5 Drama Korea Favorit Bertema Hukum - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Sabtu, 21 Oktober 2023

5 Drama Korea Favorit Bertema Hukum

Assalamualaikum. Terus terang sejak pandemi saya mulai kembali nonton drama Korea. Awalnya karena di rumah aja bikin saya ikut challenge nulis dengan komunitas blogger. Nah ada tantangan menulis dengan tema drakor. Huhuee, bikin parno banget tuh awalnya karena saya udah belasan tahun ninggalin dan nggak lagi nonton drakor. Tapi saya nggak boleh surut menulis gara-gara takut nonton drakor, hahahaa.

5 drama Korea favorit

Akhirnya saya mulai lagi nonton drakor namun mulai pilih-pilih genre. Maksudnya agar saya nggak terpaksa nonton seluruh episode, namun ikhlas gitu lah nyeleseinnya. Jadi salah satu genre kesukaan adalah misteri atau dektektif. Dan drakor hukum menjadi pilihan saya. 

Ada beberapa drakor genre hukum yang udah saya tonton dan kesemuanya bagaus, kece banget. Ini pula yang bikin saya nggak bisa berhenti nonton drama Korea, hahahaa.

Dan berikut ini saya rangkum 3 di antara beberapa drama Korea pilihan saya :

FOREST OF SECRETS (STRANGER)

Forest of Secrets


Stranger ini terbagai ada 2 season dan pertama kali nonton drama Korea kembali ya drakor ini tapi yang sesion 1. Terus terang saya auto jatuh cinta lagi dengan drakor karena Forest of Secrets.

Mulai dari pemerannya yang beneran bagus aktingnya, dan nggak ada romance di dalam ceritanya. Ahh suka banget deh. Waktu mulai lagi nonton drakor memang saya kurang suka dengan drakor genre romance.


Pemeran :
- Cho Seung Woo sebagai Hwang Shi Mok
- Bae Doo Na sebagai Han Yeo Jin
- Lee Joon Hyuk sebagai Seo Dong Jae
- Yoo Jae Myung sebagai Lee Chang Joon
- Shin Hye Sun dalam sebagai Young Eun Soo
- Choi Jae Woong sebagai Jang Geon
- Park Sung Geun sebagai Kang Won Chul
- Jeon Bae Soo sebagai Choi Yoon Soo
- Park Jin Woo  sebagai Kim Soo Chan
- Yoon Se Ah sebagai Lee Yeon Jae

Untuk sinopsis Stranger season 1 sebagai berikut :

Forest of Secrets menceritakan seorang jaksa Hwang Shi Mok (Cho Seung Woo), yang tidak bisa merasakan emosi terhadap lingkungan dan orang-orang di sekitarnya. Waktu usia sekolah dasar dirinya pernah menjalani operasi otak. Hwan Shi Mok seorang jaksa yang dingin, rasional, dan memiliki integritas. Meskipun sebagian besar jaksa di kantor kejaksaan banyak yang menerima suap.

Pada suatu hari rangkaian pembunuhan disusun rapi oleh seseorang. Dan menggiring Hwan Shi Mok ke lokasi terjadinya pembunuhan. Di TKP dia bertemu dengan Letnan Han Yeo Jin (Bae Doo Na). Pertemuan yang membuat keduanya saling mengenal dan terjebak dalam labirin misteri. Mereka bersama saling memberantas korupsi di masing-masing departemennya. Serta mengusut pembunuhan berantai yang saling terkait.

STRANGER SEASON 2

Drakor ini season 2 atau kelanjutan dari Forest of Secrets,  namun saya belum nonton sampai episode terakhir. Pemainnya masih sama seperti Cho Seung Woo yang memerankan seorang jaksa yang kesulitan mengekspresikan emosi. Ia dikenal dingin, jujur, dan juga berdedikasi pada pekerjaan. Sukses dengan season 1 yang membuat drakor ini berlanjut.  Dalam season kedua dari Drama Korea STRANGER ini, dikisahkan bagaimana kelanjutan dari kantor kejaksaan dan polisi yang ada di posisi berlawanan. Para jaksa, termasuk jaksa penuntut elit Woo Tae Ha, menginginkan kewenangan diskresi atas penyelidikan.

