Takjil Praktis Untuk Buka Puasa - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 08 Mei 2020

Takjil Praktis Untuk Buka Puasa

Takjil Praktis Untuk Buka Puasa


Assalamualaikum Sahabat. Berpuasa saat situasi sedang pandemi memang butuh kesabaran. Iya bersabar karena enggak bisa bebas keluar rumah sekadar beli takjil. Karena kita nggak tahu bagaimana takjil itu disiapkan. Bahkan siapa yang mengolah takjil itu, apakah dia berstatus ODP? Duhhh jadi ngeri sendiri kan kalo pikiran sampai kesana.

Memang sih awal pandemi saya masih suka pesan makanan via Grabfood. Di samping sedang butuh istirahat karena gampang capek, juga bantuin mamang ojol. Tapi setelah makin banyak membaca infor seputar covid, ada tambahan kasus baru. Saya jadi parno sendiri kalo pesan makanan pada orang yang tidak dikenal. Beda ya kalo pesannya pada teman dan kita tahu dia sehat.

Akhirnya ya sekarang semua jajanan dan masakan untuk makan sekeluarga, saya bikin sendiri. Bikinnya yang praktis aja.

Yuk kepoin ya takjil selama bulan ramadan kali ini :

- Buah Potong


Ngapain sih menuliskan buah potong sebagai takjil? Yah gak apa sih, bukan kah butuh perjuangan juga ya mengupas dan memotong buah hingga menjadi sajian untuk berbuka?! Hahahaa.

Rasulullah bahkan menyiapkan kurma dan air hangat untuk membatalkan puasanya. Saya juga menyiapkan kurma, teh tawar panas, dan tetap ada sepiring atau dua mangkok buah yang udah dipotong-potong. Kayaknya di keluarga mana aja tuh ya, kalo buah belum dikupas dan dipotong-potong ya tetap aja utuh di meja atau kulkas. Buah potong yang saya sajikan juga beragam, ganti terus agar tidak bosan. Sesekali saya taburi cia sheed dan kismis.

Anak-anak suka loh kalo buahnya ada taburan chia sheed, meski awalnya dulu gak mau. Tapi begitu udah nyoba langsung ketagihan minta ditaburi chia seed tiap makan buah potong. Meski banyak manfaatnya, ternyata penderita darah rendah tidak boleh terlalu sering mengonsumsinya. Saya enggak paham sih kebenarannya. Karena sebatas mendengar nasihat dari seorang dokter yang mengetahu dari curhatan saya saat kontrol. Ya udah deh, saya mulai mengurangi konsumsi chia seed. Sesekali aja kalo lagi pengen.

- Pisang goreng, bakwan sayur, mendoan

Waduhhh abis takjil sehat, kenapa jadi makan gorengan? Iya nih anak-anak kadang kangen gorengan bikinan emaknya. 


Karena saya memang udah nggak pernah beli mendoan dan teman-temannya di tukang gorengan. Saya bikin sendiri pisang goreng, mendoan, bakwan sayur, bakwan jagung, atau tahu petis, agar terkontrol minyaknya. 

Ada tahu petis petis,
petisnya dimasak dulu.


- Brownies Panggang

Kalo ini bikinan si bungsu yang hobinya makan brownis. Brownis yang terkenal dari Bandung itu kan kesukaannya. Nah, saya kadang bosan juga bikin brownis tiap minggu. Akhirnya saya sediakan aja brownis instan. Nanti si bungsu tinggal ngaduk adonannya dan baking di oven listrik. 

Praktis banget cara bikin brownis instan nutricake. Cukup mencairkan mentega, kemudian mengaduk semua bahan dengan tangan. Tanpa mixer, enak kaaan.


Sebenarnya menyiapkan takjil untuk keluarga dibikin enjoy aja. Siapkan kesukaan anak-anak, kita sebagai orang tua cukup ngikutin. Sepanjang takjil yang diminta harganya enggak mahal, tidak membahayakan lambung, ya udah sajikan aja di meja makan. 

Alhamdulillah Puasa tahun ini saya semangat bikin sajian beberapa macam. Karena sekeluarga ngumpul di rumah dan nggak berpencar tinggal di tiga kota seperti tahun tahun lali. Alasan ini yang bikin saya rajin masak dan bikin cemilan untuk keluarga. Yang pasti keinginan mereka ingin makan apa, sebatas saya bisa tentunya bakal dibuatkan. 

Nah, kalian udah menyiapkan menu takjil apa saja, sahabat? Sharing yuk, kasih saya ide juga dong. Wassalamualaikum.

21 komentar:

  1. Nyiapin buah potong tuh juga effort mbaaa hahaha. Lebih enak pas dimakan pake sendok jadi ngga ngotorin tangan gitu kan berasanya. Makan lebih nikmat karena penampilannya jg lebih bagus ahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gak dipotong buahnya, anakku yang sulung ogah makan. Ya mau sih tapi cuma jeruk atau pisang.

      Kalo dipotong gini, buah apa aja mau, hahahaa

      Hapus
  2. Tahun ini bapaknya arkaan request no gorengan, ya pernah sih sesekali, tapi jadi lebih mudah kayak buah, tahu bacem, dll hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak kolesterolku low, aku makan makanan yang digoreng lagi meski sebiji. Nah itu pesenan anak-anak, juga bikin sisan buat bapak ibuku. Jadi bikin banyak dibagi untuk dua rumah ceritanya

      Hapus
  3. Mbaa rajin banget ihh, aku paling cuma motong buah sama bikin minuman yg gampang2 aja. . Suka gorengan tapi sering males buatnya hahha, tapi juga gamau beli, pasti enak klo minta dikirimin hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puasa tahun ini aku semangat bikin sajian beberapa macam. Karena sekeluarga ngumpul itu, jadi keinginan mereka apa sebatas aku bisa ya dibuatkan

      Hapus
  4. Wah Bu Wati rajiin banget aku semakin kesini paling banter bikin teh anget, buah potong smaa kolak...sayur kalau suami dan adik ipar lebih suka yang berkuah macam sop, bayam, lodeh

    BalasHapus
  5. Mbak Wati masih sempat ya melakukan itu semua, benar-benar ibu rumah tangga idaman. Kalau saya udah nyerah deh, pulang kerja bawaan capek, jadi lebih sering beli takjil. Atau kadang ibu saya goreng mendoan dan tempe gembus.

    Sayang banyak orang yang masih abai PSBB saat beli takjil, banyak kerumunan dan bikin macet.

    BalasHapus
  6. Aku suka es buah bikinan sdr..sebenere g recommended buka puasa lgsung minum es..tp udh kebiasaan hehe klu g kolak n gorengan.aku kok bru denger ya mb chia seed kyk apa tu?

    BalasHapus
  7. Aku jarang nyiapin takjil mba..Dulu sih masih sering beli sambil pulang kantor, tapi sejak pandemi ini blm beli takjil lagi. Paling makan bikinan adiku yg jualan takjil segelas, udah gitu langsung makan besar haha..

    BalasHapus
  8. Kalo di rumah gorengan selalu paling laria. Bebikinan yg manis2 kaya kolak malah selalu bersisa

    BalasHapus
  9. sy team gorengan dn buah potong haha, rasanya kurang lebgkap klo buka puasa blm makan gorengan dn yang seger2 dari buah hihi

    BalasHapus
  10. Udah nyobain semua nih takjil prakrisnya. Kalo mau lebih praktis aku suka stock frozen food mbak. Kemarin bikin siomay agak banyak, aku bekuin. Ntar tinggal angetin aja deh

    BalasHapus
  11. Duh gorengan dan buah tuh favorit banget di rumah, jadi pengen beli semangka untuk buka nanti mba, segerrr

    BalasHapus
  12. Takjil paling praktis sejauh ini bagi Maya ada 3. Makan kurma, minum air putih, sama beli jadi😄 tapi tetap lebih enak takjil buatan sendiri.

    BalasHapus
  13. LHoo mba kok sama sih bikin browniesnya pake nutri cake hehehe.. kita kok serba samaan yaa.. Gampang banget ya mba tinggal aduk. Anak wedokku suka banget nih. Tapi enggak dioven mba, dikukus aja di dandang, lebih moist rasanya.

    BalasHapus
  14. Mbak wati rajin banget. Aku mah cukup air putih sama kurma Aja deh buat buka. Wkwk. Btw, aku kalau bikin brownies instan pakai nutricake nggak cocok.. lebih suka pakai pondan..

    BalasHapus
  15. HIDUP GORENGAN !!!! Hahaha saya termasuk tim gorengan always every day, rasanya tu gak lengkap kalo belum ada gorengannya. Setidaknya meski gorengan mengandung banyak minyak tapi dengan memasak sendiri kita lebih bisa mengurangi resiko dari kandungan minyak jahatnya, karena kita cenderung pake minyak goreng baru dengan pertimabangan biar lebih endess tu rasanya. iya gak mbak?

    BalasHapus
  16. Menu takjil yang dicari2 ya serabi kuah itu mbak. Pingin bikin sendiri kok ribet ya...maunya tinggal ngemplok doang. Btw,pnh bikin sendiri ga,mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah, tapi jadi kepikiran juga ya bikin serabi kuah sendiri. Coba nanti cari resepnya dulu ya mbak

      Hapus
  17. nah emang kalau bikin brownies pake nutricake ini udah simpel banget, suamiku kalau lagi males mikir adonan juga bikinnya pke ini aja mba

    BalasHapus