Opor dan Sambel Goreng, Menu Khas Lebaran di Semarang - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Selasa, 12 Mei 2020

Opor dan Sambel Goreng, Menu Khas Lebaran di Semarang

Opor Ayam dan Sambel Goreng, Menu Khas Lebaran di Semarang

Menu Lebaran Khas Daerah Semarang

Assalamualaikum Sahabat. Biasanya jelang akhir ramadan menjadi waktu untuk menentukan persiapan menu lebaran. Meski dari tahun ke tahun menu lebaran selalu sama. Karena pengaruh kultur dan tradisi keluarga. 

Seperti juga keluarga saya yang tak pernah ketinggalan menyajikan hidangan Opor Ayam dan Sambel Goreng saat lebaran. Menu in wajib ada saat hari terakhir ramadan. Dan menjadi menu buka puasa favorit. Karena jaman dulu untuk menikmati lauk ayam itu adalah hal istimewa. Di samping harga ayam saat itu mahal dan tak semua kalangan bisa menyajikannya di atas meja makan.

Berbeda dengan sekarang, ayam kampung sebagai bahan utama opor bisa digantikan dengan ayam merah atau ayam petelur yang harganya bisa separonya.

Menyajikan opor ayam dan sambel goreng saat hari terakhir ramadan juga pertanda bagi anak-anak bahwa lebaran udah datang. Hahaaa, asikkk banget ya. Ini adalah impian banyak anak-anak yang tengah belajar puasa sedari kecil. Sajian opor ayam dan sambel goreng itu ibarat hadiah selain baju baru.

Asal Mula Hidangan Opor Ayam dan Sambel Goreng

Menu Khas Lebaran

Saya sendiri tidak tahu mengapa opor ayam dan sambel goreng menjadi menu wajib di banyak keluarga yang tinggal di Semarang.

Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan dengan tambahan berbagai bumbu seperti bawmer, bawput, kemiri, jinten, serai, kencur, dan sebagainya. Dalam tradisi Jawa, perayaan Lebaran biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat yang disajikan dengan opor ayam dan sambal goreng hati.

Opor ayam juga merupakan makanan yang sudah ada sejak dulu bahkan dipastikan sejak zaman kerajaan (sumber dari Wikipedia). Opor ayam biasa disajikan oleh masyarakat biasa yang pada waktu dulu tidak bisa makan daging. Peyebabnya adalah  menu masakan dengan bahan daging biasanya disuguhkan oleh keluarga kerajaan. Karena ingin menikmati hidangan serupa, maka terciptalah opor ayam.

Masakan ini konon katanya diperkenalkan oleh salah seorang sunan dari Walisongo. Opor ayam merupakan masakan yang memiliki makna. Terbuat dari santan yang maknanya adalah mengarah pada kata dari bahasa Jawa yaitu santen. Kata ini juga dianalogikan dengan kata pangapunten yang maknanya adalah meminta maaf.

Hingga saat ini opor menjadi hidangan sederhana yang sangat disukai oleh semua kalangan masyarakat. Karena rasanya yang tidak terlalu berat dan pembuatannya yang tergolong mudah menjadikan opor cocok sebagai hidangan sarapan, makan siang ataupun makan malam.

Resep Opor Ayam

Menu Lebaran Khas

Sebenarnya di web ini saya pernah menuliskan resep opor ayam. Tapi nggak apa deh, saya akan tuliskan lagi karena untuk mengingatkan diri sendiri juga.

  • Bahan utama tentu saja daging ayam kampung dengan berat kurang lebih 1 kg. Potong ayam menjadi 10 atau 12 kemudian cuci dengan air mengalir
  • Serai diambil batangnya kurang lebih 2 pcs kemudian memarkan
  • Daun jeruk 7 lembar, karena saya suka dengan daun jeruk yang banyak
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 5 lembar
  • Santan saya kurang suka kalo kental, jadi ambil aja dari perasan kelapa parut 1 butir dan dijadikan kurang lebih sebanyak 600 ml
  • Air bersih kurang lebih sebanyak 1 liter.

Bumbu Opor Ayam Kampung :

  • Bawang putih  5 siung
  • Bawang merah 11 buah
  • Jinten sedikit
  • Kemiri kurang lebih sebanyak 9 butir
  • Ketumbar kurang lebih sebanyak 2 sendok teh
  • Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 1 ruas jari
  • Lengkuas dua ruas jari
  • Kunyit kurang lebih sebanyak 1 ruas jari 
  • Merica kalau suka kurang lebih sebanyak 1 sendok teh
  • Gula pasir secukupnya sesuai selera.
  • Garam dapur secukupnya
  • Minyak sedikit untuk menumis

Langkah Cara Membuatnya :

  1. Pertama rebus air kemudian tunggu sampai mendidih.
  2. Masukkan potongan daging ayam kampung tadi kedalamnya lalu masak selama kurang lebih 3 sampai 4 menit dan angkat (untuk menghilangkan bau ayam).
  3. Cuci kembali daging ayam yang sudah direbus tadi dengan air mengalir kemudian tiriskan.
  4. Ambil panci lagi dan beri air secukupnya kemudian panaskan dengan api kecil.
  5. Masukkan potongan daging ayamnya tadi kemudian rebus dengan api kecil tadi sampai air kaldu ayam keluar. Saya biasanya merebus kurang lebih 45 menit dengan api kecil.
  6. Uleg dan haluskan bawang merah, bawang putih,lengkuas dan bumbu opor ayam lainnya sampai halus.
  7. Siapkan wajan dengan minyak kurang lebih 3 sendok makan. Kemudian tumis dan masukkan bumbu tadi bersama dengan salam dan sereh lalu aduk aduk sampai wangi dan harum.
  8. Setelah ayamnya agak empuk dan hampir matang, masukkan bumbu yang ditumis tadi kedalamnya kemudian aduk sebentar dan tutup kembali sampai empuk dagingnya.
  9. Tuang santan kentalnya bersama dengan gula dan garam dapur sesuai kebutuhan kemudian aduk aduk sampai santannya mendidih.
  10. Tes rasa dan sajikan bersama pelengkapnya, yaitu ketupat dan sambel goreng.
Hmm, jadi teringat aroma opor ayam yang disajikan hangat untuk keluarga ya. Nah, opor ayam tak akan lengkap bila disajikan sendiri. Harus ada temannya yaitu sambel goreng.

Menu Lebaran Khas

Resep Sambel Goreng 

Untuk resep sambel goreng sederhana aja yang dimasak oleh keluarga saya. Ibu saya mengajarkan resep sambel goreng dengan bahan dasar cabe polong yang diiris tipis, bawmer, bawput, dan bahan lainnya.

Resep dan Cara Masak Sambel Goreng
Bahan :
1/2 kg Cabe besar/polong, diiris halus, serong
6 siung bawang putih, diiris halus, goreng dan sisihkan
9 butir bawang merah, diiris halus, goreng dan sisihkan
lengkuas ukuran 2 cm, daun salam 2
Santan 1 liter dari 1 butih kelapa ukuran sedang
Gula jawa 2 sdm
Garam secukupnya

Jeroan ayam secukupnya (kalo tidak suka, skip)
Telur rebus, kupas dan sisihkan

Cara Membuat :
- Tumis cabe hingga layu, masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah digoren sebelumnya. Aduk-aduk biarkan aromanya harum. Tambahkan lengkuas dan daun salam.

- Tambahkan santan, masak dengan api kecil hingga mendidih. 

- Masukkan telur dan jeroan ayam, gula jawa, garam. Biarkan hingga mendidih. Koreksi rasa dan sajikan.

Mudah bange kan resep sambel goreng dari ibu saya?!
Yuk persiapkan masakan menu lebaran di rumah. Sharing yuk, menu lebaran dari daerah kalian apa? Siapa tahu saya ingin juga menikmatinya, jangan lupa share resepnya ya di kolom komentar. Wassalamualaikum.

1 komentar:

  1. Saya senang sekali membacanya
    Santen, pangapunten, makna dan filosofinya keren juga
    Saya baru tahu lo
    Saya sangat suka opor, menu wajib saat lebaran

    BalasHapus