3 Hal Yang Penting Dilakukan Menjelang Hari Terakhir Ramadan - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Minggu, 17 Mei 2020

3 Hal Yang Penting Dilakukan Menjelang Hari Terakhir Ramadan

3 Hal Yang Penting Dilakukan Menjelang Hari Terakhir Ramadan

Doa menjelang Ramadan Berakhir

Assalamualaikum Sahabat. Ramadan nyaris berakhir, dan rasanya saya masih merasa kurang melakukan ibadah dalam segala segi. Ramadan tahun ini cepat banget berjalan. Saya sampai speechless waktu berbincang hal ini dengan suami.

Trus kami berdua saling mengingatkan bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Mumpung masih ada sisa hari di akhir ramadan kan.

Ini 3 hal yang kami lakukan menjelang hari terakhir ramadan :

- Berdoa Mohon Ampunan dan Terbebas dari Masalah

Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku.

Ya Allah, tutupilah auratku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah! Jagalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaranMu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku.

Terlebih malam lalilatul qadar termasuk dalam malam terakhir bulan ramadhan. Dan ini juga waktu yang mustajab untuk berdoa. Sebaiknya setiap muslim membaca doa apapun untuk kebaikan dunia dan akhiratnya. Dan Doa Aisyah diatas adalah doa yang paling baik, karena doa ini diajarkan langsung oleh Nabi kepada istrinya yaitu Aisyah. 

Doa sebelum Ramadan berakhir

- Perbanyak Sedekah

Mumpung ramadan belum berlalu, ini adalah saat-saat terbaik menyisihkan sebagian harta untuk orang yang tidak mampu. 

Doa menjelang berakhirnya Ramadan

Saat pandemi juga pas banget bila melihat ke sekeliling kita, mana tahu ada tetangga yang tidak bisa makan hari ini. Coba deh ulurkan bantuan dengan memberikan sembako dan uang untuk membeli lauk.

- Doa Terhindar dari Api Neraka

Saya mendapatkan doa ini dari simbah waktu masi kecil. Tiap liburan bulan puasa (jaman kecil dulu tiap bulan ramadan libur sebulan), saya dan sepupu selalu nginap di rumah simbah. 

Kalo pagi hari kami diajarkan bacaan doa yang sampai hari ini masih sering saya baca. Seperti shalawat tiap kali bepergian, istighfar setiap saat, ayat kursi setiap mau tidur, dan lainnya. 

Salah satunya adalah doa agar terhindar dari api neraka. Berikut ini doanya :

Ya Allah, selamatkanlah aku dari api neraka dan masukkan aku ke dalam surge-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pengasih Maha Penyayang

Doa diatas biasanya saya baca pada tanggal 21 Sampai akhir Bulan Ramadan. Kata simbah dulu, doa ini memohon kebebasan dari api neraka. Jadi bila ingin dijauhkan dari api neraka, perbanyaklah membaca doa seperti diatas.

Demikian tiga hal yang selalu saya lakukan menjelang berakhirnya bulan ramadan. Meski hari biasa pun saya juga melakukannya. Namun memang saat 10 hari terakhir, melakukan tiga hal di atas memiliki makna yang lebih dalam. Wassalamualaikum.

Tidak ada komentar: