Cari Ide Seru Lebaran 1441 H di Rumah Aja - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 15 Mei 2020

Cari Ide Seru Lebaran 1441 H di Rumah Aja

Ide Seru Lebaran 1441 H di Rumah Aja

Ide Kegiatan Lebaran di rumah

Assalamualaikum Sahabat. Pengen nangis kalo melihat masyarakat sebagian udah gak sabar keluar rumah untuk buka bersama. Atau antri panjang di terminal Soekarno Hatta buat mudik. Saya sih masih khusnudzon mereka yang antri itu urusan dinas. Tapi pikiran jahat saya tetap aja curiga dengan sisi baik lainnya dan mbatin, opo iyo mereka itu naik pesawat untuk urusan urgen?

Sabaar Buk... Terus auto baca istighfar.

Tapi saya percaya banyak yang punya pemikiran sama. Suudzhon dengan mereka yang antri sampai berjubel di bandara Soekarno Hatta. 

Ngapain coba mendekati leberan mau dinas luar kota? Hadeuh udah istighfar masih aja ngebahas itu. Ya sudah lah biarkan aja semau-maunya mereka yang ingn menularkan covid ke kampung halaman, ke orang tua, sanak kerabat, hiksss.

Saya sendiri udah dua bulan ini nggak ketemu ibu mertua dan saudara ipar. Pernah akhirnya kasihan sama bumer, saya dan paksuami berkunjung ke rumahnya dan dadah-dadah dari dalam mobil. Kasihan bumer kangen kami tapi kami juga takut bertemu beliau. Padahal rumah kami tuh satu kecamatan. 

Ngomongin rencana lebaran nanti yang udah ada keputusannya nggak bakal ngumpul, saya udah speechless duluan. Alhamdulillah saya udah sejak tahun 2010 tingal dekat dengan rumah orang tua. Jadi nggak sesedih mereka yang tinggalnya berjauhan atau bahkan sudah tak lagi memiliki orang tua.

Akhirnya saya merencanakan libur lebaran harus ada kegiatan yang seru. Masa sih lebaran sepi tanpa silaturahmi, juga sepi dari kegiatan?! Enggak lah. Harus ada kegiatan juga selama lebaran. Tentunya untuk menggantikan hari-hari seperti ketika kami isi dengan silaturahmi. 

Berikut ini ide seru selama lebaran 1441 H di rumah aja :

-  Berkebun di Lahan Sempit

Ide Kegiatan lebaran

Ah jangan bosan ya tiap kali saya cerita tentang kegiatan berkebun. Saya masih halu memiliki tanah luas dengan petak tanah yang berisi tanaman sayur. Tapi kenyataan tak terlalu pahit lah ya, karena ada pot-pot dengan tanaman hijau yang tumbuh sehat.

Baru aja dua hari yang lalu saya pesan bibit sayur di toko online. Durasi pengirimannya sekitar tiga sampai empat hari. Mungkin barang pesanan saya baru tiba pada hari Sabtu. Kalo hari Senin saya mulai kegiatan menyemai benih, tentunya saat lebaran H + 3 dan seterusnya, bakal ada pekerjaan memindahkan sprout tanaman yang berdaun 4. Dengan catatan benihnya numbuh, aamiin.

Tentu saja kegiatan berkebun ini melibatkan seluruh anggota keluarga. Dari babe, saya, dan anak-anak. Saya udah bagi tugas untuk merawat dan menyiapkan tempat bagi tanaman-tanaman baru ini.

- Kreasi Menu

Sejak masih lajang saya suka masak atau baking. Karena ibu saya nggak pernah bikin roti atau kue, saya belajar dari bude dan mbak sepupu. Mereka yang mengajarkan kesukaan saya pada baking.

Kesenangan kreasi menu udah mulai merasuki saya begitu menikah. Saat awal nikah dan menempati rumah baru, ada mbak sepupu datang dari Kudus. Waktu saya sajikan menu sayur bening, pepes udang, dan tempe goreng, mbakku takjub. 

"Loh kirain cuma sayur dan goreng tempe, ternyata Wati pinter masak pepes," ucap mbak sepupu bikin hidung saya kembang kempis, wkwkwkk.

