot. 

Jadi ketika akhirnya tahun 2015 saya mengalihkan blogspot menjadi dotcom, itu karena rayuan teman agar makin banyak brand ngajak kerjasama. Daann bener dong, auto tawaran kerjasama berdatangan. 

Lantas apakah brand yang ngajakin kerjasama tidak melihat Domain Authority, spam score, dan broken link? Jaman dulu saya malah nggak perhatian dengan itu semua. Dalam benak saya, pokoknya nulis tiap hari agar pembaca senang dengan blog ini karena rutin posting artikel. Kalo udah rutin nulis, semua angka DA, PA, dan Domain Rating, akan otomatis meningkat. Kalo spam score ya bagusnya 0-5. Jangan lebih dari angka 5, agar dinyatakan blog yang sehat.

Tapiii, kembali lagi ya, alangkah lebih baik agar menulis konten yang baik. Nggak usah mikirin bakal dapat duit. Kalo belum rajin update blog, jangan membayangkan dapat job kerjasama dari brand yagesyaa. 

Percaya lah kalo kalian rajin menekuni blog dengan update artikel yang konsisten, blog akan tumbuh dengan baik. Tahu kan dengan ungkapan 'hasil nggak akan mengkhianati usaha yang sudah dilakukan'. Tapi jangan pernah memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi pada blog. 

Namanya juga usaha, tentu semua bergantung pada keputusan Sang Pencipta. Banyak baca, banyakin nulis, bagikan di media sosial kamu, banyak doa, insyaAllah akan memetik hasil terindah. Saya melakukan semua itu tanpa pengen dapet duit banyak, pengennya bisa update aja udah hepi. Alhamdulillah ketika dapat duit dari job, disyukuri dan jangan lupa sedekah. 

Jadi itu lah harapan saya untuk Hari Blogger Nasional, saya ingin terus menulis. Doakan ya agar saya diberikan kesehatan dan ide-ide menarik, sehingga blog ini rajin update setiap bulan.

- Tetap Menjadi Member Komunitas Blogger

Sebagai manusia yang senang bersosialisasi, saya pun senang menjadi bagian dari komunitas blogger. Senangnya adalah karena saya dengan kepribadian ambivert, merasa nyaman menjadi member komunitas blogger. 

Gabung dalam komunitas blogger itu nggak harus sering kumpul atau kopdar. Ngobrol di WAG aja udah hepi. Yang asik tuh ada log WAG yang bisa ngobrolin apa aja yang penting tetap menjaga etika. Dari nanya beli laptop, pilihan tempat wisata, sampai nyari hal remeh temeh yang nggak usah saya sebutkan di sini. Karena itu rahasia obrolan di WAG yaa. 

Alhamdulillah saya adalah member di beberapa komunitas blogger. Dan salah satunya adalah Komunitas Emak Blogger, sejak 14 Oktober 2012 saya menjadi member. Masya Allah udah nyaris seumuran dengan usia komunitas yang berdiri sejak 5 Oktober 2012. 

Arisan Ilmu di Semarang


Gabung dalam Komunitas Emak Blogger itu banyak senengnya. Saya udah beberapa tuliskan di blog ini usai ngikutin event bareng KEB. Oia kemarin baru aja saya tulis, baca di sini yuk :


Dalam artikel ini saya ingin mengucapkan terimakasih pada admin KEB yang ngadain Challenge 1 Hari 1 Post tema Ngeblog Asyik Bareng KEB dari tanggal 19 - 25 Oktober 2023. Seru banget challenge dalam rangka menyambut Hari Blogger Nasional ini. Dan saya senang bisa ikut meramaikan challenge ini juga agar blog ini update setiap hari selama 7 hari. Alhamdulillah dengan update artikel ini, tanda challenge berakhir. Tapi nulis di blog ini belum akan berakhir.

Harapan saya untuk Komunitas Emak Blogger, semoga makin berkembang dan bertambah banyak member-nya. Semoga menjadi komunitas yang solid meski kepengurusan silih berganti, tetap menjadi naungan bagi kami. Semoga sukses bagi seluruh pengurus, Mak founder, Makpuh, dan member KEB. Love all sekebon Maks ❤️  minjem kalimat entah milik siapa.

Oia saya berharap sering ngadain challenge seperti ini ya Mak. Semoga saya bisa ikut meramaikan. Wassalamu'alaikum. 




#YukNgeblogLagi
#NgeblogAsyikBarengKEB

6 komentar:

  1. Wah panjang banget umurnya blog ini dan tetap rutin diisi tanpa hiatus terlalu lama ya kalau lihat arsipnya. Salut! Karena Tantangan KEB ini, akhirnya saya jadi mampir juga ke sini. Salam kenal Mbak Hidayah.

    BalasHapus
  2. Suka banget nih sama semangat menulisnya. Jangan sampai berhenti menulis ya

    BalasHapus
  3. Memang dengan menulis kita bisa sekalian berbagi informasi juga nih ya

    BalasHapus
  4. Semoga harapan Mbaknya sebagai blogger bisa cepat tercapai nih ya aamiin

    BalasHapus
  5. Tetap semangat menjadi seorang blogger, Mbak. Semangat untuk menyebarkan informasi yang positif

    BalasHapus
  6. Memang dengan menjadi blogger bisa menambah banyak teman nih

    BalasHapus