Ngumpul dan Menjelajah Rasa di POSIN Bakery & Cafe Semarang - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 13 Oktober 2023

Ngumpul dan Menjelajah Rasa di POSIN Bakery & Cafe Semarang

Assalamualaikum sahabat.  Nggak bisa sering ketemuan dengan sahabat bukan berarti membuat kami menjadi jauh. Saat ini ada banyak fasilitas bertemu di ruang maya, ngobrol seru tanpa harus berdekatan. Justru ketika bertemu, rasanya ada banyak yang ingin diceritakan meski akhirnya nggak bisa tuntas. Nah bulan lalu Saya baru aja ngumpul dengan beberapa sahabat di salah satu cafe di Semarang yaitu POSIN by Imperial. 




Bagi warga yang lahir dan besar di Kota Semarang, tentunya ingat dengan bakery Imperial. Toko roti yang legendaris karena udah ada sejak saya masih sekolah SD, aihhh. Rotinya empuk, enak, dan sampai sekarang pun masih memiliki rasa yang sama. Ya roti legend karena produknya yang emang homemade gitu, terutama bakpao yang ternyata sampai sekarang masih diproduksi.

Bangunan yang menempati lahan di kawasan jalan Menteri Soepeno ini terlihat mentereng dengan fasad dominan warna putih. Beberapa bagian pada kanopi dan list terdapat aksen hitam dan abu.

Cafe ini termasuk memiliki lokasi strategis. Kalo dari Simpang Lima, bisa menuju arah ke selatan melalui jalan Pahlawan, nanti ada petunjuk menuju Posin Cafe.

POSIN by Imperial Bakery & Cafe

Saya akan ajak kalian menuju lokasi cafe yang dekat dengan pusat kota ini ya. Memasuki area parkir bisa langsung masuk ke ground floor, ada tempat parkir untuk motor dan mobil. Nyaman ya kalo yang naik motor juga nggak bakal kena ujan. 

Dari area ground floor ada pintu khusus menuju ruang untuk kurir ataupun ojek online nungguin pesanan. Di ruang ini ada anak tangga atau pun lift untuk mengantar pengunjung menuju lantai 1 dan 2. Tangganya bisa jadi tempat spot foto kalian karena estetik, sayangnya saya kok lupa foto. Namun saya memilih lift untuk menuju lantai 1. 

Di lantai 1 ini baik yang naik dari ground floor maupun pintu depan (yang tidak menggunakan kendaraan pribadi) akan melewati deretan roti di showcase. Pengunjung akan langsung berhadapan dengan showcase yang isinya roti. Di sini ada kursi dan meja bagi yang ingin menikmati cemilan di bakery. 



Nampak deretan roti yang melambai-lambai seakan meminta tangan kita untuk memasukkannya ke keranjang atau nampan yang disediakan. Sayangnya saya sudah janjian untuk makan siang di cafe yang terletak di lantai 2.  Menuju lantai 2 saya memilik lewat anak tangga karena terlihat ramah di kaki, hahahaa.

Menuju lantai 2, kalian akan menjumpai ruangan yang sangat nyaman. Ada ruangan super luas yang terbagi-bagi dalam beberapa bagian dengan banyak kursi dan meja yang terbuat dari kayu. Dindingnya didominasi warna hijau sage yang sedang happening.

Di Posin Cafe ini kalian bisa menikmati setiap fasilitas, mulai dari sekadar ngemil sambil ngobrol, atau butuh tempat meeting dengan klien. Atau kalian ingin party ultah atau anniversary, bisa juga memilih ruangan yang bisa menampung 30-50 pax. Terserah untuk berapa orang, baik dalam jumlah sedikit maupun banyak. Ruangan yang tersedia bisa untuk 8 hingga 10, atau 15 orang. Kabarnya nggak perlu bayar untuk sewa ruangan karena hanya perlu syarat pembelian sejumlah 500 ribu atau 800 ribu untuk 3 jam penggunaan ruangannya.

Ruangan terbuka tempat kursi dan meja terlihat menyenangkan. Bisa lah jadi tempat nyaman untuk ngumpul arisan sambil haha hihi dan menikmati hidangan cafe. 

Kaca di kanan itu 
pintu menuju toilet dan musholla

Posin menyediakan juga toilet yang bersih dan mushola di lantai 1. Siapapun yang datang ke sini tak perlu khawatir ketika waktunya sholat tiba, bisa langsung dilakukan di area cafe ini tanpa harus bersusah payah mencari mushola di luar. Saya sendiri sempat shalat di musholanya meski kecil tapi bisa lah ya gantian. 