Apalagi ketika satu persatu anak-anak lahir dan mengenalkan MPASI. Saya belajar bikin beragam menu cemilan, seperti kroket, risol, soufle kentang, dan nagasari. 

Ide Kegiatan Lebaran

Dan kesenangan bikin cemilan atau masakan yang gampang, menurun pada si bungsu Naufal. Dia memang paling senang bantuin saya di dapur. Rencananya di rumah aja selama lebaran, kami akan berkreasi membuat cemilan atau masakan. Rencana mau bikin pempek dos, cireng nasi, risol mayo, dan pancake plus es krim. Banyak amat ya rencana bebikinannya, hahahaa. Semoga aja terwujud.

- Nonton Film

Walah, nggak usah lebaran juga udah nonton film pekerjaan sehari-hari. Iya sih emang. Lha nonton sambil rebahan itu kegiatan yang menyenangkan kok. Bikin hepi. Pengalih dari kegiatan nonton film di bioskop karena nggak boleh keluar rumah selama pandemi.

Film apa aja yang rencananya akan kami pilih sebagai hiburan selama lebaran? Masih belum tahu sih. Pokoknya nyari aja mana yang menarik sebagai pengisi waktu selama di rumah aja.

- Silaturahmi via Zoom

Udah ada rencana bakal digelar silaturahmi Bani Muhyi via Zoom. Jadi di WAG keluarga besar dari Ibu Mertua, udah dipersilahkan untuk install aplikasi Zoom di hape atau laptop anggota keluarga masing-masing.

Baru membayangkan aja kayaknya bakal seru nih. Karena biasanya kan silaturahmi hari pertama lebaran. Ini karena pandemi harus adaptasi dengan silaturahmi virtual. 

_____________

Nah, itu lah ide saya tentang kegiatan seru selama lebaran kudu di rumah saja.  Rencana cuma tiga aja ya, tapi nggak tahi nanti bisa aja nambah lagi. Mungkin kalian punya ide unik juga? Sharing yuk, untuk menginspirasi pembaca di blog ini. Wassalamualaikum.

26 komentar:

  1. Iyaa, miris banget melihat mereka yang masih keukeuh buat mudik dan diam2. Ah ga bisa mengendalikan mereka yang penting menjaga diri dan keluarga aja.
    Masih banyak hal2 yg bisa dilakukan saat Lebaran di rumah aja ya, kalo kitanya SMART.

    Aku pun Lebaran di rumah aja Mba, ngekeupin kue2 lebaran, tidak menerima tamu.

    BalasHapus
  2. Kayak suami aku mba, bosen di rumah pas lebaran dia langsung berkreasi menu. Masak rendang, masak opor, masak ketupat bikin kue kering dan lain-lain. Kalau aku mengisi waktu lebaran ama nonton drama korea hahaha

    BalasHapus
  3. Iyah aku bingung deh. Sedih pada nggak betah di rumah.
    Klo sehat dan bisa stay dlm rumah ya kenapa nggak. Aku jg nih mba, nambah2 tanaman. Seger hijauuu

    BalasHapus
  4. Waalaikumsalam,
    lebaran di rumah gitu aja, mbak. Hebohnya hari pertama doang, makan-makan trus vidcall. Setelah itu udah back to normal. hahaha

    BalasHapus
  5. Saya kemarin juga rencananya bikin acara silaturahmi virtual via zoom. Sayangnya ga semua familiar. Akhirnya video call saja...😀

    BalasHapus
  6. Waalaikumsalam.
    Satu-satunya kegiatan kita yang nggak sama selama Ramadhan kemarin, masak.
    Aku nggak begitu pede sama masak :)
    Silaturahmi via zoom itu seru ya, mbak Wati. Minimal kangen menatap wajah terpenuhi.

    BalasHapus
  7. Jadi pengen pesan bibit juga deh ugqmbak Wati untuk bercocok tanam..kemarin beli bibit tomat kok lupa taruh di mana kantongnya..hihi..

    BalasHapus
  8. Jadi pengen pesan bibit juga deh mbak Wati untuk bercocok tanam..kemarin beli bibit tomat kok lupa taruh di mana kantongnya..hihi..Balas

    BalasHapus
  9. Wah, dari ide-ide di atas, aku cuma kreasi menu deh yang dilakukan. Udah mulai nambah menu yang bisa aku bikin. Pengen juga nanam-nanam gitu. Tapinya huhu… aku kelewat males. :(

    BalasHapus
  10. Tiap Lebaran memang jadwal sungkem pertama di rumah Mamah, kali ini sekalian nginep buat recovery.