Sementara itu, polisi, termasuk Choi Bit, berusaha mendapatkan kewenangan penyidikan lengkap yang independen dari kejaksaan. Dalam situasi tegang ini, Jaksa Hwang Shi Mok dan Detektif Han Yeo Jin mengejar kebenaran dalam kasus tersembunyi yang penuh dengan adegan menegangkan.

JUSTICE

Drakor


Choi Jin Hyuk sebagai Lee Tae Kyeong
Son Hyun Joo sebagai Song Woo Yong
Nana sebagai Seo Yeon Ah
Park Sung Hoon sebagai Tak Soo Ho
Lee Hak Ju sebagai Ma Dong Hyuk
Lee Ho Jae sebagai Seo Dong Seok
Kim Ji Hyun sebagai Cha Nam Sik

Mau tahu gimana sinopsis drakor satu ini? Yuk mari baca di sini :

Lee Tae Kyeong merupakan seorang pengacara yang sering membantu CEO Song Woo Young, ia adalah klien terkaya. Lee Tae Kyeong selalu memenangkan kasus dengan logikanya yang tajam dan kata-katanya yang cerdas. Dia mengumpulkan kekuatan dan kekayaan dengan berurusan dengan klien yang berasal dari kelas atas.

Awalnya Lee Tae Kyeong menjadi pengacara karena ingin balas dendam untuk adiknya. Tapi makin jauh ia terjerumus dan fokus pada uang. Satu ketika dia menemukan kasus yang melibatkan artis-artis yang hilang.

Sebelumnya kasus yang ditangani Lee Tae Kyeong merujuk dari Son Woo Yong yang merupakan pemilik perusahaan konstruksi. Bahkan Son Woo Yong udah nganggap Lee Tae Kyeong seperti anak didiknya. Tentu ada sesuatu di balik semua itu. Apalagi Lee Tae Kyeong mampu membuat para penjahat kelas kakap dibebaskan atau setidaknya menerima hukuman masa percobaan.

Sementara itu, Song Woo Yong membangun perusahaan konstruksi dengan menyalurkan kasus kriminal yang melibatkan orang-orang kaya untuk Lee Tae Kyung. Demi keluarganya, Song Woo Yong ingin kekuatan lebih.

Son Woo Yong akhirnya terlibat konflik dengan Lee Tae Kyung dengan adanya kasus yang melibatkan aktris yang hilang. Satu persatu rahasia masa silam mereka terbuka. 

DELAYED JUSTICE 

Sinopsis Delayed Justice :

Mengisahkan Park Tae Yong (diperankan oleh Kwon Sang Woo) dan Park Sam Soo (diperankan oleh Bae Sung-Woo) dalam konflik yang menegangkan. Mereka memperebutkan korban pengadilan yang mendapat tuduhan secara tidak adil.

Park Tae-Yong adalah seorang pembela umum. Dia lahir sebagai anak seorang pengurus di sebuah pulau. Dia tidak mengambil jalan yang biasa untuk menjadi pengacara. Setelah lulus SMA, dia tidak melanjutkan ke universitas. Dia kemudian lulus ujian pengacara dan menjadi pengacara. 

Park Tae Young mendedikasikan dirinya pada keadilan dan memiliki empati terhadap orang lain. Dia fokus dalam membela semua jenis pelanggar yang tidak berdaya. Sebuah titik balik terjadi dalam karir hukumnya ketika dia menjadi pengacara pertama yang memenangkan sidang banding sebuah kasus pidana umum.

Park Sam Soo adalah seorang reporter. Setelah lulus dari perguruan tinggi, dia bekerja sebagai pegawai tidak tetap. Berkat keterampilan menulisnya yang cerdas dalam membahas info berita, dia menjadi seorang reporter. 