Nyicip Menu Apa di Posin Cafe & Bakery?

Saat ngumpul bareng teman-teman blogger kemarin, kami memilih ruangan privat yang cukup besar. Katanya bisa untuk menampung 15 hingga 20 orang. Menurut saya ruangan terkesan luas karena ada jendela kaca meski tidak dibuka, namun kesannya ruangan jadi lapang. Ada lukisan juga di ruangan yang memiliki nama Mocca Room ini.

Saya sempat galau saat memilih menu karena tertarik dengan dua menu yaitu Roasted Chicken Pao dan tuna Croissant. Akhirnya saya memilih menu Tuna Croissant karena jarang menemukan menu ini di kafe lain di luar sana.

Pilihan saya nggak salah, karena semula saya kira porsinya nggak besar tapi terlihat enak. Aslinya saat menu disajikan, ukuran roti croissant-nya cukup besar dan renyah. Saya sampai istirahat agar bisa menghabiskan menu yang saya pesan ini, hahahaa.

Tuna Croissant

Untuk rasa tuna di dalam roti croissant, bumbunya pas, karena saya nggak suka rasa manis. Isian tunanya cukup tebal, melimpah, dan beneran mengenyangkan. Sementara saladnya juga juicy, dengan acar timun, jadi ada rasa asamnya dikit. Beneran menu Tuna Croissant ini saya rekomendasikan untuk kalian coba kalo ke Posin Cafe.


Teman-teman saya ada yang memilih menu incaran di awal yaitu Roasted Chicken Pao. Tapi kalo lagi nggak benar-benar lapar, saya nggak bakal habis kalo pesan menu ini. Karena selain rotinya yang ukuran besar, disajikan bareng french fried, dan salad dengan toping yang berbeda dari Tuna Croissant. Saya nggak nyicipi jadi nggak tahu rasanya. Tapi teman yang pesan menu ini bilang enak sih, nggak eneg gitu salad dan dressing-nya. 

Roasted Chicken Pao

Menu lainnya ada Chicken Cordon bleu, Dori Lemon Grass Rice Bowl, Java Fried Rice, Asian Beef Noodle, Grill Chicken Rice Bowl, dan Spaghettti Beef Aglio. Untuk minumannya kami lebih memilih teh dan jeruk dengan pilihan dingin atau panas, serta air mineral. Saya memilih ice tea, maklum Semarang lagi hot hot-nya, hauuus gaesss.

Grill Chicken Rice Bowl

Asian Beef Noodle, 

Chicken Cordon Bleu

Java Fried Rice

Asik juga sih pertama kali ngumpul sambil menjelajah rasa di Posin Cafe, suasananya homey. Jadi nggak terasa aja udah lebih dari dua jam ngobrol setelah makanan habis. Jadi pengen ngajakin suami dan anak-anak yang suka juga dengan sajian menu ala western ini. 

Kemarin saya juga nyobain cemilan bruchetta dan French  fried. Lumayan buat ngganjel perut sambil nungguin pesanan menu utama.



Buat kalian yang suka traveling, menjadi travel blogger dan juga menuliskannya untuk artikel resto reviewer, mampir ke Posin Cafe ya. Cari lokasinya di Google map kalo bawa kendaraan pribadi. Namun kalo naik mobil sewaan atau semacam grabcar gitu pasti tahu lokasinya. Sekian cerita saya menjelajah rasa di Posin Bakery & Cafe di Semarang. Wassalamualaikum.


Posin Bakery and Cafe
Jalan Menteri Soepeno No. 6 Semarang
Mugassari, Semarang Selatan
Telpon: 024-8314221
Jam Buka Setiap Hari Pukul 07.00-22.00 WIB

5 komentar:

  1. Wah seru banget nih ya, Kak pastinya bisa makan bareng sama teman-teman

    BalasHapus
  2. Memang sangat nyaman nih ya, Kak tempatnya tersebut. Sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau kerabat

    BalasHapus
  3. Saya jadi ingin merasakan makan di tempat tersebut hihi. Sepertinya nyaman sekali

    BalasHapus
  4. Bagus banget nih ya, Kak tempatnya. Apalagi menu makanannya juga banyak

    BalasHapus
  5. Kelihatannya enak banget nih, Mbak makanan yang ada di tempat tersebut hihi

    BalasHapus