    Yg ngenes pas Lebaran, tetangga sekomplek Mamah gak saling berkunjung satu sama lain (duduk, ngobrol, salam2an). Gak ada orang keliatan di jalan. Semua sholat di rumah masing2.

    Kebetulan aku juga dekat dengan tetangga2 Mamah, jadi berasa kayak ada tradisi yg hilang.

    BalasHapus
  11. Dari list mbak Wati ini yang belum aku kerjakan berkebun di lahan sempit nih, tapi mau mulai ah belajar berkebun sekarang buat ngisi waktu luang

    BalasHapus
  12. sama kita bude, cuma itu kadang nggak komitmen buat perawatannya terutama berkebun, soalnya bagian menyiram itu anak-anak. ada kemarin lupa kayaknya mereka siran daun bawang, asli deh mati

    BalasHapus
  13. Lebaran kemarin selain silaturahmi dengan keluarga via zoom, saya dan keluarga ngobrol dan makan terus. Tapi memang selama di rumah ini jadi lebih kreatif dan yang pasti jadi sering ke dapur.

    BalasHapus
  14. thanks banget to teknologi tetap bisa virtual silaturahmi dengan keluarga di masa pandemi Covid-19

    BalasHapus
  15. Aku juga di rumah aja mba. yang komplek ini sepi jadi tambah sepi huhuhu
    iya emang zoom paling atau vid call ke keluarga di rumah :")

    BalasHapus
  16. Aku belum sempat nonton film nih mbak Wati. Padahal kemarin mau nyoba nonton drakor. Hahaha

    BalasHapus
  17. Banyak.kegiatan yang bisa dilakukan di rumah ya selama pandemi ini.. tapi tetep ngarepnya pandemi cepet angkat kaki dari muka bumi..

    BalasHapus
  18. Aktivitas nomer 1 dan 2 itu enggak aku banget mba hahaha... Ga ada telatennya sama sekali aku ngurusi tanaman dan masakan. Kalau yang nomer 3 sih demen banget. Bisa seharian nonton beberapa film aku. Lumayan buat bahan update blog review *penginnya siiiyyy :D

    BalasHapus
  19. benar, sejak pandemi ini makin suka berkebun. saya jg lg proses pindah bibit yg udah gedean ke samping rumah nih. biar ada ijo2 nya dan enak diliat

    BalasHapus
  20. seru banget mbk berkebunnya, aku yo anak-anak menanam labu dan senang banget berhasil kebun yang dirawat anak-anak. sejak pandemi walau di rumah aja tetap berkarya ya mbk.

    BalasHapus
  21. Serunya dari lebaran tahun ini adalah banyak silaturahmi via online dengan teman-teman yang bahkan pada tahun saja tidak sempat bertemu dan bertegur sapa. Kalau saya masih menggunakan whastaap saja. Kemarin sempat online video call 8 orang sekaligus. jadi lumayan seru.

    BalasHapus
  22. Mungkin orang-orang sudah pada lelah yaa..
    Jadi mikirnya, ya sudahlah...

    Tahun ini, kami juga merindu kumpul bersama keluarga besar di Surabaya.
    Akhirnya telponan via whatsApp video call.
    Alhamdulillah,
    tetep bisa candaan walau lewat dunia maya.

    BalasHapus
  23. Aku juga mencoba untuk tetap sibuuuk mba biar ngg stress. Yang penting happy

    BalasHapus
  24. Efek pandemi jadi makin banyak di rumah dan jadi bisa berkebun yah Kak,jadi ada kegiatan deh dirumah

    BalasHapus
  25. Silaturahmi via zoom sekarang jadi andalan ya, seru soalnya bisa banyakan sama keluarga lain

    BalasHapus
  26. Lebaran di rumah aja bagiku hepi hepi aja Mba. Emang introvert banget aku ni, jadi ga masalah ga kemana2. Cuman ya tetap aja sedihnya itu ada, ga bisa ke mesjid dan mudik

    BalasHapus