Park Sam Soo pintar mencari cerita yang diabaikan atau dilewatkan oleh wartawan lain. Yang unik adalah dia memiliki hati lembut hingga mudah meneteskan air mata.

LONGING FOR YOU

Siapa yang baru saja menuntaskan drama Korea genre detektiv satu ini? Udah bisa move on nonton drakor lain setelah nonton yang ini? Saya masih pengen drakor ini belum berakhir karena ceritanya yang nyesek. Sedih gitu kalo salah satu aktor pendukung meninggal dalam aceritanya. Apalagi dia bukan orang jahat, hikss.



Pemerang Longing For You :
- Na In Woo sebagai Oh Jin Seong
- Kim Ji Eun sebagai Go Young Joo
- Kwon Yool sebagai Cha Young Woon
- Bae Jong Ok sebagai Yoo Jung Sook
- Lee Kyu Han sebagai Park Ki Young
- Jung Sang Hoon sebagai Bae Min Gyu
- Ren sebagai Oh Jin Woo
- Jang Hye Jin sebagai Hong Yeong Hee
- Kim Hee Jung sebagai Pi Jang Mi
- Choi Kwang Il sebagai Cha Jin Cheol

Nah ini nih saya bagikan sinopsis drakor Longing For You:


Longing for You menceritakan tentang Na In Woo yang berperan sebagai Oh Jin Sung. Dia adalah seorang detektif yang disukai banyak orang karena keramahannya. Oh Jin Sung memiliki reputasi yang sangat baik di lingkungan kerja maupun kota tempat tinggalnya. Namun dia termasuk detektif yang mudah terbakar emosi apabila menemukan penjahat. Gampang banget deh melampiaskan amarahnya kalo tersangka tidak mau mengakui perbuatannya.

Namun satu peristiwa mengubah seluruh keadaan tanpa disadarinya. Yaitu sebuah pembunuhan ditemukan di Kota tempat tinggal Oh Jin Sung. Hal itu sangat jarang terjadi, karena kota tersebut terkenal sangat aman dan memiliki orang-orang ramah yang tinggal di sana. 

Jin Sung akhirnya menjadi tim untuk mencari tahu pelaku pembunuhan tersebut. Betapa terkejutnya saat sang adik bernama Jin Woo terlibat kasus pembunuhan tersebut. 

Oh Jin Sung berusaha membutikan bahwa adiknya tidak bersalah. Namun kemudia saat usahanya berhasil, peristiwa sedih lainnya muncul. Sang adik tiba-tiba dibunuh orang tidak dikenal. Awalnya tak ada kecurigaan apapun meski sang adik katanya terdaftar sebagai donor ginjal bila dia meninggal. 

Pada saat yang sama seorang jaksa Kwon Yool sebagai Cha Young Woon, mendadak cuti untuk melanjutkan kuliahnya di USA. Kim Ji Eun sebagai Go Young Joo adalah teman masa kecil Oh Jin Sung. Young Joo ini teman sesama jaksa Young Woon. Perempuan bertubuh langsing ini tergolong jaksa yang tegas dan jujur. 

Terus terang seperti di awal tadi, saya sempat nggak bisa move on usai nonton drakor Longing for You. Jin Woo yang naif begitu mudah percaya pada orang. Padahal dia adalah chef yang berbakat dengan sajian masakan yang terkenal enak di resto mereka di kota Wojin.

-----------------------

5 drama Korea di atas sungguh telah menarik minat saya kembali nonton drakor. Sampai sekarang saya masih nonton meski masih memilih drakor, sesekali juga nonton genre lainnya. Kalo kalian lebih suka nonton drama Korea genre apa, sob? Apakah seperti saya yang suka nonton drakor genre hukum dan misteri? Bagikan ya pengalaman nonton drakor pilihan kalian. Wassalamualaikum.

Yuk Ngeblog Lagi



#YukNgeblogLagi
#NgeblogAsyikBarengKEB

2 komentar: