Menjadi Blogger Bikin Saya Punya Banyak Teman Rasa Saudara - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 20 Oktober 2023

Menjadi Blogger Bikin Saya Punya Banyak Teman Rasa Saudara

Assalamualaikum. Awal saya di rumah aja setelah resign, nggak ada hal yang bikin saya cemas. Terutama tentang pikiran bagaimana kalo saya tak lagi memiliki teman untuk ghibah ngumpul dan ngobrol asik. Saya memang bukan orang yang gampang akrab dengan orang yang baru dikenal. 


foto dari grup WA

Namun saya akan langsung mengakrabkan diri apabila orang tersebut asik diajakin ngobrol. Apalagi kalo kami satu hobi atau bahkan satu komunitas yang memiliki minat sama.

Begitu resign, saya merasa teman baru dari dunia maya bisa menjadi teman yang asik diajak ngobrol. Kemudahan saling sapa karena digitalisasi teknologi memberi keberuntungan di era sekarang. Bertemu teman sekolah lagi, bisa kopdar dan haha hihi bersama, terasa seru dan menyenangkan.

Teman Baru Yang Dipertemukan Dari Satu Minat Yang Sama

Semenyenangkan itu saat saya bertemu dengan banyak teman baru dari dunia maya. Ya bertemu dengan orang yang memiliki minat yang sama, tujuan yang sama, adalah sebuah keberuntungan.

Terlebih akhirnya kami pun memiliki kegiatan yang sama dan selalu bikin hepi yaitu menjadi blogger. Dari seringnya ikut kegiatan bersama, terutama dalam satu event dan sering berjumpa, bikin saya merasa dekat dengan beberapa blogger. 

Satu kegiatan yang menyatukan saya dengan Ika Puspita contohnya adalah menjadi PJ satu acara Komunitas Emak Blogger. Acaranya adalah Arisan Ilmu KEB bekerja sama dengan emak blogger Kota Semarang. Ya kami belajar Content Viral Bareng Mak Carolina Ratri dan KEB di Warkop Tunjang Semarang.

Mak Icoel sedang sharing



Meski sempat ribet dengan bermacam-macam masalah kecil, namun saat pelaksanaan hari H yang berjalan sukses udah bikin hepi kami berdua. Tentunya juga semua emak blogger yang hadir saat itu. Oia, kapan KEB ngadain lagi Arisan Ilmu di Semarang? Hehehee.

Beberapa kali pula masih ada kopdar emak blogger Semarang dengan KEB. Namun ada juga event yang nggak bisa saya ikuti karena barengan dengan kegiatan bersama keluarga. Namun saya masih ingat dua kali kopdar bersama KEB lainnya yang saya ikuti adalah Arisan Ilmu dengan mentor Makpuh Indah Julianti tentang Paid Review. Acara yang bergizi dan keren banget pokoknya. Yuk kepoin tulisannya mba Indah di sini : Paid to Review - arisan Ilmu.


Mbak Diah Didi menjadi tamu undangan
mengisi konten ber-niche

Terakhir saya ikut event dengan KEB itu saat belajar tentang fotografi. Tepatnya event KEB Intimate "Talk About Food Photography" dengan narasumber mas Hinu Indra Wardhana. Event yang keren ini berlokasi di ruang Sky Meeting Pesonna Hotel Semarang. Saya ingat banget event ini pertama kali bisa hadir kembali setelah libur dengan alasan merawat suami setelah kena serangan jantung. 

Event yang diadakan tanggal 5 Mei 2018 ini sebenarnya juga bekerja sama dengan komunitas lain, jadi makin seru ya. Jadi kangen deh ikut event seru seperti ini lagi.


hepi meski sempat kikuk lama tidak hadir di event blogger

Seneng banget memiliki teman yang punya minat sama. Kadang kami sering bertemu di event, yang nggak hanya butuh waktu sejam atau dua jam tapi bisa juga sampai dua hari bahkan lebih. 

Rafting di sungai Elo
dengan teman blogger


Teman-teman blogger yang sering menjadi tema  satu event udah kayak saudara saking seringnya bersama. Bahkan dengan mba Ika, saya sering banget ikut event bareng, sampai tidak terhitung. 

Bareng mba Ika Puspita
di beberapa event blogger ❤️


Nggak hanya blogger yang berasal dari satu kota, namun juga teman blogger dari berbagai kota di Indonesia. Saya pernah ikut event blogger Jogja, hahahaa. Saking inginnya punya banyak teman yang memiliki minat yang sama. Alhamdulillah blogger Jogja baik semua, menyambut saya dengan bersahabat. Aihhh, apaan sih ini. 

Karena berteman di dunia maya dengan teman blogger pula, yang bikin saya bisa kopdar saat pergi di satu kota. Seperti bertemu dengan Evrina saat saya ke Bogor. Ngobrol seru namun sayangnya nggak bisa berlama-lama karena mba Evrina akan berangkat kerja.

Begitu pula ketika ada teman blogger dari luar kota datang ke Semarang. Saya akan menyempatkan bertemu ketika tidak barengan dengan kegiatan lain bersama keluarga. Beberapa kali saya kopdar dengan teman blogger seperti Lidya Fitrian, Siswiyanti Sugi, Teh Nchie Hani, Ade Anita, Dewi Nuryanti, Widya Chandra, Imawan, dan beberapa teman lainnya. 

Berteman dengan orang yang memiliki minat sama memang lebih mudah. Bisa ngobrol dari A - Z tanpa kesulitan nyari bahan obrolan. Namun pada dasarnya sama aja, bersosialisasi atau berhubungan dengan orang baru itu selalu ada strategi yang tepat. 

Tips Agar Mudah Bersosialisasi

1. Memulai obrolan sederhana

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah mengajak orang lain melakukan obrolan sederhana. Hal ini akan memberikan kesan baik pada orang lain yang baru kalian kenal. Nggak hanya itu, hal tersebut juga akan membuat orang lain menjadi lebih terbuka kepada kalian. Dan bikin suasana menjadi tidak canggung dan kaku.

2. Menjadi pendengar yang baik

Tentunya semua orang ingin dirinya merasa dihargai. Salah satu tips agar mudah bersosialisasi selanjutnya adalah menjadi pendengar yang baik. Ketika kalian melakukan hal tersebut akan membuat orang lain merasa lebih dihargai. Bayangkan aja bila itu terjadi pada diri kalian, tentu senang juga kan misal ada yang mendengarkan cerita kalian.

3. Jangan sibuk membahas diri sendiri

Saat bersosialisasi, kadang kita lupa lebih sering membahas diri sendiri. Hal ini nggak apa dilakukan asal jangan sepanjang pertemuan. Takutnya orang yang kalian ajak bicara akan bosen dengerinnya. Yang lebih baik adalah kalian dengerin lawan bicara, sesekali aja ditimpali dengan tanggapan. Percaya deh, kalian akan menjadi besti akhirnya.

4. Jujur dan menjadi diri sendiri

Jujur dan menjadi diri sendiri merupakan salah satu tips agar mudah bersosialisasi. Setiap orang harus membiasakan menjadi diri sendiri dan jujur atas agar tidak ada kebohongan yang disembunyikan. Ya kan kalo ngobrol bohong, ntar ketemu lagi beda lagi yang diceritakan, bakal ketahuan bohongnya. Ihhh kamu bo'ong!

5. Memiliki selera humor

Terakhir, tips agar mudah bersosialisasi adalah dengan menemukan seseorang yang memiliki selera humor serupa. Hal ini penting agar terbentuk sebuah ikatan pertemanan yang dekat. Meski saya tahu selera humor orang tentu tidak sama. Namun kalo udah beberapa ketemu kita udah kenal dong dengan kepribadiannya dan selera humornya.

Keuntungan berteman dengan satu minat yang sama sebagai contoh adalah teman blogger. Serasa punya saudara di berbagai kota, meski mungkin tidak semua bisa kita temui. Namun ketika akhirnya bisa bertemu di satu event di kota berbeda, seru banget. Saya ngalami bertemu dengan April Hamsa, Muthia, dan Ira di Kuala Lumpur, keren bukan? Masya Allah ya tempat bertemunya di luar negeri.



Gara-gara bisa ikut event yang disponsori oleh salah satu perusahaan di Malaysia, saya beruntung bisa berjumpa blogger beken seperti mereka. 

Saya jadi penasaran dengan cerita kalian bersama teman yang memiliki minat sama. Bagikan yuk cerita kalian di kolom komentar. Wassalamualaikum.


#YukNgeblogLagi
#NgeblogAsyikBarengKEB

1 komentar:

  1. Banyak banget memang ya keuntungan yang bisa didapatkan ketika menjadi blogger

    BalasHapus